Misteri

Mitos dan Fakta Nyi Blorong, Ratu Ular Dengan Kekuatan Magis

132
×

Mitos dan Fakta Nyi Blorong, Ratu Ular Dengan Kekuatan Magis

Sebarkan artikel ini
Fakta & Mitos Tentang Nyi Blorong.
Fakta & Mitos Tentang Nyi Blorong. Sumber: sumeks.disway.id

Halo Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan membahas topik horor tentang fakta Nyi Blorong.  Kalau kamu suka cerita horor dari Indonesia, pasti nama ini sudah sering kamu dengar. Yap! legenda Nyi Blorong sudah jadi bagian dari imajinasi masyarakat kita sejak lama. Dalam mitologi Jawa, Nyi Blorong sering digambarkan sebagai wanita cantik yang punya kepala ular. 

Sering kali, Nyi Blorong disamakan dengan Nyi Roro Kidul, Ratu Laut Selatan. Padahal, keduanya punya cerita dan mitos yang beda, lho. Nyi Roro Kidul terkenal sebagai penguasa Pantai Selatan yang misterius, dengan warna hijau sebagai ciri khasnya.

Sementara Nyi Blorong lebih dikenal sebagai penguasa dunia bawah tanah dengan kekuatan magisnya. Walaupun sama-sama kuat dan penuh teka-teki, masing-masing punya peran dan legenda sendiri dalam budaya Jawa.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang Nyi Blorong, mulai dari sejarahnya yang penuh misteri, keturunannya yang banyak teka-teki, sampai mitos-mitos yang mengelilingi sosok mistis ini. Yuk, Sobat Suka Fakta, Kita telusuri bersama fakta Nyi Blorong yang menarik dan penuh misteri ini.

Fakta Nyi Blorong Disebut dalam Sebuah Buku Sastra Jawa dan Digambarkan Sebagai “Ratu Ular” 

Ratu ular.
Ilustrasi ratu ular. Sumber: Instagram/@referensibukulawas

Dalam mitologi Jawa, Nyi Blorong pertama kali muncul dalam berbagai cerita rakyat dan sastra Jawa. Salah satu referensi terkenal tentang Nyi Blorong terdapat dalam buku Centhini: Tambangraras-Amongraga karya Ngabei (1991). 

Dalam buku ini, Nyi Blorong digambarkan sebagai “Ratu Ular” atau “Putri Ular” yang memiliki campuran kisah mistis dan sejarah. Nyi Blorong dikenal sebagai penguasa dunia bawah tanah dengan kekuatan magisnya sendiri. Cerita asal usul Nyi Blorong yang penuh misteri ini membuatnya menjadi sosok yang menarik dan menakutkan dalam budaya Jawa.

Mitos Nyi Blorong: Anak Keturunan Raja yang Sangat Cantik

Keturunan nyi blorong.
Ilustrasi keturunan nyi blorong. Sumber: IST

Ada banyak mitos-mitos tentang Nyi Blorong. Beberapa cerita dan legenda yang telah berkembang tentang sosok mistis ini, seperti mitos bahwa Nyi Blorong keturunan Raja. Berikut ini adalah beberapa mitos Nyi Blorong yang paling terkenal.

1. Keturunan Raja

Nyi Blorong disebut-sebut mempunyai nama Nyimas Dewi Anggatri, putri pertama Nyimas Dewi Rangkita dan cucu Raja Caringin Kurung XI, Prabu Jaya Cakra. Kisah hidupnya dimulai dari lingkungan keraton di mana dia tumbuh menjadi gadis cantik yang mendapatkan segala kebutuhannya. Namun, karena sifatnya yang angkuh dan jahat, dia akhirnya diusir dari keraton. Perjalanan hidupnya yang penuh liku inilah yang konon membawanya menjadi sosok Nyi Blorong yang dikenal hingga kini.

2. Panglima Perang Nyi Roro Kidul

Nyi Blorong juga dipercaya sebagai panglima perang dari Kerajaan Pantai Selatan yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul. 

Kisah ini berangkat dari Nyi Blorong yang diusir dari keraton dan masuk ke dunia gaib. Masuknya ia ke dunia gaib ini menjadi bagian dari pasukan Nyi Roro Kidul. Kesaktiannya dalam memimpin pasukan dan kekuatan magisnya membuatnya menjadi salah satu panglima perang yang paling disegani di Kerajaan Pantai Selatan.

3. Dikenal sebagai Wanita yang Sangat Cantik

Nyi Blorong dikenal memiliki kecantikan yang luar biasa, Sobat Suka Fakta! Kecantikannya sering kali digambarkan bisa memikat dan menghipnotis pria. Namun, di balik kecantikannya yang memesona, terdapat kekuatan magis yang berbahaya. Banyak cerita yang menyebutkan bahwa kecantikannya digunakan untuk memanipulasi orang sesuai keinginannya. Seram tapi juga menarik, ya?

4. Sakti Mandraguna

Selain cantik, Nyi Blorong juga dikenal sakti mandraguna. Kekuatan magisnya paling kuat saat bulan purnama, di mana dia bisa mencapai puncak kesaktiannya. Pada saat inilah dia sering kali berubah wujud menjadi ular raksasa yang sangat ditakuti. Kesaktiannya ini membuatnya menjadi sosok yang penuh teka-teki dan disegani oleh banyak orang.

5. Suka Bohong untuk Menyesatkan Manusia

Salah satu mitos yang paling terkenal tentang Nyi Blorong adalah kemampuannya untuk menyesatkan manusia. Dia sering kali menjanjikan kekayaan melimpah kepada manusia, namun dengan syarat harus menyerahkan tumbal. 

Tumbal ini dipercaya akan memperkuat kesaktiannya dan menambah kecantikannya. Banyak cerita yang menyebutkan bahwa orang-orang yang rela mengorbankan nyawa anggota keluarganya sebagai tumbal akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah, namun dengan konsekuensi berat.

6. Memiliki Kisah Cinta dengan Manusia

Salah satu mitos paling terkenal tentang Nyi Blorong adalah kisah cintanya dengan manusia. Dalam beberapa versi cerita, Nyi Blorong jatuh cinta pada seorang pria manusia dan berusaha untuk mendekatinya dengan mengambil wujud manusia. 

Namun, hubungan mereka kerap berujung tragis, dengan manusia tersebut terjebak dalam dunia bawah tanah atau mengalami nasib buruk lainnya. Kisah ini mencerminkan konflik antara dunia manusia dan dunia gaib, serta perbedaan antara kemanusiaan dan kekuatan supranatural.

Apakah Nyi Blorong adalah Anak dari Nyi Roro Kidul?

Nyi Roro Kidul
Kolase Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong. Sumber: popmama.com

Banyak yang sering kali mengira bahwa Nyi Blorong adalah anak dari Nyi Roro Kidul, tapi sebenarnya mereka adalah dua sosok yang berbeda, Sobat. 

Nyi Roro Kidul dikenal sebagai penguasa Laut Selatan dengan warna hijau sebagai ciri khasnya, sementara Nyi Blorong lebih dikenal sebagai penguasa dunia bawah tanah dengan kekuatan magisnya sendiri. Beberapa kisah menyebutkan keduanya bersekutu dalam membangun pasukan perang yang kuat di dunia gaib. 

Meskipun keduanya memiliki kekuatan dan peran yang luar biasa dalam mitologi Jawa, mereka memiliki kisah dan latar belakang yang berbeda.

Apa Wujud Nyi Blorong?

Potret Nyi Blorong.
Potret Nyi Blorong. Sumber: nasional.okezone.com

Dalam banyak cerita, Nyi Blorong digambarkan sebagai wanita cantik dengan kepala ular. Wujudnya yang unik ini membuatnya menjadi sosok yang menakutkan sekaligus memikat. Saat bulan purnama, Nyi Blorong dikatakan bisa berubah wujud menjadi ular raksasa yang sangat sakti.

Wujud Nyi Blorong ini sering kali menjadi daya tarik tersendiri dalam cerita-cerita mistis. Bagaimana tidak, kombinasi antara kecantikan manusia dan keangkeran ular membuat Nyi Blorong menjadi sosok yang penuh teka-teki dan sangat menarik untuk dibahas. Wujud ini juga menunjukkan kekuatan magis yang dimilikinya, menjadikan Nyi Blorong sebagai salah satu sosok legendaris yang paling terkenal dalam mitologi Jawa.

Siapa Nama Asli Nyi Blorong?

fakta nyi Blorong.
Potret Nyi Blorong. Sumber: facebook.com

Pertanyaan tentang nama asli Nyi Blorong sering kali muncul, Sobat Suka Fakta. Konon, identitas asli Nyi Blorong adalah Nyimas Dewi Anggatri. Dia adalah putri pertama Nyimas Dewi Rangkita dan cucu Raja Caringin Kurung XI, Prabu Jaya Cakra. Nama ini sering kali muncul dalam berbagai cerita dan legenda yang berkembang di masyarakat.

Nyimas Dewi Anggatri adalah seorang gadis cantik yang tumbuh di lingkungan keraton. Namun, karena sifatnya yang angkuh dan jahat, dia akhirnya diusir dari keraton. Perjalanan hidupnya yang penuh liku ini membawanya ke dunia gaib di mana dia berubah menjadi Nyi Blorong yang dikenal hingga kini. Nama asli ini menambah dimensi lain dalam kisah Nyi Blorong, membuatnya semakin menarik untuk ditelusuri.

Kesimpulan

Wah, Sobat Suka Fakta, ternyata kisah Nyi Blorong itu benar-benar menarik dan penuh dengan misteri, ya! Dari perjalanan asal usulnya sebagai putri kerajaan yang diusir, hingga menjadi penguasa dunia bawah tanah yang sakti mandraguna, semuanya bikin penasaran. Legenda Nyi Blorong telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan mitologi Jawa, dengan berbagai mitos yang terus hidup dan berkembang di masyarakat.

Kita juga telah membahas bagaimana Nyi Blorong sering kali disamakan dengan Nyi Roro Kidul, meskipun keduanya memiliki peran dan cerita yang berbeda. Dari kekuatannya yang luar biasa, kecantikan yang memikat, hingga kemampuannya untuk menyesatkan manusia, Nyi Blorong tetap menjadi sosok yang penuh teka-teki dan memikat imajinasi kita.

Sobat Suka Fakta, dengan memahami lebih dalam tentang Nyi Blorong, kita bisa melihat betapa kaya dan kompleksnya warisan budaya kita. Mitos-mitos seperti ini bukan hanya cerita kosong, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai dan kepercayaan yang telah ada sejak lama dalam masyarakat kita. Jadi, mari terus menjaga dan mengeksplorasi cerita-cerita menarik lainnya dari budaya kita.

Jangan lupa untuk terus mengikuti Suka Fakta untuk mendapatkan lebih banyak cerita dan fakta menarik lainnya, ya! Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan memberikan hiburan bagi kalian semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

  1. Distingsi. (n.d.). Misteri Nyi Blorong: Sejarah, Keturunan, dan Mitos. Diakses dari https://distingsi.com/misteri-nyi-blorong-sejarah-keturunan-dan-mitos/
  2. Solopos. (n.d.). Legenda Nyi Blorong: Panglima Perang di Kerajaan Ratu Kidul. Diakses dari https://lifestyle.solopos.com/legenda-nyi-blorong-panglima-perang-di-kerajaan-ratu-kidul-1078233
  3. Popmama. (n.d.). 5 Mitos Nyi Blorong dan Kisahnya. Diakses dari https://www.popmama.com/community/groups/life/random-chat/5-mitos-nyi-blorong-dan-kisahnya
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *