Fakta Unik

13 Manfaat Ubi Jalar, Kaya Akan Serat dan Menyehatkan Jantung

64
×

13 Manfaat Ubi Jalar, Kaya Akan Serat dan Menyehatkan Jantung

Sebarkan artikel ini
Ubi Jalar
15 Manfaat Ubi Jalar, Kaya Akan Serat dan Menyehatkan Jantung. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti udah gak asing dengan manfaat dari tumbuhan umbi-umbian, kan?! Mulai dari singkong hingga ubi jalar, keduanya memiliki segudang manfaat, lho! 

Coba, siapa yang nggak kenal dengan ubi jalar? Ubi jalar atau sering juga disebut ubi manis ini pasti udah nggak asing lagi buat kita semua. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut bikin ubi jalar jadi favorit banyak orang. 

Apa saja nutrisi dari ubi jalar? Ubi jalar mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat banget buat tubuh kita. Mulai dari vitamin, mineral, serat, sampai antioksidan, semuanya ada di dalam ubi jalar. Nggak heran kalau makanan ini sering jadi bagian dari berbagai masakan tradisional di seluruh dunia. 

Nah, dalam artikel ini, kita bakal bahas manfaat ubi jalar untuk kesehatan. Penasaran kan, apa saja manfaatnya?! Yuk, simak terus artikel ini sampai habis! Kita bakal kupas tuntas satu per satu manfaat ubi jalar buat kesehatan. 

Komposisi Nutrisi Ubi Jalar

 Ubi Jalar.
Kolase komposisi Nutrisi pada Ubi Jalar. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ubi jalar ini kaya banget akan serat, vitamin, dan mineral yang semuanya punya peran penting buat tubuh kita. Misalnya, ada vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi. 

Nah, yang paling menarik adalah kandungan beta-karoten yang tinggi di dalam ubi jalar. Semua kombinasi nutrisi ini bikin ubi jalar jadi makanan yang sangat bergizi dan bermanfaat buat kesehatan kita.

Bayangin saja, satu ubi jalar bisa ngasih kita asupan vitamin dan mineral yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya, vitamin A penting buat kesehatan mata, vitamin C bagus buat sistem imun, dan serat membantu pencernaan.

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Setelah kita membahas nutrisi ubi jalar, pasti kalian penasaran kan apa saja manfaat dari ubi jalar? Ubi jalar memiliki segudang manfaat untuk tubuh manusia, mulai dari mengoptimalkan fungsi saraf, menjadi sumber energi, meredakan asma, hingga melawan radikal bebas.

1. Mengoptimalkan Fungsi Saraf

 saraf-saraf
Ilustrasi saraf-saraf pada manusia. Sumber: IST

Lanjut, kita bahas manfaat pertama dari ubi jalar, yaitu mengoptimalkan fungsi saraf. Sobat Suka Fakta tau nggak, kalau di dalam ubi jalar ada kandungan vitamin B6, B5, dan B1 yang penting banget buat kesehatan sistem saraf kita? 

Vitamin B kompleks ini membantu menjaga kesehatan sel-sel saraf dan mendukung transmisi sinyal saraf yang efisien. Jadi, dengan makan ubi jalar, kita bisa bantu otak dan saraf bekerja dengan lebih baik.

Ini berarti kita bisa lebih fokus, lebih berkonsentrasi, dan juga mengurangi risiko gangguan saraf seperti neuropati. Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang sering merasa cepat lelah atau sulit berkonsentrasi, coba deh konsumsi ubi jalar secara teratur!

2. Sumber Energi Berkelanjutan

Ubi Jalar
Potret Ubi Jalar. Sumber: IST

Nah, kalau Sobat Suka Fakta sering merasa cepat lelah atau butuh energi ekstra buat aktivitas sehari-hari, ubi jalar bisa jadi solusinya. Ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks yang bisa ngasih kita energi yang berkelanjutan. 

Artinya, energi yang kita dapat dari ubi jalar nggak langsung habis, tapi bisa bertahan lebih lama. Hal ini disebabkan karena karbohidrat kompleks yang ada pada ubi jalar dipecah secara perlahan oleh tubuh kita.

3. Kaya Akan Serat, Sangat Bagus untuk Pencernaan

Ubi Jalar.
Ilusrasi seorang pria makan Ubi Jalar. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau salah satu manfaat besar dari ubi jalar adalah kandungan seratnya yang luar biasa? Serat ini penting banget buat kesehatan pencernaan kita lho. 

Dengan rutin makan ubi jalar, kita bisa mencegah masalah sembelit dan memperbaiki kesehatan usus secara keseluruhan. Serat dalam ubi jalar juga membantu mengurangi risiko penyakit usus dan mencegah kenaikan asam lambung.

Nggak cuma itu, serat juga berperan dalam menjaga perut kita tetap kenyang lebih lama, sehingga kita nggak gampang lapar dan bisa mengurangi ngemil makanan yang nggak sehat. Jadi, buat Sobat yang lagi diet atau pengen menjaga berat badan, ubi jalar bisa jadi pilihan yang tepat, nih!

4. Mengurangi dan Meredakan Asma

Asma.
Ilustrasi wanita terserang Asma. Sumber: IST

Selanjutnya, kita masuk ke manfaat yang mungkin belum banyak Sobat Suka Fakta ketahui, yaitu manfaat ubi jalar untuk meredakan asma. 

Yup! Ubi jalar mengandung beta-karoten dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi risiko serangan asma dan meredakan gejalanya. Antioksidan dalam ubi jalar bekerja dengan melawan radikal bebas yang bisa memicu peradangan dan memperburuk kondisi asma.

Buat Sobat yang punya masalah asma, menambahkan ubi jalar ke dalam menu harian bisa membantu mengelola kondisi pernapasan dengan lebih baik. Selain itu, ubi jalar juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, jadi kita nggak gampang terserang penyakit yang bisa memperparah asma.

5. Melawan Radikal Bebas

Kanker
Ilustrasi wanita terkana penyakit kanker. Sumber: IST

Radikal bebas adalah salah satu penyebab utama kerusakan sel dalam tubuh kita, yang bisa berujung pada berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. 

Nah, kabar baiknya, ubi jalar mengandung banyak antioksidan, terutama beta-karoten yang bisa membantu melawan radikal bebas ini. Antioksidan dalam ubi jalar bekerja dengan menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 

Dengan mengonsumsi ubi jalar secara rutin, kita bisa mengurangi risiko terkena penyakit kronis dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh kita. Jadi, ubi jalar nggak cuma bikin kenyang, tapi juga bantu kita tetap sehat dan jauh dari penyakit.

6. Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes
Ilustrasi penderita Diabetes yang perutnya membuncit. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ubi jalar bisa jadi pilihan makanan yang aman dan sehat bagi penderita diabetes. Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya karbohidrat dalam ubi jalar dipecah dan diserap oleh tubuh secara perlahan. 

Hal ini membantu mengatur gula darah dan mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba, yang bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Selain itu, serat dalam ubi jalar juga membantu menstabilkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa. 

Jadi, dengan makan ubi jalar, Sobat Suka Fakta bisa mendapatkan asupan karbohidrat yang sehat tanpa khawatir akan kenaikan gula darah yang drastis. Ubi jalar bisa menjadi alternatif yang lezat dan bergizi untuk menggantikan karbohidrat tinggi gula lainnya.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata
Ilustrasi wanita sedang memeriksa matanya. Sumber: IST

Selanjutnya, kita bahas manfaat ubi jalar untuk kesehatan mata. Ubi jalar, terutama yang berwarna oranye, kaya akan beta-karoten. Beta-karoten ini diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata. 

Vitamin A membantu menjaga penglihatan tetap tajam, terutama dalam kondisi cahaya rendah, dan mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak. Dengan mengonsumsi ubi jalar secara rutin, Sobat Suka Fakta bisa membantu menjaga mata tetap sehat dan penglihatan tetap jernih. 

8. Menyehatkan Jantung

 Jantung
Ilustrasi Jantung manusia. Sumber: IST

Manfaat ubi jalar yang satu ini pasti bakal bikin Sobat Suka Fakta makin sayang sama si manis ini. Ubi jalar rendah lemak jenuh dan kolesterol, membuatnya jadi sahabat baik buat jantung kita. 

Konsumsi ubi jalar secara teratur bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Kalium dalam ubi jalar juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan mengurangi tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. 

Selain itu, antioksidan dalam ubi jalar juga membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel jantung. Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang peduli dengan kesehatan jantung, jangan ragu buat makan ubi jalar. 

9. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Virus
Ilustrasi tubuh yang kebal terhadap virus. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kamu pasti setuju kalau sistem kekebalan tubuh yang kuat itu penting banget buat melindungi kita dari berbagai penyakit. Nah, ubi jalar bisa jadi teman setia yang mendukung sistem kekebalan tubuh kita. 

Ubi jalar kaya akan vitamin C dan zat besi, dua nutrisi yang sangat penting untuk memperkuat sistem imun. Vitamin C membantu merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh seperti limfosit, yang berfungsi melawan infeksi. Sementara zat besi membantu dalam produksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

10. Mendukung Kesehatan Tulang

Tulang
Ilustrasi Tulang kaki manusia. Sumber: IST

Siapa bilang menjaga kesehatan tulang cuma penting buat orang tua? Sobat Suka Fakta yang masih muda juga perlu menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Untuk mendapatkan tulang yang sehat itu, ubi jalar bisa bantu kita, lho. 

Ubi jalar mengandung kalsium dan magnesium, dua mineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Kalsium berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang, sedangkan magnesium membantu dalam penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh. 

Dengan mengonsumsi ubi jalar secara teratur, kita bisa membantu mencegah masalah tulang seperti osteoporosis dan memastikan tulang tetap kuat seiring bertambahnya usia.

11. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Rambut
Ilustrasi akar rambut yang sehat. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa yang nggak mau punya kulit yang sehat dan rambut yang berkilau? Ternyata, ubi jalar juga punya manfaat buat kecantikan kita. 

Kandungan vitamin A dan C dalam ubi jalar bisa membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi keriput, dan merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang penting untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

Nggak cuma itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Sementara vitamin A membantu mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga kulit tetap halus dan sehat. Untuk rambut, nutrisi di ubi jalar bisa membantu menjaga kekuatan dan kilau alami rambut kita.

Dengan rutin makan ubi jalar, Sobat Suka Fakta bisa mendapatkan kulit yang sehat dan rambut yang indah dari dalam. Jadi, nggak cuma bikin kenyang, ubi jalar juga bikin kita tampil lebih menawan. Gimana, makin cinta sama ubi jalar, kan?!

12. Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah

 pembuluh darah
Ilustrasi pembuluh darah. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kita semua tahu betapa pentingnya pembuluh darah yang sehat untuk kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Nah, ubi jalar, terutama ubi jalar ungu, bisa membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah kita. 

Ubi jalar ungu mengandung antosianin, yaitu pigmen alami yang memberikan warna ungu pada ubi ini. Antosianin dikenal memiliki sifat vasodilator, yang berarti membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Dengan aliran darah yang lebih baik, oksigen dan nutrisi bisa lebih efisien didistribusikan ke seluruh tubuh. Ini juga membantu menurunkan risiko pembekuan darah dan menjaga tekanan darah tetap stabil. 

13. Mengurangi Kolesterol LDL

Kolesterol LDL, atau yang sering disebut sebagai kolesterol jahat, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung jika kadarnya terlalu tinggi dalam darah. Tapi tenang, Sobat Suka Fakta, ubi jalar bisa membantu mengurangi kadar kolesterol LDL. 

Ubi jalar mengandung serat larut dalam air dan antosianin yang bekerja bersama-sama untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Serat larut dalam ubi jalar membantu mengurangi penyerapan kolesterol di usus, sedangkan antosianin membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Dengan mengonsumsi ubi jalar secara teratur, kita bisa membantu menjaga kadar kolesterol dalam kisaran yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Nah, itulah 13 manfaat luar biasa dari ubi jalar untuk kesehatan kita. Ubi jalar nggak cuma enak, tapi juga penuh dengan nutrisi yang bermanfaat buat tubuh kita. Jadi, jangan ragu buat menambahkan ubi jalar ke dalam menu harianmu, Sobat Suka Fakta!

Masih ada bagian terakhir yang bakal kita bahas, yaitu cara-cara menikmati ubi jalar dalam berbagai menu. Penasaran? Yuk, kita lanjut!

Cara Menikmati Ubi Jalar dalam Berbagai Menu

Ubi Jalar Panggang dengan Kayu Manis dan Madu
Potret Ubi Jalar Panggang dengan Kayu Manis dan Madu. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang setelah kita tahu banyak manfaat kesehatan dari ubi jalar, pasti kamu penasaran bagaimana cara menikmati ubi jalar dalam berbagai menu, kan? Tenang, ubi jalar ini sangat fleksibel dan bisa diolah jadi berbagai macam hidangan yang lezat dan sehat. Yuk, kita lihat beberapa cara seru untuk menikmati ubi jalar!

1. Ubi Jalar Panggang dengan Kayu Manis dan Madu

Salah satu cara paling sederhana dan lezat untuk menikmati ubi jalar adalah dengan memanggangnya. Kamu bisa iris ubi jalar menjadi potongan-potongan tipis, tambahkan sedikit kayu manis dan madu, lalu panggang hingga empuk. Hasilnya? Ubi jalar panggang yang manis dan harum, cocok banget untuk camilan sehat atau sebagai tambahan di menu sarapan.

2. Puree Ubi Jalar sebagai Saus

Kamu juga bisa bikin puree ubi jalar sebagai saus yang nikmat. Caranya gampang banget, cukup rebus ubi jalar hingga empuk, lalu haluskan dengan blender atau food processor. 

Tambahkan sedikit bumbu seperti garam, merica, dan bawang putih untuk cita rasa yang lebih kaya. Puree ubi jalar ini bisa kamu gunakan sebagai saus untuk hidangan daging atau tahu. Dijamin lezat dan sehat!

3. Ubi Jalar Goreng Tanpa Minyak

Sobat Suka Fakta, siapa bilang gorengan selalu nggak sehat? Kamu bisa bikin ubi jalar goreng tanpa minyak yang tetap renyah dan lezat. Potong ubi jalar menjadi batang-batang kecil, tambahkan sedikit rempah seperti paprika, garam, dan merica, lalu panggang di oven hingga garing. Hasilnya adalah camilan sehat yang tetap crispy tanpa tambahan minyak berlebih.

4. Bubur Ubi Jalar untuk Sarapan

Sarapan adalah waktu yang tepat untuk menikmati manfaat ubi jalar. Kamu bisa bikin bubur ubi jalar yang kaya nutrisi. 

Caranya, rebus ubi jalar hingga empuk, lalu haluskan dan tambahkan susu almond atau yogurt untuk rasa yang creamy. Kamu juga bisa tambahkan buah-buahan segar atau kacang-kacangan sebagai topping. Sarapan sehat dan lezat siap dinikmati!

5. Sup Ubi Jalar

Sup ubi jalar bisa jadi pilihan yang menyegarkan dan bergizi. Gabungkan ubi jalar dengan sayuran lain seperti wortel, bawang bombay, dan seledri. Rebus semua bahan hingga empuk, lalu haluskan dengan blender untuk hasil yang creamy. 

Tambahkan bumbu seperti garam, merica, dan sedikit jahe untuk cita rasa yang hangat dan lezat. Sup ubi jalar ini cocok banget untuk makan siang atau malam.

6. Smoothie Ubi Jalar

Buat Sobat Suka Fakta yang suka minuman sehat, coba deh bikin smoothie ubi jalar. Campurkan ubi jalar yang sudah direbus dengan buah-buahan seperti pisang, mangga, atau stroberi, lalu tambahkan yogurt dan sedikit madu.

Kemudian blender hingga halus dan nikmati smoothie yang creamy dan kaya nutrisi. Smoothie ubi jalar ini bisa jadi sarapan praktis atau camilan sehat di sore hari.

Nah, itulah beberapa cara asik dan mudah untuk menikmati ubi jalar dalam berbagai menu. Selain enak, semua hidangan ini juga penuh dengan manfaat kesehatan. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai tambahkan ubi jalar ke dalam menu harianmu dan rasakan sendiri manfaatnya!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, sekarang kita sudah tahu betapa banyaknya manfaat ubi jalar untuk kesehatan. Ubi jalar nggak cuma enak dan bergizi, tapi juga fleksibel untuk diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Dengan mengonsumsi ubi jalar secara rutin, kita bisa mendapatkan semua manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Jadi, tunggu apa lagi, Sobat Suka Fakta? Mulailah memasukkan ubi jalar ke dalam menu makananmu.

Terima kasih sudah mengikuti artikel ini sampai selesai. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat dan bisa membantu kamu menjalani hidup yang lebih sehat. Jangan lupa untuk terus eksplorasi berbagai cara baru untuk menikmati ubi jalar dan berbagi informasi ini dengan teman-temanmu. Selamat mencoba, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • BNP Jambi. (2023, Desember 15). 11 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan. Diakses dari https://bnp.jambiprov.go.id/11-manfaat-ubi-jalar-untuk-kesehatan/
  • PJNHK. Manfaat Ubi Jalar Ungu bagi Kesehatan Jantung. Diakses dari https://pjnhk.go.id/artikel/manfaat-ubi-jalar-ungu-bagi-kesehatan-jantung
  • UMSU. Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh. Diakses dari https://umsu.ac.id/health/manfaat-ubi-jalar-untuk-kesehatan-tubuh/
  • Primaya Hospital. Ubi Jalar: Manfaat, Risiko, dan Cara Mengolahnya. Diakses dari https://primayahospital.com/gizi/ubi-jalar/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *