Fakta Unik

7 Fakta Menarik Buah Cempedak, Dapat Mengurangi Risiko Kanker

60
×

7 Fakta Menarik Buah Cempedak, Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Sebarkan artikel ini
Buah Cempedak
7 Fakta Menarik Buah Cempedak, Dapat Mengurangi Risiko Kanker. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Ada yang tau buah cempedak? Tumbuhan yang satu ini sering banget disangka buah nangka karena penampilannya yang mirip. Tapi ternyata, cempedak dan nangka itu berbeda, lho!

Buah cempedak terkenal dengan rasa manis dan aroma harumnya yang bikin ngiler. Selain enak, cempedak juga punya banyak manfaat kesehatan yang keren banget. Kalau nangka punya tekstur kulit yang khas, cempedak cenderung lebih kecil dengan kulit yang sedikit berbeda.

Nah, kali ini, kita bakal kupas tuntas 7 fakta menarik buah cempedak yang mungkin belum kamu tahu. Kita akan bahas mulai dari asal usul, kandungan nutrisi, sampai manfaat kesehatannya yang bikin kamu makin cinta sama buah ini. Jadi, yuk ikutin terus artikel ini!

1. Bisa Ditemukan di Berbagai Negara di Asia Tenggara

Fakta Menarik Buah Cempedak
bendera negara yang terdapat Buah Cempedak. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau buah cempedak punya sejarah yang panjang dan menarik? Buah tropis ini asli dari Asia Tenggara dan banyak tumbuh di Indonesia. 

Meskipun sering disangka buah nangka karena bentuk dan aromanya yang mirip, cempedak sebenarnya punya beberapa perbedaan yang mencolok.

Buah cempedak, atau yang dikenal dengan nama ilmiah Artocarpus integer, memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan nangka. Kulitnya juga lebih halus dan lebih sedikit berduri dibandingkan dengan nangka. 

Buah ini sangat populer di Indonesia dan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Di Indonesia sendiri, buah cempedak sering ditemukan di pasar-pasar tradisional dan biasanya dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai makanan lezat seperti cempedak goreng. 

Selain rasanya yang manis, cempedak juga dikenal karena aromanya yang khas dan kuat. Buah ini memang punya daya tarik tersendiri yang bikin siapa saja yang mencicipinya jadi ketagihan.

2. Setiap 100 Gram Buah Cempedak Mengandung Berbagai Nutrisi Penting 

Buah Cempedak.
Potret Buah Cempedak. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah tahu asal usulnya, sekarang kita intip yuk apa aja sih kandungan nutrisi yang ada di dalam buah cempedak. Setiap 100 gram buah cempedak mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut adalah kandungan nutrisi per 100 gram buah cempedak:

  • Energi: 165 kkal
  • Karbohidrat: 36,7 gram
  • Protein: 4,2 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Kalsium: 33 mg
  • Fosfor: 200 mg
  • Zat besi: 1 mg
  • Vitamin A, B1, dan C

Kandungan energi yang cukup tinggi membuat buah ini bisa menjadi sumber energi yang baik. Karbohidrat dan protein yang ada dalam cempedak juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. 

Selain itu, kandungan kalsium dan fosfornya baik untuk kesehatan tulang, sementara zat besi membantu mencegah anemia. Vitamin A yang ada dalam cempedak sangat baik untuk kesehatan mata, sedangkan vitamin B1 membantu menjaga fungsi saraf dan otot. 

Vitamin C yang tinggi dalam buah ini juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Dengan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, tidak heran kalau buah cempedak punya banyak manfaat kesehatan.

3. Solusi Alami Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata
Ilustrasi mata yang sehat. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa di sini yang sering merasa matanya lelah atau penglihatan mulai kabur? Nah, ternyata buah cempedak bisa jadi solusi alami untuk menjaga kesehatan mata kita, lho!

Buah cempedak kaya akan vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam menjaga kelembapan mata, mencegah mata kering, dan membantu menjaga penglihatan agar tetap tajam.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah yang kaya vitamin A seperti cempedak, kita bisa mengurangi risiko penyakit mata seperti rabun senja dan degenerasi makula. Selain itu, cempedak juga mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Radikal bebas ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, termasuk katarak dan degenerasi makula. Dengan rutin mengonsumsi cempedak, kamu bisa memberikan perlindungan ekstra bagi mata kamu.

Jadi, buat kamu yang ingin punya mata sehat, jangan ragu untuk menambahkan buah cempedak ke dalam menu harianmu. Selain rasanya enak, manfaatnya juga luar biasa untuk mata kita.

4. Serat dan Vitamin C-nya Bisa Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

 wanita
Ilustrasi wanita sembelit. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa nih yang sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar? Nah, buah cempedak bisa jadi solusinya! Cempedak dikenal memiliki kandungan serat dan vitamin C yang sangat baik untuk sistem pencernaan kita.

Serat yang tinggi dalam buah cempedak membantu meningkatkan pergerakan usus dan mencegah sembelit. Dengan rutin mengonsumsi buah yang kaya serat seperti cempedak, kita bisa menjaga sistem pencernaan tetap lancar dan sehat. Serat juga membantu menambah volume feses, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Vitamin C dalam cempedak juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Vitamin ini membantu menghindarkan kita dari risiko sembelit dan menjaga usus tetap sehat. Jadi, buat kamu yang sering mengalami masalah pencernaan, cobalah makan buah cempedak secara teratur.

Selain itu, cempedak juga membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik ini penting untuk penyerapan nutrisi dan menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Dengan pencernaan yang sehat, tubuh kita bisa lebih optimal dalam menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

5. Mengandung Potasium yang Bisa Mengurangi Risiko Stroke

Stroke.
Ilustrasi pria Stroke. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa mengonsumsi buah cempedak juga bisa membantu mengurangi risiko stroke? Yup! Buah cempedak mengandung kombinasi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah kita.

Salah satu kandungan utama dalam cempedak yang bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke adalah potasium. Potasium membantu mengatur tekanan darah dengan mengurangi efek negatif natrium dalam tubuh. Dengan tekanan darah yang terkontrol, kita bisa mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit jantung lainnya.

Selain itu, cempedak juga kaya akan serat dan vitamin C. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Sementara vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, termasuk sel-sel dalam sistem kardiovaskular kita.

Mengonsumsi buah cempedak secara teratur dapat membantu menjaga sirkulasi darah tetap lancar dan mencegah hipertensi. Jadi, tidak hanya enak, buah cempedak juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

6. Efektif Menghilangkan Parasit Malaria Dari Tubuh

parasit malaria.
ilustrasi parasit malaria. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ternyata buah cempedak tidak hanya enak dan sehat, tetapi juga memiliki khasiat dalam pengobatan penyakit malaria. Malaria adalah penyakit yang banyak ditemui di daerah tropis dan subtropis, termasuk di Indonesia. Buah cempedak mengandung senyawa-senyawa aktif yang bisa membantu melawan parasit malaria.

Senyawa seperti artoindonesianin dan heteriflavon C yang ada di kulit kayu dan buah cempedak memiliki sifat antimalaria. Senyawa ini bekerja dengan cara menghilangkan parasit malaria dari dalam tubuh. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak cempedak dapat menurunkan kadar parasit malaria secara signifikan dalam waktu 5-14 hari setelah pengobatan. Sebuah jurnal penelitian dari UNAIR News  pada 2020 menunjukkan bahwa ekstrak cempedak dapat meningkatkan respon imun terhadap parasit malaria.

Jadi, buah cempedak tidak hanya enak dimakan, tetapi juga punya manfaat medis yang luar biasa. Ini menjadikan cempedak sebagai salah satu buah yang patut kita konsumsi untuk menjaga kesehatan dan sebagai upaya pengobatan alami.

7. Fakta Menarik Lainnya Tentang Biji Cempedak

fakta menarik buah cempedak
Potret biji Cempedak. Sumber: Dok. cookpad.com

Sobat Suka Fakta, ternyata nggak cuma daging buah cempedak yang penuh manfaat, bijinya juga punya segudang khasiat yang luar biasa. Siapa sangka, bagian yang sering kita buang ini justru menyimpan banyak nutrisi penting untuk tubuh kita. Yuk, kita bahas beberapa fakta menarik tentang biji cempedak yang mungkin belum kamu ketahui!

1. Mendukung Fungsi Otak

Biji cempedak kaya akan asam lemak omega-3, yang penting untuk fungsi otak. Asam lemak ini membantu menjaga kekakuan membran sel dan melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif serta peradangan. Dengan mengonsumsi biji cempedak, kita bisa meningkatkan fungsi kognitif dan menjaga kesehatan otak kita.

Selain itu, biji cempedak juga mengandung antioksidan yang melindungi otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin B yang ada dalam biji cempedak juga penting untuk metabolisme energi dan kesehatan saraf, sehingga membantu kita berkonsentrasi dan fokus lebih baik..

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Biji cempedak bisa jadi sahabat terbaikmu untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan seperti senyawa fenolik dan flavonoid dalam biji cempedak membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dan mengurangi stres oksidatif. Ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Vitamin C dalam biji cempedak juga penting untuk meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi. Selain itu, biji cempedak memiliki sifat antimikroba yang efektif melawan berbagai agen infeksius seperti bakteri, jamur, dan virus.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Buat Sobat Suka Fakta yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil, biji cempedak bisa jadi pilihan yang tepat. Kandungan serat dalam biji cempedak memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, sehingga mencegah lonjakan gula darah yang cepat setelah makan. Serat juga membantu mengendalikan nafsu makan dengan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Biji cempedak juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa bioaktif dalam biji cempedak meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga penggunaan glukosa oleh sel-sel tubuh lebih efisien.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam biji cempedak membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Antioksidan seperti fenoldin dan flavonoid membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA.

Sifat anti-inflamasi dalam biji cempedak juga membantu mengurangi peradangan kronis yang bisa memicu perkembangan kanker. Selain itu, serat dalam biji cempedak membantu membuang racun yang berpotensi karsinogenik dari tubuh, sehingga mengurangi risiko perkembangan kanker.

5. Menjaga Berat Badan

Biji cempedak juga bisa membantu kamu yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan. Kombinasi serat dan protein dalam biji cempedak meningkatkan rasa kenyang dan kepuasan, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat.

Serat juga memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, biji cempedak mengandung lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga berat badan.

6. Mengurangi Timbulnya Penyakit Jantung

Seperti banyak makanan nabati lainnya, biji cempedak juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan mencegah penyerapannya ke dalam aliran darah. 

Lemak sehat dalam biji cempedak juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Antioksidan dalam biji cempedak melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan, yang merupakan faktor utama dalam perkembangan penyakit jantung. Nutrisi seperti potasium dan magnesium juga penting untuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah beberapa fakta menarik lainnya tentang biji cempedak. Mulai dari mendukung fungsi otak hingga mengurangi risiko kanker, ternyata biji cempedak punya banyak manfaat yang luar biasa, ya!  Jadi, jangan lagi buang biji cempedak setelah menikmati daging buahnya. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah 7 fakta menarik tentang buah cempedak yang mirip dengan nangka. Buah cempedak, dengan asal usulnya yang menarik dan kandungan nutrisi yang kaya, menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Selain manfaat untuk kesehatan, cempedak juga memiliki khasiat dalam pengobatan malaria berkat senyawa-senyawa aktif yang dikandungnya. Tidak hanya itu, biji cempedak yang sering kita buang ternyata juga kaya manfaat, seperti mendukung fungsi otak, menjaga pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengontrol kadar gula darah.

Dengan begitu banyak manfaat, tidak ada alasan untuk tidak mencoba dan menikmati buah cempedak. Buat kamu yang belum pernah mencicipi, segera cari dan rasakan sendiri kelezatan serta manfaatnya. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga tuntas. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi tambahan buat kamu semua. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini dengan teman-temanmu agar mereka juga mengetahui manfaat luar biasa dari buah cempedak!

REFERENSI

  • Halodoc. (2023). Ketahui Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan. Diakses dari https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-manfaat-buah-cempedak-untuk-kesehatan
  • Sajian Sedap. (2023). 6 Manfaat Rahasia Buah Cempedak yang Tak Banyak Orang Ketahui, No. 4 Paling Penting. Diakses dari https://sajiansedap.grid.id/read/104026092/6-manfaat-rahasia-buah-cempedak-yang-tak-banyak-orang-ketahui-no4-paling-penting?page=all
  • Helo Indonesia. (2023). Jangan Dibuang, Berikut 8 Manfaat Mengonsumsi Biji Cempedak bagi Kesehatan Anda. Diakses dari https://heloindonesia.com/kesehatan/5206/jangan-dibuang-berikut-8-manfaat-mengonsumsi-biji-cempedak-bagi-kesehatan-anda
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *