Misteri

Mitos dan Fakta Lawang Sewu, Punya Lorong Hantu di Penjara Bawah Tanah

144
×

Mitos dan Fakta Lawang Sewu, Punya Lorong Hantu di Penjara Bawah Tanah

Sebarkan artikel ini
Fakta Hingga Mitos Lawang Sewu
Sejarah, Fakta Hingga Mitos Lawang Sewu, Punya Lorong Hantu di Penjara Bawah Tanah. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Pernah denger tentang Lawang Sewu? Kalau kamu suka sejarah atau misteri, pasti nama ini nggak asing di telinga, deh. Terletak di jantung Kota Semarang, Lawang Sewu bukan sekadar bangunan tua biasa, Sob.  Dengan arsitektur yang keren dan cerita-cerita seru di baliknya, gedung ini jadi salah satu destinasi wajib kalau kamu lagi di Semarang.

Tapi, tahu nggak sih, apa saja cerita yang menyelimuti bangunan bersejarah ini? Nah, di artikel kali ini, kita bakal kupas tuntas Fakta Lawang Sewu dan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Apakah semua itu cuma cerita iseng atau ada benarnya? Yuk, kita cari tahu bareng-bareng!

Siapkan dirimu untuk menemukan fakta-fakta menarik dan kisah-kisah yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya tentang Lawang Sewu. Jadi, stay tuned dan mari kita mulai petualangan dengan mengulas sejarah Lawang Sewu. Penasaran, kan? Let’s go!

Sejarah Lawang Sewu

fakta lawang sewu
Potret Gedung lawang sewu pada tahun 1904. Sumber: id.wikipedia.org

Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904, gedung ini awalnya adalah kantor pusat Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), perusahaan kereta api Belanda yang membangun jalur kereta api pertama di Indonesia. Tapi, karena sering kena rob, kantor ini dipindahkan dari Stasiun Semarang ke lokasi sekarang.

Gedung Lawang Sewu ini terdiri dari beberapa bagian yang dibangun bertahap. Gedung A, C, dan E dibangun antara tahun 1904 hingga 1907, sementara Gedung B dibangun pada periode 1916-1918. Menariknya, material yang digunakan untuk membangun gedung-gedung ini sebagian besar didatangkan langsung dari Belanda, lho. Keren, kan?

Saat penjajahan Jepang pada tahun 1942, Lawang Sewu diambil alih dan digunakan sebagai kantor jawatan transportasi Jepang serta penjara bawah tanah. Setelah Jepang mundur, gedung ini menjadi saksi bisu Pertempuran 5 Hari di Semarang, di mana enam pemuda gugur dalam upaya mempertahankan kota dari serangan tentara Jepang.

Sekarang, Lawang Sewu sudah direstorasi dan berfungsi sebagai museum yang dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Restorasi besar dilakukan pada tahun 2009, dan pada tahun 2011, Ibu Negara Ani Yudhoyono meresmikan gedung ini sebagai museum yang terbuka untuk umum.

Arsitektur dan Desain Bangunan Lawang Sewu

Potret pintu Lawang sewu.
Potret pintu Lawang sewu. Sumber: IST

Setelah membahas sejarahnya, yuk kita lihat apa yang membuat Lawang Sewu terkenal? Tentu saja, karena arsitekturnya yang nggak kalah menarik. Desain bangunan ini sangat khas dengan perpaduan gaya Hindia Belanda yang menyesuaikan dengan iklim tropis Indonesia. 

Gedung ini punya banyak jendela lebar dan pintu yang banyak untuk memastikan sirkulasi udara yang baik. Atapnya pun menggunakan desain double gevel yang membantu menjaga kesejukan di dalam ruangan.

Detail artistik pada Lawang Sewu juga sangat menonjol. Salah satu yang paling menarik adalah kaca patri di Gedung A, yang dibuat oleh seniman Johannes Louresa Schouten. Kaca patri ini menggambarkan kemakmuran dan keindahan alam Jawa serta harapan akan keberuntungan dan kejayaan bagi Belanda.

Fakta Lawang Sewu

Prewedding lawang sewu
Potret sepasang kekasih preweding di Lawang sewu. SSumber: Instagram /@alvinphotography

Nah, berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang Lawang Sewu yang mungkin belum banyak Sobat Suka Fakta ketahui

  • Jumlah Pintu: Meskipun disebut “Lawang Sewu” yang berarti seribu pintu, jumlah pintu sebenarnya adalah 928.
  • Kegunaan Ruang Bawah Tanah: Ruang bawah tanah di Lawang Sewu digunakan untuk pengelolaan air, bukan sebagai tempat pembantaian seperti yang sering diceritakan.
  • Spot Foto Populer: Lawang Sewu adalah salah satu spot foto pre-wedding paling populer di Semarang karena arsitekturnya yang unik dan indah.

Cerita Mistis dan Mitos Lawang Sewu 

Lorong Bawah tanah
Potret Lorong Bawah tanah Lawang sewu. Sumber: bobobox.com

Nah, Sobat Suka Fakta, kita masuk ke bagian yang paling seru dan bikin merinding, yaitu mitos dan cerita mistis yang menyelimuti Lawang Sewu. Bangunan ini memang nggak cuma terkenal karena arsitekturnya yang megah, tapi juga karena cerita-cerita horor yang bikin penasaran. Yuk, kita simak beberapa kisah seram yang beredar tentang Lawang Sewu!

1. Penjara Bawah Tanah yang Mengerikan

Kalau bertanya tentang apa yang terkenal di Lawang Sewu? Ini adalah jawaban yang tepat yaitu penjara bawah tanahnya. Konon, penjara ini dulu digunakan oleh tentara Jepang sebagai tempat eksekusi mati. Banyak cerita yang mengatakan bahwa tahanan-tahanan dibunuh secara brutal di sini, dan mayat mereka dibuang begitu saja ke dalam lubang-lubang di penjara tersebut. Ngeri banget, kan?

Beberapa pengunjung mengaku pernah merasakan kehadiran makhluk halus di area penjara bawah tanah. Ada yang mendengar suara-suara aneh, seperti teriakan atau langkah kaki, meskipun tidak ada siapa-siapa di sana. Bahkan, ada juga yang mengaku melihat bayangan hitam atau penampakan hantu dengan mata hijau yang menyala. Bikin merinding, ya!

2. Lorong Hantu yang Legendaris

Selain penjara bawah tanah, ada juga lorong-lorong di Lawang Sewu yang disebut-sebut sebagai tempat berhantu. Salah satunya adalah lorong yang dikenal sebagai “lorong hantu”. Menurut cerita, jika kamu berdiam dan jongkok di sana, kamu bisa melihat bayangan berbentuk manusia dengan mata hijau menyala yang berjalan merangkak. Seram banget, kan?

3. Sumur Tua yang Misterius

Di halaman gedung Lawang Sewu, ada sumur tua yang juga menyimpan cerita mistis. Konon, dari sumur ini sering terdengar suara-suara misterius seperti teriakan atau rintihan kesakitan. Padahal, sumur tersebut selalu terkunci dan tidak pernah dibuka. Banyak yang percaya bahwa suara-suara tersebut adalah arwah-arwah penasaran yang terjebak di dalam sumur.

4. Penampakan di Pintu Gerbang

Nggak cuma di dalam gedung, cerita mistis juga beredar di sekitar pintu gerbang Lawang Sewu. Beberapa orang mengaku pernah melihat penampakan tangan hitam besar di pintu gerbang sebelum menuju ke ruangan utama. Ada juga yang melihat pocong dengan wajah rusak atau bayangan putih yang bisa menembus tembok. Bikin bulu kuduk berdiri, ya!

5. Uji Nyali yang Tragis

Salah satu cerita paling terkenal adalah tentang acara uji nyali yang pernah diadakan di Lawang Sewu. Pada tahun 2013, sebuah acara televisi nasional mengadakan uji nyali di gedung ini. Konon, salah satu peserta uji nyali tersebut meninggal dunia tiga hari setelah mengikuti acara. Kejadian ini semakin menambah kesan angker pada Lawang Sewu.

Lawang Sewu: Antara Fakta dan Mitos

Lawang Sewu
Potret gedung Lawang sewu semarang. Sumber: brainly.co.id

Dari cerita-cerita di atas, kita bisa lihat bahwa Lawang Sewu memang penuh dengan mitos dan cerita mistis. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua cerita tersebut memiliki bukti yang kuat. Banyak di antaranya yang hanya berdasarkan cerita dari mulut ke mulut.

Yang jelas, Lawang Sewu tetap menjadi salah satu destinasi wisata paling menarik di Semarang. Baik karena sejarahnya yang panjang maupun karena cerita-cerita mistisnya, bangunan ini selalu berhasil menarik perhatian banyak orang. Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang penasaran dan suka tantangan, jangan ragu untuk mengunjungi Lawang Sewu dan merasakan sendiri atmosfernya!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah ulasan lengkap tentang Fakta Lawang Sewu dan mitos-mitos yang mengelilinginya. Dari sejarah panjangnya sebagai kantor NIS, arsitektur unik yang menyesuaikan dengan iklim tropis Indonesia, hingga cerita-cerita mistis yang membuat bulu kuduk merinding, Lawang Sewu memang penuh dengan cerita menarik.

Tidak hanya itu, Lawang Sewu juga berperan penting dalam Pertempuran 5 Hari Semarang dan menjadi saksi bisu dari perjuangan para pemuda dalam mempertahankan kemerdekaan. Setelah melalui berbagai fase, gedung ini akhirnya direnovasi dan diresmikan kembali sebagai museum dan tempat wisata yang menjadi kebanggaan Kota Semarang.

Dengan semua keunikan dan nilai sejarahnya, Lawang Sewu memang layak menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Jadi, jika kamu berkesempatan mengunjungi Semarang, jangan lewatkan untuk mampir ke Lawang Sewu. Nikmati keindahan arsitektur, pelajari sejarahnya, dan rasakan sendiri atmosfer mistis yang menyelimuti gedung ini.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu tentang Lawang Sewu dan membuat kamu semakin tertarik untuk menjelajahi lebih dalam lagi. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta! Tetap semangat mencari fakta-fakta menarik lainnya dan jangan lupa untuk terus mendukung pelestarian sejarah dan budaya kita.

REFERENSI:

  • Ayo Batang. (2021). Sejarah, Cerita, Mitos, dan Fakta di Balik Gedung Lawang Sewu Semarang. Diakses dari https://www.ayobatang.com/umum/pr-37950729/sejarah-cerita-mitos-dan-fakta-di-balik-gedung-lawang-sewu-semarang.
  • Gramedia. (n.d.). Sejarah Lawang Sewu. Diakses dari https://www.gramedia.com/literasi/sejarah-lawang-sewu/.
  • Brilio. (2016). 10 Fakta Tentang Lawang Sewu, Bangunan Paling Angker Kedua se-Asia. Diakses dari https://www.brilio.net/serem/10-fakta-tentang-lawang-sewu-bangunan-paling-angker-kedua-se-asia-1611172.html.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *