Fakta Unik

Urutan Planet dari yang Terdekat Hingga Terjauh dari Matahari 

73
×

Urutan Planet dari yang Terdekat Hingga Terjauh dari Matahari 

Sebarkan artikel ini
Planet
Inilah Urutan Planet yang Terdekat Hingga yang Terjauh dari Matahari. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Pernah nggak sih kalian penasaran tentang urutan planet di tata surya kita? Mengetahui urutan planet dari yang terdekat hingga yang terjauh dari Matahari bukan hanya soal menghafal nama-nama planet, tapi juga menggali lebih dalam tentang karakteristik unik masing-masing planet.

Tata surya kita itu kayak keluarga besar yang terdiri dari delapan planet yang mengorbit Matahari sebagai pusatnya. Setiap planet punya ukuran, komposisi, dan kondisi yang sangat beragam. 

Dari planet terkecil yang dekat banget sama Matahari hingga planet raksasa gas yang terletak jauh di ujung tata surya, semua punya cerita dan fakta menarik yang sayang banget buat dilewatkan.

Nah, dalam artikel ini, kita akan menjelajahi urutan planet dari yang terdekat hingga yang terjauh dari Matahari, lengkap dengan fakta-fakta menarik yang mungkin belum kalian ketahui. Siap untuk petualangan luar angkasa yang seru? Yuk, langsung aja kita mulai perjalanan menelusuri antariksa!

Urutan Planet yang Paling Dekat dengan Matahari 

Planet
Ilustrasi Urutan planet yang paling dekat dengan Matahari. Sumber: IST

Mari kita mulai dengan planet-planet yang paling dekat dengan Matahari yang dikenal sebagai planet dalam. Planet-planet ini terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Mereka adalah planet berbatu dengan permukaan padat, dan setiap planet punya cerita uniknya sendiri. Yuk, kita lihat lebih dekat!

1. Merkurius

Merkurius, si kecil yang paling dekat dengan Matahari, adalah planet terkecil di tata surya kita dengan diameter 4879 km, jarak dari matahari 57 km, dan jarak dari bumi 97 km. Meski ukurannya kecil, Merkurius punya banyak hal menarik untuk kita ketahui.

Merkurius terdiri dari 70% logam dan 30% silikat, dengan kepadatan 5,43 g/cm³. Intinya besar dengan 42% volumenya diisi oleh besi, dan keraknya memiliki ketebalan sekitar 100-200 km.

Permukaan Merkurius dipenuhi dengan banyak perbukitan kurus yang terbentuk ketika inti dan mantelnya mendingin dan menciut.

Setelah kita kenal si kecil Merkurius, mari kita lanjut ke planet berikutnya yang juga dekat dengan Matahari, yaitu Venus.

2. Venus

Venus sering disebut sebagai saudara kembar Bumi karena ukuran dan massanya yang mirip. Tapi, jangan tertipu, Sobat Suka Fakta! Venus punya atmosfer yang sangat berbeda dan kondisi permukaan yang ekstrem.

Venus memiliki diameter 12.092 km dengan massa 81,5% dari bumi dan atmosfer 96,5% CO₂, 3,5% N₂. Atmosfer Venus terdiri dari karbon dioksida dan nitrogen, menciptakan efek rumah kaca yang ekstrem, membuat permukaannya super panas.

Venus berputar mundur (rotasi retrograde), yang berarti Matahari terbit di barat dan terbenam di timur.

3. Bumi

Setelah Venus, kita sampai di rumah kita sendiri, yaitu Bumi. Planet biru kita yang indah ini adalah satu-satunya planet yang diketahui mendukung kehidupan. Let’s dive into some cool facts about our home!

Bumi memiliki diameter 12.760 km dengan massa 5,97 x 10²⁴ kg dan atmosfer 78% nitrogen, 21% oksigen. Bumi memiliki lapisan-lapisan yang berbeda seperti inti luar dan dalam, serta litosfer dan astenosfer. Tektonika lempeng terjadi di lapisan litosfer, menciptakan banyak fitur permukaan yang kita kenal.

Bumi adalah satu-satunya planet yang kita tahu mendukung kehidupan, dengan berbagai ekosistem yang kompleks.

4. Mars

Sob, selanjutnya mari kita melompat ke planet merah yang sering menjadi fokus penelitian, yaitu Mars. Si planet merah ini terkenal karena warna kemerahannya yang disebabkan oleh oksida besi di permukaannya. Uniknya lagi, Mars adalah target utama dalam misi pencarian kehidupan di luar Bumi, lho!

Mars memiliki diameter 6.787 km dengan massa 6,4171 x 10²³ kg dan atmosfer tipis yang terdiri dari CO₂, nitrogen, serta argon. Mars memiliki radius sekitar setengah dari Bumi dan kepadatannya lebih rendah. Warna merahnya berasal dari hematit yang merupakan besi(III) oksida. Selain itu, mars juga memiliki dua bulan kecil bernama Phobos dan Deimos.

Sobat Suka Fakta, itulah planet-planet dalam di tata surya kita. Selanjutnya, mari kita beranjak ke planet-planet yang paling jauh dengan matahari atau planet luar yang dikenal sebagai raksasa gas dan es. Yuk, kita lanjut!

Urutan Planet yang Paling Jauh dengan Matahari

Planet
Ilustrasi beberapa Planet yang paling jauh dengan Matahari. Sumber: IST

Planet-planet luar ini dikenal sebagai raksasa gas dan es. Mereka terdiri dari Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet-planet ini jauh lebih besar dan memiliki komposisi yang sangat berbeda dari planet dalam. So, let’s explore!

1. Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita dan terkenal dengan Bintik Merah Besarnya. Yuk, kita kenalan lebih dekat dengan si raksasa ini!

Jupiter memiliki diameter 428.400 km dengan massa 1,8986 × 10²⁷ kg (317,8 kali Bumi) dan berjarak dari matahari sekitar 778 juta km. Sebagian besar struktur jupiter terdiri dari hidrogen dan helium, dengan inti padat ditengahnya.

Jupiter memiliki sistem cincin yang samar dan lebih dari 67 bulan, termasuk yang terkenal seperti Io, Europa, dan Ganymede. Atmosfer Jupiter sangat dinamis dengan badai besar seperti Bintik Merah Besar yang telah ada selama ratusan tahun.

2. Saturnus

Setelah Jupiter, sekarang mari kita beralih ke planet dengan cincin yang menakjubkan, yaitu Saturnus. Yup! Saturnus dikenal karena sistem cincinnya yang spektakuler. Tapi, ada lebih banyak lagi yang menarik dari planet ini. Yuk, kita lihat!

Dengan diameter 120.500 km dan massa 5,6836 x 10²⁶ kg (95,159 kali Bumi), Saturnus memiliki jarak dari matahari sejauh 1,4 miliar km. Saturnus terdiri dari hidrogen dan helium, dengan sistem cincin yang terdiri dari partikel es dan debu.

Saturnus memiliki densitas yang lebih rendah dari air, meskipun massanya sangat besar. Selain itu, Saturnus juga memiliki 53 bulan yang diketahui, termasuk Titan yang memiliki atmosfer tebal.

3. Uranus

Selanjutnya, mari kita beralih ke planet raksasa es yang terkenal dengan kemiringan sumbu rotasinya, yaitu Uranus. Yup! Planet ini unik karena memiliki sumbu rotasi yang miring dan atmosfer yang terdiri dari es. Yuk, kita kenalan lebih jauh dengan Uranus.

Memiliki diameter 51.118 km dan massa sebesar 8,7 x 1025 kg, Uranus berjarak sekitar 2.870 juta dari matahari. Struktus uranus sebagian besar terdiri dari air, amonia, dan metana dalam bentuk es, dengan inti kecil berbatu.

Sumbu rotasi Uranus miring hingga hampir tegak lurus terhadap orbitnya, menyebabkan musim yang ekstrem. Atmosfer Uranus sebagian besar terdiri dari hidrogen, helium, dan metana, memberikan warna biru kehijauan pada planet ini.

4. Neptunus

Sob, akhirnya kita sampai pada planet terjauh di tata surya kita, yaitu Neptunus. Planet biru yang jauh ini terkenal dengan anginnya yang kencang dan atmosfer yang penuh dengan misteri. Yuk, kita lihat lebih dekat!

Neptunus memiliki diameter 49.530 km, massa sebesar 1,0243 x 10²⁶ kg (17 kali Bumi), dan berjarak sekitar 4,5 miliar km dari matahari. Struktur neptunus terdiri dari air, amonia, dan metana dalam bentuk es, dengan inti padat yang mungkin lebih besar dari Bumi.

Atmosfer Neptunus terdiri dari hidrogen, helium, dan metana, dan memiliki angin tercepat di tata surya. Neptunus memiliki 13 bulan yang telah dikonfirmasi dan sistem cincin yang samar.

Planet Kerdil

Setelah menjelajahi planet-planet besar di tata surya, sekarang saatnya kita mengenal lebih dekat dengan planet-planet kecil yang disebut planet kerdil. Meskipun mereka lebih kecil dan tidak memenuhi semua kriteria untuk disebut planet penuh, planet kerdil memiliki karakteristik dan cerita yang tak kalah menarik. 

Apa Itu Planet Kerdil?

Planet kerdil adalah benda langit yang mengorbit Matahari. Benda langit ini memiliki massa yang cukup untuk bentuk hampir bulat, tetapi belum “membersihkan lingkungan” di sekitar orbitnya dari objek-objek kecil lainnya. 

Inilah yang membedakan planet kerdil dari planet besar. Jadi, meskipun mereka mengorbit Matahari seperti planet lainnya, planet kerdil berbagi orbit mereka dengan asteroid dan objek kecil lainnya.

Contoh Planet Kerdil

Planet Pluto.
Potret Planet Pluto. Sumber: IST

Berikut adalah beberapa planet kerdil yang terkenal di tata surya kita:

1. Pluto

Pluto mungkin adalah planet kerdil yang paling terkenal. Dulu, Pluto dianggap sebagai planet kesembilan di tata surya kita sebelum diklasifikasikan ulang sebagai planet kerdil pada tahun 2006.

Dengan diameter 2.377 km, pluto berjarak sekitar 5,9 miliar km dari matahari. Atmosfer pluto tipis, terdiri dari nitrogen, metana dan karbon monoksida. Permukaan pluto di penuhi dengan es dan bebatuan.

Pluto memiliki lima bulan, dengan Charon sebagai bulan terbesar. Hubungan Pluto dan Charon sangat unik karena keduanya berputar mengelilingi titik pusat gravitasi yang terletak di luar Pluto, membuat mereka lebih mirip sistem planet ganda.

2. Ceres

Ceres adalah planet kerdil terbesar di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Meskipun kecil, Ceres memiliki banyak hal menarik untuk diketahui.

Dengan diameter 940 km, ceres berjarak sekitar 413 juta km dari matahari. Atmosfer ceres terdiri dari uap air dan permukaan berisi es serta bebatuan.

Ceres dikenal memiliki air beku di permukaannya, dan ada kemungkinan bahwa lautan cair mungkin ada di bawah lapisan esnya. Ini membuat Ceres menjadi target menarik untuk penelitian lebih lanjut tentang kemungkinan kehidupan mikroba.

3. Haumea

Haumea adalah planet kerdil berbentuk elips yang terletak di Sabuk Kuiper, sebuah wilayah yang penuh dengan objek es di luar orbit Neptunus. Haumea dikenal karena bentuknya yang tidak biasa dan rotasinya yang sangat cepat.

Selain itu, Haumea memiliki dua bulan kecil, yaitu Hi’iaka dan Namaka. Bentuk elipsnya diyakini disebabkan oleh rotasi cepat yang membuatnya memanjang.

Haumea memiliki diameter sebesar 1.960 km (sumbu panjang) dan berjarak sekitar 6,5 miliar km dari matahari. Permukaan haumea berisi es kristal dan berotasi sekali setiap 4 jam.

4. Makemake

Makemake adalah salah satu planet kerdil terbesar di Sabuk Kuiper dan dikenal sebagai salah satu objek paling terang di wilayah Sabuk Kuiper setelah Pluto. Makemake belum ditemukan memiliki bulan, yang membuatnya agak unik dibandingkan dengan planet kerdil lainnya.

Planet ini memiliki diameter sekitar 1.430 km dan berjarak dari matahari sekitar 6,5 miliar km. Makemake tidak memiliki atmosfer dan permukaan hanya berisi es metana.

5. Eris

Eris adalah salah satu planet kerdil terbesar di tata surya kita dan bahkan lebih besar dari Pluto dalam hal massa. Penemuan Eris adalah salah satu alasan utama mengapa definisi planet dikaji ulang dan Pluto diklasifikasikan ulang sebagai planet kerdil.

Eris memiliki orbit yang sangat eksentrik, yang membawanya jauh keluar dari tata surya dan kemudian kembali mendekat ke Matahari.

  • Fakta Singkat tentang Eris:
    • Diameter: sekitar 2.326 km
    • Jarak dari Matahari: sekitar 10,1 miliar km
    • Permukaan: es metana
    • Bulan: Dysnomia

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, dari perjalanan kita menjelajahi urutan planet di tata surya ini, kita jadi mendapat gambaran yang menarik tentang keragaman dan keunikan setiap planet. Pemahaman tentang urutan planet ini penting dalam ilmu astronomi karena membantu kita memahami bagaimana tata surya terbentuk dan berkembang. 

Selain itu, pengetahuan ini juga penting untuk misi eksplorasi luar angkasa dan membuka wawasan tentang kemungkinan adanya kehidupan di luar Bumi. Dengan mengetahui lebih dalam tentang planet-planet ini, kita bisa lebih menghargai kompleksitas dan keindahan alam semesta

Nah, Sobat Suka Fakta teruslah eksplorasi dan cari tahu lebih banyak tentang alam semesta yang luas ini. Semakin banyak kita belajar, semakin banyak yang kita pahami tentang tempat kita di alam semesta. Terima kasih telah mengikuti petualangan luar angkasa ini! Sampai jumpa di petualangan berikutnya!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *