Fakta Dunia

15 Negara Terdingin di Dunia, Kanada Paling Dingin Mencapai -5.35° Celcius

53
×

15 Negara Terdingin di Dunia, Kanada Paling Dingin Mencapai -5.35° Celcius

Sebarkan artikel ini
Negara Terdingin
15 Negara Terdingin di Dunia Nikmati Keindahan Alam yang Menyegarkan!. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa yang belakangan ini merasa suhu di Indonesia panas sekali? Hal tersebut disebabkan Indonesia berada di garis khatulistiwa yang menjadikannya negara beriklim tropis, yang mana selalu mendapat sinar matahari secara penuh pada siang hari.

Namun, untuk beberapa negara yang enggak berada di garis khatulistiwa, ternyata sinar matahari lebih sedikit muncul sehingga dijuluki sebagai negara terdingin di dunia. Mungkin Sobat sudah cukup bosan dengan cuaca panas dan ingin liburan ke negara terdingin di dunia.

Eits… Sebelum memutuskan untuk liburan, ada baiknya Sobat tahu negara mana saja yang merupakan negara terdingin, dan negara mana yang cocok untuk Sobat kunjungi. Karena, bukan hanya uang yang dibutuhkan, tetapi adaptasi juga sangat dibutuhkan, apalagi adaptasi dengan suhu yang dingin.

Nah, artikel ini akan membahas tentang 15 negara terdingin di dunia. Yuk, waktunya cari tahu bagaimana pola kehidupan manusia di belahan dunia lain dan bagaimana cara mereka beradaptasi dengan suhu yang sangat dingin!

Berikut daftar 15 negara terdingin di dunia:

1. Kanada, -5.35 Derajat Celsius

Kanada
Potret Negara Kanada dengan suhu -5.35 derajat celcius. Sumber: comfortsuitesregina.com

Kanada memiliki dua iklim dasar, yang mana wilayah utara Kanada akan dilanda dingin yang ekstrem pada musim dingin dengan suhu jauh di bawah titik beku, serta waktu matahari bersinar lebih sedikit dalam sehari, siang hari pun terasa lebih dingin dari biasanya. 

Negara ini menjadi negara dengan suhu terdingin nomor satu dengan rata-rata suhu tahunannya yaitu -5.35 derajat Celsius. Sangat berbeda dengan Indonesia yang memiliki rata-rata suhu harian 26.7 derajat Celsius per tahun 1991-2020 menurut data BMKG.

Suhu yang dingin menciptakan gurun kutub yang menutup sepertujuh daratan Kanada. Salju putih menutup keanekaragaman tumbuhan dan hewan yang tumbuh subur di wilayah Utara pada musim dingin.

Tak hanya di wilayah Utara, kota Regina, Sask di Kanada sempat mencetak rekor kota terdingin dengan suhu -50 derajat Celsius pada 1 Januari 1885. Sementara rekor suhu terpanas negara ini berada di angka 43,3 derajat Celsius pada 5 Juli 1937. Wow, selain dingin, ternyata musim panasnya cukup panas juga ya, Sobat!

2. Rusia, -5.10 Derajat Celsius

Rusia
Potret Kota Siberia dengan suhu -5.10 derajat Celsius. Sumber: slate.com

Selain menjadi negara penghasil timah terbesar di dunia, Rusia juga masuk dalam daftar negara terdingin di dunia. Mirip dengan Kanada, Rusia memiliki beragam jenis suhu dan cuaca yang terbagi di dataran negaranya yang luas. Rata-rata suhu tahunan di negara ini adalah -5.10 derajat celcius.

Beberapa kota di Rusia memiliki cuaca yang sangat dingin dengan rata-rata -30 derajat celcius saat musim dingin, ditambah juga angin yang kencang dijamin bisa membuat badan kamu kedinginan dengan cepat.

Biasanya, Rusia dilanda cuaca dingin yang ekstrem pada bulan Oktober, terutama di wilayah bagian utara dan tengah. Siberia jadi wilayah paling dingin, mencapai -35 derajat Celsius. Suhu ini sangat berbahaya, Sobat. Bahkan, badai salju yang disertai oleh angin kencang bisa mematikan.

Untuk wilayah pulau Arktik di Rusia sendiri, suhu normal di luar musim panas biasanya sekitar 1 derajat Celsius. Waduh, tetap dingin ya ternyata, Sobat Suka Fakta bakal kuat, enggak?!

3. Mongolia, -0.70 Derajat Celsius

Mongolia
Potret Negara Mongolia -0.70 derajat Celsius. Sumber: highend-magazine.okezone.com

Negara terdingin di dunia ketiga adalah Mongolia, dengan suhu tahunan rata-rata -0.70 derajat celcius. Beda dengan dua negara di atas, musim dingin di Mongolia hadir tanpa badai salju. Tetapi, karena letak negaranya berada di dataran tinggi, salju yang turun di negara ini akan bertahan menutupi tanah sejak awal musim dingin hingga musim panas berikutnya.

Walaupun sudah masuk musim panas, kamu tetap bisa memandang hamparan salju di Mongolia, Sobat! Untuk bisa menikmati salju sepanjang tahun, persiapkan diri kamu, ya, karena suhu di Mongolia relatif sama, dengan rata-rata 0 derajat Celsius.

Masih bertetangga dengan Rusia, musim dingin di Negeri Langit Biru ini bisa mencapai suhu -30 derajat Celsius. Kalau kamu tinggal di negara tinggi ini, kemungkinan akan rindu pada hujan karena Mongolia sangat jarang turun hujan, nih, Sobat. 

4. Norwegia, 1.50 Derajat Celsius

Norwegia
Potret Negara Norwegia dengan suhu 1.50 derajat Celsius. Sumber: id.wikipedia.org

Salah satu negara Skandinavia di benua Eropa ini menjadi yang terdingin nomor empat di dunia dengan rata-rata suhu tahunan 1.50 derajat Celsius. Suhu dingin ini menjaga keindahan pegunungan salju yang melimpah di Norwegia, serta fjord atau teluk ngarai yang terbentuk dari lelehan gletser, menghadirkan pemandangan yang indah sepanjang Negeri Matahari Tengah Malam ini.

Yup, benar, Norwegia dijuluki sebagai Negeri Matahari Tengah Malam karena pada setiap musim panas, matahari tidak pernah tenggelam dan di musim dingin, matahari tidak pernah muncul sama sekali. Fenomena alam ini terjadi karena letak Norwegia yang berada di paling ujung utara Bumi, Sobat.

Pada musim dingin yang ekstrem, suhu di Norwegia bisa mencapai -20 derajat Celsius dengan rata-rata suhu harian 4 derajat Celsius. Bagaimana, tertarik untuk ke Norwegia?

5. Krigizstan, 1.55 Derajat Celsius

Krigizstan
Potret negara Krigizstan dengan suhu 1.55 derajat Celsius. Sumber: Reuters

Krigizstan adalah salah satu negara pedalaman di benua Asia yang mempunyai suhu dingin ekstrem dengan rata-rata suhu tahunannya sekitar 1.55 derajat Celsius. Suhu di negara tetangga Mongolia ini cenderung ke dingin dan basah. 

Tetapi jangan salah, warga negaranya juga bisa merasakan musim panas yang kaya akan sinar matahari. Biasanya, pada musim panas, negara ini memiliki suhu mencapai 35 derajat Celsius. Namun, untuk wilayah di pegunungan, suhunya tetap akan terasa cenderung lebih dingin walaupun sedang panas. 

6. Finlandia, 1.70 Derajat Celsius

Finlandia
Potret Negara Finlandia dengan suhu 1.70 derajat Celsius. Sumber: Jussi Nukari / Lehtikuva / AFP

Finlandia masuk ke dalam urutan keenam sebagai negara terdingin di dunia. Negeri dengan gelar Negara Paling Bahagia di Dunia ini ternyata memiliki suhu yang cukup ekstrem. Rata-rata suhu tahunannya mencapai 1.70 derajat Celsius dengan suhu terendah saat musim dingin di angka -51.5 derajat Celsius. Wow!

Ketika musim dingin yang ekstrim tiba, transportasi di Finlandia bisa mengalami masalah karena jalanan tertutup oleh salju. Meski begitu, di tengah suhu yang sangat dingin, para siswa di Finlandia tetap bersekolah dengan pakaian musim dingin yang tebal-tebal, lho.

7. Islandia, 1.75 Derajat Celsius

Islandia
Potret Negara Islandia dengan suhu 1.75 derajat Celsius. Sumber: Afp photo/Thorvaldur Orn Kristmundsson

Terletak di lingkaran Arktik atau wilayah paling utara di Bumi, musim dingin di Islandia berjalan selama sepanjang tahun. Negara paling aman di dunia ini ternyata punya suhu yang ‘kurang aman’ karena rata-rata suhu tahunannya berada di angka 1.75 derajat Celsius dengan suhu di musim dingin yang bisa turun hingga -39.7 derajat Celsius. Waduh, dingin di freezer saja pasti kalah, nih.

8. Tajikistan, 2.00 Derajat Celsius

Tajikistan
Potret Negara Tajikistan dengan suhu 2.00 derajat Celsius. Sumber: pxfuel.com

Bertetangga dengan negara terdingin nomor lima di dunia, yakni Krigizstan, Tajikistan sebenarnya memiliki suhu yang condong ke panas dan kering. Namun, ketika musim dingin datang, suhunya dengan cepat turun ke 8 hingga -1 derajat Celsius, Sobat. Rata-rata suhu tahunan di sini adalah 2.00 derajat celcius.

Pemandangan kota di Tajikistan sungguh indah karena cuacanya yang mudah mendung sangat mendukung pencahayaan yang elok. Selain musim dingin, negara ini juga memiliki musim penghujan pada Oktober hingga akhir Mei. Wah, cukup lama juga ya musim hujannya.

Salah satu negara terdingin di dunia ini cocok bagi kamu yang sudah terbiasa hidup di iklim tropis dan suka dengan pemandangan gunung yang hijau, karena Tajikistan sendiri beriklim subtropis dengan 93% wilayahnya merupakan pegunungan.

9. Swedia, 2.10 Derajat Celsius

Swedia
Potret Swedia dengan suhu 2.10 derajat Celsius. Sumber: AP/Scott Heppell

Pemilik julukan Negeri Salju Abadi, Swedia menjadi salah satu negara terdingin di dunia. Suhu rata-rata tahunan di Swedia adalah 2.10 derajat Celsius. Siap-siap, Sobat, ketika masuk ke musim dingin, suhu terdingin di Swedia dapat turun hingga -22°C. 

Meski begitu, pemandangannya yang indah dihiasi dengan salju yang bersih dan hutan yang rimbun membuat Swedia menjadi destinasi menarik untuk kamu yang suka liburan di musim dingin yang mengasyikan!

10. Denmark, 2.70 Derajat Celsius

Denmark
Potret Negara Denmark dengan suhu 2.70 derajat Celsius. Sumber: liputan6.com

Selain terkenal dengan pantai-pantai indahnya, Denmark juga dikenal sebagai salah satu negara terdingin di dunia. Suhu rata-rata harian di Denmark berkisar 2.70 derajat Celsius. Sementara pada musim dingin, suhu terdinginnya dapat mencapai -7 derajat Celsius. 

Meskipun demikian, keindahan alam Denmark enggak membuat para turis internasional menggugurkan niat liburan mereka ke salah satu negara terdingin ini. Bahkan, suhu dingin enggak mengganggu para turis karena pemandangan pantai yang menakjubkan dan arsitektur klasik di kota-kota seperti Copenhagen membuat Denmark menjadi tujuan yang menarik sepanjang tahun. Tertarik ke Denmark, Sobat?

11. Estonia, 5.10 Derajat Celsius

Estonia
Potret Negara Estonia dengan suhu 5.10 derajat Celsius. Sumber: asepbagja.com

Masuk ke 11 besar negara terdingin di dunia, Estonia memiliki rata-rata suhu tahunan di angka 5.10 derajat Celsius, dan bahkan bisa sampai -5 derajat Celsius. Sementara ketika musim dingin tiba, Tanah Raja Salju ini bisa mencapai dingin di bawah -20 derajat Celsius.

Bangunan-bangunan klasik di Estonia sangat dijaga sehingga vibes dari negara tersebut membawa rasa seperti sedang nostalgia ke kerajaan di zaman dahulu. Selain itu, pemandangan alam seperti hutannya juga membawa ketenangan bagi siapapun. Makanya, banyak sekali turis yang menjadikan negara ini sebagai destinasi wisata musim dingin.

12. Swiss, 5.50 Derajat Celsius

Negara Swiss
Potret Negara Swiss dengan suhu 5.50 derajat Celsius. Sumber: stmoritz.com

Swiss, dengan julukan “Negeri Pegunungan Es” adalah salah satu negara terdingin di dunia. Suhu rata-rata tahunan di Swiss adalah 5.50 derajat Celsius. Pada musim dingin, suhu terdinginnya dapat mencapai -15 derajat Celsius di daerah pegunungan. 

Meskipun dingin, Swiss menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan pemandangan gunung yang menakjubkan dan danau-danau yang memukau. Aktivitas musim dingin seperti ski dan snowboarding membuat Swiss menjadi tujuan populer bagi para pecinta olahraga salju.

13. Latvia, 5.60 Derajat Celsius

Latvia
Potret Negara Latvia dengan suhu 5.60 derajat Celsius. Sumber: DOKUMENTASI ROYKE LUMOWA

Negara Latvia mungkin kurang familiar di telinga Sobat. Negara yang bertetangga dengan Estonia dan Rusia ini memiliki julukan Negeri Hutan Salju, dan jelas bahwa hutannya banyak tertutup oleh salju. Suhu rata-rata tahunan di Latvia adalah 5.60 derajat Celsius.

Pada musim dingin, suhu terdinginnya bisa turun hingga -20 derajat Celsius. Di samping itu, keindahan alam Latvia tidak dapat disangkal, dengan hutan yang luas dan pesisir pantai yang menakjubkan. Latvia juga kaya akan warisan budaya, dengan kota-kota tua yang dipenuhi dengan arsitektur bersejarah.

14. Liechtenstein, 5.56 Derajat Celsius

Liechtenstein
Potret Negara Liechtenstein dengan suhu 5.65 derajat Celsius. Sumber: unsplash.com/Sara Groblechner

Negara ini merupakan salah satu negara terkecil di dunia dengan luas 160 kilometer persegi dan merupakan salah satu negara terdingin di dunia. Suhu rata-rata tahunan di Liechtenstein adalah 5.65 derajat Celsius. 

Pada musim dingin, suhu terdinginnya dapat turun hingga -10 derajat Celsius, Sobat. Meskipun ukuran negaranya kecil, Liechtenstein memiliki keindahan alam yang menakjubkan juga warganya yang ramah. Aktivitas musim dingin seperti hiking dan ski membuat Liechtenstein menjadi tujuan yang menarik bagi para penggemar alam.

15. Georgia, 5.80 Derajat Celsius

Georgia
Potret Negara Georgia degan suhu 5.80 derajat Celsius. Sumber: liputan6.com

Mirip dengan beberapa negara terdingin di dunia lainnya, Georgia memiliki iklim yang beragam dan tersebar di wilayahnya, mulai dari subtropis di bagian Barat Daya hingga iklim Alpen di pegunungan Kaukasus di bagian Utara.

Senada dengan julukannya, Negeri Kaukasus Salju ini daratannya penuh dengan salju dan memiliki suhu rata-rata tahunan 5.80 derajat Celsius. Pada musim dingin, terutama di wilayah pegunungan, suhu terdinginnya bisa mencapai -15 derajat Celsius.  

Meskipun cuaca dingin, Georgia memiliki pesona yang luar biasa dengan pegunungan bersalju yang menakjubkan hingga bentang alam yang menakjubkan. Belum lagi budaya Georgia yang sangat kaya dan masakan tradisionalnya yang lezat menjadi daya tarik para turis. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itu dia negara terdingin di dunia. Ternyata sungguh beragam, ya, cuaca dan budaya di tiap negara dunia. Dari salju yang menutupi kota-kota kuno hingga pegunungan yang bersalju, setiap negara memiliki keindahan alamnya sendiri untuk ditawarkan kepada para pengunjung yang ingin merasakan pesona musim dingin yang autentik. 

Meskipun cuacanya dingin, pesona dan keindahan alam negara-negara ini membuat mereka menjadi destinasi yang menarik bagi para petualang yang mencari pengalaman yang tak terlupakan. Bagaimana, sudah mendapatkan ide untuk liburan musim dingin ke negara apa, Sobat? 

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *