Fakta Unik

10 Fakta Psikologi Wanita yang Wajib Diketahui oleh Pria!

133
×

10 Fakta Psikologi Wanita yang Wajib Diketahui oleh Pria!

Sebarkan artikel ini
fakta psikologi wanita
Fakta Psikologi Wanita, Pria Wajib Tahu. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Gimana kabarnya? Kali ini kita bakal ngomongin topik yang seru dan pastinya berguna banget, terutama buat para pria yang pengen lebih paham Fakta Psikologi Wanita. 

Kita tahu banget kalau pria dan wanita itu punya banyak perbedaan, baik dari segi fisik maupun psikologis. Nah, perbedaan ini sering bikin hubungan antara pria dan wanita jadi penuh tantangan. 

Daripada cuma nebak-nebak dan bikin salah paham, mendingan kita kenali lebih dalam fakta-fakta menarik ini. Jadi, jangan kemana-mana, ya, simak terus artikel ini sampai habis karena kita bakal ngupas tuntas tentang psikologi wanita. Yuk, kita mulai!

1. Tiga Kali Lipat Lebih Banyak Bicara dari Pria

lebih banyak berbicara
Potret sepasang pria dan wanita yang sedang berbicara. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah nggak kalian merasa cewek itu lebih banyak bicara? Ternyata, ini bukan cuma perasaan kalian aja, lho! Fakta menunjukkan bahwa perempuan memang lebih banyak bicara dibandingkan pria. Mereka bisa ngomong tiga kali lebih banyak dari pria dalam sehari. Nah, ini karena mereka memang diciptakan untuk lebih banyak berkomunikasi dengan kata-kata.

Jadi, kalau cewek kalian suka cerita tentang apapun, dengarkan baik-baik, ya! Ini salah satu cara mereka mengekspresikan diri dan merasa didengar. Cobalah untuk jadi pendengar yang baik dan berikan respons yang tepat. Dengan begitu, hubungan kalian akan lebih erat dan jauh dari kesalahpahaman.

2. Sering Menangis, bahkan Empat Kali Lipat Lebih Banyak Dibanding Pria

menangis lebih sering
Potret seorang yang sedang menangis. Sumber: IST

Perempuan memang lebih sering menangis dibandingkan pria. Mereka bisa menangis antara 30 hingga 64 kali dalam setahun, sementara pria hanya 6 hingga 17 kali. Menurut studi di Jerman, rata-rata perempuan menangis sekitar 6 menit, dan 65% dari mereka menangis lebih lama.

Eits, menangis bukan berarti lemah, ya. Ini adalah cara alami perempuan untuk melepaskan emosi dan merasa lebih baik. Jadi, kalau kalian melihat cewek menangis, berikan dukungan dan biarkan mereka mengekspresikan perasaannya. Kadang, mereka cuma butuh seseorang untuk mendengarkan dan berada di samping mereka.

3. Memiliki Kemampuan Mengontrol Emosi yang Lebih Baik Dibanding Pria

mengontrol emosi lebih baik
Potret seorang wanita yang sedang mengontrol emosi. Sumber: IST

Ternyata, perempuan itu lebih jago dalam mengontrol emosi dibandingkan pria. Ini bukan cuma soal kebiasaan atau lingkungan, tapi juga karena faktor biologis. Pasalnya, perempuan punya hormon oksitosin yang lebih tinggi. Nah, hormon ini bikin mereka lebih bisa memikirkan ‘kasih sayang’ bahkan di saat marah sekalipun.

Namun, ada sisi lainnya nih. Kadang kemampuan mengontrol emosi yang bagus ini malah bikin beberapa perempuan suka menyembunyikan kesedihan atau dendam. Jadi, buat kalian para pria, pastikan selalu ada buat mereka dan ajak mereka ngobrol terbuka soal perasaan. Dengan begitu, mereka nggak perlu menyimpan semuanya sendiri.

4. Multitasker yang Ulung

multitasker ulung
Potret University of Hertfordshire. Sumber: edubridge.co.id

Sobat Suka Fakta, perempuan ternyata adalah multitasker ulung! Penelitian dari University of Hertfordshire, University of Glasgow, dan University of Leeds menunjukkan bahwa perempuan lebih unggul dalam hal menyusun strategi dan menemukan barang yang hilang dibandingkan pria.

Kemampuan multitasking ini membuat mereka bisa mengerjakan banyak hal sekaligus, seperti memasak sambil mengurus anak dan balas pesan di ponsel. Jadi, kalau kalian melihat cewek bisa melakukan banyak hal dalam waktu yang sama, itu bukan sihir, melainkan kemampuan alami mereka. Hargai dan dukung mereka dengan membantu meringankan beban jika bisa.

5. Punya Intuisi yang Sangat Kuat 

intuisi sensitif
Potret seorang ibu dan anak nya yang sedang bermain. Sumber: IST

Perempuan dikenal punya intuisi yang lebih sensitif. Jadi kalau cewek kalian sering banget tahu apa yang kalian pikirin atau bisa baca situasi lebih cepat dibanding kalian, itu bukan karena mereka punya indra keenam, tapi memang intuisi mereka terlatih sejak dulu. 

Nah, intuisi ini juga yang bikin mereka lebih jago dalam membaca pikiran lawan bicara atau situasi sekitar. Jadi, kalau kamu mau curhat atau butuh pendapat, jangan ragu buat minta tolong sama cewek. Mereka pasti punya feeling yang kuat dan bisa kasih saran yang oke.

6. Sangat Senang Dipuji

suka dipuji
Potret seorang yang sedang lagi dipuji. Sumber: IST

Siapa sih yang nggak suka dipuji? Nah, fakta psikologi tentang wanita yang kesembilan ini menunjukkan bahwa perempuan sangat suka dipuji, Sobat Suka Fakta. Meski kadang mereka mencoba untuk biasa saja saat dipuji, sebenarnya dalam hati mereka merasa sangat senang. Pujian bisa berupa fisik, penampilan, atau kemampuan yang dimiliki.

Jadi, jangan ragu untuk memberikan pujian yang tulus kepada perempuan di sekitar kalian. Puji mereka saat mereka terlihat cantik, atau saat mereka berhasil melakukan sesuatu dengan baik. Pujian yang diberikan dengan tulus bisa membuat mereka merasa lebih dihargai dan dicintai.

7. Memiliki Umur Hidup Lebih Lama

hidup lebih lama
Potret seorang wanita yang awet muda. Sumber: IST

Ternyata, perempuan cenderung hidup lebih lama dibandingkan pria. Secara alami, tubuh perempuan memiliki sistem imun yang lebih ‘awet muda’. Ini berarti di usia lanjut, mereka cenderung mengalami lebih sedikit masalah kesehatan dibandingkan pria.

Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, termasuk gaya hidup yang lebih sehat dan kecenderungan untuk lebih memperhatikan kesehatan. Jadi, buat kalian para pria, jangan ragu buat belajar dari kebiasaan sehat para perempuan. Yuk, mulai hidup sehat biar bisa tetap sehat dan panjang umur!

8. Tidak Mengenal Diri Sendiri dengan Baik

Sobat Suka Fakta, ternyata banyak perempuan yang tidak sepenuhnya tahu segala hal tentang diri mereka sendiri. Misalnya, mereka sering merasa tidak punya cukup baju untuk bepergian, padahal lemari sudah penuh. Atau, mereka tidak benar-benar tahu ukuran pakaian mereka dan sering bingung saat ditanya makanan favoritnya.

Ini mungkin terlihat sepele, tapi bisa mempengaruhi perilaku dan cara mereka berinteraksi. Jadi, buat kalian para pria, penting untuk sabar dan membantu mereka lebih mengenal diri sendiri. Ajak mereka untuk mengeksplorasi apa yang mereka suka dan tidak suka, serta bantu mereka merasa lebih percaya diri dengan diri mereka sendiri.

9. Seperti Halnya Pria, Perempuan Juga Bisa Mengalami Gangguan Gairah Seksual

mengalami gangguan gairah
Potret seorang wanita yang lagi stres. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, selama ini banyak yang berpikir bahwa gangguan gairah seksual hanya dialami oleh pria, padahal perempuan juga bisa mengalami hal yang sama. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari kelelahan, stres, hingga gangguan hormon.

Kalau pasangan kalian mengalami hal ini, jangan langsung salah paham atau merasa ditolak. Cobalah untuk lebih pengertian dan dukung mereka dengan memberikan waktu istirahat yang cukup atau membantu mengurangi stres. Bicarakan secara terbuka masalah ini untuk menemukan solusi bersama.

10. Memiliki Sifat Toleran yang Tinggi sehingga Sulit Menemukan Kesalahan Pasangan

Saat perempuan jatuh cinta, mereka sering banget kesulitan menemukan kesalahan pasangannya. Hal ini lagi-lagi disebabkan karena hormon oksitosin yangi bikin mereka lebih toleran dan sulit buat melihat kekurangan pasangannya. Akibatnya, mereka bisa terjebak dalam hubungan yang nggak sehat atau toxic.

Jadi, buat kalian para pria, penting banget buat sadar dan jangan memanfaatkan keadaan ini. Kalau ada masalah atau kesalahan, lebih baik dibicarakan secara terbuka. Bantu mereka keluar dari kebingungan dengan jadi pasangan yang tegas dan bisa diajak diskusi. Dengan begitu, hubungan kalian bisa lebih sehat dan saling mengerti.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 10 fakta psikologi tentang wanita yang wajib kalian tahu. Dengan memahami fakta-fakta ini, kalian bisa lebih peka dan mendukung perempuan di sekitar kalian, baik itu pasangan, teman, maupun keluarga. Memahami perbedaan psikologis ini bisa membuat hubungan kalian lebih harmonis dan saling menghargai.

Ingat, setiap orang itu unik dan punya kelebihan serta kekurangan masing-masing. Jadi, yuk kita terus belajar untuk saling memahami dan mendukung satu sama lain. Kalau ada fakta menarik lainnya yang kalian tahu, jangan ragu untuk share ke sahabat dan pasangan kalian juga, ya!

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian lebih mengenal perempuan. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

  • Puspita, T.R. (n.d.). 10 Fakta Tentang Wanita. Popbela. Diakses pada 22 Mei 2024, dari https://www.popbela.com/relationship/single/tri-puspita-ramadhani-irianto/10-fakta-tentang-wanita?page=all
  • Halodoc. (n.d.). 10 Hal Tentang Wanita yang Enggak Diketahui Pria. Diakses pada 22 Mei 2024, dari https://www.halodoc.com/artikel/10-hal-tentang-wanita-yang-enggak-diketahui-pria
  • Cimahikota. (n.d.). Perlu Tahu! 7 Fakta Unik Tentang Wanita. Diakses pada 22 Mei 2024, dari https://cimahikota.go.id/index.php/artikel/detail/1040-perlu-tahu!-7-fakta-unik-tentang-wanita
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *