Fakta Dunia

5 Sisi Gelap Malaysia, Menganggap Orang Indonesia hanya Sebatas Pembantu?

68
×

5 Sisi Gelap Malaysia, Menganggap Orang Indonesia hanya Sebatas Pembantu?

Sebarkan artikel ini
sisi gelap malaysia
5 Sisi Gelap Malaysia, Menganggap Orang Indonesia hanya Sebatas Pembantu. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Setelah sebelumnya kita membahas sisi gelap Singapura, sisi gelap Jepang, sisi gelap Korea Selatan, hingga sisi gelap India, kini saatnya kita membahas sisi gelap Malaysia. 

Negeri jiran kita yang satu ini sering kali terlihat begitu gemilang di mata dunia. Gedung-gedung tinggi, ekonomi yang berkembang pesat, dan budaya yang kaya membuat Malaysia terlihat begitu sempurna. 

Tapi, di balik semua kemegahan itu, ternyata ada sisi gelap yang jarang dibicarakan, lho! Penasaran, kan?! Yuk, langsung saja kita mulai petualangan membongkar sisi gelap Malaysia!

1. Sering Mengakui Budaya Negara Tetangga

sisi gelap malaysia
Potret Reog Ponorogo. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, mari kita mulai dengan bahasan yang sering bikin kita, orang Indonesia, geregetan. Kamu pasti pernah dengar dong soal Malaysia yang suka klaim budaya kita? 

Mulai dari batik, Reog Ponorogo, hingga lagu Rasa Sayange, semuanya pernah diakui sebagai milik mereka. Nggak heran kalau hal ini sering bikin hubungan kita dengan Malaysia jadi panas dingin. Klaim budaya ini nggak cuma masalah soal identitas, tapi juga kebanggaan nasional. 

Budaya adalah warisan yang harus dijaga, dan ketika satu negara mengklaim budaya negara lain, itu seperti merampas bagian dari sejarah dan identitas kita. Makanya, penting banget buat kita untuk terus menjaga dan mempromosikan budaya kita sendiri agar dunia tahu dari mana asalnya yang sebenarnya.

2. Memperlakukan Pekerja Migran dan Imigran Secara Tidak Manusiawi 

sisi gelap malaysia
Ilustrasi wanita yang dilecehkan. Sumber: IST

Buat kamu yang belum tahu, banyak pekerja migran dari Indonesia yang bekerja di Malaysia sering kali mengalami perlakuan yang nggak manusiawi. Mulai dari kerja berlebihan, kekerasan fisik, gaji yang nggak dibayar, sampai pelecehan seksual, semuanya pernah terjadi. Ini jelas sesuatu yang nggak bisa kita biarkan begitu saja. 

Kasus-kasus ini menunjukkan bahwa masih banyak yang perlu diperbaiki dalam sistem perlindungan pekerja migran di Malaysia. Para migran ini adalah pahlawan devisa yang layak mendapatkan perlakuan layak dan adil. 

Selain itu, ada juga perlakuan buruk terhadap imigran yang menjadi sorotan. Pada bulan Juni lalu, koalisi buruh imigran mencatat bahwa dalam dua tahun terakhir, ada 149 WNI yang meninggal dunia di Malaysia akibat penyiksaan di tahanan migrasi. 

Nggak cuma itu, imigran gelap dari Filipina juga mengalami perlakuan yang sama, termasuk hukuman penjara dan cambuk. Perlakuan ini jelas melanggar hak asasi manusia dan harus dihentikan. 

Banyak negara sudah menganggap hukuman cambuk sebagai bentuk pelanggaran HAM, tapi Malaysia masih memberlakukannya atas nama penegakan hukum. So, kita harus terus mengawasi dan menekan pemerintah Malaysia untuk memperbaiki kondisi ini demi kebaikan bersama.

Jadi, semoga ke depannya ada perbaikan nyata untuk melindungi hak-hak mereka, ya!

3. Lebih dari 1 Juta Orang Hidup Tanpa Kewarganegaraan di Sabah

sisi gelap malaysia
Peta Daerah Sabah. Sumber: IST

Kalau tadi kita ngomongin soal perlakuan tidak adil pekerja migran, sekarang kita beralih ke kehidupan imigran tanpa dokumen di Sabah. Sob, di sini ada lebih dari 1 juta orang yang hidup tanpa kewarganegaraan, lho.

Di daerah Sabah, ada banyak orang yang lahir dan besar di sana tapi tidak diakui sebagai warga negara. Bayangkan, mereka sudah hidup sampai bergenerasi-generasi, tapi tetap dianggap ilegal! Ini tentu saja membawa dampak sosial dan ekonomi yang besar.

Mereka adalah imigran lama yang nggak punya dokumen resmi, dan sayangnya, mereka seringkali diabaikan oleh pemerintah. Akibatnya, mereka nggak punya akses ke hak-hak dasar seperti pendidikan dan kesehatan.

Hal ini juga berdampak besar pada kehidupan mereka sehari-hari. Mereka terpaksa hidup dalam ketidakpastian dan tanpa jaminan masa depan yang jelas. Ini adalah isu serius yang butuh perhatian dan solusi segera.

4. Banyak Kawasan Kumuh yang Tersembunyi di Balik Gedung Mewah

sisi gelap malaysia
Potret Kawasan kumuh di Malaysia. Sumber: Dok. Googlemap

Di balik kemegahan gedung-gedung pencakar langit dan pusat-pusat perbelanjaan mewah, ternyata ada kenyataan pahit tentang kesenjangan antara si kaya dan si miskin. Ada banyak kawasan kumuh di kota ini yang sering tersembunyi dari pandangan wisatawan dan dunia internasional.

Bahkan, Malaysia pernah manipulasi data kemiskinan di PBB untuk menjaga citra negaranya. Ini menunjukkan bahwa ada masalah mendasar yang perlu segera diatasi. Kesenjangan sosial ini nggak cuma merugikan mereka yang kurang beruntung, tapi juga bisa menimbulkan berbagai masalah sosial yang lebih besar di masa depan. 

5. Sikap Angkuh Warga Malaysia Terhadap TKI

sisi gelap malaysia
Potret warga indonesia yang bekerja sebagai TKI. Sumber: Dok. ppid.bantulkab.go.id

Selain masalah perlakuan terhadap pekerja migran dan imigran, ada juga masalah sikap angkuh beberapa warga Malaysia terhadap orang Indonesia, terutama para tenaga kerja Indonesia. Beberapa dari mereka menganggap hubungan dengan orang Indonesia hanya sebatas majikan dan pembantu. 

Sikap seperti ini tentu sangat tidak menyenangkan dan bisa mempengaruhi hubungan kedua negara. Contoh-contoh nyata dari sikap angkuh ini sering kali muncul dalam interaksi sehari-hari dan media sosial.  Hal ini tidak hanya merugikan pekerja migran yang mencari nafkah di Malaysia, tapi juga menciptakan stereotip negatif yang bisa memicu konflik. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah melihat enam sisi gelap Malaysia, jelas bahwa di balik kemegahan dan citra positifnya, Malaysia memiliki banyak masalah serius yang perlu segera diatasi. Semua sisi gelap ini menunjukkan bahwa masih banyak persoalan yang harus dilakukan untuk memperbaiki keadaan.

Penting bagi kita untuk belajar dari masalah-masalah ini agar bisa dijadikan pembelajaran untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan manusiawi. Jadi, mari kita tetap kritis, peduli, dan selalu berusaha membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik untuk semua orang.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, Sobat Suka Fakta! Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membuka mata kita semua terhadap isu-isu yang ada di sekitar kita. Jangan lupa untuk selalu menjaga nilai-nilai kemanusiaan dan saling menghormati, di mana pun kita berada. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

REFERENSI

  • Hops.ID. (2023, Agustus 25). Inilah sisi gelap negara Malaysia yang disembunyikan, salah satunya suka buat marah Indonesia. Diakses pada 27 Juni 2024, dari https://www.hops.id/trending/29410587318/inilah-sisi-gelap-negara-malaysia-yang-disembunyikan-salah-satunya-suka-buat-marah-indonesia
  • Hops.ID. (2023, Oktober 24). Gedung mewahnya cuma tipuan muslihat, ini sisi kelam kehidupan miris di negeri jiran Malaysia. Diakses pada 27 Juni 2024, dari https://www.hops.id/trending/29410610768/gedung-mewahnya-cuma-tipuan-muslihat-ini-sisi-kelam-kehidupan-miris-di-negeri-jiran-malaysia
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *