Misteri

Misteri Kota Tua Jakarta, Ada Pohon Tempat Membuang Kepala Tentara

121
×

Misteri Kota Tua Jakarta, Ada Pohon Tempat Membuang Kepala Tentara

Sebarkan artikel ini
Komplek Kota Tua
Fakta & Mitos Tentang Komplek Kota Tua Jakarta. Sumber: visitpurbalingga

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalo ngomongin soal hal-hal horor di Indonesia pasti gak akan ada abisnya sih, ya kan?! Pasalnya, Indonesia memang memiliki sejuta cerita mistis di berbagai wilayahnya, dan semua cerita ini menarik banget buat dibahas.

Mulai dari Lawang Sewu, Taman Nasional Alas Purwo, Desa Trunyan, Gunung Kawi, Fort Rotterdam, Pantai Parangkusumo, Benteng Vredeburg, Hotel Pondok Indah Bedugul, Pabrik Gula Colomadu, hingga Komplek Kota Tua Jakarta. Semua itu dikenal sebagai tempat terangker di Indonesia, Sob!

Nah, di artikel ini kita bakal fokus membedah misteri Kota Tua Jakarta. Komplek yang terkenal dengan sejarahnya yang kental ini memang telah jadi ikonik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Kini, komplek tua itu bahkan dijadikan sebagai tempat wisata.

Tapi Sob, di balik tempatnya yang ikonik dengan nuansa klasik itu, ternyata Kota Tua Jakarta menyimpan segudang kisah mistis. Yup! Kisah mistis itu gak lepas dari sejarahnya di masa lalu yang cukup kelam. Penasaran, kan?! Yuk, langsung aja kita kulik satu per satu! 

Sejarah Kota Tua Jakarta

Festival Kota tua.
Potret Wisata Kota tua. Sumber: m.beritajakarta.id

Kota Tua Jakarta, yang dulu dikenal sebagai Batavia, didirikan oleh VOC Belanda pada awal abad ke-17, tepatnya pada tahun 1619. VOC membangun kota ini sebagai pusat perdagangan di Asia Tenggara. 

Sebelumnya, kawasan ini sudah ada sejak tahun 1526 pada zaman Kesultanan Demak, tapi Belanda lah yang merubahnya menjadi kota dengan gaya arsitektur Eropa. Dulu, Batavia adalah pusat dari segala aktivitas perdagangan di wilayah ini. 

Dengan desain kota yang rapi seperti kisi-kisi, lengkap dengan benteng, kanal, dan gedung-gedung megah, Batavia jadi jantungnya aktivitas ekonomi Belanda di Timur. Bahkan, Pelabuhan Sunda Kelapa yang masih ada hingga sekarang, menjadi saksi bisu bagaimana sibuknya perdagangan di masa itu.

Seiring berjalannya waktu, Kota Tua mengalami banyak perubahan. Dari masa penjajahan Belanda, masa perang kemerdekaan, hingga sekarang menjadi salah satu destinasi wisata paling hits di Jakarta. Meskipun banyak bangunan yang sudah direnovasi, pesona klasiknya tetap terjaga, membuat kita seakan-akan melangkah ke masa lalu setiap kali berkunjung ke sana.

Misteri di Kota Tua Jakarta

1. Ada Kuburan di Museum Wayang

Kuburan Museum wayang
Potret kuburan pendiri Batavia di Museum wayang. Sumber: Dok. epigraphyscorner.blogspot.com

Museum Wayang dikenal sebagai salah satu tempat paling angker di Kota Tua. Di dalam museum ini, konon terdapat kuburan seorang pejabat Belanda yang membuat suasana semakin mistis. 

Cerita yang paling terkenal adalah suara gamelan yang sering terdengar pada malam hari, padahal tidak ada siapa-siapa di dalam museum. Selain itu, ada juga suara tentara Belanda yang berbaris dengan aba-aba dalam bahasa Belanda. Bikin bulu kuduk merinding, kan?

2. Lonceng Kematian di Museum Sejarah Jakarta

 Lonceng kematian.
Ilustrasi Lonceng kematian. Sumber: IST

Museum ini juga nggak kalah seram. Banyak pengunjung yang merasakan suasana aneh dan nggak nyaman saat berkunjung ke sini. Salah satu cerita yang terkenal adalah bau amis darah yang tiba-tiba tercium dan suara tangisan yang sering terdengar. 

Museum ini juga memiliki lonceng yang disebut lonceng kematian. Kalau kamu berani datang ke sini malam hari, mungkin saja kamu bisa mendengar lonceng kematian berbunyi tanpa ada yang membunyikannya.

3. Noni Belanda di Jembatan Kota Intan

None Belanda.
Ilustrasi Noni Belanda. Sumber: ISt

Jembatan Kota Intan, atau dikenal sebagai Jembatan Pasar Ayam, juga punya cerita horor. Penampakan noni Belanda yang berdiri di tengah jembatan dan tentara Belanda yang berpatroli sering terlihat di sini. Jembatan ini sudah ada sejak zaman VOC dan menjadi saksi bisu banyak peristiwa bersejarah.

4. Pohon Tengkorak, Tempat Pembuangan Kepala

Meriam di Kota tua
Potret Meriam di Kota tua. Sumber: Dok. yukswisata.blogspot.com

Di depan Museum Sejarah Jakarta, ada sebuah pohon kecil yang terletak di dekat meriam. Konon, pohon ini adalah tempat pembuangan kepala-kepala tentara yang dipenggal di masa lalu. Banyak pengunjung yang mengaku melihat penampakan tengkorak di sekitar pohon ini. Ngeri, ya?

5. Jeritan di Penjara Wanita 

Penjara wanita
Potret Penjara bawah tanah wanita. Sumber: Dok. ekafikry.com

Di bagian bawah tanah Museum Sejarah Jakarta, ada penjara yang dulu khusus untuk wanita. Dari dalam penjara ini, sering terdengar suara jeritan perempuan dan musik kolonial pada malam hari. Bayangin aja, suara-suara itu muncul dari ruangan gelap dan sempit. Siap-siap merinding kalau kamu berkunjung ke sini!

6. Tangisan dari Toko Merah

Toko merah
Kolase tampak luar dan dalam Toko merah. Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Bangunan berarsitektur Tionghoa ini dulunya merupakan tempat penyiksaan dan pembantaian etnis Tionghoa. Akibat peristiwa mengerikan itu, sering kali terdengar suara tangisan wanita dan langkah kaki tentara dari dalam bangunan. Meski sekarang Toko Merah terlihat bagus untuk spot foto, tapi cerita-cerita horor tetap melekat di sini.

7. Hantu Leher Putus di Cafe Batavia

kota tua jakarta
Kolase Cafe batavia zaman dahulu dan sekarang. Sumber: id.pinterest.com

Cafe Batavia punya suasana yang sangat kental dengan masa peradaban Belanda. Tapi, ada cerita horor yang cukup terkenal di sini. Beberapa pengunjung mengaku melihat hantu pria dengan leher hampir putus di sudut kamar kecil pria. Bayangin, hantu itu terus memegangi lehernya sambil merintih kesakitan. Serem banget, kan?

8. Hantu Pelaut di Pelabuhan Sunda Kelapa

Perlabuhan sunda kelapa
Potret Perlabuhan sunda kelapa pada zaman dahulu. Sumber: Arsip Nasional

Pelabuhan Sunda Kelapa juga punya cerita mistis. Banyak warga yang sering melihat penampakan hantu pelaut yang bergantungan di kapal nelayan atau kapal feri yang sedang beroperasi. Selain itu, ada juga penampakan bayangan kapal misterius yang selalu muncul saat bulan purnama.

Nah, itu dia beberapa cerita horor yang terkenal di Kota Tua Jakarta. Bagaimana menurut kalian, Sobat Suka Fakta? Serem tapi bikin penasaran, kan? Kalau kamu punya nyali lebih, coba deh kunjungi tempat-tempat ini malam hari. Siapa tahu kamu bisa merasakan sendiri pengalaman mistis di sana. Tapi ingat, tetap jaga diri dan jangan lupa ajak teman biar nggak sendirian!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, Kota Tua Jakarta adalah destinasi yang memadukan keindahan sejarah dan kisah-kisah mistis yang menarik. Setiap sudut Kota Tua menawarkan pengalaman unik. Bangunan-bangunan tua di sana bukan hanya saksi bisu sejarah panjang Jakarta, tetapi juga sumber dari berbagai cerita horor yang menarik perhatian.

Bagi yang belum pernah berkunjung, Kota Tua Jakarta adalah tempat yang wajib dikunjungi untuk merasakan kombinasi antara keindahan sejarah dan cerita horor yang unik. Dan bagi yang sudah pernah, selalu ada cerita baru untuk ditemukan dan pengalaman yang bisa dibagikan. 

REFERENSI

  • Rukita. (2023). Bikin Merinding, Ini 8 Cerita Horor di Kota Tua Jakarta. Diakses dari https://www.rukita.co/stories/cerita-horor-di-kota-tua
  • Harian Memo Kepri. (2023). 5 Kisah Mistis di Kota Tua Jakarta yang Bikin Merinding Inilah Kisah Selengkapnya. Diakses dari https://harianmemokepri.com/misteri/5-kisah-mistis-di-kota-tua-jakarta-yang-bikin-merinding-inilah-kisah-selengkapnya/
  • Urban Jabar. (2023). Kaya Akan Sejarah, Fakta Unik Tentang Kota Tua Ini Mungkin Belum Kamu Tahu. Diakses dari https://garut.urbanjabar.com/wisata/8969312141/kaya-akan-sejarah-fakta-unik-tentang-kota-tua-ini-mungkin-belum-kamu-tahu
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *