Misteri

Mitos dan Fakta Babi Ngepet, Masih Dipercaya Keberadaannya oleh Masyarakat

116
×

Mitos dan Fakta Babi Ngepet, Masih Dipercaya Keberadaannya oleh Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Fakta & Mitos Tentang Babi Ngepet.
Fakta & Mitos Tentang Babi Ngepet. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Kalian pasti sudah nggak asing lagi dengan cerita mistis yang satu ini: babi ngepet. Ya, buat kalian yang tinggal di pulau Jawa, pasti sudah sering dengar cerita tentang babi ngepet. Cerita ini nggak cuma sekedar mitos yang diceritain turun-temurun, tapi juga mencerminkan banyak ha; tentang kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Di artikel ini, kita bakal kupas tuntas soal mitos dan fakta babi ngepet, mulai dari asal-usulnya yang dipercaya berasal dari Gunung Kawi, sampai berbagai kejadian masa kini yang melibatkan babi ngepet. Dari mitos-mitos yang beredar, ternyata cerita babi ngepet memengaruhi pandangan masyarakat, lho.

Eits, tapi, Sob, babi ngepet bukan cuma cerita horor buat nakutin orang, namun juga mencerminkan berbagai aspek sosial, budaya, dan ekonomi di masyarakat kita. Nah, untuk kalian yang penasaran dengan fakta dan mitos seputar babi ngepet, yuk kita mulai menyelami cerita rakyat Indonesia yang menarik ini, Sobat Suka Fakta! 

Asal Usul Babi Ngepet

Babi
Potret hewan babi. Sumber: Pexels

Sebenarnya, dari mana sih asal usul babi ngepet? Menurut mitos yang beredar, babi ngepet ini dipercaya berasal dari Gunung Kawi di Malang, Jawa Timur. 

Gunung Kawi dikenal sebagai tempat yang mistis dan sering dikaitkan dengan berbagai ritual pesugihan atau ilmu hitam yang bertujuan untuk mendapatkan kekayaan secara instan. Konon, orang-orang yang ingin menguasai ilmu hitam pesugihan ini harus melakukan ritual khusus di Gunung Kawi. 

Mereka harus memberikan sesajen dan uang mahar kepada penjaga gunung, serta membuat perjanjian menyerahkan tumbal nyawa kerabat dekat yang mereka sayangi. Ritual ini biasanya melibatkan anak mereka sendiri sebagai tumbal. Kalau nggak memenuhi janji ini, nyawa pelaku sendiri yang bakal jadi gantinya. Serem banget, kan?

Mitos Tentang Babi Ngepet

Kalau bicara tentang babi ngepet, pastinya enggak terpisah dari mitos-mitos yang mengelilingi sosok jelmaan binatang yang seram ini. Nah, berikut ini adalah mitos-mitos tentang babi ngepet yang tersebar di masyarakat.

Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Transformasi Manusia Menjadi Babi Ngepet

fakta babi ngepet
Potret ritual Babi ngepet. Sumber: IST

Menurut mitos, seseorang bisa berubah menjadi babi ngepet setelah menjalani ritual khusus. Biasanya, ritual ini dilakukan oleh sepasang suami istri. Sang suami akan berubah menjadi babi, sedangkan istrinya bertugas menjaga lilin agar tetap menyala. Lilin ini sangat penting, karena jika apinya padam, si suami akan kesulitan kembali ke bentuk manusia.

2. Proses Ritual Pesugihan

Ritual pesugihan.
Ilustrasi Ritual pesugihan. Sumber: Freepik/richardnazaretyan

Sebelum melakukan ritual, pelaku harus berpuasa beberapa hari dan menyiapkan sesaji seperti kembang setaman, minyak wangi, kopi pahit, jajanan pasar, kemenyan, darah ayam cemani, dan baskom berisi air dengan lilin atau lampu minyak kecil di tengahnya.

Pada malam hari, si suami akan membungkus dirinya dengan kain hitam dan secara ajaib berubah menjadi babi. Dalam wujud babi ngepet, dia akan keliling kampung untuk mencuri uang dan perhiasan dengan menggesekkan tubuhnya ke dinding rumah.

3. Kemampuan Mencuri dengan Menggesekkan Tubuh

Babi ngepet
Ilustrasi Babi ngepet menggesekan tubuhnya. Sumber: iNews/ERICK FAHRIZAL

Mitosnya, babi ngepet memiliki kemampuan mencuri uang dan perhiasan hanya dengan menggesekkan tubuhnya ke dinding rumah. Uang dan perhiasan tersebut akan langsung masuk ke dalam kantong si pelaku tanpa diketahui pemiliknya. 

Sedangkan sang istri yang menjaga lilin di rumah harus memastikan api lilin tetap menyala. Jika api lilin bergoyang atau meredup, itu tanda bahwa suaminya dalam bahaya dan harus segera mematikan lilin supaya suaminya bisa berubah kembali menjadi manusia dan pulang dengan selamat.

Fakta Babi Ngepet dalam Masyarakat

Babi ngepet
Potret hewan yang diduga Babi ngepet d Depok. Sumber: VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan

Sobat Suka Fakta, cerita babi ngepet ini nggak cuma berhenti di mitos, lho. Ada beberapa kasus keberadaan babi ngepet yang pernah dipercaya oleh warga sampai membuat heboh berita nasional.

Yang terbaru adalah kejadian penemuan babi yang diklaim sebagai babi ngepet di Depok, Jawa Barat pada April 2021 lalu. Pada saat itu, warga menangkap seekor babi yang diduga sebagai babi ngepet setelah mengintai pemukiman warga selama sebulan. 

Kejadian ini viral dan menarik perhatian banyak orang. Namun, setelah penyelidikan lebih lanjut, polisi mengungkap bahwa babi tersebut adalah babi hutan biasa yang berukuran kecil dan dibeli dari online shop, sengaja untuk menakut-nakuti warga.

Kasus serupa juga pernah terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Cerita-cerita tentang penangkapan babi ngepet sering muncul kembali terutama saat terjadi krisis ekonomi atau sosial. Biasanya, setelah penyelidikan, ditemukan bahwa babi tersebut adalah babi hutan biasa yang masuk ke pemukiman warga karena mencari makan. Meski begitu, ketakutan dan kepercayaan masyarakat terhadap mitos ini membuat cerita tentang babi ngepet terus berkembang dan masih dipercaya hingga sekarang.

Fenomena Babi Ngepet dan Krisis Sosial-Ekonomi

sejarawan Satrio Dwicahyo.
Potret sejarawan Satrio Dwicahyo. Sumber: id.linkedin.com

Babi ngepet sering kali muncul sebagai topik hangat saat masyarakat mengalami krisis sosial-ekonomi. Menurut sejarawan Satrio Dwicahyo, fenomena ini mencerminkan ketimpangan ekonomi yang terjadi di masyarakat. 

Pada masa Tanam Paksa, misalnya, penduduk Jawa yang sebelumnya memiliki tingkat ekonomi yang sama tiba-tiba dipisahkan oleh jurang ketimpangan yang mencolok. Ada yang jatuh miskin karena Tanam Paksa, ada pula yang kaya raya karena politik kolonial.

Dalam situasi krisis seperti ini, masyarakat yang merasa terpinggirkan sering mencari cara cepat untuk mencapai kekayaan. Salah satu cara yang mereka percayai adalah melalui praktik pesugihan babi ngepet. Meski masih menjadi misteri terkait kebenarannya, cerita ini menjadi bentuk pelarian dari kenyataan yang sulit. 

Ketimpangan sosial dan ekonomi sering kali menjadi latar belakang munculnya mitos babi ngepet, menunjukkan bagaimana ketakutan dan ketidakpastian dapat memengaruhi cara berpikir dan kepercayaan masyarakat.

Kesimpulan

Itulah mitos dan fakta babi ngepet yang beredar di masyarakat, Sobat Suka Fakta. Mulai dari sejarah dan asal-usulnya, proses ritual yang dilakukan, hingga bagaimana mitos ini berkembang di masyarakat, semuanya memberikan gambaran yang lengkap tentang fenomena yang satu ini. 

Babi ngepet bukan hanya sekadar cerita rakyat untuk menakut-nakuti, tetapi juga mencerminkan berbagai aspek sosial, budaya, dan ekonomi di masyarakat kita. Selain itu, cerita tentang babi ngepet juga menunjukkan bagaimana ketakutan dan kekhawatiran masyarakat dapat menciptakan narasi yang kompleks dan penuh teka-teki. 

Walau cara bagaimana babi ngepet mendapatkan uang ini sulit untuk dimengerti, faktanya, di masa kini pun masih banyak masyarakat yang mempercayai keberadaannya, salah satunya seperti apa yang terjadi di Depok pada 2021 lalu. Dari sini kita bisa melihat bagaimana mitos babi ngepet masih memengaruhi pandangan dan tindakan masyarakat.

Sebagai bagian dari kekayaan budaya dan cerita rakyat Indonesia, penting bagi kita untuk memahami dan menghargai mitos seperti babi ngepet. Cerita-cerita ini bukan hanya hiburan atau legenda semata, tetapi juga mengandung nilai-nilai dan pelajaran yang bisa kita ambil. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan kepedulian kita terhadap cerita rakyat dan budaya Indonesia, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  1. Wikipedia. (2024). Babi Ngepet. Diakses pada 2 Juli 2024, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Babi_ngepet
  2. Liputan6. (2024). Sejarah Munculnya Babi Ngepet, Sudah Ada di Zaman Majapahit. Diakses pada 2 Juli 2024, dari https://www.liputan6.com/citizen6/read/5489748/sejarah-munculnya-babi-ngepet-sudah-ada-di-zaman-majapahit
  3. Historia. (2024). Babi Ngepet: Mitos dan Krisis. Diakses pada 2 Juli 2024, dari https://historia.id/ekonomi/articles/babi-ngepet-mitos-dan-krisis-D80zo/page/1
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *