Fakta Unik

10 Manfaat Lemon, Kendalikan Berat Badan Hingga Pencegahan Batu Ginjal

60
×

10 Manfaat Lemon, Kendalikan Berat Badan Hingga Pencegahan Batu Ginjal

Sebarkan artikel ini
lemon
10 manfaat lemon dan cara mengonsumsi buah lemon. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Pasti kalian sudah nggak asing lagi sama buah lemon, kan?! Buah berwarna kuning cerah yang sering kita temui di minuman dan makanan ini memang punya banyak penggemar. 

Mulai dari segelas limun segar yang menyegarkan di hari panas, sampai jadi tambahan rasa buat berbagai hidangan, lemon selalu punya tempat istimewa di hati kita semua, terutama di kalangan remaja yang suka banget bereksperimen dengan makanan dan minuman.

Kalian sudah tahu belum nih, lemon berguna untuk apa saja? Lemon nggak cuma terkenal karena rasanya yang unik dan menyegarkan, tapi juga karena banyak banget manfaat kesehatannya. Mulai dari menjaga kesehatan jantung sampai membantu menurunkan berat badan, lemon punya segudang manfaat yang sayang banget kalau dilewatkan. 

Nah, di artikel ini kita bakal bahas lebih dalam tentang berbagai manfaat lemon dan gimana cara mengonsumsinya supaya kamu bisa dapetin semua kebaikan dari buah ini. Jadi, terus ikuti artikel ini, ya, Sobat Suka Fakta! 

Sobat Suka Fakta, sebelum kita bahas lebih jauh tentang manfaat lemon, kita perlu tahu dulu nih apa saja kandungan nutrisi dalam buah kuning yang segar ini. Lemon ternyata kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kita. Yuk, kita kupas satu per satu!

Kandungan Nutrisi dalam Lemon

Fakta Nutrisi Lemon
Kolase Nutrisi yang ada di Lemon. Sumber: Dok. shopee.co.id

1. Vitamin C

Lemon adalah sumber vitamin C yang luar biasa. Satu buah lemon bisa mengandung sekitar 35-50 mg vitamin C. Vitamin C ini penting banget buat menjaga sistem kekebalan tubuh kita, membantu produksi kolagen untuk kulit, dan melindungi sel dari kerusakan.

2. Serat Pektin

Lemon juga mengandung serat larut yang dikenal dengan nama pektin. Serat ini membantu menjaga kesehatan pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama, yang bisa membantu dalam mengendalikan berat badan.

3. Vitamin B6

Vitamin B6 dalam lemon berperan penting dalam metabolisme protein dan produksi neurotransmitter yang mendukung fungsi otak.

4. Tembaga

Mineral tembaga dalam lemon membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan saraf serta sistem kekebalan tubuh.

5. Kalium

Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengatur tekanan darah, fungsi jantung, dan keseimbangan cairan dalam tubuh.

6. Magnesium

Magnesium dalam lemon membantu lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh kita, termasuk fungsi otot dan saraf, menjaga irama jantung yang stabil, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

7. Zinc

Lemon juga memiliki kandungan Zinc. Kandungan ini sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, penyembuhan luka, dan sintesis DNA serta protein.

8. Flavonoid dan Antioksidan

Flavonoid seperti hesperidin dan diosmin dalam lemon memiliki sifat antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, mengurangi peradangan, dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah beberapa nutrisi penting yang ada dalam lemon. Dengan segudang nutrisi ini, nggak heran kan kalau lemon punya banyak manfaat kesehatan? Yuk, kita lanjut ke bagian selanjutnya untuk mengupas satu per satu manfaat buah ini bagi kesehatan. Jangan sampai ketinggalan!

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Lemon
Kolase manfaat buah Lemon. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah kita tahu kandungan nutrisi dalam lemon, sekarang saatnya kita bahas apa manfaat lemon? Lemon memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mendukung kesehatan jantung, meningkatkan pencernaan, mencegah batu ginjal, hingga mengatasi gangguan kulit.

Namun, tidak hanya itu saja, lemon juga memberikan manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh kita. Siap-siap, karena ada banyak banget manfaat lemon yang bisa bikin hidup kamu lebih sehat dan bugar. Yuk, langsung aja kita mulai!

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Lemon adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa kedua nutrisi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan bisa membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, serat dalam lemon juga bisa menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung secara signifikan.

Mengonsumsi jus lemon secara rutin bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, lho! Lemon mengandung dua senyawa tumbuhan, yaitu hesperidin dan diosmin yang dikenal bisa menurunkan kolesterol. Jadi, dengan mengonsumsi lemon, kamu bisa menjaga kesehatan jantung kamu tetap optimal.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kita semua tahu kalau lemon adalah buah penambah kekebalan tubuh karena mengandung banyak vitamin C dan antioksidan. Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita terhadap kuman penyebab flu biasa dan pilek.

Kalau kamu lagi kena batuk atau pilek, coba deh minum segelas air panas dengan jus lemon dan satu sendok besar madu. Kombinasi ini bisa membantu meredakan gejala dan membuat kamu merasa lebih baik lebih cepat.

3. Meningkatkan Pencernaan

Lemon mengandung serat larut dalam jumlah tinggi, terutama pektin yang membantu menjaga kesehatan usus dengan mempercepat laju pencernaan pati dan gula. Selain itu, serat ini juga bisa meningkatkan kualitas pencernaan.

Meminum segelas air dengan jus lemon beserta ampasnya di pagi hari bisa melancarkan proses pencernaan kamu. Ini juga bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati yang penting untuk mencegah anemia.

4. Mengendalikan Berat Badan

Lemon bisa jadi sahabat kamu dalam menjaga berat badan, Sobat Suka Fakta! Serat pektin dalam lemon mengembang setelah dikonsumsi, membuat kamu merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Ini bisa mencegah kamu ngemil makanan tidak sehat yang bisa bikin berat badan naik.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa antioksidan dalam lemon membantu mengendalikan berat badan. Walaupun penelitian ini masih terbatas pada hewan, nggak ada salahnya mencoba, kan?!

5. Mengurangi Risiko Kanker

Lemon dan jus lemon adalah sumber yang kaya vitamin C dan antioksidan yang bisa membantu melawan penyakit mematikan seperti kanker. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa dalam lemon, seperti limonene dan naringenin, memiliki sifat anti kanker. Meskipun manfaat ini pada manusia masih harus diteliti, namun mengonsumsi lemon bisa jadi langkah pencegahan yang baik.

6. Mengatasi Gangguan Mulut

Vitamin C dalam lemon sangat penting untuk kesehatan gigi dan gusi. Lemon bisa membantu mengatasi gangguan mulut seperti penyakit kudis yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan menyebabkan gusi bengkak serta berdarah. Jus lemon juga bisa meredakan nyeri gigi bila dioleskan langsung ke area yang sakit dan mengurangi peradangan.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Lemon mengandung vitamin C konsentrasi tinggi yang diperlukan untuk produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberi kulit kita tampilan sehat dan awet muda. Dengan mengonsumsi lemon, kamu bisa membantu mengurangi garis-garis halus pada wajah dan membuat kulitmu lebih bersih dan cerah.

Selain itu, minyak lemon diketahui bisa meningkatkan mood dengan menenangkan kecemasan dan meningkatkan semangat. Jadi, nggak cuma kulit, tapi juga kesehatan mental kamu bisa terbantu dengan lemon.

8. Mengontrol Hipertensi

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa asupan lemon setiap hari dan jalan cepat selama 30-60 menit bisa menjaga tekanan darah kamu tetap terkendali. Mereka yang rutin mengonsumsi lemon menunjukkan penurunan tanda-tanda hipertensi.

9. Pencegahan Batu Ginjal

Kadar asam sitrat yang tinggi dalam lemon dan konsentrat jus lemon bisa meningkatkan kadar nitrit urin dua kali lipat tanpa mengubah total volume urin. Ini berarti lemon bisa membantu mencegah batu ginjal dengan membentuk sitrat urin yang bertindak sebagai metode pencegahan pembentukan kristal.

10. Mengatasi Infeksi Tenggorokan

Lemon secara alami memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu mengatasi infeksi tenggorokan. Jadi, kalau kamu sering sakit tenggorokan, cobalah konsumsi obat batuk lemon atau minum air lemon hangat untuk meredakan gejala.

Itulah berbagai manfaat lemon untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan, Sobat Suka Fakta. Dengan mengetahui semua manfaat ini, pasti kamu jadi makin semangat buat mengonsumsi lemon setiap hari, kan?! Yuk, lanjut ke bagian berikutnya untuk tahu cara-cara seru mengonsumsi lemon dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Mengonsumsi Lemon yang Baik untuk Kesehatan

Lemon
Kolase beberapa Cara mengkonsumsi Lemon. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah tahu segudang manfaat lemon untuk kesehatan, sekarang saatnya kita bahas bagaimana cara mengonsumsi lemon yang benar? Ada banyak cara seru dan kreatif untuk menikmati lemon, dari yang paling sederhana sampai yang agak ribet tapi worth it banget. Yuk, kita simak bareng-bareng!

Makan Lemon Mentah

Mungkin sebagian dari kalian agak ragu untuk makan lemon mentah karena rasanya yang sangat asam. Tapi sebenarnya, ada cara untuk menikmatinya, lho!

  1. Kupas dan Potong Lemon: Kupas lemon dan buang bagian empulurnya karena rasanya pahit. Potong lemon menjadi irisan atau wedges kecil.
  2. Taburi Gula: Jika rasa asam lemon terlalu asam, kamu bisa menaburkan sedikit gula di atas potongan lemon untuk menambah rasa manis. Ini bisa jadi camilan segar yang unik!
  3. Tambahkan ke Salad atau Buah-Buahan Lain: Kamu bisa menambahkan irisan lemon ke dalam salad buah atau salad sayur untuk menambah rasa segar. Kombinasi rasa asam dan manis akan membuat salad kamu jadi lebih lezat.

Membuat Limun

Siapa sih yang nggak suka limun? Minuman segar yang satu ini selalu jadi favorit, apalagi di hari panas. Membuat limun itu gampang banget, Sobat Suka Fakta!

Bahan:

  • 1 cangkir gula
  • 5 gelas air
  • 6 hingga 8 lemon
  • Es untuk disajikan

Cara Membuat:

  1. Buat Sirup Sederhana
    • Campurkan gula dan 1 gelas air dalam panci kecil, panaskan sampai gula larut sepenuhnya. Angkat dan dinginkan.
  2. Peras Jus Lemon
    • Peras jus dari lemon hingga kamu mendapatkan sekitar 1 cangkir jus lemon.
  3. Campurkan Semua Bahan
    • Dalam teko besar, campurkan sirup sederhana, jus lemon, dan sisa 4 gelas air. Aduk hingga merata.
  4. Dinginkan dan Sajikan dengan Es
    • Dinginkan limun di dalam kulkas, lalu sajikan dengan es. Kamu bisa menghiasnya dengan irisan lemon atau daun mint untuk tampilan yang lebih menarik.

Mengawetkan Lemon

Mengawetkan lemon bisa jadi cara seru untuk menikmati lemon dalam jangka waktu yang lebih lama. Lemon awet ini nantinya bisa digunakan dalam berbagai hidangan, lho. Jadi, lebih praktis, deh.

Bahan:

  • 10 lemon
  • 1 cangkir garam 
  • 1 cangkir jus lemon tambahan

Cara Membuat:

  1. Sterilkan Stoples: Sterilkan stoples pengalengan dengan mencucinya di mesin pencuci piring atau dengan air sabun panas.
  2. Siapkan Lemon: Cuci lemon dan potong ujungnya, tapi biarkan bagian bawah tetap utuh. Potong lemon menjadi empat bagian, tapi jangan sampai terputus.
  3. Garam Lemon: Kupas bagian dalam lemon dan taburkan garam di atasnya. Tekan lemon untuk mengeluarkan jusnya.
  4. Kemas dalam Stoples: Masukkan lemon ke dalam stoples dan tambahkan jus lemon tambahan hingga lemon terendam. Taburkan sisa garam di atasnya dan tutup rapat.
  5. Simpan dan Tunggu: Simpan stoples di tempat yang hangat selama 30 hari, balik stoples sesekali untuk meratakan garam dan jus.

Menggunakan Lemon dalam Masakan

Lemon bisa jadi tambahan rasa yang menyegarkan di banyak hidangan. Berikut beberapa ide cara menggunakan lemon dalam masakan sehari-hari:

  • Perasan Jus Lemon di Salad: Tambahkan perasan jus lemon ke dalam salad untuk memberi rasa segar dan asam yang lezat.
  • Lemon untuk Mengasinkan Daging: Gunakan jus lemon untuk mengasinkan ayam atau ikan sebelum dimasak. Ini akan memberikan rasa asam yang segar dan membantu melunakkan daging.
  • Tambahan di Sup atau Saus: Sedikit perasan jus lemon di sup atau saus bisa menambah dimensi rasa yang menarik.
  • Lemon Zest di Hidangan Manis: Parutan kulit lemon (lemon zest) bisa ditambahkan ke dalam adonan kue, muffin, atau pancake untuk aroma dan rasa yang segar.

Lemon dalam Minuman

Selain limun, ada banyak minuman lain yang bisa kamu buat dengan lemon, seperti teh lemon dan air lemon. Berikut cara membuat dua minuman ini, Sob:

  • Teh Lemon: Campurkan teh panas dengan perasan jus lemon dan sedikit madu. Minuman ini bukan hanya menyegarkan, tapi juga baik untuk meredakan batuk dan pilek.
  • Air Lemon: Tambahkan beberapa irisan lemon ke dalam segelas air dingin. Minuman ini bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan memberikan tambahan vitamin C.

Itulah beberapa cara seru dan praktis untuk mengonsumsi lemon, Sobat Suka Fakta. Dengan berbagai cara ini, kamu bisa menikmati semua manfaat lemon tanpa bosan. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita telah menjelajahi berbagai manfaat lemon yang kaya akan vitamin C, serat pektin, dan nutrisi penting lainnya. Lemon dapat mendukung kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, dan membantu mengendalikan berat badan. Selain itu, lemon juga memiliki potensi untuk mengurangi risiko kanker dan membantu menjaga kesehatan mulut, kulit, dan rambut.

Dengan mengetahui manfaat lemon dan cara yang tepat untuk mengonsumsinya, kamu bisa dengan mudah menambahkan buah ini ke dalam asupan harianmu. Mulailah sekarang dan rasakan sendiri kebaikan yang ditawarkan oleh lemon. Terima kasih sudah mengikuti artikel ini, Sobat Suka Fakta. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *