Fakta Unik

Mengenal Perilaku Manipulatif: Ciri-Ciri dan Tips Menghadapinya

172
×

Mengenal Perilaku Manipulatif: Ciri-Ciri dan Tips Menghadapinya

Sebarkan artikel ini
Ciri Ciri Orang Manipulatif
Ilustrasi perilaku manipulatif. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kamu sering berinteraksi dengan banyak orang, kan?! Baik itu teman, keluarga, atau rekan kerja. Nah, pernah nggak sih kamu merasa ada seseorang yang selalu berhasil memutarbalikkan keadaan atau membuatmu merasa bersalah tanpa alasan yang jelas? Nah, bisa jadi, orang tersebut punya sifat manipulatif, lho!

Sob, manipulasi ini bisa muncul di berbagai aspek kehidupan, mulai dari hubungan personal hingga lingkungan kerja. Orang yang manipulatif seringkali menggunakan cara-cara licik untuk mencapai tujuannya.

Di artikel ini, kita akan bahas tuntas tentang ciri ciri orang manipulatif dan bagaimana cara menghadapinya. Sob, dengan mengetahui ciri-ciri orang manipulatif, kita bisa lebih waspada dan mengambil langkah yang tepat untuk melindungi diri. 

Jadi, yuk kita telusuri bersama dan siap-siap belajar banyak hal baru yang bisa bikin kamu lebih bijaksana dalam menghadapi orang-orang manipulatif di sekitar kamu!

Apa Itu Sifat Manipulatif?

Apa-Itu-Sifat-Manipulatif_
Ilustrasi sifat manipulatif. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sebelum kita masuk ke ciri-ciri orang manipulatif, yuk kita pahami dulu apa itu sifat manipulatif. Jadi, sifat manipulatif adalah tindakan yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk mengendalikan atau mempengaruhi emosi dan pikiran orang lain demi keuntungan pribadi mereka. Intinya, mereka ingin mengontrol orang lain supaya segala sesuatunya berjalan sesuai keinginan mereka.

Orang yang manipulatif sering melakukan ini tanpa disadari oleh korbannya. Mereka bisa membuat orang lain percaya bahwa mereka benar, padahal mereka memutarbalikkan fakta atau berbohong. 

Beberapa alasan mengapa seseorang bisa berperilaku manipulatif adalah untuk melindungi ego mereka, mendapatkan apa yang mereka inginkan, atau menghindari tanggung jawab dan konsekuensi atas tindakan mereka.

Manipulasi ini seringkali terjadi dalam hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship. Kalau dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan mental pada korban, seperti depresi dan kecemasan. Maka dari itu, penting banget nih, Sob, mengenali tanda-tanda perilaku manipulatif agar kita bisa menghadapinya dengan tepat.

10 Ciri Ciri Orang Manipulatif: Si Mulut Manis yang Senang Memutarbalikkan Fakta

Sekarang, kita masuk ke bagian yang paling penting, yaitu ciri-ciri psikologi orang manipulatif. Ini dia, Sobat Suka Fakta, 10 ciri-ciri orang manipulatif yang perlu kamu waspadai:

1. Menggunakan Emosi untuk Memanipulasi

Menggunakan-Emosi-untuk-Memanipulasi
Ilustrasi seorang wanita yang sedang menenangkan hati teman nya. Sumber: IST

Orang manipulatif cenderung menggunakan emosi untuk mempengaruhi orang lain. Mereka bisa memanipulasi perasaan orang lain dengan cara berpura-pura menjadi korban atau menunjukkan emosi yang berlebihan.

2. Berbicara dengan Cara yang Manis dan Persuasif

Berbicara-dengan-Cara-yang-Manis-dan-Persuasif
Ilustrasi seorang pria yang sedang berbicara. Sumber: IST

Orang manipulatif seringkali pandai berbicara dengan cara yang manis, sopan, dan persuasif. Mereka akan membuat korbannya merasa terdorong untuk memenuhi keinginannya. Seramnya lagi, perilaku manipulatif ini kerap tidak disadari oleh korbannya.

3. Menghindari Tanggung Jawab

Menghindari-Tanggung-Jawab
Ilustrasi seorang pria yang menolak perintah teman nya. Sumber: IST

Mereka selalu mencari kambing hitam untuk kesalahan mereka. Orang manipulatif tidak suka bertanggung jawab dan selalu menghindar ketika diminta pertanggungjawaban atas tindakan mereka.

4. Berperilaku Pasif-Agresif

Berperilaku-Pasif-Agresif
Ilustrasi seorang wanita yang sedang marah dengan pasangan nya. Sumber: IST

Perilaku pasif-agresif adalah ketika seseorang mengekspresikan kemarahan atau ketidakpuasan mereka secara tidak langsung. Orang manipulatif sering menggunakan silent treatment atau sindiran untuk membuat orang lain merasa bersalah dan bingung.

5. Senang Berbohong 

Senang-Berbohong
Ilustrasi seorang pria yang sedang berbisik dengan teman nya. Sumber: IST

Mereka sering berbohong atau menyembunyikan informasi penting. Ketidakjujuran ini bertujuan untuk menipu orang lain dan mencapai tujuan mereka tanpa terhalang oleh kebenaran.

6. Membuat Lelucon yang Menyinggung Orang Lain

Orang manipulatif sering membuat lelucon yang menyinggung atau merendahkan orang lain. Ini dilakukan dengan tujuan untuk memperlihatkan kelemahan korban dan membuat diri sendiri terlihat lebih hebat.

7. Mengancam dan Memaksa Orang Lain Agar Memenuhi Keinginannya

Mengancam-dan-Memaksa-Orang-Lain-Agar-Memenuhi-Keinginannya
Ilustrasi seorang pria yang sedang mengancam teman nya. Sumber: IST

Orang manipulatif tidak ragu untuk mengancam atau memaksa orang lain agar mengikuti keinginan mereka. Misalnya, mereka bisa mengancam untuk menyakiti diri sendiri jika keinginan mereka tidak dipenuhi.

8. Kerap Melakukan Gaslighting

Kerap-Melakukan-Gaslighting
Ilustrasi seorang wanita yang sedang sedih di hadapan teman nya. Sumber: IST

Gaslighting adalah salah satu teknik manipulasi di mana pelaku membuat korbannya meragukan diri sendiri, ingatannya, atau persepsinya. Ini bisa membuat korban merasa bingung dan tidak percaya diri.

9. Memanfaatkan Kedekatan dengan Orang Lain untuk Mendapatkan Keuntungan

Mereka bisa dengan mudah berbagi cerita pribadi atau rahasia untuk mendapatkan kepercayaan orang lain. Hal ini digunakan untuk memancing lawan bicaranya ikut menceritakan hal-hal pribadi. Setelah itu, orang manipulatif akan menggunakan informasi tersebut untuk keuntungan mereka sendiri.

10. Memanipulasi Fakta

Orang manipulatif sering memutarbalikkan fakta atau membuat alasan yang tidak masuk akal. Mereka bisa membuat orang lain merasa ragu akan kebenaran dan bahkan menyalahkan diri sendiri atas masalah yang terjadi.

Sobat Suka Fakta, sekarang kamu sudah tahu 10 ciri-ciri orang manipulatif. Selanjutnya, kita akan bahas cara menghadapi orang manipulatif supaya kamu bisa lebih siap dan nggak terjebak dalam permainan mereka. Tetap ikuti terus, ya!

Tips Menghadapi Orang Manipulatif

Sobat Suka Fakta, setelah mengenali ciri-ciri orang manipulatif, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara-cara untuk menghadapi mereka. Orang manipulatif bisa bikin kita stres dan bingung, jadi penting untuk memiliki strategi yang tepat supaya kita bisa tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh mereka. Yuk, kita simak beberapa cara menghadapi orang manipulatif berikut ini:

1. Kenali Manipulasi Sejak Dini

Langkah pertama adalah mengenali tanda-tanda manipulasi sejak awal. Jika kamu merasa ada yang aneh atau tidak nyaman dengan cara seseorang berinteraksi denganmu, kemungkinan besar mereka sedang mencoba memanipulasimu. Jangan ragu untuk mempercayai instingmu, Sobat.

2. Tetap Tenang dan Tidak Emosional

Tetap-Tenang-dan-Tidak-Emosional
Ilustrasi seorang wanita yang sedang di tenangkan oleh rekan kerjanya. Sumber: IST

Orang manipulatif seringkali menggunakan emosi untuk mengontrol situasi. Oleh karena itu, cobalah untuk tetap tenang dan tidak terbawa emosi ketika berhadapan dengan mereka. Jika kamu menunjukkan reaksi emosional, mereka akan melihatnya sebagai kelemahan yang bisa dimanfaatkan.

3. Tetapkan Batasan yang Jelas

Penting untuk menetapkan batasan yang jelas dalam interaksi dengan orang manipulatif. Berani bilang “tidak” dan jangan biarkan mereka mengendalikan keputusanmu. Batasan ini akan membantu kamu melindungi diri dan mencegah mereka mengambil keuntungan darimu.

4. Berkomunikasi dengan Tegas

Berkomunikasi-dengan-Tegas
Ilustrasi seorang wanita dan pria yang sedang berbicara. Sumber: IST

Komunikasi yang tegas dan jelas adalah kunci ketika berurusan dengan orang manipulatif. Gunakan pernyataan “saya” untuk mengekspresikan perasaan dan kebutuhanmu, seperti “Saya merasa tidak nyaman ketika kamu melakukan ini.” Hindari menyalahkan mereka secara langsung, karena ini bisa memicu reaksi defensif.

5. Jangan Mudah Terpengaruh oleh Penilaiannya

Orang manipulatif pandai membuat kita meragukan diri sendiri. Tetaplah percaya pada penilaian dan keputusanmu sendiri. Jangan biarkan mereka membuatmu merasa bersalah atau tidak kompeten. Ingat, Sobat, kamu lebih tahu apa yang terbaik untuk dirimu.

6. Cari Dukungan dari Orang Lain

Cari-Dukungan-dari-Orang-Lain
Ilustrasi dukungan dari keluarga. Sumber: IST

Berbicaralah dengan teman atau anggota keluarga yang kamu percaya. Mereka bisa memberikan perspektif yang objektif dan mendukungmu dalam menghadapi orang manipulatif. Biasanya, orang ekstrovert lebih mudah untuk meminta dukungan dari orang sekitarnya. Hal ini berbeda dengan seorang introvert yang terkadang kesulitan mengutarakan masalah yang sedang dihapinya.

Sob, tapi apapun kepripadianmu, baik itu ekstrovert atau introvert, kamu harus tau jika melihat situasi dari sudut pandang orang lain bisa membantu kita menyadari tindakan manipulasi yang sedang terjadi.

7. Hindari Konflik yang Tidak Perlu

Orang manipulatif seringkali mencari konflik untuk mendapatkan perhatian atau mengendalikan situasi. Jika memungkinkan, hindari konflik yang tidak perlu. Jika mereka mencoba memancing pertengkaran, cobalah untuk mengalihkan pembicaraan atau menjauh dari situasi tersebut.

8. Berpegang Teguh pada Keputusanmu

Jika kamu sudah membuat keputusan, tetaplah teguh pada keputusan tersebut. Orang manipulatif akan mencoba membujuk atau memanipulasi agar kamu berubah pikiran. Jangan biarkan mereka membuatmu meragukan pilihanmu.

9. Pelajari Teknik Manipulasi

Mengetahui berbagai teknik manipulasi bisa membantu kamu lebih siap menghadapinya. Bacalah buku atau artikel tentang manipulasi untuk memperluas pengetahuanmu. Dengan begitu, kamu bisa lebih waspada dan mengenali manipulasi dengan lebih mudah.

10. Pertimbangkan untuk Mengakhiri Hubungan

Jika manipulasi terus berlanjut dan sudah berdampak negatif pada kenyamananmu, pertimbangkan untuk mengakhiri hubungan dengan orang tersebut. Kesehatan mental dan emosional kamu jauh lebih penting daripada mempertahankan hubungan yang tidak sehat.

BACA JUGA: Siapa yang Lebih Cepat Move On, Laki-Laki atau Perempuan?

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita telah membahas banyak tentang perilaku manipulatif, mulai dari definisinya, ciri-ciri, hingga cara menghadapinya. Perilaku manipulatif dilakukan untuk mengendalikan atau mempengaruhi emosi dan pikiran orang lain demi keuntungan pribadi. 

Orang yang manipulatif sering berbohong, memanipulasi fakta, melakukan gaslighting, dan bersikap pasif-agresif. Mereka dapat sangat merugikan, baik secara emosional maupun mental, bagi korbannya.

Untuk menghadapi orang manipulatif, kamu harus tetap tenang dan tidak emosional, menetapkan batasan yang jelas, menjaga komunikasi yang tegas, tidak mudah terpengaruh, dan mencari dukungan dari orang lain, bahkan jika perlu cobalah  pertimbangkan untuk mengakhiri hubungan jika manipulasi terus berlanjut.

Semoga artikel ini membantu kamu lebih memahami dan menghadapi orang-orang manipulatif di sekitarmu. Tetap tegas, percaya pada diri sendiri, dan jaga kesehatan mentalmu. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta!

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ini 15 Ciri-Ciri Orang Suka pada Kita

REFERENSI:

  • Siloam Hospitals. (2023). Apa Itu Perilaku Manipulatif?. Diakses dari https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-perilaku-manipulatif
  • Alodokter. (2023). Bagaimana Ciri-Ciri Orang Manipulatif dan Cara Menghadapinya. Diakses dari https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bagaimana-ciri-ciri-orang-manipulatif-dan-cara-menghadapinya-
  • Akurat.co. (2023). 10 Ciri-Ciri Manipulatif dan Cara Menghadapinya. Diakses dari https://www.akurat.co/trend/1302409139/10-CiriCiri-Manipulatif-Dan-Cara-Menghadapinya
  • Sukabumi Update. (2023). 10 Ciri-Ciri Orang Manipulatif, Waspada Ada di Sekitar Kita. Diakses dari https://www.sukabumiupdate.com/life/134239/10-ciri-ciri-orang-manipulatif-waspada-ada-di-sekitar-kita
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *