Fakta Dunia

Membongkar Sisi Gelap India, Ternyata Tak Seindah di Film Bollywood

41
×

Membongkar Sisi Gelap India, Ternyata Tak Seindah di Film Bollywood

Sebarkan artikel ini
sisi gelap india
Membongkar Sisi Gelap India, Ternyata Tak Seindah di Film Bollywood. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Setelah sebelumnya kita membahas sisi gelap Dubai, sekarang kita akan membahas sisi gelap India. Negara ini memang dikenal dengan keindahan budaya, tempat-tempat wisata yang eksotis, dan tentu saja, industri filmnya yang megah. 

Tapi, tahukah kamu kalau di balik gemerlap layar Bollywood, India juga punya sisi gelap yang jarang disorot? Yup, seperti negara-negara lainnya, India punya banyak tantangan dan masalah yang harus dihadapi. 

Nah, buat Sobat Suka Fakta yang penasaran dan pengen tahu lebih banyak, yuk, kita mulai perjalanan ini dengan membuka lembaran-lembaran tentang sisi gelap India yang ternyata gak seindah film Bollywood!

1. Selalu Dihantui dengan Bayang-Bayang Terorisme 

sisi gelap india
Potret Terorisme Lashkar e Taiba. Sumber: Dok. longwarjournal.org

India nggak cuma berhadapan dengan masalah internal, tapi juga ancaman terorisme yang terus mengintai. Ada beberapa kelompok teroris besar yang aktif di India, seperti Lashkar-e-Taiba dan Jaish-e-Mohammed, yang sering kali bikin resah dengan aksi-aksi mereka. 

Serangan-serangan teroris ini nggak hanya menimbulkan kerusakan fisik, tapi juga meninggalkan trauma mendalam bagi masyarakat. Dampaknya, keamanan di berbagai kota besar jadi isu utama yang terus diperhatikan pemerintah. 

Nggak heran kalau kita sering dengar tentang pengamanan ketat di tempat-tempat umum dan event besar. Meski begitu, ancaman terorisme ini tetap saja jadi bayang-bayang yang sulit dihilangkan dan terus menguji kekuatan serta stabilitas India. 

2. Pendidikan Jadi Tekanan yang Membebani Generasi Muda

Pendidikan di India
Potret Pendidikan di India. Sumber: Dok. peshaa.com

Nah, Sobat Suka Fakta, sekarang kita geser fokus kita ke dunia pendidikan di India. Siapa sih yang nggak tahu kalau pendidikan di sana sangat kompetitif? Dari usia dini, anak-anak sudah harus berhadapan dengan tekanan luar biasa untuk berprestasi. 

Bayangin aja, sejak kecil mereka harus bersaing untuk dapat nilai tertinggi dan masuk ke sekolah serta universitas top. Tekanan ini nggak cuma datang dari sekolah, tapi juga dari keluarga dan masyarakat yang punya ekspektasi tinggi. Sayangnya, sistem yang super kompetitif ini nggak selalu membawa hasil positif. 

Banyak siswa yang akhirnya mengalami masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, bahkan hingga bunuh diri karena nggak kuat dengan beban yang mereka pikul. Ini jelas jadi alarm besar buat kita semua tentang pentingnya keseimbangan antara akademis dan kesehatan mental. 

3. Kasus Kekerasan terhadap Perempuan Masih Sangat Tinggi

korban kekerasan.
Ilustrasi wanita korban kekerasan. Sumber: IST

Di balik budayanya yang kaya dan indah, India juga dihadapkan dengan masalah serius mengenai keselamatan perempuan. Statistik menunjukkan bahwa kasus pemerkosaan dan kekerasan terhadap perempuan masih sangat tinggi. 

Ini bukan hanya angka di atas kertas, tapi cerita nyata yang dialami banyak perempuan di berbagai penjuru India. Bentuk kekerasan seperti pelecehan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga juga masih marak terjadi. 

Meski ada upaya dari pemerintah dan berbagai organisasi untuk menangani masalah ini, tapi kenyataannya masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Budaya patriarki yang kuat dan kurangnya penegakan hukum yang tegas sering kali menjadi penghalang utama. 

4. Pertumbuhan Ekonominya Pesat tapi Tidak Merata

Kondisi ekonomi
Ilustrasi Kondisi ekonomi yang sulit di India. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, banyak yang bilang kalau perkembangan ekonomi di India itu tumbuh pesat. Klaim ini memang benar. Tapi, sayangnya, pertumbuhan ekonomi ini nggak merata, Sob. 

Di satu sisi, kita bisa lihat gedung-gedung pencakar langit dan gaya hidup mewah di kota-kota besar. Namun di sisi lain, masih banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Yup! Kesenjangan antara si kaya dan si miskin sangat mencolok di India.

Banyak orang yang masih berjuang untuk mendapatkan akses pendidikan, layanan kesehatan, dan pekerjaan yang layak. Upaya pemerintah untuk mengatasi ketimpangan ekonomi memang ada, tapi tantangannya sangat besar. 

5. Kebersihan di Tempat Umum Dianggap Tanggung Jawab Orang Lain

Kebersihan
Ilustrasi Sampah yang terdapat di saluran air. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, mungkin kamu pernah dengar atau lihat sendiri tentang kondisi kebersihan di tempat umum di India yang buruk. Banyak orang India yang merasa bahwa kebersihan jalan dan tempat umum adalah tanggung jawab orang lain, bukan mereka. Mentalitas ini tentu berdampak besar pada kebersihan lingkungan.

Selain itu, masalah permukiman kumuh dan sanitasi yang buruk juga menjadi tantangan besar. Pemerintah memang sudah berusaha melalui berbagai program, seperti ‘Swachh Bharat Abhiyaan’ atau ‘Misi India Bersih’, tapi hasilnya masih jauh dari harapan.

6. Ada Sistem Kasta yang Membentuk Lapisan Masyarakat

Sistem kasta di India sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan masih mempengaruhi kehidupan sehari-hari di India. Sistem kasta ini telah membagi masyarakat menjadi kelompok-kelompok hierarkis berdasarkan kelahiran. 

Ada kasta tinggi seperti Brahmana dan Kshatriya, dan kasta rendah seperti Dalit, yang dulu dikenal sebagai ‘untouchables’. Meskipun pemerintah India sudah melarang diskriminasi kasta dan menerapkan kebijakan afirmatif untuk meningkatkan kesejahteraan kasta rendah, kenyataannya, diskriminasi dan ketidaksetaraan masih sangat terasa. 

Orang-orang dari kasta rendah sering menghadapi kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan, pendidikan, dan bahkan dalam memilih pasangan hidup. Ini menunjukkan betapa kuatnya warisan budaya yang membayangi masyarakat India hingga saat ini. 

7. Tingginya Angka Depresi dan Bunuh Diri

wanita depresi.
Ilustrasi wanita depresi. Sumber: IST

Tekanan untuk berprestasi di sekolah dan universitas di India sangat tinggi. Banyak siswa yang merasa terjebak dalam perlombaan yang tidak ada habisnya untuk mendapatkan nilai tertinggi. 

Hal ini menyebabkan stres dan kecemasan luar biasa, yang sayangnya sering berujung pada depresi. Lebih tragis lagi, banyak kasus di mana siswa yang merasa tidak mampu memenuhi ekspektasi akhirnya memilih untuk mengakhiri hidup mereka. 

Kota seperti kota di Rajasthan, yang dikenal sebagai pusat bimbingan belajar, juga terkenal dengan angka bunuh diri yang tinggi di kalangan siswa. Ini menjadi bukti betapa pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental. 

8. Pemahaman akan Pluralisme dan Toleransinya Masih Rendah

negara India
Potret negara India. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, India dikenal sebagai negara dengan keberagaman agama yang luar biasa. Namun, di balik keberagaman ini, ada ketegangan yang sering kali meledak menjadi konflik. 

India adalah rumah bagi berbagai agama seperti Hindu, Islam, Kristen, Sikh, dan lainnya. Sayangnya, perbedaan ini kadang-kadang menimbulkan gesekan yang berujung pada kekerasan.

Beberapa insiden kekerasan antar agama telah menodai harmoni sosial di India. Selain itu, kebijakan pemerintah yang dianggap tidak adil terhadap kelompok agama tertentu juga sering menjadi pemicu konflik. Kritik terhadap kebijakan semacam ini menunjukkan bahwa pluralisme dan toleransi masih menjadi tantangan besar di India.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, kita sudah menjelajahi berbagai sisi gelap India yang mungkin jarang kita lihat di layar kaca. Semua ini menunjukkan bahwa di balik keindahan dan gemerlapnya, India masih punya banyak tantangan yang harus dihadapi.

Penting bagi kita untuk menyadari sisi-sisi gelap ini agar bisa ikut mendorong perubahan. Baik itu melalui kesadaran, dukungan, atau bahkan tindakan nyata. India punya potensi besar untuk berubah menjadi lebih baik. Sampai jumpa di artikel berikutnya, ya, Sob!

REFERENSI

  • RuanganInfo. (n.d.). Sisi Gelap dan Kontroversi Negara India: Kasta, Konflik Agama, Keamanan, Kemiskinan, Kejahatan Perempuan. Retrieved from https://www.ruanganinfo.com/ragam/3809259835/sisi-gelap-dan-kontroversi-negara-india-kasta-konflik-agama-keamanan-kemiskinan-kejahatan-perempuan?page=3
  • Information Matters. (2023, October). The Dark Side of India’s Education System: The Silent Suffering of Its Youth. Retrieved from https://informationmatters.org/2023/10/the-dark-side-of-indias-education-system-the-silent-suffering-of-its-youth/
  • Viva. (n.d.). Ini 5 Alasan Kenapa Negara India Kotor dan Jorok. Retrieved from https://www.viva.co.id/berita/dunia/1463661-ini-5-alasan-kenapa-negara-india-kotor-dan-jorok?page=4
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *