Fakta Dunia

Daftar 10 Negara Paling Tidak Disukai di Dunia, Apa Penyebabnya?

29
×

Daftar 10 Negara Paling Tidak Disukai di Dunia, Apa Penyebabnya?

Sebarkan artikel ini
10 Negara Paling Tidak Disukai di Dunia
10 Negara Paling Tidak Disukai di Dunia. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Sebelumnya kita telah membahas negara paling disukai di dunia, kali ini kita akan membahas beberapa negara yang sering banget dibicarakan orang, tapi sayangnya dalam konteks yang negatif. Nah, kita bakal mengupas tuntas tentang 10 negara paling tidak disukai di dunia. Sebelum kita masuk ke daftar negara-negara tersebut, yuk kita bahas sedikit tentang kenapa sih ada negara yang bisa begitu tidak disukai?

Setiap negara pasti punya keunikan dan kelebihannya masing-masing. Tapi, di balik itu semua, ada juga tindakan, kebijakan, atau sejarah yang bikin negara tersebut nggak disukai banyak orang. Dari masalah politik, perang, sampai hak asasi manusia, banyak faktor yang bisa bikin citra sebuah negara jadi buruk di mata dunia.

Artikel ini akan membawa kalian melihat lebih dekat kenapa negara-negara ini bisa masuk daftar hitam. Kita bakal jelajahi berbagai aspek, mulai dari konflik militer, kebijakan dalam negeri, sampai sejarah kelam yang masih membayangi. Siap-siap, karena informasi yang kita bahas nanti mungkin akan membuka mata kalian tentang bagaimana dunia internasional bekerja.

Jadi, simak terus ya, Sobat Suka Fakta! Kita mulai perjalanan kita dengan melihat negara mana saja yang paling tidak disukai di dunia dan alasan di balik kebencian tersebut. Let’s go!

Negara Paling Tidak Disukai di Dunia

1. Rusia 

Rusia
Potret Tentara Rusia yang sedang memegang senjata. Sumber: AFP/SERGEY BOBOK

Sobat Suka Fakta! Kalau kalian bertanya, negara apa yang paling tidak disukai dunia? Jawabannya adalah Rusia. Rusia sering banget jadi sorotan karena keterlibatannya dalam berbagai konflik militer. Sobat pasti ingat dong invasi ke Ukraina tahun 2022? Nah, itu salah satu contoh nyata bagaimana Rusia menunjukkan kekuatannya. Konflik ini nggak cuma bikin ketegangan regional, tapi juga memicu reaksi keras dari banyak negara. Rusia juga terkenal dengan operasi militer rahasianya yang sering bikin negara lain merasa nggak aman dan curiga.

Selain itu, Rusia punya hubungan dekat dengan negara-negara seperti Suriah dan Korea Utara. Ini juga menambah daftar alasan kenapa Rusia nggak disukai. Dukungan Rusia terhadap rezim Bashar al-Assad di Suriah dan pembelian senjata dari Korea Utara menunjukkan betapa Rusia nggak segan-segan bersekutu dengan negara-negara yang kontroversial. Belum lagi campur tangan Rusia dalam pemilu negara lain, seperti yang terjadi di Amerika Serikat tahun 2016, semakin memperburuk citra negara ini di mata dunia.

Selain konflik militer, Rusia juga sering beraliansi dengan negara-negara yang nggak kalah kontroversial. Misalnya, hubungan dekatnya dengan pemimpin Suriah, Bashar al-Assad, dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Aliansi ini sering kali bikin negara-negara lain waspada dan nggak nyaman. Selain itu, dukungan Rusia terhadap rezim-rezim otoriter ini menunjukkan bahwa negara ini nggak terlalu peduli dengan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia.

Rusia juga dikenal suka mempengaruhi politik dalam negeri negara lain. Mulai dari campur tangan dalam pemilu, penyebaran disinformasi, sampai serangan siber, semua dilakukan untuk mengamankan kepentingannya. Tindakan-tindakan ini bikin banyak negara melihat Rusia sebagai ancaman besar terhadap stabilitas dan keamanan global. Nggak heran deh kalau Rusia sering dianggap sebagai negara yang paling tidak disukai di dunia.

2. China

China
Potret penindasan terhadap etnis Uyghur di Xinjiang. Sumber: Dok. hidayatullah.com

Selanjutnya, kita terbang ke Asia Timur dan melihat China, negara raksasa yang selalu jadi sorotan. Apa yang bikin China jadi salah satu negara paling tidak disukai di dunia? China, dengan segala kekuatan ekonominya, juga terkenal dengan kebijakan pemerintahannya yang otoriter. Pemerintah China mengontrol hampir semua aspek kehidupan, mulai dari bisnis, media, sampai kehidupan sehari-hari warganya. 

Salah satu hal yang bikin banyak orang nggak suka sama China adalah pelanggaran hak asasi manusia. Contohnya, penindasan terhadap etnis Uyghur di Xinjiang yang mendapat kecaman internasional. Pemerintah China dianggap melakukan genosida terhadap kelompok minoritas ini dengan menahan mereka di kamp-kamp konsentrasi dan membatasi kebebasan beragama dan budaya mereka.

Selain itu, pemerintah China juga menindas kebebasan berbicara dan hak-hak pekerja. Banyak aktivis dan pembela hak asasi manusia yang dipenjara tanpa proses hukum yang jelas. Kontrol ketat terhadap media dan internet bikin masyarakat China nggak punya akses yang bebas terhadap informasi. Semua ini membuat banyak orang di dunia melihat China sebagai negara yang sangat otoriter dan nggak menghargai hak-hak dasar manusia.

Nggak cuma soal kebijakan pemerintah, China juga dikenal sering mengeksploitasi lingkungan dan sumber daya alam secara berlebihan. Sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia, kebutuhan akan sumber daya sangat tinggi. 

Sayangnya, hal ini sering kali dilakukan tanpa memperhatikan dampak lingkungan. China adalah pencemar terbesar di dunia, menghasilkan emisi gas rumah kaca yang sangat tinggi. Polusi udara di kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai sering mencapai tingkat yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Selain itu, China juga dituduh melakukan “diplomasi perangkap utang” dengan negara-negara berkembang. Dengan memberikan pinjaman besar kepada negara-negara ini, China mendapatkan pengaruh politik yang signifikan. 

Negara-negara yang nggak mampu membayar kembali pinjaman tersebut sering kali harus menyerahkan kendali atas infrastruktur penting mereka kepada China. Praktik ini membuat banyak negara merasa terjebak dan nggak berdaya, menambah alasan kenapa China tidak disukai oleh banyak orang di seluruh dunia.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat
Potret Tentara Amerika Serikat yang bersedang mengintai. Sumber: REUTERS

Nah, sekarang kita menuju ke Amerika Serikat, negara yang sering dijuluki sebagai “polisi dunia”. Kenapa Amerika masuk daftar negara paling tidak disukai di dunia? Amerika Serikat sering banget terlibat dalam banyak konflik internasional. Kebijakan luar negerinya yang agresif dan campur tangan dalam urusan negara lain bikin banyak negara nggak suka. 

Contohnya, keterlibatan Amerika Serikat dalam perang di Timur Tengah, seperti di Irak dan Afghanistan, sering dikritik karena dianggap hanya memperburuk situasi dan menimbulkan banyak korban jiwa. Selain itu, dukungan yang kuat terhadap Israel dalam konflik dengan Palestina juga jadi salah satu alasan utama kebencian terhadap Amerika Serikat.

Selain perang, Amerika Serikat juga sering menggunakan kekuatannya untuk mempengaruhi politik dan ekonomi negara lain. Sanksi ekonomi, embargo, dan intervensi militer adalah beberapa cara yang digunakan untuk menekan negara-negara yang dianggap nggak sejalan dengan kepentingan Amerika Serikat. 

Tindakan-tindakan ini sering dianggap sebagai bentuk imperialisme modern, bikin banyak negara merasa nggak dihormati kedaulatannya dan menambah kebencian terhadap Amerika Serikat.

Nggak cuma kebijakan luar negeri, masalah internal di Amerika Serikat juga jadi sorotan dunia. Isu-isu seperti diskriminasi rasial, kekerasan senjata, dan pelanggaran hak asasi manusia menodai citra negara ini. 

Kasus-kasus kekerasan terhadap warga kulit hitam oleh polisi, seperti yang terjadi pada George Floyd, memicu gelombang protes besar-besaran nggak cuma di Amerika Serikat, tapi juga di seluruh dunia. 

Isu-isu ini menunjukkan bahwa meskipun Amerika Serikat sering mempromosikan demokrasi dan hak asasi manusia di luar negeri, masalah-masalah serupa masih sangat serius di dalam negeri.

Supremasi kulit putih dan diskriminasi rasial adalah masalah lain yang bikin Amerika Serikat tidak disukai. Meskipun ada banyak upaya untuk mengatasi masalah ini, kenyataannya adalah diskriminasi rasial masih sangat nyata dan sering menimbulkan kekerasan. Selain itu, masalah kekerasan senjata juga jadi perhatian besar. 

Penembakan massal yang sering terjadi di Amerika Serikat menunjukkan betapa lemahnya kontrol senjata di negara ini. Semua isu ini bikin Amerika Serikat masih punya banyak masalah internal yang perlu diatasi, yang akhirnya mempengaruhi bagaimana negara ini dilihat oleh dunia.

4. Israel 

Israel
Potret Kekacuan di Negara Palestina yang di serang Negara Israel. Sumber: Dok. abcnews.go.com

Selanjutnya, kita bahas Israel, negara yang sering jadi sorotan karena konfliknya dengan Palestina. Apa yang bikin Israel jadi salah satu negara paling tidak disukai di dunia? Israel sering banget jadi berita utama karena konfliknya yang terus berlanjut dengan Palestina. Konflik ini nggak cuma jadi masalah regional, tapi juga dapat perhatian luas dari komunitas internasional. 

Banyak orang di seluruh dunia yang membenci Israel karena cara negara ini menangani warga Palestina. Penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina, penghancuran rumah-rumah mereka, dan kebijakan pemukiman di wilayah yang dipersengketakan adalah beberapa alasan utama kenapa Israel tidak disukai. Konflik ini sudah berlangsung selama beberapa dekade dan nggak menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir.

Selain itu, penggunaan senjata canggih dan taktik militer keras oleh Israel juga sering mendapat kritik. Banyak negara dan organisasi internasional yang menuduh Israel melakukan pelanggaran hak asasi manusia. Tindakan-tindakan ini bikin banyak orang merasa simpati terhadap Palestina dan marah terhadap Israel. Selain itu, ketidakmampuan untuk mencapai perdamaian yang adil dan berkelanjutan juga bikin banyak orang kecewa dengan Israel dan pemerintahannya.

Dukungan kuat dari Amerika Serikat terhadap Israel juga jadi salah satu alasan utama kenapa negara ini tidak disukai. Banyak orang melihat bahwa dukungan ini memungkinkan Israel melakukan tindakan-tindakan yang dianggap melanggar hak asasi manusia tanpa mendapat hukuman yang setimpal. 

Amerika Serikat memberikan bantuan militer dan ekonomi yang signifikan kepada Israel, yang sering digunakan untuk mendukung kebijakan-kebijakan yang kontroversial. Hal ini menambah kebencian terhadap Israel, karena banyak orang melihatnya sebagai negara yang nggak bertanggung jawab atas tindakannya.

Di sisi lain, kritik internasional terhadap Israel juga sangat kuat. Banyak negara dan organisasi internasional yang tegas mengecam tindakan-tindakan Israel terhadap Palestina. Resolusi-resolusi PBB yang mengkritik Israel sering didukung oleh banyak negara, meskipun sering di veto oleh Amerika Serikat. Kritik-kritik ini menunjukkan bahwa meskipun Israel punya dukungan kuat dari beberapa negara.

5. Korea Utara 

Korea Utara
Potret kamp kerja paksa yang ada di Korea utara. Sumber: Dok. boombastis.com

Halo Sobat Suka Fakta! Kali ini kita bakal bahas Korea Utara, negara yang sering dijuluki sebagai negara paling tertutup di dunia. Kenapa sih negara ini bisa tidak disukai banyak orang? Korea Utara adalah salah satu negara paling tertutup di dunia, dan pemerintahan yang represif membuat negara ini tidak disukai oleh banyak orang. Di bawah kepemimpinan Kim Jong-un, hak asasi manusia di Korea Utara sangat terbatas. 

Kebebasan berbicara, kebebasan beragama, dan hak-hak dasar lainnya hampir tidak ada. Pemerintah mengendalikan semua aspek kehidupan warga negara, dari informasi yang mereka terima hingga aktivitas sehari-hari mereka. Penindasan ini membuat banyak orang di seluruh dunia merasa simpati terhadap warga Korea Utara dan marah terhadap pemerintahannya.

Selain itu, sistem hukuman di Korea Utara sangat keras dan tidak manusiawi. Penjara dan kamp kerja paksa adalah tempat di mana ribuan orang dipenjara karena alasan politik. Tahanan sering kali mengalami penyiksaan, kerja paksa, dan kondisi hidup yang sangat buruk. Pelanggaran hak asasi manusia ini sering kali menjadi sorotan internasional dan membuat Korea Utara menjadi salah satu negara yang paling tidak disukai di dunia.

Selain masalah internal, Korea Utara juga dikenal dengan ancamannya terhadap keamanan global melalui program senjata nuklirnya. Negara ini sering kali melakukan uji coba nuklir dan peluncuran rudal balistik, yang menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia. Ancaman ini tidak hanya membuat negara-negara tetangganya khawatir, tetapi juga komunitas internasional secara keseluruhan. Program nuklir Korea Utara dianggap sebagai ancaman besar terhadap perdamaian dan stabilitas global.

Dampak ekonomi dan sosial dari kebijakan nuklir ini juga dirasakan oleh rakyat Korea Utara. Sanksi internasional yang diberlakukan terhadap Korea Utara sebagai tanggapan terhadap program nuklirnya telah memperburuk kondisi ekonomi negara tersebut. Banyak warga Korea Utara yang hidup dalam kemiskinan dan kelaparan, sementara pemerintah terus menghabiskan sumber daya yang besar untuk mengembangkan senjata nuklir. Semua faktor ini membuat Korea Utara menjadi salah satu negara yang paling tidak disukai di dunia.

6. Jerman 

Jerman
Potret Kekejaman jerman seperti Holocaust. Sumber: Dok. (Wikimedia Commons)

Nah Sobat Suka Fakta, sekarang kita lanjut ke Jerman. Negara ini punya sejarah yang kelam dan masih membayangkan hingga kini. Kenapa Jerman bisa masuk daftar negara paling tidak disukai di dunia? Salah satu alasan utama kenapa Jerman tidak disukai adalah sejarah kelamnya di bawah rezim Nazi. Pada masa Perang Dunia II, di bawah kepemimpinan Adolf Hitler, Jerman melakukan banyak pelanggaran hak asasi manusia yang sangat berat. 

Kekejaman seperti Holocaust, dimana jutaan orang Yahudi dan minoritas lainnya dibunuh, meninggalkan jejak yang mendalam dalam sejarah dunia. Meskipun sudah berlalu puluhan tahun, bayang-bayang masa lalu ini masih mempengaruhi bagaimana dunia melihat Jerman.

Namun, Jerman telah berusaha keras untuk mengatasi masa lalunya dan memperbaiki citra internasionalnya. Negara ini telah menjadi salah satu negara demokrasi terkuat di dunia dan sering kali mengambil peran penting dalam isu-isu internasional, terutama yang berkaitan dengan hak asasi manusia dan keadilan sosial. Meskipun begitu, sejarah kelam tersebut tetap menjadi bagian yang sulit dihapus dari ingatan banyak orang.

Jerman telah berusaha keras untuk memperbaiki citra dan berkontribusi positif di dunia. Negara ini telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap demokrasi dan hak asasi manusia. Selain itu, Jerman juga telah menjadi salah satu negara dengan ekonomi paling maju di dunia, memberikan kontribusi signifikan dalam berbagai bidang seperti teknologi, ilmu pengetahuan, dan budaya. Upaya rekonsiliasi dengan negara-negara yang pernah menjadi korban kekejaman Nazi juga terus dilakukan, menunjukkan keseriusan Jerman dalam memperbaiki kesalahan masa lalu.

Namun, tantangan masih ada. Beberapa kelompok ekstremis di Jerman masih mencoba mempromosikan ideologi rasis dan kebencian, yang kadang membuat citra negara ini kembali ternoda. Meskipun jumlah mereka kecil, dampaknya bisa sangat besar. 

Upaya untuk melawan ekstremisme dan mempromosikan toleransi dan inklusi tetap menjadi prioritas bagi pemerintah dan masyarakat Jerman. Semua ini menunjukkan bahwa meskipun Jerman telah banyak berubah, perjalanan untuk memperbaiki citra dan menghapus bayang-bayang masa lalu masih terus berlanjut.

7. Pakistan

Pakistan
Potret Komunitas LGBTQ di Negara Pakistan. Sumber: IST

Selanjutnya, Sobat Suka Fakta, kita ke Pakistan. Negara ini sering dikaitkan dengan terorisme dan pelanggaran hak asasi manusia. Apa yang bikin Pakistan tidak disukai di dunia? Pakistan dikenal dengan berbagai pelanggaran hak asasi manusia yang membuatnya tidak disukai oleh banyak orang. Kekerasan terhadap perempuan, minoritas agama, dan komunitas LGBTQ+ sering kali terjadi di negara ini. 

Banyak perempuan yang mengalami kekerasan domestik, dan minoritas agama seperti Kristen, Hindu, dan Ahmadiyah sering kali menghadapi diskriminasi dan serangan. Selain itu, sistem peradilan di Pakistan sering kali tidak transparan, dan orang bisa dijatuhi hukuman mati tanpa proses hukum yang adil.

Selain itu, kebebasan berbicara juga sangat terbatas di Pakistan. Banyak jurnalis dan aktivis yang ditangkap atau bahkan dibunuh karena berani mengkritik pemerintah atau kelompok-kelompok berpengaruh. Penindasan ini membuat banyak orang di seluruh dunia marah dan simpati terhadap mereka yang tertindas di Pakistan. Semua faktor ini berkontribusi pada citra negatif Pakistan di mata dunia.

Pakistan sering kali disebut sebagai surga bagi terorisme. Negara ini dikenal sebagai tempat persembunyian bagi berbagai kelompok teroris seperti Taliban dan Al-Qaeda. Banyak serangan teroris yang terjadi di berbagai negara di dunia dilacak kembali ke kelompok-kelompok yang berbasis di Pakistan. Pemerintah Pakistan sering kali dituduh tidak cukup serius dalam memerangi terorisme dan bahkan dituduh mendukung beberapa kelompok teroris.

Keberadaan kelompok-kelompok teroris ini tidak hanya mengancam keamanan global tetapi juga merusak citra Pakistan di mata dunia. Banyak negara yang merasa khawatir dengan situasi ini dan menuntut tindakan yang lebih tegas dari pemerintah Pakistan. Semua ini membuat Pakistan sering kali dianggap sebagai salah satu negara yang paling tidak disukai di dunia.

8. Inggris 

Inggris
Potret Pembantaian Jallianwala Bagh di India. Sumber: Dok. warofweekly.blogspot.com

Selanjutnya, kita ke Inggris, Sobat Suka Fakta. Negara ini punya sejarah panjang sebagai penjajah, dan itu masih membekas di banyak negara bekas jajahannya. Kenapa Inggris bisa tidak disukai di dunia? Inggris punya sejarah panjang sebagai negara penjajah. Pada masa kejayaannya, Inggris menguasai banyak wilayah di seluruh dunia, dari Amerika, Asia, hingga Afrika. 

Selama masa penjajahan, banyak kekayaan dan sumber daya alam yang dieksploitasi, dan penduduk lokal sering kali diperlakukan dengan sangat buruk. Perbudakan, kerja paksa, dan kekerasan adalah beberapa contoh kekejaman yang terjadi selama masa penjajahan Inggris.

Beberapa peristiwa, seperti Pembantaian Jallianwala Bagh di India, di mana ratusan orang tak bersenjata ditembak mati oleh tentara Inggris, menjadi simbol kekejaman kolonialisme Inggris. Meskipun masa penjajahan sudah berakhir, dampak dari tindakan-tindakan tersebut masih dirasakan hingga hari ini. Banyak negara bekas jajahan yang masih merasa marah dan tidak puas dengan cara Inggris memperlakukan mereka di masa lalu.

Meskipun begitu, Inggris telah berusaha keras untuk berubah dan memperbaiki citranya. Sebagai negara modern, Inggris kini dikenal sebagai salah satu negara demokrasi paling stabil di dunia dengan ekonomi yang kuat dan pengaruh besar di panggung internasional. Namun, warisan kolonial masih menjadi bayangan yang sulit dihapus. Banyak negara bekas jajahan yang masih menuntut keadilan dan reparasi atas kekejaman masa lalu.

Selain itu, Inggris juga menghadapi tantangan baru dalam menjaga citranya. Isu-isu seperti Brexit, yang membuat Inggris keluar dari Uni Eropa, telah mempengaruhi hubungan internasionalnya. Keputusan ini menuai banyak kritik dan membuat Inggris terlihat lebih terisolasi. Semua ini menunjukkan bahwa meskipun Inggris telah banyak berubah, perjalanan untuk memperbaiki citra dan hubungan internasionalnya masih penuh tantangan.

9. Jepang

Jepang
Potret pembantaian Nanking di China. Sumber: Dok. id.quora.com

Negara yang terkenal dengan teknologi tingginya ini juga punya masa lalu yang kelam. Kenapa Jepang bisa masuk daftar negara paling tidak disukai di dunia? Jepang, dengan segala kemajuan teknologinya, juga dikenal punya sejarah konflik dengan negara-negara Asia Timur. Pada masa Perang Dunia II, Jepang melakukan agresi militer terhadap banyak negara tetangganya, termasuk China dan Korea. 

Kekejaman yang dilakukan oleh tentara Jepang, seperti pembantaian Nanking di China, meninggalkan luka yang dalam. Meskipun perang sudah lama berakhir, ingatan tentang kekejaman ini masih membekas dan mempengaruhi hubungan Jepang dengan negara-negara tetangganya.

Selain itu, upaya Jepang untuk memperbaiki hubungan dengan negara-negara ini sering kali dianggap kurang memadai. Permintaan maaf dan upaya rekonsiliasi kadang dianggap tidak cukup oleh korban dan keturunan mereka. Hal ini membuat banyak orang masih menyimpan rasa marah dan tidak suka terhadap Jepang. Sejarah kelam ini terus membayangi Jepang meskipun negara ini telah banyak berubah.

Namun, di sisi lain, Jepang juga dikenal sebagai negara dengan teknologi tinggi dan inovasi yang luar biasa. Dari robotika hingga elektronik, Jepang selalu berada di garis depan dalam hal kemajuan teknologi. Produk-produk dari Jepang sangat diminati di seluruh dunia, dan negara ini sering kali dianggap sebagai pemimpin dalam industri teknologi. Meskipun begitu, kemajuan ini tidak bisa sepenuhnya menghapus bayang-bayang masa lalu yang kelam.

Kemajuan teknologi juga membawa kontradiksi. Di satu sisi, Jepang dikenal sebagai negara yang sangat maju dan modern. Di sisi lain, ada banyak kritik tentang bagaimana kemajuan ini sering kali mengabaikan aspek-aspek kemanusiaan, seperti kesejahteraan pekerja dan dampak lingkungan. Semua ini menunjukkan bahwa meskipun Jepang telah banyak berkontribusi bagi dunia melalui inovasinya, perjalanan untuk benar-benar memperbaiki citranya masih panjang.

10. Meksiko

Meksiko
Ilustrasi obat-obatan terlarang. Sumber: IST

Sekarang kita akan membahas Meksiko, negara yang terkenal dengan budaya yang kaya namun juga punya sisi gelap yang sering jadi sorotan dunia. Apa yang bikin Meksiko masuk daftar negara paling tidak disukai di dunia? Meksiko dikenal dengan masalah kriminalitas yang sangat serius, terutama terkait dengan perdagangan narkoba. Kartel-kartel narkoba di Meksiko terkenal kejam dan sering terlibat dalam kekerasan brutal, termasuk pembunuhan massal dan penculikan. 

Kartel-kartel ini tidak hanya mengontrol perdagangan narkoba, tetapi juga terlibat dalam berbagai bentuk kejahatan lain seperti pemerasan dan perdagangan manusia. Kekerasan yang terjadi akibat perang antar kartel sering kali membuat kehidupan warga sipil Meksiko sangat berbahaya dan tidak aman.

Kondisi ini diperparah oleh korupsi di berbagai tingkat pemerintahan dan penegak hukum yang sering kali bekerja sama dengan kartel. Hal ini membuat upaya pemberantasan narkoba menjadi sangat sulit dan tidak efektif. Banyak orang di seluruh dunia melihat Meksiko sebagai negara yang tidak aman dan penuh kekerasan, yang membuatnya sering kali tidak disukai dan dihindari.

Selain masalah narkoba, Meksiko juga terkenal dengan isu imigrasi ilegal. Banyak orang dari Amerika Tengah mencoba melintasi Meksiko untuk mencapai Amerika Serikat, dan perjalanan ini sering kali penuh bahaya. Imigran ilegal sering kali menjadi korban kekerasan, pemerasan, dan perdagangan manusia. Banyak yang jatuh ke tangan kartel atau kelompok kriminal yang memperdagangkan mereka atau memeras keluarganya.

Isu ini tidak hanya menjadi masalah bagi Meksiko, tetapi juga untuk Amerika Serikat dan negara-negara lain yang terlibat dalam krisis imigrasi ini. Masalah imigrasi ilegal ini menambah citra negatif Meksiko di mata dunia, membuatnya sering kali dianggap sebagai negara yang berbahaya dan tidak stabil.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah kita mengulas 10 negara paling tidak disukai di dunia, kita bisa lihat bahwa ada banyak faktor yang berkontribusi pada kebencian ini. Mulai dari kebijakan pemerintah, konflik militer, sejarah kelam, hingga masalah internal seperti diskriminasi dan kriminalitas. Setiap negara memiliki cerita dan tantangannya sendiri, yang sering kali berdampak pada bagaimana dunia melihatnya.

Namun, penting juga bagi kita untuk memahami bahwa pandangan ini bisa sangat subjektif dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Meskipun negara-negara ini sering kali tidak disukai, mereka juga memiliki sisi positif dan kontribusi yang signifikan bagi dunia. Oleh karena itu, penting untuk selalu melihat kedua sisi dari setiap cerita dan memahami konteks yang lebih luas.

Terus ikuti artikel-artikel menarik lainnya di Suka Fakta untuk mengetahui lebih banyak fakta menarik dan mendalam tentang dunia kita. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

REFERENSI:

  • Daftar 10 Negara Paling Dibenci di Dunia – Kenapa Mereka Tidak Disukai?
    https://worldpopulationreview.com/country-rankings/most-hated-country
  • 10 Negara ini menjadi negara paling dibenci di dunia, kenapa ya?
    https://www.brilio.net/news/10-negara-ini-menjadi-negara-paling-dibenci-di-dunia-kenapa-ya-160214j.html
  • Ada AS Dan China, Ini 10 Negara Paling Dibenci Di Dunia Beserta Alasannya. Duh, Indonesia Termasuk?
    https://berita.99.co/negara-paling-dibenci-di-dunia/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *