Misteri

11 Gunung Terangker di Indonesia, Ada Pasar Gaib di Dalamnya

256
×

11 Gunung Terangker di Indonesia, Ada Pasar Gaib di Dalamnya

Sebarkan artikel ini
Gambar Gunung Merapi
Ilustrasi salah satu gunung yang dikabarkan angker. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Pernah nggak sih, kamu mendengar cerita tentang gunung-gunung di Indonesia yang nggak cuma indah tapi juga penuh dengan kisah mistis? Indonesia, sebagai negara yang berada di jalur cincin api, punya banyak banget gunung yang terkenal nggak hanya karena keindahan alamnya, tapi juga karena cerita-cerita horor yang menyelimutinya.

Dalam artikel ini, kita bakal mengupas tuntas tentang 12 gunung terangker di Indonesia yang terkenal dengan kisah mistis penuh konspirasi. Dari Jawa sampai Bali, dari Sulawesi sampai Nusa Tenggara, setiap gunung punya cerita mistisnya sendiri yang bikin merinding! 

Artikel ini cocok buat kamu yang suka dengan cerita-cerita horor atau sekadar penasaran tentang sisi lain dari gunung-gunung di Indonesia. Jadi, simak terus ya, Sobat Suka Fakta!

11 Gunung Terangker di Indonesia

1. Gunung Lawu: Misteri di Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur

gunung terangker di indonesia
Potret Gunung lawu yang dikabarkan angker. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah mendengar tentang Gunung Lawu? Gunung ini terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur dan memiliki ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terkenal dengan pemandangan yang cantik, namun juga menyimpan banyak cerita mistis. Puncak Hargo Dumilah, Hargo Dumuling, dan Hargo Dalem adalah tiga puncak yang dikenal sangat sakral. Banyak masyarakat setempat yang percaya bahwa di ketiga puncak ini sering dijadikan tempat meditasi dan oleh kemampuan batin. Cerita tentang Prabu Brawijaya Pamungkas yang melakukan meditasi di Puncak Hargo Dalem menambah kesakralan gunung ini.

Selain itu, Gunung Lawu juga terkenal dengan cerita pasar setan. Konon, pasar ini hanya bisa dilihat dan didengar oleh orang-orang tertentu saja. Para pendaki yang melewati jalur Cetho sering mendengar suara ramai seperti berada di pasar. Untuk menghindari hal-hal buruk, pendaki biasanya melemparkan uang koin. Ada juga larangan dan pantangan yang harus dipatuhi oleh pendaki, seperti enggak boleh memakai baju hijau dan jangan mendaki dengan jumlah anggota ganjil. Jadi, kalau kamu berencana mendaki Gunung Lawu, jangan lupa patuhi semua aturan lokalnya, ya!

2. Gunung Rinjani: Aturan Jangan Panggil Nama Asli

Gunung Rinjani.
Potret Gunung Rinjani. Sumber: IST

Beranjak ke Nusa Tenggara Barat, ada Gunung Rinjani yang selain terkenal dengan keindahannya, juga punya banyak cerita mistis. 

Sobat Suka Fakta, gunung ini adalah salah satu destinasi impian para pendaki, dan juga tempat yang dianggap sakral oleh penduduk setempat. Salah satu spot paling terkenal adalah Danau Segara Anak yang sangat indah, namun diyakini dihuni oleh bangsa jin yang dipimpin oleh Dewi Anjani. Dewi Anjani sendiri dipercaya sebagai penguasa Gunung Rinjani karena dia lahir dari pasangan manusia dan jin serta masih merupakan keturunan Raja Selaparang.

Pendakian ke Gunung Rinjani juga disertai dengan berbagai aturan sakral yang harus dipatuhi. Misalnya, para pendaki dilarang buang air kecil sembarangan dan tidak boleh memanggil rekan mereka dengan nama asli selama berada di gunung. Konon, jika ada yang memanggil dengan nama asli, wujud gaib akan muncul menyerupai pemilik nama tersebut. Wah, seru dan seram ya cerita di Gunung Rinjani ini!

3. Gunung Semeru: Antara Keindahan dan Keangkeran

Gunung semeru
Potret Gunung Semeru yang dikabarkan. Sumber: IST

Selanjutnya, kita menuju ke Jawa Timur, tepatnya Gunung Semeru. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini nggak cuma menawarkan pemandangan yang luar biasa, tapi juga kisah-kisah mistis yang bikin merinding. Salah satu kisah paling terkenal adalah penampakan pocong di Ranu Kumbolo. 

Selain itu, ada juga cerita tentang Arcapada atau arca kembar yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu. Banyak pendaki yang mengaku pernah melihat patung prajurit dari zaman Kerajaan Majapahit di area ini.

Di Kawasan Kelik, ada Batu memoriam Soe Hok Gie yang sering dikunjungi para pendaki untuk memberikan penghormatan. Tempat ini dikenal sebagai area penghormatan bagi mereka yang sudah meninggal dan sering terlihat makhluk gaib bergentayangan. Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang suka tantangan, Gunung Semeru bisa jadi destinasi yang menarik, tapi pastikan kamu siap mental juga ya!

4. Gunung Merapi: Misteri Kerajaan Jin dan Pasar Bubrah

Gunung Terangker di Indonesia
Potret Gunung Merapi. Sumber: IST

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah juga nggak kalah seram. Selain terkenal karena erupsinya, gunung ini juga dikenal sebagai salah satu kerajaan jin terbesar di Indonesia. Banyak pendaki yang percaya bahwa di kawah Merapi terdapat istana makhluk gaib yang dulunya membantu Kerajaan Mataram dalam perang melawan Kerajaan Pajang.

Pasar Bubrah, sebuah tempat berpasir dan berbatu di bawah puncak Merapi, dipercaya sebagai tempat berkumpulnya makhluk halus. Pendaki yang tidak menjaga ucapan dan perilaku di sana konon bisa saja diculik oleh makhluk gaib penjaga Pasar Bubrah.

Selain itu, ada juga bunker di Kaliadem yang sering terdengar suara tangisan, terutama saat sore hari. Jadi, kalau Sobat Suka Fakta tertarik mendaki Gunung Merapi, pastikan untuk selalu berhati-hati dan menghormati tempat-tempat sakral di sana.

5. Gunung Salak: Tempat Sakral dan Tragedi Pesawat

Gambar Gunung salal
Potret Gunung Salak yang dikabarkan angker. Sumber: IST

Sekarang kita beralih ke Jawa Barat, tepatnya Gunung Salak. Gunung ini terkenal angker karena memiliki beberapa titik yang menyimpan kisah mistis. Di puncak tertingginya, Puncak Salak I, terdapat makam Mbah Gunung Salak yang dianggap sangat sakral. Selain itu, Gunung Salak semakin dikenal angker setelah kejadian jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 pada tahun 2012 yang menewaskan seluruh penumpang dan awak kapalnya. Tragedi ini menambah keangkeran gunung tersebut.

Gunung Salak juga memiliki Gunung Sanggul yang dipercaya sebagai tempat bersemayamnya arwah para sesepuh dan orang-orang dengan ilmu tinggi. Beberapa penduduk setempat bahkan percaya bahwa objek apa pun yang lewat di atas Gunung Sanggul akan terjatuh. Selain itu, Kawah Ratu, Curug Seribu, dan Puncak Manik juga menyimpan cerita mistis masing-masing yang menambah kesan angker Gunung Salak. Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang penasaran, Gunung Salak adalah destinasi yang penuh tantangan dan misteri.

6. Gunung Latimojong: Rumah Hantu Poppo di Sulawesi Selatan

Gunung Latimojong
Potret Gunung Latimojong. Sumber: gopos.id

Lanjut kita ke Sulawesi Selatan, Sobat Suka Fakta, tepatnya Gunung Latimojong. Gunung ini nggak hanya indah, tapi juga dikenal sangat angker. Salah satu cerita yang paling terkenal adalah tentang Hantu Poppo. Menurut masyarakat setempat, Hantu Poppo adalah manusia yang bisa terbang pada malam hari dan memiliki mata merah menyala. Mereka sering hinggap di pohon atau atap rumah dengan suara “Pok! Pok!”. Kalau suaranya terdengar keras, artinya hantu itu jauh, tapi kalau suaranya pelan, berarti dia dekat sekali dengan kita.

Gunung Latimojong memang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Tapi dibalik itu, cerita tentang Hantu Poppo membuat banyak pendaki merasa ngeri. Para pendaki dianjurkan untuk berhati-hati, terutama saat malam hari. Jadi, buat kamu yang suka tantangan, Gunung Latimojong bisa jadi destinasi yang menarik, tapi pastikan kamu siap dengan cerita mistisnya ya!

Gunung Slamet, dengan kemegahannya, juga tidak luput dari cerita seram. Beberapa pendaki mengaku telah melihat pasar gaib atau pasar setan di sekitar kawasan ini, menambah misteri dan ketegangan saat mendaki.

7. Gunung Gede: Misteri Penunggu yang Bisa Menyerupai Teman

Gambar Gunung gede
Potret Gunung gede yang dikabarkan angker. Sumber: IST

Berikutnya, kita ke Jawa Barat, Sobat Suka Fakta, yaitu Gunung Gede. Gunung yang berada di Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango ini sering menjadi tujuan favorit para pendaki. Namun, selain keindahannya, Gunung Gede juga menyimpan banyak cerita mistis. Salah satu yang paling terkenal adalah kisah di Kandang Batu, salah satu pos pendakian. Pada tahun 2010, seorang pendaki mengaku diajak bicara oleh sosok yang ia kira temannya, padahal ternyata itu adalah kuntilanak yang meniru suara temannya.

Banyak pendaki yang mengalami hal serupa, membuat Gunung Gede dikenal sebagai salah satu gunung terangker di Indonesia. Mitos dan cerita misteri lainnya juga sering menghantui para pendaki, membuat pengalaman mendaki Gunung Gede menjadi semakin menantang. Jadi, kalau kamu berencana mendaki Gunung Gede, siap-siap dengan segala kemungkinan ya, Sobat Suka Fakta!

8. Gunung Agung: Gunung Suci di Bali

Gunung Agung
Potret Gunung Agung. Sumber: id.wikipedia.org

Pindah ke Bali, kita punya Gunung Agung, Sobat Suka Fakta. Gunung ini dikenal sangat sakral oleh masyarakat Bali. Ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi oleh pendaki jika ingin mendaki gunung ini. Misalnya, pendaki dilarang membawa makanan yang mengandung daging sapi. Selain itu, ada juga larangan untuk mendaki saat hari besar agama Hindu, mengenakan pakaian merah, dan bagi wanita yang sedang datang bulan.

Gunung Agung memiliki ketinggian yang mengagumkan dan pemandangan yang luar biasa. Namun, dibalik keindahannya, ada banyak cerita mistis yang menyelimutinya. Para pendaki wajib permisi jika akan buang air di gunung ini. Cerita-cerita mistis ini membuat Gunung Agung semakin menarik untuk dijelajahi, tapi pastikan kamu menghormati semua aturan dan kepercayaan lokal ya!

9. Gunung Arjuno: Hutan Lupa Diri yang Bikin Tersesat

Gambar Gunung arjuno
Potret Gunung Arjuno yang dikabarkan angker. Sumber: IG/@poco_id

Selanjutnya, kita menuju ke Jawa Timur, tepatnya Gunung Arjuno. Gunung ini terkenal dengan cerita mistis dan sejarahnya yang berkaitan dengan Kerajaan Majapahit. Di gunung setinggi 3.339 meter di atas permukaan laut ini, banyak terdapat petilasan bekas Kerajaan Majapahit yang membuatnya dianggap keramat oleh sebagian orang.

Salah satu tempat yang terkenal angker di Gunung Arjuno adalah Alas Lali Jiwo, yang berarti hutan lupa diri. Banyak pendaki yang mengaku sering tersesat meskipun sudah hafal jalan. Tak jauh dari situ, ada Pasar Dieng yang juga dikenal sebagai pasar hantu. Pendaki dilarang mendaki dengan jumlah ganjil dan menggunakan baju berwarna merah dominan. Jadi, kalau kamu tertarik mendaki Gunung Arjuno, selalu patuhi semua aturan dan pantangannya ya, Sobat Suka Fakta!

10. Gunung Cikuray: Misteri di Jawa Barat

Gunung Cikuray
Potret Gunung Cikuray. Sumber: id.wikipedia.org

Berada di Jawa Barat, Gunung Cikuray juga dikenal angker, Sobat. Gunung ini adalah salah satu yang tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 2.818 meter di atas permukaan laut. Gunung ini punya banyak cerita mistis, salah satunya adalah tentang Puncak Bayangan. Banyak pendaki yang mengaku melihat sosok perempuan misterius berbaju putih dengan wajah gelap yang menatap tajam saat menjelang petang.

Selain itu, Gunung Cikuray juga memiliki makam keramat yang dipercaya sebagai sesepuh Cikuray. Makam ini sering dijadikan tempat berdoa oleh penduduk setempat. Cerita-cerita mistis ini membuat Gunung Cikuray menjadi salah satu gunung terangker di Indonesia. Jadi, buat kamu yang suka dengan cerita horor dan petualangan, Gunung Cikuray bisa jadi destinasi yang menarik!

11. Gunung Ciremai: Kisah Kuda dan Prajurit Jepang

Gunung Ciremai
Potret Gunung Ciremai. Sumber: IST

Terakhir, kita menuju ke Jawa Barat lagi, tepatnya Gunung Ciremai. Gunung ini dikenal dengan pemandangannya yang eksotis dan sering menjadi tujuan favorit para pendaki. Namun, Gunung Ciremai juga memiliki cerita seram yang membuatnya terkenal angker. Salah satu spot yang paling terkenal adalah Lintasan Kuburan Kuda. Banyak pendaki yang mengaku mendengar suara langkah kaki kuda, padahal tidak ada kuda yang melintas di sana.

Konon, suara langkah kaki kuda tersebut adalah arwah kuda dan prajurit Jepang yang tewas pada masa penjajahan. Selain itu, Gunung Ciremai juga dikenal sebagai tempat pembuangan mayat para Romusha oleh tentara Jepang. Cerita-cerita mistis ini menambah kesan angker Gunung Ciremai, membuatnya menjadi salah satu gunung terangker di Indonesia. Jadi, kalau kamu tertarik mendaki Gunung Ciremai, siap-siap dengan cerita seramnya ya, Sobat Suka Fakta!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah cerita-cerita mistis dari 12 gunung terangker di Indonesia. Dari Gunung Lawu hingga Gunung Ciremai, setiap gunung punya cerita seramnya sendiri yang membuat pengalaman mendaki menjadi lebih menantang dan menarik. Penting untuk selalu menghormati kepercayaan dan aturan lokal saat mendaki gunung-gunung ini, karena selain menjaga keselamatan, kita juga menunjukkan rasa hormat pada budaya dan tradisi setempat.

Gunung terangker di Indonesia memang menawarkan pengalaman mendaki yang luar biasa, baik dari segi pemandangan maupun cerita mistisnya. Jadi, kalau kamu berencana mendaki salah satu dari gunung-gunung ini, pastikan kamu sudah siap mental dan selalu patuhi semua aturan yang ada. Semoga cerita-cerita ini menambah wawasan dan rasa penasaran kamu tentang gunung-gunung di Indonesia. Selamat mendaki dan tetap berhati-hati, ya!

REFERENSI

  • Noice.id. (2024). Dikenal Angker dan Seram, Ini Dia 7 Gunung Mistis di Indonesia. Retrieved from https://www.noice.id/info-terbaru/gunung-mistis-dan-angker-di-indonesia/.
  • GoTravelly.com. (2024). 10 Gunung Terangker di Indonesia Memiliki Cerita Mistis Menakutkan. Retrieved from https://www.gotravelly.com/blog/gunung-terangker-di-indonesia/.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *