Fakta Dunia

Bunga Middlemist Red, Bunga Terlangka yang Ditemukan oleh Penjaga Kebun

47
×

Bunga Middlemist Red, Bunga Terlangka yang Ditemukan oleh Penjaga Kebun

Sebarkan artikel ini
Bunga middlemist red,
Bunga middlemist red, bunga terlangka di dunia. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Sudah pernah dengar tentang bunga terlangka di dunia? Selain bunga Rafflesia Arnoldii dan bunga Anggrek Hantu, ada juga loh bunga Middlemist Red. Bunga ini bukan cuma indah, tapi juga punya banyak cerita menarik dan manfaat kesehatan yang nggak terduga.

Middlemist Red, atau sering juga disebut mawar musim semi, adalah bunga super langka yang cuma bisa ditemukan di dua tempat di dunia, yaitu Treaty House di Selandia Baru dan Chiswick House & Gardens di Inggris. 

Dengan warna merah jambu tua yang cantik banget, bunga ini jadi simbol kerapuhan dan ketangguhan yang luar biasa. Tapi, apa sih yang bikin bunga ini begitu istimewa dan gimana sih kisah perjalanannya sampai bisa sampai ke Inggris? Yuk, kita telusuri lebih lanjut!

Jadi, siapin dirimu untuk menjelajahi dunia menakjubkan dari bunga Middlemist Red, tumbuhan terlangka di dunia. Ayo, kita mulai petualangan dengan memahami sejarah dan asal usul bunga yang mempesona ini!

Ditemukan Pertama Kali di Tiongkok Pada 1804 oleh Penjaga Kebun

 John Middlemist
Potret John Middlemist. Sumber: Dok. crowellbrothers.com

Sobat Suka Fakta, bunga ini pertama kali ditemukan di Tiongkok, di lereng berkabut yang penuh misteri. Pada tahun 1804, seorang penjaga kebun sederhana bernama John Middlemist dari Shepherd’s Bush, London Barat, memutuskan untuk membawa bunga ini ke Inggris. 

Bayangkan, dia membawa harta karun ini melintasi lautan dan menanamnya di tanah Inggris. Nah, kemudian dari sinilah bunga ini dinamai Middlemist Red.

Awalnya, bunga ini ditanam di Kew Gardens, tempat berkumpulnya berbagai tanaman eksotis. Namun, entah bagaimana, bunga ini menghilang dari sana. Pada tahun 1823, keturunan bunga ini ditemukan di Chiswick House & Gardens, sebuah rumah megah di Inggris. 

Hingga kini, bunga ini hanya dapat ditemukan di dua tempat, yaitu Chiswick House & Gardens dan Treaty House di Selandia Baru. Perjalanan panjang bunga ini membuatnya sangat berharga dan penuh sejarah.

Memiliki Bentuk yang Elegan dengan Warna Merah Jambu Tua

Bunga middlemist red,
Potret Bunga middlemist red, Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, bunga ini sebenarnya berwarna merah jambu tua, meskipun namanya mengandung kata “red” yang berarti merah. Warnanya yang indah ini membuatnya tampak sangat menawan dan unik dibandingkan bunga kamelia lainnya.

Bunga Middlemist Red memiliki kelopak yang tebal dan penuh, memberikan tampilan yang mewah dan elegan. Saat mekar, bunga ini memberikan kesan yang sangat memukau, seakan-akan kita sedang melihat sebuah karya seni yang hidup. 

Perbedaan utama bunga ini dengan jenis kamelia lainnya adalah kelangkaannya. Jika kamelia lainnya bisa ditemukan di berbagai tempat, Middlemist Red hanya ada dua di seluruh dunia. Hal ini menambah daya tarik dan keistimewaan bunga ini.

Hanya Bisa Ditemukan di Inggris dan Selandia Baru

Selandia baru.
Kolase Inggris dan Selandia baru. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ada banyak alasan kenapa bunga Middlemist Red ini begitu unik dan langka. Salah satu alasan utamanya adalah karena hanya ada dua spesimen di dunia. 

Bayangkan, hanya ada dua! Satu di Inggris dan satu lagi di Selandia Baru. Kelangkaan ini membuat bunga ini sangat berharga dan menjadi incaran banyak pecinta tanaman.

Selain itu, bunga ini juga punya nilai historis dan kultural yang tinggi. Dibawa dari Tiongkok ke Inggris oleh John Middlemist, bunga ini telah menjadi simbol kerapuhan sekaligus ketangguhan. Walaupun pernah hampir punah, bunga ini berhasil bertahan dan terus mekar hingga sekarang.

Keunikan lainnya adalah bagaimana bunga ini dijual dan dibagikan. Di Inggris, bunga ini pernah dijual oleh Duke of Devonshire dengan harga setara dengan £3.200 (USD4.400). Kliping bunga ini juga dibagikan kepada orang-orang kaya yang mampu membelinya, termasuk ke Sky Gardens by Rafal di Riyadh, Arab Saudi. Hal ini menunjukkan betapa berharganya bunga ini.

Memiliki Berbagai Manfaat Kesehatan bagi Manusia

Penyakit kardiovaskular.
Ilustrasi seorang laki laki terkena Penyakit kardiovaskular. Sumber: Dok. nutracare.co.id

Sobat Suka Fakta, ternyata bunga Middlemist Red nggak cuma indah dipandang, tapi juga punya berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Bunga ini kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular dan kanker. Antioksidan membantu melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang bisa merusak sel-sel sehat.

Selain itu, bunga Middlemist Red juga dikenal sebagai pelembab kulit alami. Kandungan asam oleat yang ada dalam bunga ini membantu menjaga kelembaban kulit, membuat kulit kita tetap lembut dan bercahaya. 

Nggak cuma itu, bunga ini juga punya sifat penambah kolagen yang bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang pengen punya kulit awet muda, bunga ini bisa jadi salah satu rahasia kecantikannya!

Manfaat lain dari bunga Middlemist Red adalah untuk kesehatan rambut. Minyak yang diekstrak dari bunga ini bisa memperkuat helai rambut, membuatnya lebih kuat dan sehat. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga ini memiliki potensi manfaat pengobatan yang bisa membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit. 

Sangat Mudah untuk Dibudidayakan

Potret Bunga middlemist red, Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita bahas tentang lingkungan tumbuh dan bagaimana cara budidaya bunga Middlemist Red ini. Bunga ini ternyata nggak terlalu rewel soal tempat tumbuhnya, lho. 

Middlemist Red tumbuh subur di lingkungan yang memberikan cahaya cukup hingga teduh parsial, dan sangat suka tumbuh di bawah naungan pohon-pohon tinggi. Jadi, kalau kalian punya kebun yang rindang, bunga ini bisa tumbuh dengan baik di sana.

Namun, ada tantangan tersendiri dalam melestarikan bunga ini. Middlemist Red punah di alam liar setelah diangkut dari Tiongkok ke Inggris, kemungkinan besar karena budidaya yang berlebihan. Sekarang, bunga ini hanya bisa ditemukan di penangkaran, sehingga membuatnya menjadi sangat langka.

Buat Sobat Suka Fakta yang tertarik untuk menanam bunga ini, ada caranya, kok. Bunga ini bisa ditanam dengan stek yang diletakkan dalam air. Biasanya, butuh waktu 1-2 bulan sampai akar mulai tumbuh. 

Setelah itu, stek bisa dipindahkan ke tanah asalkan kondisi luar ruangan mendukung dan nggak ada ancaman embun beku. Walaupun kemungkinan berhasilnya kecil, tapi nggak ada salahnya mencoba, kan?!

Lokasi Penanaman Bunga Middlemist Red Saat Ini

 Treaty House,
Potret Treaty House, Waitangi, Selandia Baru. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, sekarang mari kita lanjut ke lokasi penanaman bunga Middlemist Red saat ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bunga ini hanya ada di dua tempat di dunia, yaitu Treaty House di Selandia Baru dan Chiswick House & Gardens di Inggris.

Di Treaty House, Waitangi, Selandia Baru, bunga ini ditanam pada tahun 1833 dan sejak itu menjadi salah satu daya tarik utama di sana. Bunga ini tumbuh dengan baik dan mekar dengan indah, memberikan pemandangan yang menakjubkan bagi para pengunjung.

Sementara di Inggris, bunga Middlemist Red dapat ditemukan di Chiswick House & Gardens. Tempat ini adalah rumah bagi salah satu spesimen bunga yang paling berharga di dunia. 

Menariknya, bunga ini pernah hilang dari Kew Gardens dan kemudian ditemukan di Chiswick House pada tahun 1823. Sejak saat itu, bunga ini telah menjadi bagian penting dari koleksi tanaman di sana.

Memiliki Nilai Historis dan Kultural yang Sangat Tinggi

Bunga  middlemist red,
Potret Bunga middlemist red, Sumber: wikimedia.org/David J. Stang

Sobat Suka Fakta, kita sekarang masuk ke bagian yang nggak kalah menarik, yaitu nilai dan signifikansi dari bunga Middlemist Red. Bunga ini nggak hanya langka, tapi juga punya nilai historis dan kultural yang tinggi.

Pertama, dari segi nilai jual, bunga ini pernah dijual dengan harga yang sangat mahal. Bayangkan, Duke of Devonshire pernah menjual kliping bunga ini dengan harga setara dengan £3.200 atau sekitar $4.400! Harga yang fantastis ini menunjukkan betapa berharganya bunga ini bagi para kolektor dan pecinta tanaman.

Kedua, bunga Middlemist Red juga punya nilai simbolis yang kuat. Bunga ini menjadi simbol kerapuhan dan ketangguhan. Bayangkan, meski hampir punah, bunga ini berhasil bertahan selama lebih dari dua abad di dua tempat yang berbeda di dunia. 

Selain itu, bunga ini juga menjadi bagian penting dari sejarah botani di Inggris. John Middlemist, yang membawa bunga ini dari Tiongkok, telah memberikan kontribusi besar dalam memperkenalkan berbagai jenis tanaman eksotis ke Inggris. Bunga Middlemist Red menjadi salah satu warisan penting dari upayanya tersebut.

Mitos dan Legenda Seputar Bunga Middlemist Red

Nah, Sobat Suka Fakta, sekarang kita masuk ke bagian yang penuh dengan misteri dan keajaiban, yaitu mitos dan legenda seputar bunga Middlemist Red. Ternyata, bunga ini nggak cuma indah dan langka, tapi juga menyimpan berbagai cerita menarik yang sudah ada sejak lama.

Salah satu legenda dari Timur mengatakan bahwa bunga ini memiliki khasiat yang luar biasa. Kelopaknya diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit mengerikan dan bahkan bisa “membalikkan waktu”. 

Bayangkan, kulit yang disentuh oleh embun bunga ini bisa bersinar dengan cahaya awet muda, dan rambut bisa memperoleh kekuatan yang sangat magis. Meskipun ini terdengar seperti cerita dari negeri dongeng, tapi banyak orang yang percaya akan kekuatan ajaib bunga ini.

Selain itu, ada juga cerita tentang bagaimana bunga ini berhasil bertahan di dua tempat di dunia. Beberapa orang percaya bahwa bunga ini memiliki kekuatan magis yang membuatnya bisa bertahan di kondisi yang berbeda-beda.

Mitos lain mengatakan bahwa siapa pun yang berhasil menanam dan merawat bunga Middlemist Red akan mendapatkan keberuntungan dan kekuatan yang luar biasa. Hal ini membuat banyak orang ingin mencoba menanam bunga ini meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Baik kamu percaya atau tidak dengan kekuatan ajaib dan mitos-mitos ini, yang jelas bunga Middlemist Red memicu imajinasi kita tentang misteri alam yang tak terbatas. Bunga ini mengingatkan kita bahwa masih banyak hal yang belum kita ketahui tentang dunia ini dan bagaimana kita harus terus menjaga dan melestarikan keajaiban alam.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita sudah mengeksplorasi bunga terlangka di dunia, Middlemist Red. Bunga ini pertama kali dibawa dari Tiongkok ke Inggris oleh John Middlemist pada tahun 1804. Kini, hanya ada dua spesimen yang tersisa di dunia, yaitu di Treaty House, Selandia Baru, dan Chiswick House & Gardens, Inggris. Kisah perjalanannya yang panjang dan kelangkaannya yang luar biasa membuat bunga ini sangat berharga.

Melalui artikel ini, kita telah melihat betapa menakjubkannya bunga Middlemist Red. Keindahan dan kelangkaannya patut dikagumi dan diharapkan akan terus dilestarikan di masa depan. Semoga kalian menikmati artikel ini dan mendapatkan banyak informasi menarik. Sampai jumpa di petualangan berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Southside Blooms. (n.d.). The Middlemist’s Red: Rarest Flower on Earth. Retrieved from https://www.southsideblooms.com/the-middlemists-red-rarest-flower-on-earth/
  • Oddity Central. (n.d.). The World’s Rarest Flower Only Grows in Two Locations Around the World. Retrieved from https://www.odditycentral.com/news/the-worlds-rarest-flower-only-grows-in-two-locations-around-the-world.html
  • Kennedy, M. (2010, March 9). Bunga kamelia paling langka di dunia sedang mekar penuh. The Guardian. Retrieved from https://www.theguardian.com/environment/2010/mar/09/middlemist-red-camellia-blooms-chiswick
  • Curious Times. (n.d.). Middlemist’s Red – Unique Plants. Retrieved from https://curioustimes.in/news/middlemists-red-unique-plants/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *