Fakta Unik

Teori Pembagian Otak Kanan Dan Kiri, Mitos Atau Fakta?

32
×

Teori Pembagian Otak Kanan Dan Kiri, Mitos Atau Fakta?

Sebarkan artikel ini
Otak
Teori Pembagian Otak Kanan Dan Kiri, Mitos Atau Fakta. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Pernah nggak sih, kalian mendengar tentang mitos ada orang yang lebih dominan otak kanan atau otak kiri? Katanya, kalau kita lebih sering pakai otak kanan, berarti kita lebih kreatif dan artistik, sedangkan kalau pakai otak kiri, kita lebih logis dan analitis. Menarik banget ya, teori ini? Tapi, tunggu dulu, Sobat! Sebelum kita telan bulat-bulat informasi ini, penting banget buat kita mengetahui apakah hal ini mitos atau fakta.

Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas secara lengkap tentang teori otak kanan dan kiri. Dari mana sih asal usulnya, apa saja mitos-mitos yang beredar, dan tentu saja fakta-fakta yang sebenarnya. Kita akan coba kupas tuntas semua informasi ini biar kalian bisa lebih paham dan nggak gampang termakan mitos. Jadi, yuk ikuti terus artikel ini sampai habis!

Asal Usul Teori Otak Kanan dan Kiri

Paul Broca
Potret Paul Broca seorang neurosaintis. Sumber: Dok. geolegadodeallankardec.com

Asal usul teori otak kanan dan kiri berawal dari seorang ilmuwan asal Prancis bernama Paul Broca. Dia adalah seorang neurosaintis yang pertama kali ‘ngeh’ kalau ada bagian tertentu di otak kita yang bertanggung jawab untuk kemampuan bicara. 

Pada 1861, ia melakukan autopsi pada seseorang yang memiliki penyakit kesulitan dalam berbicara dan menemukan bahwa mayat tersebut semasa hidupnya memiliki lesi yang disebabkan oleh sifilis pada otak besar bagian kiri. 

Ini menunjukkan bahwa otak sebelah kiri berperan penting dalam kemampuan berbicara seseorang. Bagian otak ini kemudian dikenal sebagai Area Broca. Penemuan Broca ini jadi fondasi penting dalam neurosains dan bikin banyak orang mulai mengaitkan otak kiri dengan kemampuan bahasa. 

Selain itu, Broca juga menemukan bahwa dengan memutuskan corpus callosum, atau jembatan antara otak kiri dan kanan, bisa mengurangi kejang-kejang pada penderita epilepsi. Penelitian-penelitian inilah yang kemudian berkembang menjadi teori otak kanan dan kiri seperti yang kita kenal sekarang. 

Namun, perlu diingat Sobat, meskipun teori ini punya dasar ilmiah, ternyata ada banyak hal yang nggak sepenuhnya benar. Yuk, kita kupas tuntas mitos-mitos yang beredar tentang otak kanan dan kiri ini!

Mitos Otak Kanan dan Kiri

otak kanan dan kiri
Ilustrasi otak manusia yang kanan kirinya memiliki fungsi masing masing. Sumber: IST

Satu Sisi Otak Lebih Dominan

Pernah dengar nggak, Sobat, kalau ada orang yang katanya lebih dominan pakai otak kiri atau otak kanan? Mitos yang satu ini cukup populer dan banyak dipercaya orang. Katanya, kalau kamu dominan otak kiri, kamu bakal lebih logis dan analitis, sedangkan kalau dominan otak kanan, kamu lebih kreatif dan artistik. Tapi, benarkah begitu?

Faktanya, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tidak ada dominasi otak kiri atau kanan secara eksklusif. Sebuah studi dari Universitas Utah pada tahun 2013 menemukan bahwa kedua sisi otak kita sebenarnya sama-sama aktif dan terhubung. 

Teori otak kanan dan kiri yang dominan salah satunya ini juga dibantah oleh Kominfo RI, Sobat. Jadi, nggak ada tuh yang namanya dominasi satu sisi otak saja. Ini berarti, setiap aktivitas kita melibatkan kerja sama antara otak kiri dan kanan. Jadi, jangan lagi terjebak dengan mitos ini ya, Sobat!

Otak Kiri untuk Logika, Otak Kanan untuk Kreativitas

Meskipun otak kiri memang berperan dalam pemrosesan bahasa dan logika, dan otak kanan berperan dalam visual dan ruang, kenyataannya kedua sisi otak saling berhubungan dan bekerja sama. 

Misalnya, ketika seorang pelukis membuat karya seni, otak kanan mungkin lebih aktif dalam hal visualisasi, tapi otak kiri juga bekerja dalam hal koordinasi gerakan halus dan perhitungan. Jadi, Sobat, kreativitas dan logika nggak bisa dipisahkan begitu saja!

Otak Kanan untuk Sukses Bisnis

Nah, ini dia mitos yang sering banget kita dengar di seminar-seminar bisnis. Katanya, kalau mau sukses di bisnis, kita harus lebih banyak pakai otak kanan karena otak kiri cuma bikin kita berpikir terlalu logis dan lambat. 

Sebenarnya, sukses dalam bisnis membutuhkan kerja sama yang baik antara otak kiri dan kanan. Otak kanan mungkin membantu dalam hal inovasi dan kreativitas, tapi otak kiri juga penting untuk analisis, perencanaan, dan pengambilan keputusan. Jadi, jangan sampai terjebak dalam pemikiran bahwa sukses bisnis hanya butuh satu sisi otak saja. Keduanya sama-sama penting dan saling melengkapi!

Fakta Otak Kanan

otak manusia kanan kirnya.
Ilustrasi otak manusia kanan kirnya. Sumber: IST

Fungsi Utama Otak Kanan

Otak kanan kita memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting, Sobat. Salah satunya adalah dalam hal visual dan sensor spasial. Otak kanan bertanggung jawab untuk mengenali bentuk, warna, dan pola, serta membantu kita dalam memahami ruang dan orientasi.

Hubungan dengan Kreativitas

Bicara tentang kreativitas, otak kanan memang punya peran besar di sini. Otak kanan membantu kita dalam berimajinasi, melamun, dan menghasilkan ide-ide kreatif. Jadi, kalau kalian merasa punya banyak ide brilian atau suka berkarya seni, itu mungkin karena otak kanan kalian bekerja dengan baik. Tapi ingat, ini bukan berarti otak kiri nggak berperan sama sekali ya!

Berperan dalam Emosi dan Intuisi

Selain kreativitas, otak kanan juga berperan dalam memproses emosi dan intuisi. Otak kanan membantu kita merasakan dan mengekspresikan emosi, serta memahami perasaan orang lain. Ini juga yang bikin kita bisa punya feeling atau intuisi yang kuat dalam mengambil keputusan. Jadi, nggak heran kalau otak kanan sering dikaitkan dengan hal-hal yang lebih emosional dan intuitif.

Fakta Otak Kiri

Otak Kiri
Ilustrasi Otak manusia. Sumber: IST

Fungsi Utama Otak Kiri

Sekarang saatnya kita membahas tentang otak kiri. Otak kiri punya fungsi utama yang nggak kalah penting, Sobat, salah satunya adalah dalam hal bahasa dan logika. Otak kiri bertanggung jawab untuk kemampuan berbicara, membaca, menulis, dan memahami bahasa.

Hubungan dengan Pemikiran Analitis

Otak kiri juga terkenal dengan kemampuannya dalam pemikiran analitis. Ini berarti otak kiri membantu kita dalam menganalisis informasi, membuat perhitungan, dan memecahkan masalah. Kalau kalian suka matematika atau berpikir secara logis, itu karena otak kiri kalian berperan besar di sini.

Peran dalam Proses Pembelajaran

Otak kiri juga sangat penting dalam proses pembelajaran. Otak kiri membantu kita dalam mengingat informasi, memahami konsep, dan mengaplikasikan pengetahuan. Jadi, dalam belajar, kita butuh otak kiri untuk bisa menyerap dan menggunakan informasi dengan baik.

Kesimpulan

Jadi itulah mitos dan fakta tentang otak kanan dan kiri, Sobat. Setelah membaca keseluruhan pembahasan, penting banget untuk diingat bahwa meskipun ada pembagian otak menjadi kiri dan kanan, keduanya saling berhubungan dan bekerja sama dalam segala aktivitas kita. 

Mitos bahwa satu sisi otak lebih dominan dari yang lain atau bahwa otak kiri hanya untuk logika dan otak kanan hanya untuk kreativitas adalah kesalahpahaman yang tidak didukung oleh bukti ilmiah.

Selain itu, kita juga telah melihat bagaimana mitos ini bisa berdampak negatif, mulai dari terbentuknya pemecahan antara seni, sains dan teknologi, kesalahan dalam memilih jurusan, hingga pandangan yang menyesatkan tentang kesuksesan dalam bisnis. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami bahwa kedua sisi otak kita sama-sama penting dan harus digunakan secara optimal.

Terakhir, dengan memahami fakta yang sebenarnya, kita bisa membuat keputusan yang lebih baik dalam berbagai aspek kehidupan kita. Jadi, teruslah belajar dan berusaha untuk mengembangkan kedua sisi otak kita, karena keduanya memiliki peran yang sama penting dalam mendukung kita mencapai potensi maksimal.

REFERENSI:

  • Kominfo. (2024). Teori Otak Kiri dan Otak Kanan. Diakses pada 9 Juli 2024 dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/18775/hoaks-teori-otak-kiri-dan-otak-kanan/0/laporan_isu_hoaks
  • Halodoc. (2024). Mitos dan Fakta Mengenai Otak Kiri dan Otak Kanan. Diakses pada 9 Juli 2024 dari https://www.halodoc.com/artikel/mitos-dan-fakta-mengenai-otak-kiri-dan-otak-kanan
  • Zenius. (2024). Bedah Tuntas Mitos Otak Kanan / Otak Kiri. Diakses pada 9 Juli 2024 dari https://www.zenius.net/blog/otak-kanan-kiri
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *