Fakta Dunia

16 Fakta Unik Dunia, Orang Terpendek Berasal dari Indonesia?

208
×

16 Fakta Unik Dunia, Orang Terpendek Berasal dari Indonesia?

Sebarkan artikel ini
Dunia
Ilutrasi Bola dunia. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Pernahkah kalian berpikir bahwa dunia ini penuh dengan kejutan dan fakta-fakta unik yang mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya? Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa “Fakta Unik Dunia” yang pastinya akan membuat kalian tercengang. Fakta-fakta ini tidak hanya menarik, tapi juga memberikan wawasan baru tentang betapa luar biasanya planet yang kita tinggali ini.

Kita akan membahas dari laut yang menyimpan ribuan virus, hingga orang terpendek yang ternyata berasal dari Indonesia. Tidak ketinggalan, kita juga akan mengupas tuntas tentang negara tanpa nyamuk, hutan hujan terbesar, dan banyak lagi! Jadi, siap-siap untuk perjalanan menarik ini ya, Sobat Suka Fakta!

Setiap fakta yang akan kita bahas punya cerita dan keunikan tersendiri. Dari perubahan warna bunga akibat radiasi UV hingga bagaimana Facebook bisa mengalahkan populasi beberapa negara besar. Artikel ini juga akan mengungkap kenapa Coca Cola tidak dijual di beberapa negara, dan misteri salju di Gurun Sahara. Penasaran kan? Yuk, kita mulai petualangan fakta ini dengan semangat!

Jangan lupa, setiap heading di artikel ini dirancang untuk membawa kalian lebih dalam ke fakta-fakta unik dunia. Jadi, tetaplah bersama kami dan nikmati setiap informasi yang kami sajikan. Selamat membaca, dan semoga kalian menemukan banyak hal baru yang menakjubkan!

1. Laut Menyimpan Lebih dari 200.000 Virus Berbeda

Matthew Sullivan
Potret Matthew Sullivan. Sumber: dok. coloradosun.com

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian bahwa laut yang terlihat tenang dan indah sebenarnya menyimpan lebih dari 200.000 jenis virus yang berbeda? Laut memang menjadi rumah bagi berbagai makhluk hidup, tetapi keberadaan virus dalam jumlah yang begitu besar tentu mengejutkan, bukan? 

Penelitian dari Matthew Sullivan, seorang mikrobiologi dari Universitas Ohio, mengungkapkan bahwa peta virus di lautan mempermudah para peneliti untuk memahami ekosistem laut dengan lebih baik. Jadi, saat kalian menikmati pemandangan laut, ingatlah bahwa ada banyak hal tak terlihat yang juga hidup di sana.

Keberadaan berbagai jenis virus ini menunjukkan betapa kompleks dan menakjubkannya ekosistem laut. Virus-virus ini berperan penting dalam siklus nutrisi laut dan kesehatan ekosistem. Dengan memahami lebih banyak tentang virus laut, para ilmuwan dapat mencari cara untuk menjaga kesehatan laut dan memanfaatkannya secara berkelanjutan.

2. Orang Terpendek di Dunia Berasal dari Indonesia

Orang terpendek
Potret Orang terpendek di Indonesia. Sumber: Dok. Instagram/ucokk.baba

Pindah ke daratan, kita akan membahas tentang salah satu fakta yang cukup mengejutkan, orang terpendek di dunia ternyata berasal dari Indonesia! The Telegraph pernah mengungkapkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan rata-rata tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan negara lain. Jika rata-rata tinggi badan orang dewasa di dunia adalah sekitar lima kaki, orang Indonesia memiliki tinggi yang jauh di bawah rata-rata tersebut.

Fakta ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari genetik hingga lingkungan. Namun, jangan salah sangka, meski memiliki postur tubuh yang lebih pendek, orang Indonesia tetap memiliki semangat dan potensi yang besar. Tinggi badan bukanlah penentu kemampuan seseorang, dan fakta unik ini justru menambah kekayaan budaya dan keberagaman yang ada di Indonesia.

3. Islandia Adalah Sebuah Negara yang Bebas dari Nyamuk

fakta unik dunia
Kolase negara islandia dan nyamuk. Sumber: IST

Sekarang kita terbang ke Islandia, sebuah negara dengan suhu rendah yang ternyata bebas dari nyamuk! Yap, kalian tidak salah dengar. Islandia adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak memiliki nyamuk. Kondisi suhu yang rendah di sana membuat nyamuk dan beberapa hama lain tidak bisa berkembang biak. Enak banget, kan? Bayangkan betapa nyamannya hidup tanpa gigitan nyamuk yang menjengkelkan!

Keadaan ini memberikan keuntungan tersendiri bagi penduduk Islandia, terutama dalam hal kesehatan. Nyamuk sering kali menjadi vektor penyakit, sehingga ketiadaan nyamuk berarti risiko penyakit yang dibawa nyamuk juga sangat rendah. Ini tentu menjadi salah satu alasan mengapa Islandia menjadi destinasi impian bagi banyak orang yang ingin menikmati udara segar tanpa gangguan nyamuk.

4. Hutan Amazon Dikenal Sebagai Paru-paru Dunia

Hutan hujan Amazon.
Potret Hutan hujan Amazon. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, mari kita lanjutkan perjalanan kita ke Amerika Selatan, tepatnya ke Hutan Amazon. Hutan hujan terbesar di dunia ini dikenal sebagai “Paru-paru Dunia” karena perannya dalam memproduksi lebih dari 20% oksigen di atmosfer Bumi. Keanekaragaman hayati di Hutan Amazon sangat luar biasa, dengan ribuan spesies tanaman dan hewan yang unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Hutan Amazon tidak hanya penting bagi produksi oksigen, tetapi juga bagi keanekaragaman hayati global. Hutan ini merupakan rumah bagi jutaan spesies yang belum tentu kita kenal semua. Dari pohon-pohon raksasa hingga serangga kecil, semuanya berkontribusi dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Jadi, menjaga kelestarian Hutan Amazon sangat penting bagi keseimbangan ekologi planet kita.

5. China Hanya Memiliki Satu Zona Waktu

China.
Potret negara China. Sumber: IST

Sekarang kita menuju Asia Timur, khususnya China. Negara ini memiliki luas wilayah yang sangat besar, tetapi tahukah kalian bahwa China hanya memiliki satu zona waktu? Meski awalnya China memiliki lima zona waktu berbeda, pada tahun 1949, pemerintah memutuskan untuk menggunakan waktu Beijing sebagai zona waktu nasional. Keputusan ini diambil untuk menyederhanakan administrasi dan kegiatan sehari-hari.

Menggunakan satu zona waktu untuk negara seluas China tentu memiliki dampak tersendiri. Di beberapa bagian negara, matahari bisa terbit sangat awal atau sangat terlambat. Namun, bagi penduduk China, hal ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Keputusan ini mungkin tampak aneh bagi kita, tetapi bagi China, ini adalah cara untuk menjaga keseragaman waktu dalam kegiatan nasional mereka.

6. Bunga yang Bisa Berubah Warna Akibat Peningkatan Radiasi UV

Bunga di taman
Potret Bunga-bunga di taman. Sumber: IST

Fakta menarik lainnya adalah tentang bunga yang bisa berubah warna. Sobat Suka Fakta, perubahan warna ini terjadi akibat peningkatan radiasi UV yang disebabkan oleh kerusakan lapisan ozon. Radiasi UV yang tinggi dapat meningkatkan pigmentasi UV pada bunga, menyebabkan perubahan warna yang cukup signifikan. Selain itu, kerusakan pada serbuk sari juga menjadi faktor penyebab perubahan warna pada bunga.

Fenomena ini menunjukkan betapa sensitifnya alam terhadap perubahan lingkungan. Perubahan warna bunga akibat radiasi UV adalah salah satu indikator bahwa kerusakan lingkungan dapat mempengaruhi kehidupan tanaman dan ekosistem secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga lapisan ozon dan lingkungan sekitar agar keindahan alam tetap terjaga.

7. Jumlah Pengguna Facebook Mengalahkan Populasi Negara-Negara Besar

Facebook
Ilustrasi memainkan Facebook. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kali ini kita akan membahas tentang salah satu media sosial terbesar di dunia, Facebook. Ternyata, jumlah pengguna aktif Facebook telah melampaui populasi beberapa negara besar seperti Amerika Serikat, China, dan Brazil. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif, Facebook telah menjadi platform utama bagi banyak orang untuk berinteraksi, berbagi informasi, dan bersosialisasi.

Fenomena ini menunjukkan betapa besarnya pengaruh media sosial dalam kehidupan sehari-hari kita. Facebook tidak hanya menjadi tempat untuk berbagi momen, tetapi juga menjadi sumber informasi dan berita. Dengan jumlah pengguna yang terus bertambah, Facebook memiliki potensi besar untuk membentuk opini publik dan menyebarkan informasi secara global. Jadi, pastikan kalian menggunakan media sosial dengan bijak, ya!

8. Coca Cola Tidak Dijual di Korea Utara dan Kuba

Coca Cola.
Potret Minuman Coca Cola. Sumber: IST

Siapa yang tidak kenal dengan Coca Cola? Minuman bersoda yang satu ini hampir bisa ditemukan di seluruh dunia. Namun, tahukah kalian bahwa Coca Cola tidak dijual di Korea Utara dan Kuba sejak tahun 1962? Hal ini disebabkan oleh embargo perdagangan jangka panjang yang diberlakukan oleh Amerika Serikat terhadap kedua negara tersebut.

Meski begitu, mungkin saja Coca Cola akan hadir di Korea Utara dan Kuba di masa depan jika ada perubahan dalam hubungan perdagangan. Sementara itu, penduduk kedua negara ini harus puas dengan alternatif minuman lokal yang tersedia. Fakta ini menunjukkan bagaimana politik dan perdagangan internasional dapat mempengaruhi ketersediaan produk global di beberapa negara.

9. Gunung Kilimanjaro Adalah Puncak Tertinggi di Afrika, Mencapai 5.895 MDPL

Gunung Kilimanjaro
Potret Gunung Kilimanjaro. Sumber: IST

Mari kita jelajahi keunikan alam lainnya, kali ini kita akan ke Tanzania untuk melihat Gunung Kilimanjaro. Gunung ini adalah puncak tertinggi di Afrika dengan ketinggian sekitar 5.895 meter di atas permukaan laut. Yang menarik, meskipun berada di dekat garis khatulistiwa, Kilimanjaro tetap memiliki salju di puncaknya. Hal ini menjadikannya salah satu gunung yang paling unik di dunia.

Keunikan ini disebabkan oleh ketinggian gunung yang cukup tinggi sehingga suhu di puncaknya tetap dingin meskipun berada di daerah tropis. Selain itu, Gunung Kilimanjaro juga menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, menjadikannya tujuan favorit bagi para pendaki dan pecinta alam dari seluruh dunia. Jadi, jika kalian suka petualangan, mendaki Kilimanjaro bisa jadi salah satu impian yang harus dicapai!

10. Samudra Pasifik Menjadi Lautan Terluas di Dunia

laut samudra pasifik.
Ilustrasi laut samudra pasifik. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, mari kita menyeberang ke Samudra Pasifik, lautan terluas di dunia yang mencakup sekitar 30% dari luas permukaan Bumi. Samudra ini tidak hanya luas, tetapi juga kaya akan keanekaragaman hayati. Dari terumbu karang yang menakjubkan hingga kehidupan laut yang beragam, Samudra Pasifik adalah salah satu ekosistem paling penting di planet kita.

Samudra Pasifik juga memainkan peran penting dalam mengatur iklim global dan sirkulasi arus laut. Arus yang mengalir di samudra ini membantu menyebarkan panas dan nutrisi ke seluruh dunia, yang penting untuk mendukung kehidupan laut dan ekosistem pantai. Jadi, menjaga kesehatan Samudra Pasifik adalah kunci untuk menjaga keseimbangan ekosistem global.

11. Dokter Gigi Merupakan Salah Satu Profesi Tertua di Dunia

Gambar dokter gigi
Potret dokter gigi sedang memeriksa pasiennya. Sumber: IST

Pindah ke sejarah, Sobat Suka Fakta, tahukah kalian bahwa dokter gigi mungkin adalah salah satu profesi tertua di dunia? Penelitian menunjukkan bukti adanya praktik kedokteran gigi pada tengkorak yang berasal dari 7.500 hingga 9.000 tahun yang lalu. Tengkorak tersebut menunjukkan tanda-tanda gigi yang dibor, menunjukkan bahwa manusia pada zaman itu sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk merawat gigi.

Fakta ini diperkuat dengan penemuan lain yang menunjukkan adanya gigi busuk yang sengaja digosok dan digores dengan alat pada tengkorak manusia berusia 14.000 tahun. Penemuan-penemuan ini menunjukkan bahwa perawatan gigi telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Jadi, saat kalian berkunjung ke dokter gigi, ingatlah bahwa profesi ini memiliki sejarah yang sangat panjang!

12. Sungai Amazon Adalah Sungai dengan Volume Air Terbesar di Dunia

Sungai Amazon
Potret Sungai Amazon. Sumber: IST

Sekarang kita beralih ke Amerika Selatan, tepatnya ke Sungai Amazon. Sungai ini dikenal sebagai sungai dengan volume air terbesar di dunia. Dalam setahun, Sungai Amazon mengalirkan sekitar 209.000 meter kubik air per detik ke laut. Angka ini sangat mengesankan dan menunjukkan betapa besarnya peran Sungai Amazon dalam ekosistem global.

Keunikan Sungai Amazon tidak hanya terletak pada volume airnya, tetapi juga pada keanekaragaman hayati yang dimilikinya. Sungai ini menjadi rumah bagi berbagai spesies ikan, amfibi, dan hewan air lainnya yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Selain itu, Sungai Amazon juga memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan iklim dan ekosistem di sekitarnya. Jadi, menjaga kelestarian Sungai Amazon sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan di Bumi.

13. Danau Baikal Adalah Danau Air Tawar Terdalam dan Tertua di Dunia

Danau Baikal
Potret Danau Baikal. Sumber: IST

Mari kita lanjutkan perjalanan kita ke Rusia, tempat Danau Baikal berada. Danau ini adalah danau air tawar terdalam dan tertua di dunia, dengan kedalaman mencapai sekitar 1.642 meter dan usianya diperkirakan mencapai 25-30 juta tahun. Danau Baikal menyimpan sekitar 20% dari seluruh air tawar yang tidak beku di dunia, menjadikannya sumber daya yang sangat penting.

Danau Baikal juga dikenal karena keanekaragaman hayatinya yang luar biasa. Di dalamnya hidup lebih dari 1.700 spesies tumbuhan dan hewan, banyak di antaranya tidak ditemukan di tempat lain. Fakta ini membuat Danau Baikal menjadi salah satu ekosistem air tawar paling unik dan berharga di dunia. Oleh karena itu, upaya konservasi untuk melindungi Danau Baikal sangat penting bagi kelestarian keanekaragaman hayati global.

14. Gua Son Doong Merupakan Gua Terbesar di Dunia yang Terletak di Vietnam

Gua Son Doong
Potret Gua Son Doong. Sumber: Dok. starjogja.com

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian bahwa gua terbesar di dunia berdasarkan volume adalah Gua Son Doong yang terletak di Vietnam? Gua ini memiliki ruang yang sangat besar sehingga sebuah hutan dapat tumbuh di dalamnya. Gua Son Doong ditemukan oleh seorang penduduk lokal pada tahun 1991, namun baru dieksplorasi secara mendalam oleh para ilmuwan pada tahun 2009.

Keunikan Gua Son Doong tidak hanya terletak pada ukurannya, tetapi juga pada ekosistem yang ada di dalamnya. Gua ini memiliki sungai bawah tanah, formasi stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan, serta spesies tumbuhan dan hewan yang unik. Penemuan dan eksplorasi Gua Son Doong memberikan wawasan baru tentang keanekaragaman alam bawah tanah dan pentingnya menjaga kelestariannya.

15. Gurun Sahara Pernah Mengalami Fenomena Badai Salju

Gurun sahara.
Potret Gurun sahara. Sumber: Dok. mongabay.co.id

Fakta menarik lainnya datang dari salah satu tempat terpanas di dunia, Gurun Sahara. Meski dikenal dengan suhu panas dan tandus, Gurun Sahara pernah mengalami kejadian langka berupa badai salju. Salju pernah turun di Sahara pada tahun 1979, 2018, dan 2021. Kejadian ini berlangsung singkat, namun cukup untuk membuat pemandangan gurun yang biasanya gersang menjadi putih oleh salju.

Fenomena ini menunjukkan betapa dinamisnya perubahan iklim di Bumi. Meskipun sangat jarang, salju di Gurun Sahara mengingatkan kita bahwa perubahan cuaca ekstrem bisa terjadi di mana saja. Kejadian ini juga menarik perhatian para ilmuwan yang terus mempelajari perubahan iklim global dan dampaknya terhadap berbagai ekosistem.

16. Jembatan Akashi Kaikyo adalah Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Jembatan Akashi Kaikyo
Potret Jembatan Akashi Kaikyo. Sumber: IST

Terakhir, mari kita lihat salah satu keajaiban teknik modern, Jembatan Akashi Kaikyo di Jepang. Jembatan ini adalah jembatan gantung terpanjang di dunia dengan rentang utama sepanjang 1.991 meter. Jembatan ini menghubungkan kota Kobe di Pulau Honshu dengan Pulau Awaji di Jepang, dan dibuka untuk umum pada tahun 1998.

Pembangunan Jembatan Akashi Kaikyo melibatkan teknologi canggih dan menghadapi berbagai tantangan, termasuk gempa bumi dan angin kencang. Keberhasilan konstruksi jembatan ini menunjukkan kemampuan teknik dan arsitektur modern dalam menciptakan struktur yang kuat dan tahan lama. Jembatan ini tidak hanya menjadi ikon teknik Jepang, tetapi juga menarik wisatawan dari seluruh dunia yang ingin melihat keindahan dan kemegahannya.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah 16 fakta unik dunia yang mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya, tapi pasti menakjubkan! Dari lautan yang penuh dengan virus yang tak terlihat, hingga gua terbesar di dunia yang memiliki hutan di dalamnya, kita telah menjelajahi berbagai keajaiban yang membuat planet kita ini begitu luar biasa. Fakta-fakta ini bukan hanya menarik, tapi juga memberikan kita wawasan baru tentang betapa beragam dan menakjubkannya dunia kita.

Dengan mengetahui fakta-fakta ini, kita jadi lebih memahami pentingnya menjaga dan melestarikan keajaiban alam yang ada di sekitar kita. Alam memberikan kita banyak sekali hal menakjubkan yang perlu kita hargai dan pelihara. Jadi, mari kita terus menjaga bumi kita agar tetap indah dan penuh dengan keajaiban.

Terima kasih sudah menemani perjalanan kita kali ini. Jangan lupa untuk terus mencari dan berbagi fakta-fakta menarik lainnya dengan teman-teman kalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya, dan tetaplah menjadi Sobat Suka Fakta yang penasaran dan selalu ingin tahu!

REFERENSI

  • Prambors FM. (n.d.). 10 Fakta Unik Dunia yang Jarang Diketahui, Orang Terpendek Dunia ada di Indonesia? Retrieved from https://www.pramborsfm.com/lifestyle/10-fakta-unik-dunia-yang-jarang-diketahui-orang-terpendek-dunia-ada-di-indonesia/all
  • Sukabumi Update. (n.d.). 30 Fakta Unik dan Menarik Dunia yang Jarang Diketahui, Bikin Takjub! Retrieved from https://www.sukabumiupdate.com/life/123190/30-fakta-unik-dan-menarik-dunia-yang-jarang-diketahui-bikin-takjub
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *