Fakta Dunia

18 Fakta Unik Benua Eropa yang Jarang Orang Ketahui

244
×

18 Fakta Unik Benua Eropa yang Jarang Orang Ketahui

Sebarkan artikel ini
Gambar peta
Potret peta benua eropa. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa yang di sini suka banget sama fakta-fakta unik dan menarik dari berbagai negara? Nah, kali ini kita akan mengupas tuntas tentang fakta unik Benua Eropa, sebuah benua yang kaya akan sejarah, budaya, dan pastinya banyak banget hal-hal seru yang mungkin belum kalian ketahui.

Eropa nggak cuma terkenal dengan Menara Eiffel di Paris atau Colosseum di Roma saja, lho. Ada banyak banget fakta-fakta unik penuh dengan sejarah yang bisa bikin kalian makin terinformasi dan terkagum-kagum sama benua ini. Dari kota terkecil di dunia, penguin yang jadi ksatria, hingga garis pantai terpanjang di Eropa, semuanya ada di sini!

Jadi, siap-siap ya, kita bakal jalan-jalan virtual sambil mengenal lebih dalam tentang Eropa melalui 15 fakta unik benua Eropa yang jarang orang ketahui. Yuk, langsung saja kita mulai!

18 Fakta Unik Benua Eropa yang Jarang Orang Ketahui

1. Terdapat Negara Terkecil

fakta unik benua eropa
Potret Kota terkecil bernama Vatican City. Sumber: carpediemtours

Benua ini memang unik, Sobat, sampai-sampai ada negara terkecil yang merupakan negara kota dengan nama Vatikan. Kota Vatikan atau Vatican City memiliki luas hanya 44 hektar (0,49 km persegi) dengan populasi sebanyak 842 jiwa. 

Ukurannya yang kecil ini berhasil membuat Vatican City menjadi negara terkecil di dunia berdasarkan luas daratan. Tapi meskipun kecil, Vatican City memiliki sejarah yang kaya dan menjadi pusat spiritual bagi umat Katolik di seluruh dunia.

2. Islandia Bebas Nyamuk

Nyamuk.
Potret hewan Nyamuk. Sumber: IST

Bayangkan liburan tanpa diganggu gigitan nyamuk, menyenangkan, bukan? Nah, jika Sobat Suka Fakta mau merasakan hal tersebut, Islandia adalah jawabannya. 

Menurut peneliti, di seluruh dunia terdapat lebih dari 3.000 jenis nyamuk, loh, tapi anehnya, di Islandia enggak ada satu pun nyamuk! Hal ini disebabkan oleh suhu yang dingin dan kurangnya kolam dangkal, sehingga enggak memungkinkan nyamuk untuk berkembang biak di negara ini.

Jadi, buat kalian yang sering jadi sasaran empuk nyamuk, Islandia bisa jadi tempat liburan yang sempurna. Kalian bisa menikmati keindahan alam Islandia tanpa harus khawatir digigit nyamuk. Seru, kan?

3. Istanbul, Kota di Turki yang Berada di Benua Eropa dan Asia

Istanbul.
Potret Kota Istanbul. Sumber: IST

Salah satu kota paling unik di dunia adalah Istanbul, Turki, yang merupakan satu-satunya kota di dunia yang terletak di dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Dengan jembatan yang menghubungkan kedua benua tersebut, Istanbul adalah perpaduan yang menarik antara budaya Timur dan Barat. Kota ini juga memiliki sejarah yang kaya dan menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di dunia..

4. Coklat Terlaris di Bandara Brussels

Bandara Brussels
Potret Bandara Brussels. Sumber: Dok. simpleflying.com

Kalau Sobat Suka Fakta penggemar berat coklat, kalian wajib tahu bahwa Bandara Brussels di Belgia adalah tempat paling banyak menjual coklat di dunia. Setiap tahun, lebih dari 800 ton coklat terjual di sini. 

Coklat Belgia terkenal dengan kualitasnya yang luar biasa, dan tidak heran jika para pelancong tidak bisa menahan godaan untuk membeli coklat di bandara ini. Jadi, kalau kalian transit di Brussels, pastikan beli beberapa kotak coklat untuk oleh-oleh atau mungkin untuk dinikmati sendiri. Rasa coklat Belgia memang tiada tandingannya!

5. Kerajaan Denmark, Monarki Tertua di Eropa

Kerajaan Denmark,
Potret Kerajaan Denmark,Sumber: Dok. popmama.com

Eropa memang terkenal dengan banyaknya kerajaan, tapi tahukah kalian bahwa Kerajaan Denmark adalah monarki tertua di Eropa? Didirikan pada tahun 935 oleh raja Viking Gorm the Old dan Harald Bluetooth, kerajaan ini telah memerintah lebih dari 1.000 tahun. Dari Gorm the Old hingga Ratu Margrethe II saat ini, keluarga kerajaan ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya.

Selain itu, masih ada sepuluh negara Eropa lainnya yang memiliki keluarga kerajaan, seperti Inggris, Spanyol, Swedia, dan Norwegia. Setiap monarki memiliki cerita dan tradisi yang unik, menjadikan Eropa tempat yang penuh dengan sejarah kerajaan yang menarik.

6. Tradisi Unik di Hungaria

Hongaria.
Potret Negara Hongaria. Sumber: IST

Kalau kalian berkunjung ke Hungaria, ada satu tradisi unik yang harus kalian tahu. Di sini, kalian tidak boleh mendentingkan gelas saat bersulang. Kebiasaan ini dimulai sejak tahun 1848, ketika Austria mengalahkan Hungaria dalam revolusi dan merayakannya dengan mendentingkan gelas bir. Sejak itu, orang Hungaria memilih untuk tidak mendentingkan gelas saat bersulang. 

Sebagai gantinya, ucapkan “Egészségedre” yang berarti “Cheers, untuk kesehatan kita” sambil menatap mata teman minum kalian. Menarik, kan, Sobat? Tradisi ini menunjukkan betapa sejarah bisa mempengaruhi kebiasaan sosial di suatu negara.

7. Gedung Tertinggi di Eropa

Lakhta Center.
Potret Lakhta Center. Sumber: IST

Eropa memang tak dikenal dengan gedung-gedung tingginya seperti di benua Amerika atau Asia. Namun, terdapat gedung pencakar langit tertinggi di St. Petersburg, Rusia, yaitu Lakhta Center yang menjulang setinggi 462 meter dengan 87 lantai. Gedung ini menawarkan pemandangan spektakuler dan menjadi ikon arsitektur modern di Eropa.

Jadi, buat kalian yang suka arsitektur modern, kunjungan ke St. Petersburg akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

8. Memiliki Desa dengan Nama Terpanjang di Dunia

gambar desa
Potret desa dengan nama terpanjang. Sumber: en.wikipedia.org

Fakta unik lainnya tentang benua Eropa adalah desa dengan nama terpanjang dalam bahasa Wales, ialah Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch, desa yang terletak di Pulau Anglesey, Wales. Nama desa ini biasanya dipersingkat menjadi Llanfair PG. 

Meski nama desanya panjang dan sulit diucapkan, tetapi justru itu menjadi daya tarik sendiri untuk mempelajari cara pengucapan nama desa yang hanya memiliki populasi sekitar 3.000 orang itu.

9. Ada 250 Lebih Bahasa di Eropa

 benua eropa
Ilustrasi peta benua eropa. Sumber: IST

Eropa adalah benua dengan keragaman budaya yang luar biasa, dan salah satu buktinya adalah keberadaan lebih dari 250 bahasa yang digunakan di sini. Meskipun hanya 24 bahasa yang diakui sebagai bahasa resmi Uni Eropa, keragaman bahasa ini mencerminkan sejarah panjang dan kompleks benua ini.

Dari bahasa Inggris yang paling banyak digunakan hingga bahasa-bahasa yang kurang dikenal, setiap bahasa memiliki cerita dan identitas budaya tersendiri yang membuat Eropa begitu menarik.

10. Garis Pantai Terpanjang di Eropa

 Pantai Norwegia.
Potret Pantai Norwegia. Sumber: Dok. lifestyle.haluan.co

Sobat Suka Fakta, jika kalian pecinta pantai, kalian harus tahu bahwa Norwegia memiliki garis pantai terpanjang di Eropa, bahkan terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Dengan panjang lebih dari 100.000 kilometer, pantai-pantai Norwegia menawarkan pemandangan fjord, atau teluk yang berasal dari lelehan gletser, pulau-pulau yang terjal, dan pantai berbatu yang memukau.

Berpetualang di sepanjang garis pantai Norwegia akan memberikan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

11. Notre Dame, Objek Wisata Terpopuler di Eropa

Notre Dame
Potret wisata Notre Dame. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau Katedral Notre-Dame di Paris adalah objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Eropa? Meskipun banyak orang mengira Menara Eiffel atau Colosseum yang paling ramai, ternyata Notre-Dame lah juaranya dengan hampir 14 juta pengunjung setiap tahunnya.

 Menariknya, meski sempat dilanda kebakaran hebat pada tahun 2019, antusiasme wisatawan untuk mengunjungi katedral ini tidak surut. Bahkan, banyak yang datang untuk menyaksikan dan berkontribusi pada proses pemulihan katedral ini.

Bandingkan dengan Disneyland Paris yang mendekati 10 juta pengunjung, Menara Eiffel dengan 7 juta pengunjung, dan Colosseum di Roma dengan 6 juta pengunjung, Notre-Dame tetap memegang rekor. Jadi, kalau kalian ke Paris, jangan lupa mampir ke Notre-Dame dan nikmati megahnya arsitektur yang kaya akan sejarah ini!

12. Kota Terkecil di Dunia

Kota Hum.
Potret Kota Hum. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Pernah nggak sih kalian membayangkan ada kota dengan jumlah penduduk yang bisa dihitung jari? Nah, di Eropa, tepatnya di Kroasia, ada kota super mini bernama Hum. 

Hum ini disebut-sebut sebagai kota terkecil di dunia dengan jumlah penduduk hanya sekitar 30 orang. Bayangin deh, kayaknya semua orang di kota ini pasti kenal satu sama lain, ya!

Hum bukan cuma kecil tapi juga punya sejarah yang menarik, lho. Kota ini dikenal dengan minuman brendi mistletoe khasnya yang disebut Biska. Katanya, resep Biska ini sudah ada sejak zaman Druid Celtic kuno, sekitar 2.000 tahun yang lalu. Jadi, kalau kalian berkunjung ke Kroasia, jangan lupa mampir ke Hum dan rasakan sensasi berada di kota terkecil di dunia!

13. Hutan Hujan di Eropa

Hutan hujan eropa.
Potret Hutan hujan eropa. Sumber: Darco Gavric

Hutan Hujan Perućica yang ada di Bosnia dan Herzegovina adalah salah satu hutan hujan terakhir yang tersisa di Eropa dan bahkan jadi Situs Warisan Dunia UNESCO sementara.

Hutan ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan menjadi tempat yang sempurna buat kalian yang cinta banget sama alam dan petualangan. Bayangin deh, jalan-jalan di tengah hutan hujan yang lebat dengan udara segar dan pemandangan hijau yang menenangkan. Serasa di dunia lain, ya!

14. Desa dengan Nama Satu Huruf

Norwegia.
Potret Kota Norwegia. Sumber: IST

Negara Skandinavia, seperti Denmark, Swedia, dan Norwegia, ada desa-desa yang punya nama hanya satu huruf, lho! Sebagian besar desa ini diberi nama “Å” yang dalam bahasa Skandinavia artinya “sungai kecil”. Ada juga satu desa di Swedia yang namanya “Ö”, artinya “pulau”.

Nama yang pendek ini justru bikin desa-desa tersebut unik dan menarik untuk dikunjungi. Bayangin aja, Sobat bisa cerita ke teman-teman kalau pernah berkunjung ke desa dengan nama satu huruf. Keren kan? Kalau kalian berencana jalan-jalan ke Skandinavia, jangan lupa mampir ke desa-desa “Å” ini ya!

15. Berasal dari Mitologi Yunani

Gambar patung
Ilustrasi Patung dewa. Sumber: WIKIMEDIA COMMONS

Banyak nama tempat di Eropa yang berasal dari mitologi Yunani. Maka dari itu. Misalnya, nama-nama seperti Zeus, Athena, dan Hermes, yang kita kenal dari cerita-cerita mitos Yunani, ternyata banyak digunakan sebagai nama tempat di berbagai negara Eropa.

Nggak cuma nama, banyak cerita dan legenda kuno dari mitologi Yunani yang masih hidup dan jadi bagian dari warisan budaya Eropa. Kalau kalian suka sejarah dan mitologi, Eropa adalah tempat yang pas buat kalian jelajahi. Setiap sudutnya punya cerita menarik yang bisa bikin kita merasa seperti menjelajahi dunia mitos!

16. Mayoritas Beragama Kristen

Gambar wanita
Seorang wanita sedang berdoa. Sumber: IST

Penduduk Eropa menganut agama Kristen. Agama ini sudah menjadi bagian integral dari sejarah dan budaya Eropa selama berabad-abad. Di berbagai negara Eropa, kalian bisa menemukan banyak gereja tua dengan arsitektur yang megah dan penuh sejarah.

Meskipun ada berbagai aliran Kristen yang berbeda, Gereja Katolik dan Protestan adalah yang paling dominan di sebagian besar negara Eropa. Jadi, kalau kalian berkunjung ke Eropa, kalian pasti akan melihat betapa agama Kristen mempengaruhi banyak aspek kehidupan sehari-hari, dari arsitektur hingga tradisi dan festival.

17. Memiliki Banyak Kastil

Gambat kastil
Potret salah satu kastil. Sumber: instagram.com/lukasschar2020

Eropa adalah surganya kastil, lho! Di seluruh benua ini, kalian bisa menemukan ribuan kastil dengan arsitektur yang memukau dan cerita sejarah yang kaya. Mulai dari Kastil Neuschwanstein yang indah di Jerman, yang konon jadi inspirasi Kastil Sleeping Beauty, putri dari Disney, hingga Kastil Edinburgh yang megah di Skotlandia.

Setiap kastil punya cerita dan keunikan tersendiri. Misalnya, Kastil Neuschwanstein dibangun oleh Raja Ludwig II dari Bavaria sebagai tempat peristirahatan pribadi dan penuh dengan dekorasi yang fantastis. Sementara Kastil Edinburgh adalah saksi bisu banyak peristiwa penting dalam sejarah Skotlandia. Jadi, kalau kalian jalan-jalan ke Eropa, jangan lupa mampir ke beberapa kastil ini dan rasakan atmosfer yang bikin kita serasa kembali ke masa lalu!

18. Memiliki Satu Mata Uang

Gambar uang
Potret mata uang Euro. Sumber: IST

Sebagian besar negara di benua ini menggunakan satu mata uang yang sama, yakni Euro yang digunakan oleh 19 dari 27 negara anggota Uni Eropa. Hal ini memudahkan banget buat kita yang suka traveling, karena nggak perlu repot-repot tukar uang setiap kali pindah negara.

Dengan menggunakan Euro, perdagangan dan perjalanan lintas negara jadi lebih mudah dan efisien. Meskipun masih ada beberapa negara yang mempertahankan mata uang mereka sendiri, penggunaan Euro telah membawa banyak manfaat besar bagi ekonomi Eropa secara keseluruhan. Jadi, kalau kalian jalan-jalan ke Eropa dan bawa Euro, kalian bisa langsung belanja dan menikmati berbagai hal seru di banyak negara tanpa perlu pusing mikirin kurs mata uang. Praktis banget, kan?

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, dari artikel yang telah kita jelajahi, jelas terlihat bahwa Benua Eropa adalah tempat yang penuh dengan fakta-fakta unik dan menarik yang mungkin belum banyak diketahui orang. Mulai dari negara terkecil hingga nama kota terpanjang di Eropa, semua adalah bagian dari fakta dunia yang ada. 

Fakta unik Benua Eropa termasuk Istanbul sebagai satu-satunya kota di dunia yang terletak di dua benua, Eropa dan Asia, menghadirkan perpaduan unik antara budaya Timur dan Barat. Enggak hanya itu, Benua Eropa yang memiliki lebih dari 250 bahasa ternyata tak luput dari sejarah mitologi Yunani yang masih melekat pada penamaan dan budaya dari Benua Biru tersebut. 

Dengan membaca artikel fakta unik Benua Eropa ini, semoga Sobat Suka Fakta jadi lebih melek lagi tentang fakta-fakta dari banyak belahan bumi. Sampai berjumpa di artikel fakta dunia lainnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  1. Trafalgar. (n.d.). 21 fakta menarik acak tentang Eropa yang tidak pernah Anda ketahui. Diakses dari https://www.trafalgar.com/real-word/21-facts-europe-never-knew/
  2. Tomedes. (n.d.). 30 Fakta Menarik Tentang Eropa yang Mungkin Belum Anda Ketahui. Diakses dari https://www.tomedes.com/translator-hub/fun-facts-about-europe
  3. Euroschool India. (n.d.). Facts about Europe. Diakses dari https://www.euroschoolindia.com/blogs/facts-about-europe/
  4. Veena World. (n.d.). Facts about Europe. Diakses dari https://www.veenaworld.com/blog/facts-about-europe
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *