Fakta Dunia

9 Bunga Terlangka di Dunia, Ada yang Dari Indonesia?

86
×

9 Bunga Terlangka di Dunia, Ada yang Dari Indonesia?

Sebarkan artikel ini
Bunga Terlangka
9 Bunga Terlangka di Dunia. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Siapa sih yang nggak suka bunga? Bentuknya yang indah, warnanya yang memikat, dan aromanya yang harum selalu berhasil membuat hati kita jadi lebih tenang dan senang. Tapi, pernah nggak sih Sobat berpikir kalau di dunia ini ada bunga-bunga yang super langka dan jarang banget bisa kita temukan? 

Bunga-bunga langka ini menarik, lho, Sob. Beberapa dari bunga ini cuma bisa tumbuh di tempat tertentu di dunia dan butuh kondisi khusus buat bisa mekar. Selain itu, banyak dari bunga ini punya bentuk dan warna yang eksotis, aroma yang nggak biasa, atau bahkan cerita seru di balik keberadaannya. 

Nah, dalam artikel ini, kita bakal mengulik sembilan bunga terlangka di dunia. Dari Flame Lily yang cantik banget sampai Bunga Bangkai Raksasa yang baunya bikin kita pengen kabur, setiap bunga punya cerita unik yang sayang banget buat dilewatkan. 

Berikut 9 bunga yang paling langka di dunia:

1. Flame Lily (Gloriosa superba)

bunga terlangka di dunia
Potret Bunga Langka Flame Lily. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, mari kita mulai petualangan dengan mengenal bunga yang sangat mempesona, yaitu Flame Lily, atau yang juga dikenal dengan nama ilmiah Gloriosa superba.

Bunga ini adalah salah satu bunga terindah di dunia. Flame Lily punya kelopak yang melengkung ke belakang dengan warna merah menyala dan kuning yang mirip api. Nggak heran kalau bunga ini dinamai Flame Lily.

Habitat Asli dan Kondisi Tumbuh

Flame Lily merupakan flora asli dari Asia dan Afrika tropis, terutama ditemukan di wilayah yang hangat dan lembap. Bunga ini bisa tumbuh subur di tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik. Mereka sering ditemukan di hutan tropis dan area padang rumput yang lembap.

Keunikan dan Keindahan

Apa yang membuat Flame Lily begitu spesial? Pertama, bentuk kelopaknya yang melengkung unik dan warna-warninya yang mencolok. Selain itu, bunga ini juga bisa tumbuh hingga setinggi 3 meter jika kondisi lingkungannya mendukung. 

Namun, jangan sampai terkecoh oleh keindahannya, karena seluruh bagian tanaman ini beracun dan bisa menyebabkan iritasi kulit jika disentuh. Unik, kan, Sobat Suka Fakta?!

Status Konservasi

Meski terlihat kuat dan tahan banting, populasi Flame Lily sebenarnya cukup rentan, lho, Sob. Di beberapa negara, bunga ini hampir punah akibat perusakan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melindungi dan melestarikan bunga cantik ini agar bisa dinikmati oleh generasi mendatang.

2. Rafflesia Arnoldii

Rafflesia Arnoldii.
Potret Bunga langka Rafflesia Arnoldii. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita beralih ke bunga raksasa yang mungkin sudah sering Sobat dengar namanya, yaitu Rafflesia Arnoldii. Bunga yang satu ini terkenal banget karena ukurannya yang super besar dan baunya yang… ya, bisa dibilang nggak sedap.

Habitat Asli dan Kondisi Tumbuh

Rafflesia Arnoldii adalah bunga yang berasal dari hutan hujan tropis di Sumatra dan Kalimantan, Indonesia. Bunga ini tumbuh sebagai parasit pada tanaman merambat tertentu dan butuh kondisi lembap serta teduh untuk bisa berkembang dengan baik. 

Bunga ini tumbuh di daerah yang sulit dijangkau, jadi nggak heran kalau jarang banget orang bisa melihatnya secara langsung.

Keunikan dan Bau Khas

Jadi, Sob, apa sih yang bikin Rafflesia Arnoldii begitu unik? Pertama, bunga ini adalah bunga terbesar di dunia, dengan diameter yang bisa mencapai hingga 1 meter dan beratnya bisa sampai 11 kilogram. 

Selain itu, bunga ini juga dikenal dengan baunya yang menyerupai daging busuk. Meski baunya gak enak dihirup, tapi ternyata bau ini berguna, lho, untuk menarik serangga penyerbuk seperti lalat.

Status Konservasi

Sobat Suka Fakta, sayangnya, Rafflesia Arnoldii juga termasuk bunga yang terancam punah, dengan perusakan habitat alami dan perubahan iklim yang menjadi ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup bunga ini. Oleh karena itu, berbagai upaya konservasi sedang dilakukan untuk melindungi dan melestarikan bunga raksasa ini.

3. Ghost Orchid (Dendrophylax lindenii)

Ghost Orchid
Potret Bunga langka Ghost Orchid. Sumber: Dok. goorchids.northamericanorchidcenter.org

Sobat Suka Fakta, sekarang saatnya kita berkenalan dengan bunga yang bisa dibilang paling misterius di daftar kita, yaitu Ghost Orchid. Bunga ini bukan hanya langka, tapi juga sulit banget ditemukan karena habitatnya yang tersembunyi dan penampilannya yang hampir transparan.

Habitat Asli dan Kondisi Tumbuh

Ghost Orchid berasal dari rawa-rawa di Florida, Amerika Serikat, dan Kuba. Bunga ini membutuhkan kondisi yang sangat spesifik untuk tumbuh, yaitu suhu tinggi dan kelembapan yang juga tinggi. Ghost Orchid tumbuh di pohon-pohon tertentu dan sering tersembunyi di antara lumut dan dedaunan lainnya.

Keunikan dan Adaptasi Khusus

Keunikan utama Ghost Orchid adalah bentuknya yang mirip jaring laba-laba dan warnanya yang putih hampir transparan, sehingga membuatnya sulit dilihat di habitat aslinya. Lebih unik lagi, bunga ini tidak memiliki daun dan melakukan fotosintesis melalui akar udaranya. 

Ghost Orchid juga hanya mekar selama beberapa minggu dalam setahun, biasanya antara Juni dan Agustus. Hal itu membuat bunga Ghost Orchid semakin sulit ditemukan.

Status Konservasi

Ghost Orchid adalah salah satu bunga yang populasinya paling terancam di dunia. Perusakan habitat dan koleksi ilegal menjadi ancaman utama bagi keberlangsungan hidup bunga ini. Namun, upaya konservasi sedang dilakukan untuk melindungi habitat alami dan mencegah kepunahan Ghost Orchid.

4. Chocolate Cosmos (Cosmos atrosanguineus)

Chocolate Cosmos.
Potret Bunga Langka Chocolate Cosmos. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa yang nggak suka coklat? Kali ini, kita akan berkenalan dengan bunga yang punya aroma manis seperti coklat, yaitu Chocolate Cosmos. Bunga ini pasti bakal bikin Sobat terkesima dengan keunikan dan keharumannya.

Habitat Asli dan Kondisi Tumbuh

Chocolate Cosmos berasal dari Meksiko, namun sayangnya bunga ini sudah punah di alam liar. Sekarang, bunga ini hanya bisa ditemukan di beberapa tempat yang melakukan pembudidayaan khusus. 

Chocolate Cosmos bisa tumbuh subur di tempat yang cerah dan memiliki drainase yang baik. Biasanya bunga ini ditanam di taman-taman atau kebun yang dijaga dengan baik.

Keunikan dan Bau Khas

Salah satu hal yang bikin Chocolate Cosmos sangat istimewa adalah warnanya yang coklat kemerahan dan aromanya yang benar-benar seperti coklat. Bunga ini biasanya mekar di akhir musim panas, dan setiap bunganya bisa mencapai tinggi sekitar 40 hingga 70 sentimeter. Aroma coklatnya yang manis membuat bunga ini jadi favorit banyak orang untuk dijadikan tanaman hias.

Status Konservasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tumbuhan ini sudah punah di alam liar. Oleh karena itu, Chocolate Cosmos sekarang hanya ada berkat upaya konservasi dan pemberdayaan yang dilakukan di berbagai tempat. 

Bunga ini tidak menghasilkan biji, jadi cara memperbanyaknya adalah melalui kultur jaringan atau pembelahan akar. Dengan perawatan yang tepat, kita masih bisa menikmati keindahan dan keharuman bunga ini.

5. Parrot’s Beak (Lotus berthelotii)

Parrot’s Beak.
Potre Bunga Langka Parrot’s Beak. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan berkenalan dengan bunga yang punya bentuk mirip paruh burung beo, yaitu Parrot’s Beak. Bunga ini nggak cuma langka, tapi juga cantik banget dengan warna-warna cerah yang bikin hati senang.

Habitat Asli dan Kondisi Tumbuh

Parrot’s Beak berasal dari Kepulauan Canary di lepas pantai Spanyol. Bunga ini tumbuh subur di tempat yang hangat dan cerah, serta membutuhkan tanah yang memiliki drainase baik. Parrot’s Beak sering ditemukan tumbuh liar di lereng bukit dan tebing yang berbatu.

Keunikan dan Keindahan

Bentuk Parrot’s Beak yang menyerupai paruh burung beo dengan warna oranye dan merah yang mencolok membuatnya sangat istimewa. Bunga ini biasanya mekar di musim semi dan membutuhkan suhu yang stabil untuk bisa tumbuh dengan baik. Parrot’s Beak sangat sensitif terhadap perubahan suhu, jadi kalau suhunya berfluktuasi, bunganya bisa layu.

Status Konservasi

Parrot’s Beak sekarang sangat langka, bahkan diyakini sudah punah di alam liar. Untungnya, bunga ini masih bisa dibudidayakan di kebun-kebun dan taman-taman khusus. Bunga ini juga dilindungi oleh berbagai undang-undang konservasi untuk mencegah kepunahannya yang lebih lanjut.

6. Gibraltar Campion (Silene tomentosa)

Gibraltar Campion
Potret Bunga Langka Gibraltar Campion. Sumber: Dok. pinterest.com

Sobat Suka Fakta, kali ini kita akan mengenal bunga yang sangat langka dan cuma bisa ditemukan di Gibraltar, yaitu Gibraltar Campion. 

Habitat Asli dan Kondisi Tumbuh

Gibraltar Campion hanya bisa ditemukan di daerah pegunungan berbatu di Gibraltar. Bunga ini tumbuh di celah-celah tebing yang curam dan membutuhkan kondisi yang sangat spesifik untuk bisa bertahan hidup. Bunga ini sangat sulit ditemukan karena habitatnya yang terbatas.

Keunikan dan Keindahan

Bunga Gibraltar Campion punya kelopak yang berwarna ungu hingga merah muda cerah. Bentuknya yang cantik dan warnanya yang mencolok membuat bunga ini sangat menarik perhatian. Sayangnya, bunga ini punya umur yang sangat pendek, membuatnya semakin sulit ditemukan.

Status Konservasi

Pada tahun 1992, Gibraltar Campion dinyatakan punah di alam liar. Namun, keajaiban terjadi pada tahun 1994 ketika bunga ini ditemukan kembali di lingkungan yang padahal tidak ramah untuk bunga ini. 

Sekarang, Gibraltar Campion dilindungi dan dibudidayakan di Kebun Raya Almeda Gibraltar dan Kebun Raya Kerajaan London untuk mencegah kepunahannya yang lebih lanjut.

7. Middlemist Camellia (Camellia Middlemist)

Middlemist Camellia
Potret Bunga langka Middlemist Camellia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan berkenalan dengan bunga yang sangat langka dan punya sejarah menarik, yaitu Middlemist Camellia. Bunga ini cuma bisa ditemukan di dua tempat di dunia, lho!

Habitat Asli dan Kondisi Tumbuh

Middlemist Camellia berasal dari Tiongkok, namun sekarang bunga ini hanya bisa ditemukan di Kebun Raya Chiswick House di Inggris dan satu lokasi di Selandia Baru. Bunga ini tumbuh subur di tempat yang sejuk dan lembap, dengan tanah yang kaya akan nutrisi.

Keunikan dan Sejarah

Middlemist Camellia punya kelopak berwarna merah muda cerah yang bentuknya mirip bunga mawar. Bunga ini pertama kali dibawa ke Inggris oleh seorang ahli botani bernama John Middlemist pada awal tahun 1800-an. Sejak itu, bunga ini punah di alam liar dan hanya bisa ditemukan di Inggris dan Selandia Baru.

Status Konservasi

Middlemist Camellia sangat dilindungi karena jumlahnya yang sangat terbatas. Upaya konservasi pun dilakukan untuk memastikan bunga ini tetap bisa dinikmati oleh generasi mendatang. Bunga ini adalah salah satu contoh betapa pentingnya pelestarian flora langka di dunia.

8. Red Indian Pipe (Monotropa uniflora)

Red Indian Pipe
Potret Bunga Langka Red Indian Pipe (Monotropa uniflora). Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan berkenalan dengan bunga yang benar-benar unik dan misterius, yaitu Red Indian Pipe. Bunga ini sering juga disebut sebagai “Ghost Plant” karena penampilannya yang seperti hantu.

Habitat Asli dan Kondisi Tumbuh

Red Indian Pipe biasanya ditemukan di hutan-hutan beriklim sedang di Amerika Utara, Asia, dan Amerika Selatan. Bunga ini tumbuh di tanah yang kaya akan bahan organik dan lebih suka tempat yang gelap dan lembap. 

Menariknya, Red Indian Pipe tidak melakukan fotosintesis seperti kebanyakan tumbuhan lainnya. Sebaliknya, bunga ini mendapatkan nutrisinya dari jamur mikoriza yang hidup di akar pohon.

Keunikan dan Adaptasi Khusus

Red Indian Pipe punya penampilan yang benar-benar unik dengan batang berwarna merah atau putih yang menggantung seperti pipa terbalik. Bunga ini tidak memiliki klorofil, sehingga tidak berwarna hijau seperti tanaman biasanya. Bentuknya yang aneh dan warna merahnya yang mencolok membuatnya terlihat sangat berbeda dari bunga-bunga lainnya.

Status Konservasi

Meskipun tidak dianggap terancam punah, Red Indian Pipe tetap menjadi bunga yang langka karena habitatnya yang spesifik dan sensitivitasnya terhadap perubahan lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga ekosistem hutan agar bunga ini tetap bisa tumbuh dan berkembang.

9. Bunga Bangkai Raksasa (Amorphophallus titanum)

Bangkai Raksasa
Potret Bunga Bangkai Raksasa. Sumber: Dok. bengkulutoday.com

Sobat Suka Fakta, sekarang saatnya kita kenalan dengan bunga yang nggak kalah fenomenal, yaitu Bunga Bangkai Raksasa. Bunga ini terkenal karena ukurannya yang sangat besar dan baunya yang benar-benar khas!

Habitat Asli dan Kondisi Tumbuh

Bunga Bangkai Raksasa berasal dari hutan hujan tropis di Sumatra, Indonesia. Bunga ini tumbuh di tanah yang subur dan lembap, serta membutuhkan suhu yang hangat untuk bisa berkembang. Bunga ini biasanya ditemukan di daerah yang tidak tersentuh oleh aktivitas manusia.

Keunikan dan Bau Khas

Bunga Bangkai Raksasa, atau Amorphophallus titanum, adalah salah satu bunga terbesar di dunia. Bunga ini bisa mencapai tinggi hingga 3 meter dan diameter lebih dari 1 meter! Keunikan lainnya adalah bau yang dihasilkan saat mekar, yang mirip dengan bau daging busuk. Bau ini berfungsi untuk menarik serangga seperti lalat untuk membantu proses penyerbukan.

Status Konservasi

Sayangnya, Bunga Bangkai Raksasa terancam punah akibat perusakan habitat dan perubahan iklim. Banyak upaya konservasi yang dilakukan untuk melindungi bunga ini, termasuk penangkaran di kebun raya di berbagai negara. Penting bagi kita untuk mendukung upaya ini agar bunga yang luar biasa ini tidak punah.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita sudah menjelajahi berbagai bunga terlangka di dunia yang masing-masing memiliki keunikan dan keindahannya sendiri. Keindahan bunga-bunga ini tidak hanya memukau, tetapi juga menunjukkan betapa rapuhnya alam kita. 

Bunga-bunga ini menghadapi ancaman serius dari perusakan habitat dan perubahan iklim. Oleh karena itu, konservasi menjadi sangat penting untuk memastikan mereka tidak punah dan tetap menjadi bagian dari keanekaragaman hayati kita.

Konservasi bukan hanya tugas para ahli, tetapi juga tanggung jawab kita bersama. Kita bisa mulai dari hal-hal kecil, seperti tidak merusak lingkungan, mendukung organisasi konservasi, dan menyebarkan kesadaran tentang pentingnya menjaga alam. Dengan begitu, kita bisa membantu melestarikan bunga-bunga langka ini untuk generasi mendatang.

REFERENSI

  • Floweraura. (n.d.). 9 Rarest Flowers Across the World You Never Knew Existed. Diakses dari https://www.floweraura.com/blog/9-rarest-flowers-across-world-you-never-knew-existed
  • Bouqs. (2022, February 28). 27 Unusual and Rare Flowers in the World. Diakses dari https://bouqs.com/blog/unusual-flowers-rare-flowers/
  • Travel Earth. (n.d.). Rare Flowers in the World. Diakses dari https://travel.earth/rare-flowers-in-the-world/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *