Fakta Dunia

10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan ke-1

60
×

10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan ke-1

Sebarkan artikel ini
Negara kepulauan
10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan ke 1. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Pernah nggak sih kalian ngebayangin gimana rasanya tinggal di negara yang semuanya terdiri dari pulau-pulau? Bayangin deh, pantai berpasir putih, air laut yang super jernih, plus budaya yang beda-beda di setiap pulau. Nah, itulah yang bikin negara-negara kepulauan terbesar di dunia jadi spesial banget. Di artikel kali ini, kita bakal bahas tuntas tentang 10 negara kepulauan terbesar di dunia yang keren abis!

Menurut UNCLOS (United Nations Convention on the Law of the Sea), negara kepulauan itu negara yang seluruh wilayahnya terdiri dari satu atau lebih kepulauan dan bisa mencakup pulau-pulau lain. Jadi, bisa dibayangkan dong, negara-negara ini punya banyak banget pulau yang tersebar di wilayah perairannya. Setiap negara kepulauan punya keunikan dan daya tarik sendiri yang bikin kita pengen banget jalan-jalan ke sana.

Di antara banyak negara kepulauan di dunia, ada beberapa yang bener-bener menonjol karena luas wilayahnya yang gede banget dan kekayaan alamnya yang luar biasa. Negara kepulauan terbesar di dunia adalah rumah bagi ribuan pulau, flora dan fauna yang beragam, plus budaya yang super kaya. Dalam artikel ini, kita bakal kenalan lebih dekat dengan 10 negara kepulauan terbesar di dunia dan lihat apa aja yang bikin mereka spesial banget.

Siap buat petualangan seru ini? Yuk, kita mulai dari negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia! Setelah itu, kita bakal lanjut ke negara-negara kepulauan besar lainnya yang nggak kalah menakjubkan. Jadi, siap-siap saja buat terpesona sama keindahan alam dan keunikan budaya dari setiap negara kepulauan yang bakal kita bahas. Yuk, kita mulai petualangannya!

1. Indonesia

Indonesia
Potret Pantai Bali. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian tahu tidak mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan terbesar di dunia? Jawabannya adalah karena Indonesia memiliki luas wilayah yang mencapai 1.904.569 km² dan terdiri dari lebih dari 17 ribu pulau. Wow, kebayang nggak sih betapa luasnya negeri kita ini? Dengan garis pantai sepanjang 54.715 km, Indonesia menawarkan berbagai panorama pantai yang indah dan memukau.

Indonesia bukan cuma luas, tapi juga kaya akan budaya dan keanekaragaman hayati. Setiap pulau punya keunikan sendiri, mulai dari adat istiadat, bahasa, hingga kuliner. Nggak heran kalau Indonesia jadi destinasi wisata favorit banyak orang. Buat Sobat yang suka petualangan, Indonesia punya banyak banget tempat keren untuk dieksplorasi, mulai dari Bali yang terkenal dengan pantainya, hingga Raja Ampat yang punya pemandangan bawah laut yang luar biasa.

Jangan lupa juga tentang ibukota kita, DKI Jakarta, yang jadi pusat pemerintahan dan ekonomi. Meski Jakarta sering kali macet, kota ini tetap punya daya tarik tersendiri dengan kehidupan kotanya yang dinamis dan banyak tempat wisata menarik. Jadi, nggak ada alasan buat nggak bangga sama Indonesia, kan?

2. Madagaskar

Taman Nasional Isalo
Potret Taman Nasional Isalo. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian penasaran nggak sih, Madagaskar berada di mana? Negara ini terletak di Benua Afrika dan dinobatkan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah mencapai 587.041 km² dan garis pantai sepanjang 4.825 km, Madagaskar menyimpan banyak keindahan alam yang luar biasa.

Ibukota Madagaskar adalah Antananarivo, kota yang penuh dengan kehidupan dan budaya yang unik. Madagaskar dikenal dengan keanekaragaman hayatinya yang luar biasa, terutama flora dan fauna endemik yang nggak bisa ditemukan di tempat lain. Misalnya, lemur yang jadi ikon negara ini. Ada banyak sekali jenis lemur yang cuma bisa kamu temui di Madagaskar.

Selain itu, Madagaskar juga punya banyak tempat wisata alam yang keren, seperti Taman Nasional Isalo yang terkenal dengan tebing-tebing batunya yang megah dan hutan hujan tropis yang lebat. Buat Sobat yang suka petualangan, Madagaskar adalah surga yang harus banget dikunjungi!

3. Papua Nugini

Terumbu karang.
Potret Terumbu karang. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, sekarang kita beralih ke Papua Nugini, negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Oseania. Berapa luas wilayah Negara Papua Nugini? Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 462.840 km² dengan garis pantai sepanjang 5.152 km. Negara ini memang nggak sebesar Indonesia atau Madagaskar, tapi punya keunikan tersendiri yang bikin kita pengen tahu lebih banyak.

Papua Nugini terkenal dengan keanekaragaman budayanya yang luar biasa. Ada lebih dari 800 bahasa yang digunakan di negara ini, menunjukkan betapa beragamnya suku dan budaya di sini. Ibukotanya, Port Moresby, menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi yang penuh dengan kehidupan.

Keindahan alam Papua Nugini nggak kalah menarik, lho. Dari pegunungan tinggi hingga hutan hujan yang lebat, Papua Nugini menawarkan petualangan alam yang seru banget. Buat Sobat yang suka diving, perairan Papua Nugini adalah surga bawah laut yang penuh dengan terumbu karang dan kehidupan laut yang berwarna-warni.

4. Jepang

Jepang
Pulai Hokkaido, Jepang. Sumber: instagram.com/makotohonda.photography

Sobat Suka Fakta, negara kepulauan terbesar di dunia selanjutnya adalah Jepang. Negara yang terkenal dengan teknologi maju dan budayanya yang kaya ini punya luas wilayah sekitar 377.973 km². Jepang terdiri dari empat pulau utama yaitu Honshu, Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku, serta ribuan pulau kecil lainnya. Garis pantainya yang mencapai 29.751 km menambah keindahan alam negeri ini.

Jepang punya ibukota yang super keren, Tokyo. Kota ini bukan cuma pusat pemerintahan, tapi juga pusat budaya pop, teknologi, dan fashion. Siapa sih yang nggak tahu tentang anime, manga, dan kuliner Jepang yang mendunia? Selain itu, Jepang juga terkenal dengan tradisi-tradisinya yang masih dijaga dengan baik, seperti upacara minum teh, festival-festival, dan kimono.

Keindahan Jepang membuat para hati traveler bergejolak. Nah, pasti kalian bertanya-tanya, kira-kira liburan ke Jepang kemana saja? Buat Sobat yang suka jalan-jalan, Jepang menawarkan banyak tempat menarik. Mulai dari Gunung Fuji yang ikonik, Kyoto dengan kuil-kuilnya yang indah, hingga Okinawa yang punya pantai eksotis. Dan jangan lupa, musim bunga sakura di Jepang adalah momen yang nggak boleh dilewatkan. Bunga sakura yang bermekaran menciptakan pemandangan yang luar biasa cantik.

5. Filipina

Pantai Boracay,
Potret Pantai Boracay, Filipina. Sumber: Pinterest

Nah, setelah jalan-jalan ke Jepang, kita akan lanjut ke Filipina. Apakah sobat sudah tahu, Filipina luas wilayahnya berapa? Filipina adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sekitar 300.000 km². Negara ini terdiri dari lebih dari 7.000 pulau, jadi kebayang kan, betapa beragamnya pemandangan yang bisa kamu temui di sini? Garis pantainya juga panjang banget, mencapai 36.289 km.

Ibukota Filipina adalah Manila, kota yang penuh dengan kehidupan dan sejarah. Filipina terkenal dengan keramahan penduduknya dan keindahan alamnya yang luar biasa. Mulai dari pantai-pantai indah seperti di Boracay dan Palawan, hingga terasering sawah di Banaue yang menakjubkan. Keunikan budaya Filipina juga bisa dilihat dari berbagai festival yang meriah dan penuh warna.

Kalau Sobat suka snorkeling atau diving, perairan Filipina adalah surga yang harus kamu kunjungi. Terumbu karang yang indah dan kehidupan laut yang beragam bikin pengalaman bawah laut di Filipina jadi luar biasa. Selain itu, Filipina juga punya banyak gunung dan taman nasional yang cocok buat kalian yang suka petualangan alam.

6. Selandia Baru

Selandia Baru
Potret Teluk kepulauan di Selandia Baru. Sumber: Dok. lifestyle.haluan.co

Sobat Suka Fakta, negara kepulauan terbesar di dunia berikutnya adalah Selandia Baru. Negara ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa indah dan luas wilayahnya yang mencapai 267.710 km².

Dengan luas wilayah yang cukup besar, kira-kira ada berapa pulau di Selandia Baru? Selandia Baru terdiri dari dua pulau utama, Pulau Utara dan Pulau Selatan, serta beberapa pulau kecil lainnya. Garis pantainya juga nggak kalah panjang, mencapai 15.134 km.

Ibukota Selandia Baru adalah Wellington, yang terletak di ujung selatan Pulau Utara. Selain Wellington, ada juga Auckland, kota terbesar di negara ini yang sering jadi pintu masuk bagi wisatawan. Selandia Baru terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari pegunungan, danau, hutan, hingga pantai yang menakjubkan. Kalau kalian pernah nonton film “The Lord of the Rings”, pasti tahu deh gimana indahnya pemandangan di sini, karena banyak lokasi syutingnya diambil di Selandia Baru.

Buat Sobat yang suka petualangan, Selandia Baru adalah tempat yang sempurna. Kamu bisa hiking di Taman Nasional Tongariro, bungee jumping di Queenstown, atau sekedar menikmati pemandangan indah di Milford Sound. Selain itu, budaya Maori yang khas juga menambah daya tarik negara ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan buat mengeksplorasi Selandia Baru, ya!

7. Inggris (Britania Raya)

London.
Potret kota London. Sumber: IST

Sekarang kita lanjut ke negara kepulauan terbesar di dunia yang berikutnya, yaitu Inggris atau lebih dikenal dengan Britania Raya. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 246.610 km² dan garis pantai sepanjang 12.429 km. Inggris terdiri dari pulau utama yaitu Great Britain, yang mencakup Inggris, Skotlandia, dan Wales, serta Irlandia Utara di pulau Irlandia.

Ibukota Inggris adalah London, salah satu kota paling terkenal di dunia. London bukan hanya pusat pemerintahan, tapi juga pusat budaya, sejarah, dan hiburan. Kota ini memiliki banyak ikon terkenal seperti Big Ben, Tower Bridge, dan Istana Buckingham. Nggak heran kalau banyak wisatawan dari seluruh dunia yang pengen banget datang ke sini.

Inggris juga terkenal dengan sejarahnya yang panjang dan kaya. Sobat bisa mengunjungi banyak kastil kuno, katedral megah, dan situs-situs bersejarah lainnya. Selain itu, budaya pop Inggris juga sangat berpengaruh, terutama dalam musik dan literatur. Dari The Beatles hingga Harry Potter, semuanya berasal dari Inggris!

Buat Sobat yang suka alam, Inggris juga punya banyak taman nasional yang indah seperti Lake District dan Peak District. Jadi, meski Inggris terkenal dengan cuacanya yang sering hujan, negara ini tetap punya banyak tempat menarik yang bisa dijelajahi.

8. Kuba

Kuba
Pantai varadero. Sumber: Dok. expedia.co.id

Sobat Suka Fakta, sekarang kita beralih ke Kuba, negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di kawasan Karibia. Kuba memiliki luas wilayah sekitar 109,884 km² dengan garis pantai sepanjang 3.735 km. Ibukotanya adalah Havana, kota yang penuh dengan sejarah dan kehidupan yang vibran.

Kuba terkenal dengan budaya dan musiknya yang khas. Musik salsa, rumba, dan mambo adalah beberapa genre musik yang lahir dari negara ini. Di Havana, kalian bisa merasakan atmosfer kota tua dengan bangunan-bangunan kolonial yang indah. Selain itu, mobil-mobil klasik Amerika dari tahun 1950-an yang masih banyak berkeliaran di jalanan Havana juga menambah daya tarik tersendiri.

Buat Sobat yang suka petualangan, Kuba menawarkan banyak keindahan alam yang bisa dieksplorasi. Pantai-pantainya yang berpasir putih dan lautnya yang biru jernih adalah surga bagi para penyelam dan pecinta snorkeling. Beberapa pantai terkenal di Kuba adalah Varadero dan Playa Paraiso.

Selain pantai, Kuba juga punya banyak taman nasional yang indah seperti Taman Nasional Viñales dengan pemandangan lembah yang hijau dan gua-gua yang eksotis. Jadi, meskipun Kuba sering kali dihubungkan dengan sejarah politiknya yang kaya, negara ini juga menyimpan banyak keindahan alam dan budaya yang menunggu untuk dijelajahi.

9. Islandia

Islandia Reykjavik
Potret Kota Reykjavik, Islandia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita sampai di Islandia. Kalian sudah tahu belum nih, Islandia ada di benua apa? Negara ini terletak di Benua Eropa Bagian Utara dan dinobatkan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sekitar 103.000 km² dan garis pantai sepanjang 4.970 km. Negara ini terkenal dengan fenomena alamnya yang unik dan keindahan alam yang menakjubkan.

Ibukota Islandia adalah Reykjavik, kota yang paling utara di dunia. Reykjavik mungkin kota kecil jika dibandingkan dengan ibukota lainnya, tapi kota ini penuh dengan kehidupan dan budaya yang menarik. Islandia terkenal dengan geyser, air terjun, dan tentu saja, aurora borealis atau cahaya utara yang bisa kamu lihat saat musim dingin.

Keunikan alam Islandia juga terlihat dari banyaknya gunung berapi yang aktif. Negara ini punya banyak tempat wisata alam yang menarik seperti Taman Nasional Thingvellir, Air Terjun Gullfoss, dan Blue Lagoon yang terkenal dengan kolam air panas alaminya. Buat Sobat yang suka petualangan, Islandia adalah surga yang wajib dikunjungi.

Selain alamnya yang luar biasa, Islandia juga punya budaya yang kaya. Meski penduduknya sedikit, sekitar 317.351 jiwa (data Juli 2014), mereka sangat ramah dan menjaga tradisi mereka dengan baik. Jadi, kalau kalian ingin merasakan keajaiban alam yang luar biasa dan budaya yang unik, Islandia adalah tempat yang tepat.

10. Republik Irlandia

Taman Nasional Killarney.
Potret Taman Nasional Killarney. Sumber: Dok. pixabay.com

Sobat Suka Fakta, terakhir tapi nggak kalah menarik, kita punya Republik Irlandia. Apakah kalian tahu di mana letak negara Irlandia? Republik Irlandia terletak di Benua Eropa dan dinobatkan menjadi negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sekitar 70.273 km² dan garis pantai sepanjang 1.448 km. Negara ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang hijau dan sejarah serta budayanya yang kaya.

Ibukota Republik Irlandia adalah Dublin, kota yang penuh dengan sejarah dan kehidupan malam yang ramai. Dublin adalah tempat yang cocok buat Sobat yang suka dengan musik dan sastra, karena banyak sekali festival musik dan sastra yang digelar di sini. Selain itu, Dublin juga terkenal dengan pub-pub tradisionalnya yang menawarkan suasana hangat dan ramah.

Irlandia juga dikenal dengan mitos dan legenda yang menarik. Mulai dari leprechaun hingga kisah-kisah peri, negara ini penuh dengan cerita rakyat yang unik. Buat Sobat yang suka alam, Irlandia punya banyak tempat indah seperti Cliffs of Moher, Ring of Kerry, dan Taman Nasional Killarney.

Budaya Irlandia juga sangat khas dengan musik tradisionalnya yang masih sering dimainkan di berbagai acara. Selain itu, masyarakat Irlandia sangat menjaga tradisi mereka, termasuk festival-festival tradisional yang meriah dan penuh warna.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi 10 negara kepulauan terbesar di dunia, kita bisa melihat betapa luar biasanya keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh masing-masing negara ini. Dari Indonesia yang kaya akan budaya dan keanekaragaman hayati, hingga Republik Irlandia dengan pemandangan hijau yang menakjubkan dan legenda menariknya. Setiap negara kepulauan ini menawarkan pesona yang luar biasa, membuat kita semakin kagum akan keindahan dunia ini.

Selain keindahan alam, negara-negara kepulauan ini juga kaya akan sejarah dan budaya. Dari tradisi-tradisi kuno yang masih dijaga hingga kehidupan kota yang modern dan dinamis, semua bisa Sobat temukan di sini. Setiap sudut negara-negara ini menyimpan cerita dan pengalaman yang menunggu untuk dijelajahi.

Jadi, apakah Sobat sudah siap untuk menjelajahi keindahan negara kepulauan terbesar di dunia? Tidak perlu ragu untuk memasukkan negara-negara ini ke dalam daftar perjalanan impianmu. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Sobat untuk terus menjelajahi keindahan dunia.

REFERENSI

  • Sunyowati, Dina. Buku Ajar Hukum Laut. (n.d.). Kumparan. Diakses pada 14 Juni 2024, dari https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/7-negara-kepulauan-terbesar-di-dunia-apa-saja-22jrS8c7yQM
  • 10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia, Salah Satunya Indonesia. (2021, September 10). Detik. Diakses pada 14 Juni 2024, dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5679064/10-negara-kepulauan-terbesar-di-dunia-salah-satunya-indonesia
  • 10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia. (n.d.). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. Diakses pada 14 Juni 2024, dari http://www.disbudpar.ntbprov.go.id/10-negara-kepulauan-terbesar-di-dunia/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *