Fakta Dunia

20 Fakta Negara Meksiko yang Menarik untuk Diketahui

319
×

20 Fakta Negara Meksiko yang Menarik untuk Diketahui

Sebarkan artikel ini
fakta negara meksiko
20 Fakta Negara Meksiko yang Menarik untuk Diketahui. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang suka jalan-jalan dan menemukan hal-hal baru tentang negara-negara di dunia? Kalau kamu termasuk yang suka, kamu beruntung banget nih karena kali ini kita bakal bahas tentang fakta negara Meksiko, negara yang penuh warna dengan budaya dan sejarah yang luar biasa.

Meksiko itu kaya banget, nggak cuma dalam hal budaya, tapi juga sejarah, makanan, hingga tempat-tempat indah yang bisa bikin kamu terpesona. Dalam artikel ini, kita akan mengungkap 20 fakta menarik tentang negara Meksiko yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Jadi, siap-siap aja buat terkejut dan tambah pengetahuanmu tentang Meksiko.

Yuk, kita mulai petualangan kita mengenal negara Meksiko dari segala aspek menariknya. Penasaran, kan? Makanya, baca terus artikel ini sampai habis, dan temukan semua fakta menarik yang bakal bikin kamu semakin cinta sama negara yang satu ini. 

1. Lokasi dan Geografi Meksiko

meksiko
Ilustrasi Peta meksiko. Sumber: id.wikipedia.org

Halo Sobat Suka Fakta! Tahukah kamu bahwa Meksiko adalah negara terbesar di Amerika Tengah? Berada di tengah-tengah benua Amerika, Meksiko punya posisi strategis yang bikin negara ini punya banyak tetangga. Di sebelah utara, Meksiko berbatasan langsung dengan Amerika Serikat, sementara di selatan ada Guatemala dan Belize. Nggak cuma itu, Meksiko juga punya pantai yang menghadap ke Samudra Pasifik di barat dan Laut Karibia di timur.

Yang menarik, Kota Meksiko atau Mexico City, ibu kota negara ini, ternyata sedang tenggelam, lho! Yup, kota besar yang penuh kehidupan ini sebenarnya dibangun di atas danau yang kering. Akibatnya, setiap tahun Kota Meksiko terus-menerus tenggelam dengan kecepatan sekitar 15-20 cm. Wah, kebayang nggak sih, betapa uniknya kondisi geografis kota ini?

2. Budaya Hari Orang Mati di Meksiko

 Dia de los Muertos
Potret Dia de los Muertos. Sumber: Dok. parade.com

Beranjak dari geografi, mari kita masuk ke kekayaan budaya dan sejarah Meksiko yang nggak kalah menarik. Meksiko adalah rumah bagi beberapa budaya kuno yang sangat maju seperti Olmec, Toltec, Maya, dan Aztec. Budaya-budaya ini telah ada selama ribuan tahun sebelum bangsa Spanyol datang dan menjajah pada abad ke-16. Peninggalan budaya ini masih bisa kita lihat sampai sekarang, mulai dari piramida kuno hingga tradisi-tradisi yang masih dipertahankan.

Ngomong-ngomong soal tradisi, salah satu yang paling terkenal adalah Hari Orang Mati atau Dia de los Muertos. Perayaan ini penuh warna dan melibatkan banyak kegiatan, mulai dari membuat altar untuk menghormati leluhur hingga menghias makam dengan bunga dan makanan favorit orang yang telah meninggal. 

Salah satu simbol ikonik dari perayaan ini adalah La Catrina, tengkorak wanita yang sering kita lihat di berbagai dekorasi Hari Orang Mati.

3. 30 Situs Budaya dan Sejarah Diakui UNESCO

Arkeologi Chichen Itza
Potret Arkeologi Chichen Itza. Sumber: IST

Meksiko nggak cuma kaya budaya dan sejarah, tapi juga punya banyak situs warisan dunia UNESCO. Ada lebih dari 30 situs yang diakui oleh UNESCO di Meksiko, mulai dari piramida kuno hingga kota-kota kolonial yang terawat dengan baik. Salah satu yang paling terkenal adalah Chichen Itza, sebuah situs arkeologi Maya yang luar biasa indah dan penuh misteri. Situs ini bahkan masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia Baru, lho!

Selain Chichen Itza, ada juga Kota Guanajuato yang mempesona dengan arsitektur kolonialnya. Kota ini terkenal dengan terowongan bawah tanah dan jalan-jalan sempit yang berliku. Mengunjungi tempat-tempat ini nggak cuma memberi kamu pengalaman visual yang memukau, tapi juga membawa kamu kembali ke masa lalu yang penuh sejarah.

4. Meksiko Punya 67 Bahasa Asli Penduduk Lokal 

Berikutnya, kita bahas tentang bahasa dan penduduk Meksiko. Meskipun bahasa Spanyol adalah bahasa resmi, Meksiko juga punya 67 bahasa resmi lainnya, termasuk bahasa-bahasa asli yang masih digunakan oleh suku-suku pribumi. Keanekaragaman bahasa ini mencerminkan keragaman etnis dan budaya yang ada di Meksiko.

Dengan populasi lebih dari 120 juta orang, Meksiko adalah negara berbahasa Spanyol dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Kota Meksiko sendiri adalah kota berbahasa Spanyol terbesar di dunia, dengan lebih dari 21 juta penduduk. Bayangkan betapa hidup dan dinamisnya kota ini dengan segala keberagamannya!

5. Banyak Makanan Pedas di Meksiko 

Cabai habanero.
Potret Cabai habanero. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa di sini yang doyan makanan pedas? Kalau kamu salah satunya, pasti suka banget sama makanan khas Meksiko yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Salah satu bumbu andalan yang bikin makanan Meksiko jadi spesial adalah cabai Habanero yang tumbuh di Semenanjung Yucatan. Selain itu, jagung dan cokelat juga merupakan bahan utama dalam banyak hidangan tradisional Meksiko.

Nggak cuma makanan, Meksiko juga punya minuman khas yang terkenal di seluruh dunia, yaitu tequila. Minuman ini dibuat dari tanaman agave yang disuling dan punya rasa yang khas. Tequila biasanya dinikmati dengan garam dan irisan jeruk nipis. Wah, kebayang kan betapa nikmatnya mencicipi makanan dan minuman khas Meksiko langsung di negara asalnya?

6. Ada Lebih dari 25.000 Taksi Beroperasi Tiap Hari

Meksiko.
Potret Taksi di Meksiko. Sumber: finance.detik.com

Kita lanjut ke fakta unik tentang Kota Meksiko, salah satu kota paling menarik di dunia. Selain sedang tenggelam, Kota Meksiko juga punya armada taksi terbesar di dunia. Bayangkan, lebih dari 25.000 taksi aktif setiap harinya di kota ini! Jadi, kalau kamu berkunjung ke sini, nggak perlu khawatir soal transportasi deh.

Kota Meksiko juga merupakan kota berbahasa Spanyol terbesar di dunia, dengan segala keragaman budaya dan kehidupan kotanya. Kamu bisa menemukan berbagai hal menarik di sini, mulai dari situs sejarah, museum, hingga tempat-tempat makan yang lezat. Jadi, nggak ada alasan untuk nggak menjelajahi setiap sudut Kota Meksiko saat kamu berkunjung ke negara ini.

7. Ada Universitas Tertua di Amerika Utara dan Tengah

Universitas Otonom Nasional Meksiko
Potret Universitas Otonom Nasional Meksiko. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Setelah kita bahas banyak hal menarik tentang Kota Meksiko, sekarang saatnya kita beralih ke dunia pendidikan. Tahukah kamu bahwa Meksiko punya universitas tertua di seluruh Amerika Utara dan Tengah? Yap, Universitas Otonom Nasional Meksiko atau UNAM didirikan pada tahun 1551, bahkan lebih tua dari Harvard! Universitas ini bukan cuma tua, tapi juga berpengaruh banget dalam bidang pendidikan dan penelitian di Meksiko.

UNAM adalah salah satu universitas terbesar di dunia, dengan ribuan mahasiswa dan fakultas. Kampus utamanya di Mexico City adalah karya arsitektur yang menakjubkan, penuh dengan mural dan bangunan bersejarah. Kalau kamu punya kesempatan untuk mengunjungi kampus ini, jangan lewatkan deh, karena selain belajar sejarahnya, kamu juga bisa menikmati keindahan arsitekturnya yang unik.

8. Kaya dengan Flora dan Fauna

Kupu-Kupu.
Potret Kupu-Kupu Monarch. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, Meksiko juga terkenal dengan keragaman flora dan faunanya. Negara ini adalah rumah bagi ribuan spesies hewan dan tumbuhan yang nggak bisa kamu temukan di tempat lain. Ada lebih dari 1.000 spesies burung, 400 spesies mamalia, dan hampir 1.000 spesies reptil dan amfibi yang hidup di berbagai habitat di Meksiko. Bahkan, sekitar 10% dari semua spesies tumbuhan di dunia ada di sini!

Salah satu pemandangan alam yang paling menakjubkan adalah migrasi kupu-kupu Monarch. Setiap tahun, jutaan kupu-kupu ini terbang dari Amerika Serikat dan Kanada ke hutan-hutan di Meksiko untuk beristirahat selama musim dingin. Pemandangan hutan yang dipenuhi oleh kupu-kupu oranye besar ini benar-benar ajaib dan menjadi impian banyak pecinta alam untuk bisa melihatnya secara langsung.

9. Orang Meksiko Penemu Televisi Berwarna Pertama

Guillermo González
Potret Guillermo González penemu televisi berwarna. Sumber: Dok. earlytelevision.org

Meksiko juga punya banyak penemuan dan inovasi yang membanggakan. Salah satunya adalah televisi berwarna. Pada tahun 1963, seorang insinyur Meksiko bernama Guillermo González Camarena menemukan sistem transmisi televisi berwarna. Penemuan ini mengubah cara kita menonton TV selamanya dan menjadi tonggak penting dalam sejarah teknologi.

Selain itu, Meksiko juga memiliki mesin cetak pertama di Amerika. Casa de la Primera Imprenta de America di Mexico City adalah tempat di mana mesin cetak pertama di benua ini ditempatkan. Mesin cetak ini menjadi bukti penting dari kemajuan teknologi dan literasi di Meksiko sejak masa kolonial.

10. Sepak Bola jadi Olahraga Populer di Meksiko

Stadion Azteca
Potret Stadion Azteca. Sumber: Dok. id-id.soccerwiki.org

Nah, sekarang kita beralih ke olahraga, Sobat Suka Fakta. Sepak bola adalah olahraga yang paling populer di Meksiko. Tim nasional Meksiko selalu tampil impresif di berbagai turnamen internasional, termasuk Piala Dunia. Nggak heran kalau sepak bola jadi bagian penting dari budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat Meksiko.

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi kalau kamu penggemar sepak bola adalah Stadion Azteca di Mexico City. Stadion ini adalah yang terbesar di Amerika Latin dan punya kapasitas lebih dari 87.000 penonton. Bayangkan serunya menonton pertandingan langsung di stadion sebesar ini, dengan ribuan fans yang antusias!

11. Pengaruh Meksiko di Dunia Kuliner

Taco
Potret Taco makanan khas Meksiko. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kita nggak bisa ngomongin Meksiko tanpa menyebutkan pengaruh besar mereka di dunia kuliner. Makanan Meksiko terkenal di seluruh dunia dengan rasa yang kaya dan bumbu yang menggoda. Mulai dari taco, enchilada, hingga mole poblano, setiap hidangan punya cerita dan sejarahnya sendiri.

Masakan Meksiko bahkan diakui sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Berwujud oleh UNESCO. Bukan cuma karena rasanya yang lezat, tapi juga karena teknik memasak dan bahan-bahannya yang unik. Misalnya, penggunaan cokelat dalam masakan gurih atau cara tradisional memasak jagung untuk membuat tortilla. Jadi, kalau kamu pecinta makanan, Meksiko pasti jadi surga buatmu!

12. Air Berwarna Pink di Las Coloradas

 Las Coloradas.
Potret Las Coloradas. Sumber: IST

Sekarang, kita lanjut ke keindahan alam Meksiko yang memukau. Meksiko punya pantai-pantai yang indah, pegunungan yang menakjubkan, dan situs-situs alam yang unik. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Las Coloradas di Semenanjung Yucatan. Air di sini berwarna merah muda seperti permen kapas, memberikan pemandangan yang luar biasa cantik.

Selain itu, Meksiko juga punya gunung berapi terbanyak di dunia, termasuk yang terkecil! Gunung berapi Cuexcomate dekat Puebla tingginya hanya 43 kaki, dan meskipun kecil, tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi. Jadi, buat kamu yang suka petualangan dan keindahan alam, Meksiko punya banyak hal yang bisa ditawarkan.

13. Fakta Menarik tentang Perbatasan Meksiko

 perbatasan meksiko
Potret perbatasan Meksiko dan Amerika serikat. Sumber: IST

Perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat adalah perbatasan terpanjang kedua di dunia, setelah perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada. Perbatasan ini penuh dengan dinamika dan tantangan, termasuk isu-isu tentang migrasi dan keamanan. Setiap tahun, banyak orang mencoba menyeberangi perbatasan ini untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Amerika Serikat.

Di sisi lain, perbatasan ini juga menjadi saksi dari banyak cerita dan tradisi. Misalnya, di kota Tijuana yang berbatasan langsung dengan San Diego, kamu bisa menemukan campuran budaya Meksiko dan Amerika yang unik. Tempat ini sering disebut sebagai “pintu gerbang ke Amerika” dan menawarkan berbagai pengalaman menarik bagi para pelancong.

14. Guadalajara jadi Tempat Wisata yang Banyak Dikunjungi Turis 

Guadalajara.
Potret Guadalajara. Sumber: IST

Meksiko punya banyak kota yang menarik untuk dijelajahi, baik yang bersejarah maupun yang modern. Salah satu kota bersejarah yang terkenal adalah Puebla. Kota ini penuh dengan bangunan kolonial yang indah dan punya banyak situs sejarah yang bisa kamu kunjungi. Selain itu, Puebla juga terkenal dengan makanan lezatnya, seperti mole poblano.

Di sisi lain, Guadalajara adalah contoh kota modern yang tetap mempertahankan nuansa tradisionalnya. Kota ini adalah pusat budaya dan ekonomi di bagian barat Meksiko, dengan banyak museum, teater, dan festival yang menarik. Jadi, kamu bisa merasakan keseimbangan antara sejarah dan modernitas saat berkunjung ke kota-kota ini.

15. Peso adalah Mata Uang Meksiko 

Uang Meksiko.
Potret Uang Meksiko. Sumber: IST

Meksiko punya sistem ekonomi yang menarik, Sobat Suka Fakta. Ekonominya merupakan campuran antara teknologi modern dan peralatan tradisional. Sektor-sektor utama dalam perekonomian Meksiko meliputi industri, pertanian, pariwisata, dan remitansi dari warga Meksiko yang bekerja di luar negeri. Kombinasi ini membuat ekonomi Meksiko cukup dinamis dan berkembang.

Mata uang yang digunakan di Meksiko adalah Peso Meksiko. Ekonomi Meksiko juga mendapat banyak manfaat dari pariwisata, karena banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam, budaya, dan kuliner yang ditawarkan negara ini. Jadi, kalau kamu berencana berkunjung, pastikan kamu siap untuk menikmati segala yang Meksiko tawarkan, dari belanja hingga kuliner!

16. Banyak Seniman Terkenal dari Meksiko

Frida Kahlo.
Potret seniman Frida Kahlo. Sumber: Dok. pixels.com

Meksiko punya warisan seni dan musik yang kaya dan beragam. Salah satu contoh unik adalah bahwa seniman di Meksiko bisa membayar pajak dengan karya seni mereka. Ini menunjukkan betapa pentingnya seni dalam budaya Meksiko. Ada banyak seniman terkenal dari Meksiko, salah satunya adalah Frida Kahlo, yang karyanya diakui di seluruh dunia.

Musik juga menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan di Meksiko. Mariachi, genre musik tradisional Meksiko, sering dimainkan di berbagai acara, dari pernikahan hingga festival. Suara gitar, terompet, dan biola yang berpadu dengan vokal yang khas membuat musik Mariachi sangat khas dan memikat. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati musik ini saat kamu berada di Meksiko!

Selanjutnya, kita akan bahas tentang festival dan perayaan yang bikin Meksiko semakin hidup dan berwarna. Ayo, lanjut baca!

17. Banyak Festival dan Perayaan Budaya yang Unik

Guelaguetza di Oaxaca.
Festival Guelaguetza di Oaxaca. Sumber: Dok. hotelelcallejon.com

Halo Sobat Suka Fakta! Kalau kamu suka pesta dan perayaan, Meksiko adalah tempat yang tepat untukmu. Negara ini penuh dengan festival yang meriah dan penuh warna sepanjang tahun. Salah satu yang paling terkenal adalah Dia de los Muertos atau Hari Orang Mati, yang dirayakan setiap tanggal 2 November. Perayaan ini unik karena menggabungkan elemen kesedihan dan kebahagiaan dalam menghormati leluhur yang telah meninggal. Kamu bisa melihat parade besar, altar yang dihiasi dengan bunga marigold, dan makanan khas seperti pan de muerto.

Selain Hari Orang Mati, ada juga Guelaguetza di Oaxaca, sebuah festival budaya yang menampilkan tarian tradisional, musik, dan kostum yang memukau. Festival ini biasanya diadakan pada bulan Juli dan menarik ribuan wisatawan dari seluruh dunia. Jadi, kalau kamu suka dengan budaya dan tradisi, Meksiko punya banyak perayaan yang bisa kamu nikmati dan menjadi bagian dari pengalaman liburanmu.

18. Pusat Industri Otomotif Ternama

General Motors.
Potret Pabrik besar General Motors. Sumber: Dok. newsreportmx.com

Meksiko bukan hanya kaya akan budaya dan sejarah, tapi juga punya peran penting dalam dunia teknologi dan industri. Selain Guillermo González Camarena sebagai penemu televisi berwarna pada tahun 1963, Meksiko juga dikenal sebagai pusat produksi industri otomotif.

Banyak pabrik mobil besar yang beroperasi di negara ini, termasuk General Motors, Ford, dan Volkswagen. Industri ini memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi Meksiko dan menyediakan banyak lapangan pekerjaan. Jadi, Meksiko bukan cuma tentang budaya dan makanan, tapi juga tentang inovasi dan teknologi yang maju.

19. Negara dengan Populasi Katolik Terbesar Kedua di Dunia

 katholik
Potret gereja katholik. Sumber: IST

Meksiko adalah negara dengan populasi Katolik terbesar kedua di dunia, setelah Brasil. Lebih dari 90 juta penduduk Meksiko adalah penganut Katolik, dan agama ini memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Gereja-gereja Katolik bisa ditemukan di hampir setiap kota dan desa, dan banyak perayaan keagamaan yang diadakan sepanjang tahun.

Salah satu perayaan keagamaan terbesar adalah Semana Santa atau Pekan Suci, yang berlangsung selama minggu sebelum Paskah. Selama pekan ini, banyak kota di Meksiko mengadakan prosesi jalan salib, pawai, dan upacara keagamaan lainnya. Perayaan ini tidak hanya menunjukkan devosi agama, tapi juga menjadi waktu bagi keluarga untuk berkumpul dan merayakan bersama.

20. Orang Meksiko Utamakan Waktu Berharga Bersama Keluarga

Tamales.
Potret makanan utama dalam pertemuan keluarga, Tamales. Sumber: IST

Kehidupan sehari-hari di Meksiko penuh dengan keunikan dan kebiasaan yang menarik. Misalnya, masyarakat Meksiko sangat menghargai waktu bersama keluarga. Makan bersama adalah bagian penting dari budaya mereka, dan sering kali menjadi momen untuk berkumpul dan berbagi cerita. Makanan seperti tamales, tacos, dan pozole sering kali menjadi hidangan utama dalam pertemuan keluarga.

Selain itu, kehidupan di kota besar seperti Mexico City sangat dinamis dan penuh dengan aktivitas. Dari pasar tradisional yang menjual berbagai barang unik hingga kafe dan restoran modern yang menawarkan berbagai masakan lezat, ada banyak hal yang bisa kamu eksplorasi. Di sisi lain, kehidupan di pedesaan lebih tenang dan dekat dengan alam, memberikan pengalaman yang berbeda namun sama menariknya.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah 20 fakta menarik tentang negara Meksiko yang pastinya bikin kamu lebih mengenal dan menghargai kekayaan budaya, sejarah, dan alam negara ini. Dari lokasi geografis yang unik hingga keanekaragaman flora dan fauna, dari inovasi teknologi hingga keindahan alam, Meksiko punya segalanya. Jangan lupa juga tentang makanan dan minuman khas yang bikin lidah bergoyang, serta festival-festival meriah yang nggak boleh dilewatkan.

Jadi, kalau kamu punya kesempatan untuk mengunjungi Meksiko, jangan ragu-ragu. Jelajahi setiap sudut negara ini dan temukan sendiri keajaiban yang ditawarkan. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta! Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuanmu tentang Meksiko.

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *