Fakta Unik

Cek! Ini 13 Tanda Orang Cerdas Menurut Psikolog, Ada di Kamu Salah Satunya?

131
×

Cek! Ini 13 Tanda Orang Cerdas Menurut Psikolog, Ada di Kamu Salah Satunya?

Sebarkan artikel ini
Tanda Orang Cerdas
Ilustrasi Tanda Orang Cerdas Menurut Psikolog,Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kamu tahu nggak, ternyata tanda-tanda kecerdasan gak selalu terlihat jelas dari nilai-nilai di sekolah atau seberapa cepat kamu bisa memecahkan soal matematika, lho! Kecerdasan itu jauh lebih kompleks dan bisa muncul dalam berbagai bentuk yang mungkin nggak kamu sadari.

Banyak orang berpikir bahwa kecerdasan hanya bisa diukur dengan IQ. Padahal, kenyataannya nggak sesederhana itu. Kecerdasan melibatkan berbagai aspek seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kecerdasan emosional, dan banyak lagi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 13 tanda orang cerdas yang mungkin kamu miliki tanpa kamu sadari. Jangan-jangan, setelah membaca artikel ini, kamu jadi menyadari bahwa kamu lebih cerdas dari yang kamu kira!

Jadi, yuk kita mulai eksplorasi tanda-tanda kecerdasan ini satu per satu. Siap untuk mengetahui apakah kamu termasuk orang cerdas? Let’s go!

BACA JUGA: Deretan Fakta Psikologi Menyeramkan: Mengulik Sisi Gelap Psikologis Manusia yang Jarang Diketahui

1. Meragukan Kecerdasan Sendiri

seorang wanita berkemeja kuning dan berkacamata duduk di depan meja dengan laptop
Ilustrasi seorang wanita yang sedang berfikir. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernahkah kamu merasa ragu dengan kecerdasanmu sendiri? Mungkin kamu berpikir, “Ah, aku nggak pinter-pinter amat”. Tapi tahukah kamu, keraguan ini justru bisa menjadi tanda bahwa kamu sebenarnya cerdas. Fenomena ini dikenal sebagai efek Dunning-Kruger yang menunjukkan bahwa orang yang benar-benar pintar seringkali meremehkan kemampuan mereka sendiri.

Penelitian yang dilakukan oleh psikolog sosial David Dunning dan Justin Kruger di Cornell University menunjukkan bahwa orang yang kurang kompeten cenderung melebih-lebihkan kemampuan mereka. Sebaliknya, orang yang benar-benar kompeten justru sering meremehkan kemampuan mereka sendiri. 

Hal ini terjadi karena semakin seseorang mengetahui suatu bidang, semakin mereka menyadari betapa sedikitnya yang mereka ketahui. Orang-orang yang cerdas cenderung selalu haus akan pengetahuan dan selalu merasa ada lebih banyak yang bisa dipelajari.

Jika kamu sering meragukan kecerdasanmu atau merasa bahwa kamu belum tahu banyak, ini sebenarnya bisa menjadi tanda bahwa kamu sangat cerdas. Kamu cukup bijak untuk menyadari keterbatasanmu dan selalu berusaha untuk belajar lebih banyak. Jadi, kalau kamu merasa nggak terlalu yakin dengan kecerdasanmu, bisa jadi kamu justru lebih cerdas dari yang kamu kira!

2. Sudah Belajar Membaca Sejak Dini

seorang gadis duduk di lantai membaca buku
Ilustrasi seorang anak kecil yang sedang membaca. Sumber: IST

Sob, sekarang mari kita bahas tentang kebiasaan membaca. Apakah kamu ingat kapan kamu mulai belajar membaca? Menurut penelitian, anak-anak yang belajar membaca sejak dini cenderung memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi. Membaca bukan hanya tentang mengenali kata-kata, tetapi juga melibatkan pemahaman dan penalaran yang kompleks.

Dalam sebuah studi tahun 2014, para peneliti mengamati hampir 2.000 pasangan kembar identik di Inggris. Mereka menemukan bahwa saudara kandung yang belajar membaca lebih awal cenderung mendapat nilai lebih tinggi dalam tes kemampuan kognitif. Penulis penelitian tersebut menyarankan bahwa membaca sejak usia dini dapat meningkatkan kemampuan verbal dan non-verbal, seperti penalaran dan pemecahan masalah.

Namun, tidak semua peneliti sepakat. Sebuah makalah tahun 2017 berpendapat bahwa laporan tahun 2014 tidak sepenuhnya memperhitungkan faktor lingkungan dan genetik yang mungkin mendorong perbedaan kecerdasan. Meskipun demikian, membaca sejak dini jelas memiliki manfaat besar bagi perkembangan otak anak.

Jadi, kalau kamu termasuk yang sudah bisa membaca di usia dini, ini bisa menjadi salah satu tanda kecerdasanmu. Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi sejak usia dini memberikan dasar yang kuat untuk keterampilan belajar di masa depan. Jangan remehkan kebiasaan membacamu karena itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu cerdas!

3. Sering Merasa Khawatir

seorang wanita duduk di dekat jendela
Ilustrasi seorang wanita yang sedang khawatir. Sumber: IST

Selanjutnya, kita bahas tentang kekhawatiran. Kamu sering merasa cemas atau khawatir tentang banyak hal? Mungkin ini terdengar aneh, tapi orang yang cemas biasanya memiliki tingkat kecerdasan tertentu. Kekhawatiran bisa jadi tanda bahwa otakmu selalu aktif, menganalisis berbagai kemungkinan dan skenario.

Pada tahun 2015, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences meminta 126 mahasiswa mengisi kuesioner. Mahasiswa itu diminta mengidentifikasi seberapa sering mereka mengalami kekhawatiran dan merenungkan aspek-aspek situasi yang membuat mereka kesal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang cenderung khawatir dan banyak merenung mendapat skor lebih tinggi pada ukuran kecerdasan verbal.

Selain itu, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Intelligence menemukan bahwa anggota Mensa, organisasi untuk orang-orang dengan IQ tinggi, lebih mungkin didiagnosis menderita gangguan mood, ADHD, atau autisme dibandingkan dengan rata-rata nasional. Hal ini menunjukkan bahwa ada kaitan antara kecerdasan tinggi dan kecenderungan untuk mengalami gangguan psikologis tertentu.

Jadi, kalau kamu sering khawatir atau cemas, bisa jadi ini adalah salah satu tanda bahwa kamu memiliki kecerdasan yang lebih tinggi. Kekhawatiran menunjukkan bahwa kamu selalu berpikir dan menganalisis situasi secara mendalam. Meskipun kecemasan bisa terasa mengganggu, ingatlah bahwa itu juga bisa menjadi tanda bahwa otakmu bekerja keras untuk memahami dunia di sekitarmu.

4. Memiliki Rasa Penasaran yang Tinggi dengan Banyak Hal

seorang pria tersenyum untuk difoto
Potret Tomas Chamorro Premuzic, seorang profesor psikologi. Sumber: manpowergroup.com

Oke Sobat Suka Fakta, lanjut ke tanda berikutnya, yaitu rasa penasaran. Apakah kamu sering merasa penasaran dengan banyak hal? Rasa ingin tahu yang tinggi adalah salah satu tanda utama dari kecerdasan. Yup! Orang yang cerdas selalu ingin tahu lebih banyak, mencari jawaban, dan mengajukan banyak pertanyaan. Mereka selalu tertarik pada hal-hal baru dan terus-menerus mencari informasi.

Menurut Tomas Chamorro-Premuzic, seorang profesor psikologi bisnis di Universitas London, kecerdasan rasa ingin tahu atau Curiosity Quotient (CQ) sama pentingnya dengan IQ dan EQ (kecerdasan emosional). CQ membuat seseorang lebih toleran terhadap ambiguitas dan lebih bersemangat untuk belajar. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi cenderung menginvestasikan waktu dan usaha mereka untuk mengembangkan kecerdasan mereka, yang pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan kognitif mereka.

Jadi, jika kamu selalu penasaran dengan dunia di sekitarmu, ini adalah salah satu tanda bahwa kamu mungkin lebih cerdas dari yang kamu kira. Teruslah bertanya dan mencari jawaban, karena itu adalah cara terbaik untuk terus mengembangkan kemampuanmu.

5. Memiliki Kepribadian yang Berantakan

seorang wanita tersenyum ke arah kamera
Potret Psychological Science Kathleen Vohs. Sumber: twin-cities.umn.edu

Sekarang, mari kita bahas tentang kebiasaan yang mungkin sering dianggap buruk, yaitu berantakan. Ya, kamu nggak salah dengar. Ternyata, kebiasaan berantakan juga bisa menjadi tanda kecerdasan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science oleh Kathleen Vohs dari University of Minnesota Carlson School of Management mengungkapkan bahwa bekerja di ruangan yang tidak rapi justru bisa memicu kreativitas.

Dalam penelitian tersebut, 48 peserta diminta untuk menemukan kegunaan yang tidak biasa dari bola pingpong. Hasilnya, mereka yang bekerja di ruangan berantakan menghasilkan jawaban yang lebih kreatif dibandingkan dengan mereka yang bekerja di ruangan yang rapi. Ini menunjukkan bahwa kekacauan fisik bisa memicu otak untuk berpikir di luar kebiasaan dan menghasilkan ide-ide yang lebih inovatif.

Selain itu, sebuah studi dari Universitas Groningen di Belanda menemukan bahwa lingkungan yang tidak teratur dapat mendorong orang untuk lebih berorientasi pada tujuan. Ketika dihadapkan pada kekacauan fisik, orang cenderung termotivasi untuk menciptakan keteraturan abstrak dengan mengejar tujuan yang jelas dan terdefinisi dengan baik. 

Jadi, jika meja kerja atau kamarmu berantakan, jangan khawatir. Mungkin itu adalah tanda bahwa otakmu sedang bekerja keras dan kamu sedang dalam proses menciptakan sesuatu yang hebat.

6. Tidak Berhubungan Seks hingga Sekolah Menengah

sekelompok orang berjalan di depan Tempio Voltiano
Potret University of North Carolina Chapel Hill. Sumber: nbcnews.com

Penelitian menunjukkan bahwa remaja dengan IQ lebih tinggi cenderung masih perawan dibandingkan mereka yang memiliki IQ rata-rata atau lebih rendah. Penelitian yang dilakukan oleh University of North Carolina Chapel Hill menemukan bahwa siswa sekolah menengah dengan IQ lebih tinggi tidak hanya masih perawan, tetapi juga tidak berciuman atau berpegangan tangan dengan pasangannya.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Developmental Psychology pada tahun 2012 menemukan bahwa remaja dengan kemampuan memori kerja yang lebih tinggi cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan hubungan seks. 

Alasan di balik temuan ini mungkin karena remaja dengan IQ tinggi lebih fokus pada pendidikan dan pencapaian akademis mereka, sehingga mereka menunda aktivitas seksual sampai mereka merasa lebih siap secara emosional dan mental.

Jadi, jika kamu termasuk yang tidak terburu-buru dalam hal hubungan fisik selama masa sekolah menengah, itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu cerdas. Ini menunjukkan bahwa kamu memiliki kontrol diri yang baik dan mampu membuat 

7. Lebih Produktif di Malam Hari

seorang wanita berkemeja merah muda depan laptop
Ilustrasi seorang perempuan yang sedang bekerja di malam hari. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, apakah kamu tipe orang yang lebih produktif di malam hari? Kalau iya, kamu nggak sendirian. Banyak orang cerdas cenderung begadang dan bekerja lebih baik saat malam hari. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan IQ tinggi sering begadang dan bangun lebih siang, baik di hari kerja maupun akhir pekan.

Satoshi Kanazawa, seorang ilmuwan evolusioner, menemukan bahwa kebiasaan tidur bisa terkait dengan kemampuan intelektual. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences, Kanazawa dan timnya menemukan bahwa remaja dengan IQ lebih tinggi cenderung tidur lebih larut. 

Selain itu, penelitian sebelumnya dari Catholic University di Milan juga menemukan bahwa orang yang tidur larut malam cenderung mengembangkan solusi orisinal dan kreatif dibandingkan mereka yang bangun pagi.

Jadi, kalau kamu lebih suka begadang dan merasa lebih kreatif di malam hari, itu bisa menjadi salah satu tanda kecerdasanmu. Meskipun begadang bukan berarti kamu harus mengorbankan kesehatan. Menemukan keseimbangan yang tepat bisa membantumu memanfaatkan waktu produktifmu dengan lebih baik.

8. Tidak Selalu Berusaha dengan Keras

seorang pria bermalas malasan di sofa
Ilustrasi seorang pria yang sedang bermalas-malasan. Sumber: IST

Sob, ini mungkin terdengar kontradiktif, tapi orang cerdas nggak selalu harus berusaha keras untuk sukses. Tentu saja, ini bukan berarti kemalasan adalah tanda kecerdasan, tetapi ada beberapa kemampuan bawaan yang memungkinkan mereka untuk berhasil tanpa harus selalu bekerja keras.

Dalam kolom opini yang diterbitkan di The New York Times, psikolog David Hambrick dan Elizabeth Meinz menyebutkan penelitian dari Universitas Vanderbilt yang melacak 2.000 orang yang mendapat nilai tertinggi dalam SAT pada usia 13 tahun. 

Temuan luar biasa dari penelitian ini adalah bahwa mereka yang berada di persentil 99,9 untuk kemampuan intelektual memiliki kemungkinan tiga hingga lima kali lebih besar untuk mendapatkan gelar doktor, hak paten, menerbitkan artikel di jurnal ilmiah, atau menerbitkan karya sastra dibandingkan dengan mereka yang “hanya” berada di persentil 99,1.

Namun, ini bukan berarti orang cerdas tidak perlu berusaha sama sekali. Psikolog Florida State University, Anders Ericsson, menemukan bahwa “latihan yang disengaja” dengan melibatkan dorongan terus-menerus untuk keluar dari zona nyaman adalah cara terbaik untuk menguasai keterampilan tertentu, terlepas dari tingkat kecerdasan. Jadi, meskipun bakat bawaan bisa memberikan keuntungan, latihan dan usaha tetap penting untuk mencapai kesuksesan.

9. Belajar Bermain Musik

seorang wanita dan seorang gadis bermain piano
Ilustrasi seorang anak kecil bersama teman nya yang sedang bermain piano. Sumber: IST

Sob, selanjutnya, kita bicara tentang musik. Apakah kamu pernah belajar bermain alat musik? Jika iya, ini bisa menjadi tanda kecerdasanmu. Banyak penelitian menunjukkan bahwa pelajaran musik dapat membantu perkembangan otak anak-anak dan meningkatkan kemampuan kognitif mereka.

Sebuah penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Neuroscience menemukan bahwa anak-anak yang diberi pelajaran musik terstruktur memiliki kinerja lebih baik dalam tes kecerdasan verbal, perencanaan, dan penghambatan dibandingkan teman-temannya. 

Selain itu, sebuah studi kecil tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menunjukkan bahwa kecerdasan verbal anak usia 4 hingga 6 tahun meningkat setelah kurang dari sebulan mengikuti pelajaran musik.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science pada tahun 2004 menemukan bahwa anak usia 6 tahun yang mengikuti pelajaran piano selama sembilan bulan memiliki peningkatan IQ dibandingkan dengan anak-anak yang mengikuti pelajaran drama atau tidak mengikuti pelajaran sama sekali. 

Jadi, jika kamu pernah belajar musik, itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu cerdas. Musik membantu mengembangkan keterampilan kognitif dan kreativitas, yang keduanya merupakan aspek penting dari kecerdasan.

10. Merupakan Anak Sulung

seorang laki-laki dan perempuan duduk saling membelakangi di rumput
Ilustrasi seorang anak kecil yang sedang tersenyum bersama teman nya. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, apakah kamu anak tertua di keluargamu? Ternyata, menjadi anak sulung bisa jadi salah satu tanda kecerdasan. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak tertua cenderung memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik dibandingkan adik-adiknya. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Human Resources mengungkapkan bahwa anak sulung biasanya memiliki performa akademis yang lebih baik. Selain itu, penelitian dari Biro Riset Ekonomi Nasional pada tahun 2017 juga menemukan bahwa anak-anak yang lebih tua memiliki kemungkinan 30% lebih besar untuk menjadi CEO atau politisi.

Mengapa bisa begitu? Salah satu alasannya adalah karena orang tua seringkali lebih fokus dan memberikan perhatian lebih pada anak pertama. Selain itu, anak sulung sering diberi tanggung jawab lebih besar, seperti menjaga adik-adiknya. Hal ini bisa membantu mereka mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan pemecahan masalah. 

Jadi, kalau kamu adalah anak tertua, itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu cerdas. Tanggung jawab dan perhatian ekstra yang kamu terima mungkin telah membantu mengembangkan kemampuan kognitifmu lebih awal.

11. Pernah Menggunakan Narkoba

pil dan rokok di atas meja
Ilustrasi obat-obatan terlarang. Sumber: IST

Tanda berikutnya mungkin sedikit kontroversial, yaitu penggunaan narkoba. Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara IQ tinggi di masa kanak-kanak dan penggunaan obat-obatan terlarang di masa dewasa. 

Sebuah penelitian tahun 2012 terhadap lebih dari 6.000 warga Inggris yang lahir pada tahun 1958 menemukan bahwa, orang dengan IQ tinggi di masa kanak-kanak lebih mungkin menggunakan narkoba saat dewasa.

Temuan ini bisa jadi mengejutkan, tapi ada penjelasan di baliknya. Orang dengan kecerdasan tinggi mungkin lebih terbuka terhadap pengalaman baru dan lebih berani mengambil risiko. Mereka mungkin juga lebih ingin tahu dan tertarik untuk mencoba hal-hal yang tidak biasa. Meskipun begitu, penting untuk diingat bahwa penggunaan narkoba memiliki risiko serius dan bukan sesuatu yang dianjurkan.

Jadi, jika kamu pernah mendengar cerita tentang orang-orang cerdas yang menggunakan narkoba, ini mungkin karena kecerdasannya membuat mereka lebih terbuka untuk mencoba hal-hal baru, meskipun itu bukan pilihan yang bijak.

12. Kemampuan Kidal

seseorang menulis di buku catatan
Ilustrasi seorang wanita yang menulis menggunakan tangan kiri. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, apakah kamu kidal? Jika iya, ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu cerdas. Kidal sering dikaitkan dengan pemikiran divergen, yaitu kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru secara cepat dan kreatif. Penelitian menunjukkan bahwa orang kidal cenderung lebih kreatif dan memiliki cara berpikir yang berbeda.

Sebuah makalah tahun 1995 menemukan bahwa pria kidal memiliki skor pemikiran divergen yang lebih tinggi. Pemikiran divergen ini penting dalam kreativitas, seperti menggabungkan dua objek umum dengan cara yang kreatif untuk membentuk objek ketiga. Ini bisa menjelaskan mengapa orang kidal lebih banyak terwakili dalam bidang-bidang kreatif seperti arsitektur dan musik.

Jadi, kalau kamu kidal, itu bisa menjadi salah satu tanda kecerdasanmu. Kemampuan untuk berpikir di luar kotak dan menghasilkan ide-ide kreatif adalah aspek penting dari kecerdasan.

13. Memiliki Sifat yang Lucu

sekelompok orang tertawa dan memegang tubmler kopi
Ilustrasi sekelompok kawan yang sedang bercanda. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, selanjutnya mari kita bahas tentang humor. Apakah kamu sering membuat orang tertawa dengan leluconmu? Ternyata, kemampuan membuat lelucon cerdas dan lucu bukan hanya menjadi ciri-ciri orang ekstrovert, Sob. Pasalnya, sifat lucu juga merupakan salah satu tanda kecerdasan. Penelitian menunjukkan bahwa humor, terutama humor cerdas atau dark jokes, memerlukan kemampuan berpikir cepat dan keterampilan verbal yang tinggi.

Dalam sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Intelligence, 400 mahasiswa psikologi mengikuti tes kecerdasan yang mengukur kemampuan penalaran abstrak dan kecerdasan verbal. Kemudian, mereka diminta untuk membuat teks untuk beberapa kartun New Yorker, dan teks tersebut dinilai oleh penilai independen. Hasilnya? Siswa yang lebih pintar dinilai lebih lucu. Humor memerlukan pemikiran kreatif dan kemampuan untuk melihat berbagai perspektif, yang semuanya adalah aspek dari kecerdasan.

Jadi, jika kamu sering menjadi bintang di antara teman-temanmu dengan leluconmu yang cerdas, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

BACA JUGA: Mengenal Kepribadian Ekstrovert: Ciri-Ciri hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, kita sudah membahas 13 tanda orang cerdas secara psikologi yang mungkin kamu miliki tanpa kamu sadari. Mulai dari meragukan kecerdasan sendiri, belajar membaca sejak dini, sering khawatir, hingga menjadi burung hantu malam, tidak selalu berusaha keras, belajar musik, menjadi anak tertua, penggunaan narkoba, kidal, lucu, dan minum alkohol secara teratur.

Tanda-tanda ini menunjukkan bahwa kecerdasan bisa muncul dalam berbagai bentuk dan tidak selalu terlihat dari nilai-nilai di sekolah atau tes IQ. Kecerdasan melibatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kecerdasan emosional, dan banyak aspek lainnya yang mungkin tidak selalu disadari.

Jadi, apakah kamu menemukan beberapa tanda ini dalam dirimu? Jika iya, mungkin kamu lebih cerdas dari yang kamu kira dan kamu jadi lebih bersemangat jadi calon orang sukses! Jangan lupa untuk terus mengembangkan potensi yang kamu miliki dan tetaplah penasaran dengan dunia di sekitarmu. Kecerdasan adalah perjalanan seumur hidup, dan selalu ada hal baru yang bisa dipelajari.

Itulah artikel kita kali ini, Sobat Suka Fakta. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan wawasan baru untuk kamu. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan tetap semangat untuk belajar hal-hal baru!

BACA JUGA: Mengenal Kepribadian Introvert: Ciri-Ciri hingga Cara Mengatasi Kekurangannya

REFERENSI:

  • Pediaa. (n.d.). Difference Between Smart and Clever.
    Diakses dari https://pediaa.com/difference-between-smart-and-clever/
  • Gramedia. (n.d.). 5 Perbedaan Orang Pintar dan Cerdas. Diakses dari https://www.gramedia.com/best-seller/perbedaan-orang-pintar-dan-cerdas/
  • Fimela. (2022, Juli 1). Apa Perbedaan Pintar dan Cerdas? Cek penjelasannya. Diakses dari https://www.fimela.com/lifestyle/read/5008607/apa-perbedaan-pintar-dan-cerdas-cek-penjelasannya
  • Time News. (2024, Januari 30). Fakta Psikologi: 5 Perbedaan Orang Cerdas dengan Orang Pintar, Serupa Tapi Tak Sama. Diakses dari https://www.timenews.co.id/gaya-hidup/99511708269/fakta-psikologi-5-perbedaan-orang-cerdas-dengan-orang-pintar-serupa-tapi-tak-sama
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *