Misteri

Misteri Taman Festival Sanur di Bali, Dipenuhi Dengan Semak dan Pepohonan

89
×

Misteri Taman Festival Sanur di Bali, Dipenuhi Dengan Semak dan Pepohonan

Sebarkan artikel ini
Taman Festival Sanur.
Fakta & Mitos Tentang Taman Festival Sanur. Sumber: befreetour

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa yang nggak penasaran dengan tempat-tempat bersejarah dan penuh misteri? Nah, kali ini kita akan bahas tentang salah satu tempat menyeramkan di Bali. Kota ini memang memiliki banyak tempat-tempat atau tradisi yang unik, seperti tradisi leak yang sangat terkenal. 

Lalu, apa itu Taman Festival Sanur? Sebuah taman hiburan di Bali yang dulunya megah banget, tapi sekarang berubah jadi puing-puing dan dipenuhi semak belukar.

Taman ini terletak di dekat Pantai Padang Galak dan dulunya jadi daya tarik utama bagi wisatawan. Bayangin aja, ada teater 3D, gunung buatan yang terus meletus, dan kolam buaya. Keren, kan?

Tapi, semua itu sekarang tinggal kenangan. Taman yang dulu ramai kini terbengkalai dan punya aura mistis yang bikin merinding. Banyak misteri Taman Festival Sanur yang akhirnya menjadi tujuan bagi mereka yang suka tantangan horor. Seiring berjalannya waktu, Taman Festival Sanur jadi saksi bisu sejarah panjang dari kejayaan hingga keterpurukan.

Di artikel ini, kita bakal kupas tuntas sejarah dan misteri Taman Festival Sanur. Mulai dari awal pembangunannya, alasan kenapa bisa tutup, kondisi terkini, sampai cerita-cerita seram yang bikin penasaran. 

Buat Sobat yang pengen tahu lebih banyak tentang Fakta Taman Festival Sanur, artikel ini bakal jadi panduan lengkap dan seru banget. Yuk, kita mulai petualangan ini dan ungkap setiap sisi dari taman yang penuh teka-teki ini!

Sejarah Taman Festival Sanur

Taman festival sanur bal
Potret Taman festival Sanur Bali sekarang. Sumber: thetravelauthor

Oke Sobat Suka Fakta, sekarang kita bahas bagaimana sejarah Taman Festival Sanur di Bali? Awalnya, taman ini dibangun dengan harapan menjadi salah satu destinasi wisata paling megah di Bali. Berlokasi strategis di dekat Pantai Padang Galak, pembangunan taman ini didukung oleh pemerintah dengan investasi besar mencapai 1 triliun IDR. 

Bayangkan, dengan dana sebesar itu, mereka berhasil menciptakan berbagai atraksi menarik seperti kolam renang terbesar di Bali, bioskop 3D yang masih jarang ditemui pada masa itu, kebun binatang, gunung buatan, pertunjukan laser yang sangat mahal, dan bahkan roller coaster terbalik pertama di dunia!

Taman Festival Sanur resmi dibuka pada tahun 1997 dengan harapan bisa menarik banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Dan ternyata, antusiasme masyarakat sangat tinggi! Banyak yang terpukau dengan atraksi-atraksi spektakuler yang ditawarkan taman ini. Bahkan, taman ini sempat menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi di Bali.

Namun sayangnya, keberuntungan tidak selalu berpihak pada Taman Festival Sanur. Meskipun awalnya penuh harapan, taman ini menghadapi berbagai masalah. Tahun 1998, petir menyambar mesin yang diperlukan untuk pertunjukan laser, menyebabkan kerusakan yang tidak bisa diperbaiki. 

Ditambah lagi, masalah keuangan mulai menghantui taman ini. Meskipun sudah banyak upaya untuk mengatasi masalah ini, taman akhirnya dinyatakan bangkrut pada tahun 1999. Keadaan semakin memburuk setelah serangan teroris tahun 2002 di Bali, yang membuatnya semakin sulit untuk menarik kembali minat wisatawan.

Pada akhirnya, kepemilikan tanah tersebut dilelang dan hingga kini tidak jelas siapa yang secara hukum memiliki taman tersebut. Taman Festival Sanur pun ditinggalkan begitu saja dan perlahan-lahan berubah menjadi tempat terbengkalai yang dipenuhi semak belukar.

Misteri Taman Festival Sanur

 misteri taman festival sanur
Ilustrasi makhluk halus di dalam gedung. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah membahas sejarah Taman Festival Sanur, sekarang saatnya kita masuk ke bagian yang paling bikin merinding, yaitu misteri dan legenda yang menyelimuti taman ini. Siap-siap, ya!

1. Kisah Seram yang Beredar

Setelah taman ini ditinggalkan, banyak cerita seram yang mulai beredar di kalangan masyarakat. Salah satu kisah yang paling terkenal adalah tentang suara-suara misterius yang sering terdengar di malam hari. Banyak pengunjung yang mengaku mendengar suara langkah kaki, bisikan, dan bahkan jeritan yang tidak jelas asal-usulnya.

2. Penampakan Sosok Misterius

Tidak hanya suara-suara aneh, beberapa orang juga melaporkan melihat sosok-sosok mengerikan di dalam taman ini. Ada yang mengatakan pernah melihat bayangan hitam yang bergerak cepat, sementara yang lain mengaku melihat penampakan hantu di sekitar bangunan yang sudah rusak. Bahkan, ada cerita tentang buaya-buaya kanibal yang masih berkeliaran di area kolam buaya yang dulu ada di taman ini. Seram banget, kan?

3. Aura Mistis di Pohon Besar

Di bagian tengah bangunan utama, terdapat sebuah pohon besar yang dikelilingi oleh berbagai cerita mistis. Pohon ini dipercaya memancarkan aura mistis yang sangat kuat, membuat siapa saja yang mendekatinya merasa tidak nyaman. Banyak yang mengatakan bahwa pohon ini menjadi tempat bersemayamnya roh-roh yang tidak tenang.

4. Uji Nyali di Taman Festival

Karena banyaknya cerita seram yang beredar, Taman Festival Sanur sering dijadikan lokasi uji nyali oleh para pecinta horor. Mereka datang ke sini untuk merasakan sendiri sensasi mistis yang ada di taman ini. Namun, hampir semua yang datang memilih untuk tidak sendirian karena takut dengan fenomena aneh yang mungkin terjadi.

5. Testimoni Pengunjung Taman Festival Sanur

Banyak pengunjung yang memberikan testimoni tentang pengalaman mereka di Taman Festival Sanur. Beberapa di antaranya merasa merinding dan tidak nyaman selama berada di dalam taman, bahkan pada siang hari. Ada juga yang mengaku melihat bayangan atau mendengar suara aneh, membuat mereka percaya bahwa tempat ini memang angker.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, akhirnya kita sampai di penghujung artikel tentang Taman Festival Sanur yang penuh misteri ini. Dari awal yang megah, taman ini berubah menjadi tempat yang terbengkalai dan penuh cerita seram. Lokasi strategis di dekat Pantai Padang Galak dengan atraksi spektakuler dulunya membuat taman ini selalu ramai pengunjung.

Namun, karena berbagai masalah seperti kerusakan mesin laser akibat sambaran petir dan kesulitan keuangan, taman ini akhirnya ditutup dan dibiarkan terbengkalai. Sekarang, Taman Festival Sanur dipenuhi semak belukar dan pohon besar yang memancarkan aura mistis. Banyak pengunjung yang melaporkan pengalaman seram seperti mendengar suara aneh dan melihat penampakan sosok mengerikan.

Bagi kalian yang suka tantangan dan misteri, Taman Festival Sanur bisa menjadi destinasi menarik untuk dijelajahi. Namun, selalu ingat untuk berhati-hati dan tidak sendirian saat mengunjungi tempat ini. Meskipun banyak cerita seram, Taman Festival Sanur juga memiliki sisi artistik dengan banyaknya grafiti karya seniman terkenal yang menghiasi bangunannya.

Jadi, apakah kalian tertarik untuk mengunjungi Taman Festival Sanur dan merasakan sendiri aura mistisnya? Atau mungkin kalian lebih suka menikmati keindahan pantai di sekitarnya? Apapun pilihan kalian, pastikan untuk selalu berhati-hati dan menikmati setiap momen petualangan kalian. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sobat Suka Fakta! Sampai jumpa di petualangan berikutnya!

REFERENSI

  • DenpasarKota.go.id. (n.d.). Cerita dan Misteri Tentang Taman Festival Padang Galak. Diakses dari https://www.denpasarkota.go.id/wisata/cerita-dan-misteri-tentang-taman-festival-padang-galak
  • GuideYourTravel.com. (n.d.). TAMAN FESTIVAL BALI – TAMAN HIBURAN YANG HILANG DI PANTAI. Diakses dari https://guideyourtravel.com/taman-festival-bali-an-abandoned-theme-park-right-on-the-beach/
  • Kumparan.com. (n.d.). Taman Festival Bali. Diakses dari https://kumparan.com/dukun-millennial/taman-festival-bali/full
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *