Misteri

Misteri Desa Sragi: Telusuri Jejak Mistis di Tanah Pewayangan Banyuwangi

163
×

Misteri Desa Sragi: Telusuri Jejak Mistis di Tanah Pewayangan Banyuwangi

Sebarkan artikel ini
Desa Sragi
Fakta & Mitos Desa Sragi Menelusuri Jejak Mistis di Tanah Pewayangan Banyuwangi. Sumber: prokompim.setda.pekalongankab.go.id

Hai,  Sobat Suka Fakta! Jawa Timur memang terkenal dengan berbagai kisah mistisnya yang menarik untuk dikulik. Selain Desa Puger Wetan, ada juga Desa Sragi yang gak kalah mistis.

Pernah dengar tentang Desa Sragi? Mungkin belum, ya? Desa kecil yang terletak di Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini memang belum banyak dikenal. Tapi, siapa sangka, desa yang kental dengan nuansa Jawa ini ternyata menyimpan berbagai cerita horor yang bikin penasaran.

Yup! Lagi-lagi, cerita horor kali ini berasal dari Banyuwangi, kota di Jawa Timur yang digadang-gadang sebagai kota dengan sejuta urban legend yang begitu bikin penasaran. Selain Desa Sragi, Sobat pasti tau dong ada urban legend KKN di Desa Penari yang konon dipercaya terjadi di Banyuwangi juga?!

Sob, warga Desa Sragi percaya bahwa Semar, tokoh legendaris dalam pewayangan Jawa, tinggal di desa mereka. Gak cuma itu, desa ini juga terkenal dengan berbagai cerita tentang penampakan makhluk halus. Menarik banget, kan?!

Keberagaman hal mistis itu bikin desa itu jadi magnet bagi para pecinta misteri dan peneliti paranormal. Cerita-cerita yang berkembang di sini bikin desa ini jadi tempat yang wajib dikunjungi. Jadi, siap untuk mengeksplorasi berbagai fakta dan mitos yang ada di Desa Sragi? Yuk, kita mulai petualangan kita!

1. Desa Sragi Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial Belanda

Desa Sragi
Potret Rumah Peninggalan Kolonial Belanda di Daerah Sragi. Sumber: kompasiana.com

Sobat Suka Fakta, sebelum kita masuk ke dalam cerita-cerita mistisnya, kita kenalan dulu, yuk, sama Desa Sragi. Desa ini terletak di Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sragi bukan desa besar yang ramai, tapi justru itu yang membuatnya menarik, menawarkan nuansa pedesaan yang khas. 

Nama Desa Sragi sendiri konon berasal dari kata “seragi” yang dalam bahasa Jawa berarti “serasi” atau “harmonis”. Nama ini menggambarkan kehidupan masyarakat desa yang rukun dan selaras dengan alam. Desa Sragi sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, dan seiring berjalannya waktu, desa ini tetap mempertahankan keasriannya.

Masyarakat di sini sebagian besar bekerja sebagai petani, dan mereka sangat menjaga kelestarian alam sekitar. Kehidupan di desa ini masih sangat tradisional, dengan rumah-rumah yang sebagian besar terbuat dari bambu dan kayu, memberikan nuansa pedesaan yang kental.

Selain itu, Desa Sragi juga memiliki beberapa situs bersejarah yang sering dikunjungi oleh para peneliti dan wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan budaya Jawa. Salah satu situs bersejarah yang terkenal adalah situs peninggalan zaman Majapahit, yang menunjukkan bahwa daerah ini sudah dihuni sejak ratusan tahun lalu.

2. Makam Kemangi Menjadi Tempat Tinggal Tokoh Legendaris di Pewayangan Jawa

Bila Desa Jungsemi di daerah Banyuwangi terkenal akan Makam Kemangi, nah desa ini dikenal dengan bangunannya yang sakral. Salah satu daya tarik utama Desa Sragi adalah sebuah bangunan sakral yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat tinggal Semar.

Sobat Suka Fakta pasti tahu dong siapa Semar? Ia adalah tokoh legendaris dalam pewayangan Jawa yang dikenal sebagai sosok cerdas, humoris, dan penuh kasih. Dalam budaya Jawa, Semar sangat dihormati dan dianggap sebagai simbol kebijaksanaan.

Bangunan sakral ini bukan hanya sekedar tempat, tapi juga punya nilai spiritual yang tinggi bagi warga Desa Sragi. Masyarakat percaya bahwa Semar benar-benar tinggal di sana, memberikan perlindungan dan berkah bagi desa.

Bangunan ini sering dijadikan tempat berdoa atau meditasi bagi penduduk setempat yang berharap mendapatkan petunjuk atau keberkahan dari Semar. Kepercayaan ini menjadikan Desa Sragi bukan hanya tempat biasa, tapi juga destinasi spiritual yang kaya akan budaya Jawa. 

Setiap tahun, Desa Sragi juga mengadakan upacara adat yang disebut “Selametan Semar”, di mana masyarakat berkumpul untuk memberikan sesajen dan berdoa bersama di bangunan sakral ini. Upacara ini menjadi momen penting bagi penduduk desa untuk bersyukur dan memohon perlindungan serta berkah dari Semar. 

Selain sebagai tempat berdoa, bangunan sakral ini juga sering dijadikan lokasi untuk berbagai acara budaya dan seni, seperti pertunjukan wayang kulit yang menceritakan kisah-kisah pewayangan Jawa, termasuk tokoh Semar. Pertunjukan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menjadi sarana untuk melestarikan budaya Jawa dan memperkenalkan generasi muda pada warisan leluhur mereka.

Setelah membahas tentang bangunan sakral, Sobat Suka Fakta pasti semakin penasaran dengan cerita-cerita mistis yang ada di desa ini, kan? Yuk, kita lanjut ke cerita tentang penampakan makhluk halus di Desa Sragi!

3. Berbagai Penampakan dan Kejadian Janggal Kerap Terjadi di Desa Sragi

 Makhluk halus.
Ilustrasi Makhluk halus. Sumber: IST

Nah, ini dia bagian yang ditunggu-tunggu, Sobat Suka Fakta! Desa Sragi bukan hanya dikenal karena bangunan sakralnya, tapi juga cerita-cerita mistis tentang penampakan makhluk halus. Banyak penduduk desa yang mengaku pernah melihat makhluk-makhluk gaib di sekitar desa. Bahkan, mereka yang memiliki indra keenam sering kali melihat penampakan sosok-sosok misterius atau mendengar suara-suara aneh.

Cerita-cerita mistis ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari penduduk Desa Sragi. Misalnya, ada cerita tentang penampakan seorang wanita bergaun putih yang sering terlihat di sekitar pohon besar dekat bangunan sakral.

Konon, wanita ini adalah penunggu pohon tersebut dan sering menampakkan diri pada malam hari. Suara tangisnya yang lirih sering kali terdengar oleh penduduk sekitar, menambah kesan angker pada tempat ini.

Ada juga cerita tentang sosok pria tua berjanggut panjang yang sering terlihat berjalan di jalan-jalan desa pada malam hari. Penduduk percaya bahwa sosok ini adalah arwah dari seorang leluhur desa yang masih menjaga ketenangan dan keamanan Desa Sragi. Sosok ini konon sering memberikan pertanda atau peringatan kepada penduduk jika akan ada kejadian penting atau bencana yang akan datang.

Selain penampakan, banyak juga cerita tentang suara-suara aneh yang sering terdengar di malam hari. Suara langkah kaki di atas atap rumah, suara orang menangis di tengah malam, atau suara gamelan yang tiba-tiba terdengar tanpa ada yang memainkannya. Suara-suara ini sering kali membuat merinding penduduk, terutama mereka yang tinggal dekat dengan lokasi-lokasi yang dianggap angker.

Sob, cerita tentang penampakan ini nggak cuma bikin merinding, tapi juga menambah daya tarik Desa Sragi bagi para pecinta misteri dan peneliti paranormal. Banyak peneliti dan pemburu hantu yang datang ke Desa Sragi untuk mencari bukti dan mengungkap kebenaran di balik cerita-cerita mistis ini. 

Gimana, Sobat Suka Fakta? Seru banget kan cerita-cerita dari Desa Sragi ini? Nah, kita masih punya satu cerita seru lagi tentang mitos Istana Semar yang terhiasi emas. Jangan sampai ketinggalan!

4. Istana Semar hanya Bisa Dilihat oleh Orang-Orang Terpilih

Istana semar
Ilustrasi istana semar yang dihias dengan emas. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta,sekarang kita lanjut ke salah satu mitos paling menarik di Desa Sragi, yaitu Istana Semar yang konon berhias emas. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, di balik rerimbunan pepohonan di Desa Sragi, tersembunyi sebuah istana megah yang menjadi tempat tinggal Semar dan keluarganya.

Istana ini dikatakan sangat indah dan penuh dengan hiasan emas. Meskipun tidak semua orang bisa melihatnya, namun orang-orang yang memiliki kemampuan khusus atau yang “terpilih” sering mengaku pernah melihat sekilas kemegahan istana ini. 

Cerita tentang Istana Semar ini tidak hanya berhenti di situ, Sob. Banyak yang percaya bahwa di dalam istana ini tersimpan berbagai benda pusaka yang memiliki kekuatan magis. Benda-benda ini konon digunakan oleh Semar untuk melindungi desa dan masyarakatnya.

Keberadaan istana ini juga sering dikaitkan dengan berbagai fenomena gaib yang terjadi di desa, seperti penampakan makhluk halus dan suara-suara aneh yang sering terdengar.

Mitos Istana Semar ini menambah keunikan dan daya tarik Desa Sragi, terutama bagi mereka yang tertarik dengan cerita-cerita mistis dan budaya Jawa. Banyak wisatawan yang datang ke desa ini dengan harapan bisa melihat atau merasakan sendiri keajaiban yang diceritakan dalam mitos ini. 

5. Misteri di Desa Sragi Mempengaruhi Budaya dan Pariwisata Setempat

Wayang
Potret Wayang. Sumber: IST

Sob, selanjutnya kita bahas tentang bagaimana misteri-misteri di Desa Sragi mempengaruhi budaya lokal dan pariwisata. Desa yang penuh dengan cerita mistis ini ternyata menjadi magnet bagi wisatawan, terutama mereka yang tertarik dengan hal-hal berbau mistis dan budaya Jawa. 

Pengaruh budaya Jawa sangat kental terasa di Desa Sragi. Masyarakatnya masih memegang teguh tradisi-tradisi leluhur dan sering mengadakan berbagai upacara adat. Salah satu yang paling terkenal adalah “Selametan Semar” yang sudah kita bahas sebelumnya. Upacara ini tidak hanya menjadi ajang berkumpulnya warga, tapi juga menarik minat wisatawan yang ingin melihat langsung bagaimana budaya Jawa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain upacara adat, desa ini juga terkenal dengan kerajinan tangan dan suvenir yang berhubungan dengan kisah Semar dan makhluk halus. Produk-produk ini sangat diminati oleh wisatawan sebagai oleh-oleh. Misalnya, patung-patung Semar, wayang kulit, dan berbagai benda lain yang menggambarkan tokoh-tokoh pewayangan. Pertumbuhan pariwisata ini membawa dampak positif bagi perekonomian lokal, membantu meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Desa Sragi juga sering dijadikan lokasi penelitian oleh akademisi dan peneliti yang tertarik dengan budaya dan fenomena mistis. Mereka melakukan berbagai studi untuk memahami lebih dalam tentang kepercayaan dan tradisi masyarakat setempat. Penelitian ini tidak hanya memperkaya pengetahuan akademis, tetapi juga membantu melestarikan budaya dan tradisi yang ada di Desa Sragi.

6. Masyarakat dan Pemerintah Bekerja Sama dalam Pelestarian Budaya

Sekolah desa Sragi
Potret sekolah yang ada di desa Sragi. Sumber: smpn4sragi.sch.id

Sobat Suka Fakta, dengan semakin terkenalnya Desa Sragi sebagai tempat yang memiliki nilai budaya dan mistis yang tinggi, upaya pelestarian dan konservasi warisan budaya semakin menjadi perhatian. 

Pemerintah setempat bersama dengan komunitas masyarakat berusaha untuk melestarikan cerita-cerita nenek moyang dan menjaga keaslian tempat-tempat bersejarah yang menjadi bagian dari identitas Desa Sragi.

Salah satu langkah yang diambil adalah mendokumentasikan cerita-cerita dan kepercayaan masyarakat dalam bentuk tulisan dan rekaman. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa warisan budaya ini tidak hilang atau terlupakan oleh generasi mendatang. Selain itu, pemerintah juga bekerja sama dengan para akademisi untuk melakukan penelitian dan pengkajian lebih lanjut tentang budaya dan kepercayaan yang ada di Desa Sragi.

Pemerintah dan masyarakat berusaha untuk merawat dan menjaga bangunan-bangunan bersejarah serta situs-situs sakral yang ada di desa ini. Perawatan rutin dan restorasi dilakukan untuk memastikan bahwa bangunan tersebut tetap terjaga keasliannya dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Selain itu, edukasi juga menjadi bagian penting dalam upaya pelestarian budaya. Sekolah-sekolah di Desa Sragi mengajarkan tentang sejarah dan budaya lokal kepada para siswa. Dengan cara ini, generasi muda diharapkan dapat menghargai dan melanjutkan tradisi serta kepercayaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka.

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah membahas tentang berbagai upaya pelestarian budaya di Desa Sragi, kita lanjut ke bagian yang nggak kalah seru, yaitu bagaimana Desa Sragi dikenal sebagai salah satu desa paling angker di Indonesia. Penasaran? Yuk, kita lanjut!

7. Desa Sragi Dikenal sebagai Desa Angker di Indonesia

Desa sragi
Ilustrasi Makhlus halus desa Sragi. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita masuk ke bagian yang cukup menegangkan, yaitu bagaimana desa ini dikenal sebagai salah satu desa paling angker di Indonesia. Julukan ini tentu tidak muncul begitu saja. Ada banyak cerita dan pengalaman dari penduduk setempat serta pengunjung yang menguatkan reputasi angker Desa Sragi.

Cerita-cerita mencekam ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di Desa Sragi. Banyak penduduk yang mengaku pernah mengalami atau mendengar kisah-kisah horor yang membuat bulu kuduk merinding. Misalnya, ada cerita tentang seorang wanita bergaun putih yang sering muncul di malam hari, berjalan di sekitar desa, dan penampakannya sering disertai dengan suara tangisan yang memilukan.

Selain itu, ada juga cerita tentang sosok anak kecil yang sering bermain di sekitar bangunan sakral. Anak kecil ini sering terlihat bermain sendirian, namun ketika didekati, ia tiba-tiba menghilang. Banyak yang percaya bahwa anak kecil ini adalah arwah dari anak yang pernah tinggal di desa ini pada masa lalu.

Bukan hanya itu, banyak pengunjung yang mengaku pernah mengalami gangguan saat mengunjungi Desa Sragi, terutama pada malam hari. Ada yang merasa diawasi, ada yang mendengar suara langkah kaki tanpa ada orang di sekitarnya, dan ada juga yang melihat bayangan-bayangan misterius yang bergerak cepat. Pengalaman-pengalaman ini membuat banyak orang percaya bahwa Desa Sragi Para Paranormal Belum Berhasil Memecahkan Semua Misteri yang Disimpan oleh Desa Sragimemang benar-benar angker.

Cerita-cerita mistis tentang Desa Sragi ini juga menarik perhatian para peneliti paranormal dari berbagai daerah, Sob. Banyak peneliti yang datang ke Desa Sragi untuk menyelidiki kebenaran di balik cerita-cerita angker ini. Mereka membawa berbagai peralatan canggih seperti kamera inframerah, alat perekam suara, dan sensor gerak untuk mencoba menangkap fenomena gaib yang sering dilaporkan oleh penduduk setempat.

Peneliti paranormal ini sering menghabiskan waktu berhari-hari di Desa Sragi, terutama di lokasi-lokasi yang dianggap paling angker. Mereka melakukan berbagai eksperimen dan pengamatan untuk mengungkap kebenaran di balik penampakan dan suara-suara aneh yang sering terdengar. 

Beberapa dari mereka bahkan berhasil menangkap bukti-bukti yang cukup mengejutkan, seperti rekaman suara tanpa sumber yang jelas atau gambar bayangan misterius yang tertangkap kamera.

Sobat, meskipun sudah banyak bukti yang dikumpulkan, misteri Desa Sragi masih belum sepenuhnya terungkap. Banyak peneliti yang kembali dengan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Hal ini justru menambah daya tarik Desa Sragi bagi para pencinta misteri dan paranormal.

8. Jadi Destinasi Favorit Bagi Si Pecinta Petualangan Gaib

Sobat Suka Fakta, siapa sangka cerita-cerita angker tentang Desa Sragi ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak orang yang penasaran dan ingin merasakan sendiri atmosfer misterius desa ini, menjadikannya destinasi favorit wisata mistis dan petualangan gaib.

Wisatawan yang datang ke Desa Sragi biasanya mengikuti tur mistis yang dipandu oleh penduduk setempat. Tur ini membawa mereka ke berbagai lokasi yang dianggap angker, seperti bangunan sakral tempat tinggal Semar, pohon besar tempat penampakan wanita bergaun putih, dan rumah-rumah tua yang penuh dengan cerita horor. Selama tur, pemandu akan menceritakan berbagai kisah mistis dan pengalaman yang pernah dialami oleh penduduk atau pengunjung sebelumnya.

Bagi mereka yang berani, Desa Sragi juga menawarkan pengalaman menginap di rumah-rumah tradisional yang terkenal angker. Banyak wisatawan yang tertantang untuk bermalam di tempat-tempat ini dengan harapan bisa merasakan sendiri fenomena gaib yang sering diceritakan. Meskipun sering kali mereka merasa takut, namun pengalaman ini memberikan sensasi tersendiri yang membuat banyak orang kembali lagi ke Desa Sragi.

Pengalaman wisata mistis ini juga membantu meningkatkan perekonomian lokal. Banyak penduduk yang mendapatkan penghasilan tambahan dari tur mistis, penginapan, serta penjualan suvenir dan kerajinan tangan. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun cerita-cerita angker sering kali menimbulkan ketakutan, namun mereka juga membawa berkah bagi masyarakat Desa Sragi.

9. Kesaksian Pengunjung yang Mengalami Kejadian Mistis di Desa Sragi

Makhluk halus
Ilustrasi Makhluk halus. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, selain cerita-cerita dari penduduk setempat, banyak juga kesaksian dari pengunjung yang pernah mengalami pengalaman mistis di Desa Sragi. Kisah-kisah mereka menambah panjang daftar fenomena gaib yang membuat desa ini semakin terkenal sebagai salah satu desa paling angker di Indonesia.

Beberapa pengunjung mengaku melihat sosok wanita bergaun putih yang sering muncul di sekitar pohon besar dekat bangunan sakral. Sosok ini sering terlihat pada malam hari, berjalan pelan dengan suara tangisan yang mengiringi langkahnya. Banyak yang percaya bahwa wanita ini adalah arwah penunggu pohon tersebut.

Ada juga cerita dari pengunjung yang pernah bermalam di rumah-rumah tradisional Desa Sragi. Mereka mengaku mendengar suara-suara aneh seperti langkah kaki di atap, pintu yang terbuka dan tertutup sendiri, serta suara orang menangis di tengah malam. Pengalaman-pengalaman ini membuat mereka yakin bahwa Desa Sragi memang penuh dengan fenomena gaib.

Selain itu, beberapa wisatawan yang mengikuti tur mistis mengaku melihat bayangan-bayangan misterius yang bergerak cepat dan mendengar suara gamelan tanpa ada yang memainkannya. Kesaksian-kesaksian ini semakin menguatkan reputasi Desa Sragi sebagai desa yang penuh dengan misteri dan keajaiban gaib.

10. Cerita Mistis Desa ini Dimanfaatkan untuk Memajukan Sektor Pariwisata

pertunjukan wayang
Potret pertunjukan wayang. Sumber: Instagram @cinema.21

Dengan semakin banyaknya cerita mistis dan reputasi Desa Sragi sebagai desa angker, pemerintah setempat tidak tinggal diam. Mereka melihat potensi ini sebagai peluang untuk mengembangkan pariwisata desa dengan cara yang positif dan terarah. Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan untuk memastikan bahwa cerita-cerita mistis ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat desa tanpa menimbulkan ketakutan berlebihan.

Pemerintah setempat bekerja sama dengan masyarakat untuk mengadakan acara-acara budaya yang mengangkat cerita-cerita mistis tersebut. Misalnya, diadakan festival budaya yang menampilkan pertunjukan wayang kulit dengan cerita-cerita pewayangan yang berkaitan dengan Semar dan fenomena gaib di Desa Sragi. 

Selain itu, pemerintah juga mengembangkan paket wisata mistis yang terorganisir dengan baik. Paket wisata ini melibatkan pemandu lokal yang berpengalaman dan bisa memberikan informasi yang akurat serta menjaga keselamatan wisatawan. Dengan demikian, pengunjung bisa menikmati pengalaman mistis di Desa Sragi dengan cara yang aman dan terkendali.

Pemerintah juga berusaha untuk menjaga kebersihan dan keindahan desa, sehingga wisatawan merasa nyaman dan tertarik untuk berkunjung. Infrastruktur desa, seperti jalan dan fasilitas umum, diperbaiki dan ditingkatkan untuk mendukung aktivitas pariwisata. Semua ini dilakukan untuk memastikan bahwa Desa Sragi bisa berkembang sebagai destinasi wisata yang menarik tanpa mengabaikan kesejahteraan masyarakat lokal.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah kita menjelajahi berbagai sisi Desa Sragi, kita bisa melihat bahwa desa ini memang penuh dengan misteri dan keajaiban. Dari bangunan sakral yang diyakini sebagai tempat tinggal Semar, hingga cerita-cerita penampakan makhluk halus yang sering muncul di desa ini, semuanya menambah kekayaan cerita dan daya tarik Desa Sragi.

Mitos tentang Istana Semar yang terhiasi emas juga menjadi salah satu cerita yang membuat banyak orang penasaran dan ingin berkunjung ke desa ini. Pengaruh budaya Jawa yang kental terlihat jelas dalam berbagai tradisi dan upacara yang masih dipraktikkan oleh masyarakat setempat. Semua ini menjadikan Desa Sragi tidak hanya sebagai tempat yang menarik bagi para pencinta mistis, tetapi juga bagi mereka yang tertarik dengan budaya dan sejarah Jawa.

Cerita-cerita mistis yang dulu mungkin menakutkan, kini justru menjadi daya tarik utama yang mengundang banyak wisatawan untuk datang dan merasakan sendiri atmosfer misterius desa ini. Dengan berbagai fakta dan mitos yang ada, Desa Sragi adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi mereka yang ingin merasakan sensasi wisata mistis sekaligus belajar tentang budaya Jawa.

REFERENSI:

  • Galeri Sumba. (n.d.). Misteri Desa Sragi: Tempat Tinggal Semar dan Penampakan Makhluk Halus di Balik Kemegahan Istana Emas. Diakses dari https://www.galerisumba.com/seni-budaya/8769596515/misteri-desa-sragi-tempat-tinggal-semar-dan-penampakan-makhluk-halus-di-balik-kemegahan-istana-emas?page=2
  • Akurat Jateng. (n.d.). Penelusuran Desa Paling Angker di Indonesia: Misteri Desa Sragi, Jejak Kisah Angker di Tanah Pewayangan. Diakses dari https://jateng.akurat.co/sejarah-misteri/1334445811/penelusuran-desa-paling-angker-di-indonesia-misteri-desa-sragi-jejak-kisah-angker-di-tanah-pewayangan?page=2
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *