Misteri

Mitos Kuntilanak, Hantu Wanita yang Jadi Ikon dalam Dunia Mistis di Indonesia

191
×

Mitos Kuntilanak, Hantu Wanita yang Jadi Ikon dalam Dunia Mistis di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Fakta & Mitos Tentang Kuntilanak
Fakta & Mitos Tentang Kuntilanak. Sumber: tintahijau.com

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa yang nggak kenal dengan kuntilanak? Hantu perempuan yang satu ini memang sudah jadi salah satu ikon dalam dunia mistis kita. Dengan penampilannya yang khas, yaitu baju putih panjang dan rambut panjang yang terurai, kuntilanak selalu berhasil membuat bulu kuduk berdiri.

Tapi, tahukah kalian bahwa ada beberapa mitos kuntilanak yang menarik untuk dibahas? Salah satunya fakta bahwa makhluk halus ini terkenal di banyak negara selain Indonesia. 

Nah, di artikel kali ini, kita bakal mengupas tuntas tentang kuntilanak, mulai dari asal usulnya, berbagai mitos yang mengelilinginya, sampai bagaimana kuntilanak sering muncul di layar kaca dalam berbagai film horor. Kita juga akan bahas benda-benda yang dipercaya bisa menakuti kuntilanak, ciri-ciri khas yang membuatnya mudah dikenali, dan bahkan warna kuntilanak yang dianggap paling kuat. 

Yuk, kita mulai pembahasan mistis tentang hantu seram yang satu ini. Jangan ke mana-mana, tetap stay tuned di artikel ini, Sobat Suka Fakta!

Asal Usul Kuntilanak, Diyakini Berasal dari Wanita yang Meninggal saat Hamil

fakta kuntilanak
Potret Kuntilanak hitam. Sumber: id.quora.com

Kuntilanak adalah hantu perempuan yang banyak muncul dalam legenda masyarakat Indonesia. Menurut cerita, kuntilanak adalah wanita yang meninggal saat hamil atau saat melahirkan. Kematian tragis ini membuat rohnya tidak bisa beristirahat dengan tenang dan kembali ke dunia sebagai hantu. Di beberapa daerah, kuntilanak dipercaya kembali untuk mencari anaknya yang belum sempat dilahirkan atau untuk membalas dendam atas ketidakadilan yang dialaminya.

Menariknya, cerita tentang kuntilanak punya banyak variasi di berbagai daerah di Indonesia. Misalnya, di Kalimantan, kuntilanak dikenal suka menghisap darah seperti vampir. Di Malaysia, hantu ini dikenal dengan nama Pontianak atau Puntianak dan memiliki cerita serupa dengan versi Indonesia. Setiap daerah punya versinya sendiri yang menambah kekayaan budaya kita.

Mitos Tentang Kuntilanak yang Suka Mencuri Janin Wanita Hamil

Ciri Hantu kuntilanak.
Potret Ciri Hantu kuntilanak. Sumber: Istimewa/ilustrasi kuntilanak

Mitos pertama yang paling terkenal adalah bahwa kuntilanak suka mengganggu wanita hamil. Konon, kuntilanak bisa mencuri janin, terutama jika kehamilannya sudah tua. Karena itulah, banyak wanita hamil yang menyimpan pisau, gunting, atau paku di dekat mereka untuk melindungi diri. Mitosnya, benda-benda tajam ini bisa menahan kuntilanak agar tidak mengganggu.

Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa kuntilanak suka mendiami pohon waru yang miring, atau dalam istilah Jawa disebut pohon waru doyong. Banyak orang yang langsung menebang pohon waru jika tumbuhnya miring karena dipercaya pohon tersebut adalah tempat tinggal kuntilanak. Mitos lain mengatakan bahwa kuntilanak suka darah dan daging anak-anak, terutama balita yang belum bisa berjalan. Di beberapa daerah seperti Kalimantan Utara dan Malaysia, kuntilanak dipercaya menghisap darah manusia di bagian tengkuk seperti vampir. Wah, seram juga ya, Sobat Suka Fakta!

Popularitas Kisah Kuntilanak sampai Diangkat Menjadi Film Layar Lebar

fakta kuntilanak
Potret Film Kuntilanak. Sumber: Dok.VIU

Kuntilanak nggak cuma eksis dalam cerita rakyat, tapi juga sering muncul di layar kaca. Banyak film horor Indonesia yang mengangkat cerita kuntilanak, menjadikannya salah satu karakter hantu yang paling populer di perfilman kita. Dari yang klasik sampai yang modern, kuntilanak selalu berhasil membuat penonton ketakutan.

Beberapa film terkenal tentang kuntilanak antara lain “Kuntilanak” yang dibintangi oleh Julie Estelle dan sekuel-sekuelnya. Ada juga “Sundel Bolong” yang meski sedikit berbeda, tetap mengambil inspirasi dari mitos kuntilanak. 

Pengaruh film-film ini besar banget, Sobat, sampai-sampai banyak orang yang makin penasaran dan takut dengan kuntilanak setelah menontonnya. Film-film ini juga membantu menjaga cerita kuntilanak tetap hidup di zaman modern, sekaligus memperkenalkannya secara global. Sobat Suka Fakta, sudah nonton film kuntilanak yang mana saja?

Jadi Hantu yang Seram, Ternyata Kuntilanak Juga Punya Rasa Takut

kemenyan.
Ilustrasi membakar kemenyan. Sumber: Dok.VIU

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau kuntilanak juga punya ketakutan sendiri? Menurut kepercayaan, kuntilanak takut dengan benda-benda tajam seperti pisau, gunting, dan paku. Banyak yang percaya bahwa dengan meletakkan paku di ubun-ubun atau tengkuk kuntilanak, kita bisa menahannya agar tidak mengganggu. Karena itu, beberapa orang menyimpan benda-benda ini di dekat tempat tidur sebagai bentuk perlindungan.

Selain itu, ada juga ritual-ritual tradisional yang dilakukan untuk mengusir kuntilanak. Misalnya, dengan membakar kemenyan atau melakukan doa-doa tertentu. Beberapa orang bahkan memasang jimat di rumah mereka untuk menghindari gangguan kuntilanak.

Cerita-cerita masyarakat ini menunjukkan bahwa meskipun kuntilanak terlihat menakutkan, ada cara-cara untuk melindungi diri dari kehadirannya. Jadi, jangan terlalu takut, ya, Sobat Suka Fakta!

Hal yang Identik dengan Kuntilanak

Makhlus halus
Potret Makhlus halus kuntilanak. Sumber: lahatpos

Sekarang kita bahas ciri-ciri khas kuntilanak, Sobat Suka Fakta. Penampilan fisik kuntilanak sangat khas dan mudah dikenali. Ia biasanya digambarkan sebagai perempuan dengan rambut panjang yang terurai dan memakai baju putih polos.

Rambutnya yang panjang sering kali terlihat berantakan, menambah kesan menyeramkan pada sosoknya. Wajahnya pucat dengan ekspresi yang menyeramkan, membuat siapa pun yang melihatnya pasti merinding.

Selain penampilan fisiknya, kuntilanak juga dikenal dengan suara khasnya. Salah satu ciri paling menonjol dari kuntilanak adalah suara tertawanya yang melengking tinggi. Selain itu, kuntilanak juga bisa terdengar menangis dengan suara yang memilukan.

Uniknya, ia bisa berganti-ganti antara tertawa dan menangis dalam waktu yang sangat singkat. Jadi, kalau kamu mendengar suara tawa melengking yang tiba-tiba berubah jadi tangisan, mungkin saja itu kuntilanak! Selain itu, kuntilanak juga sering ditemukan di tempat-tempat sepi dan terbengkalai seperti puing-puing bangunan, rumah sakit tua, atau muara sungai.

Kuntilanak Terkuat Warna Apa?

 Kuntilanak merah
Potret Kuntilanak merah. Sumber: Dok. Youtube Gana Setioko

Sobat Suka Fakta, kalian mungkin pernah dengar kalau kuntilanak juga punya “kelas” kekuatan berdasarkan warna penampilannya. Dalam beberapa cerita rakyat, warna pakaian atau aura kuntilanak dianggap mencerminkan kekuatannya. Misalnya, kuntilanak dengan pakaian berwarna putih sering dianggap sebagai yang paling umum dan sering ditemui.

Namun, ada cerita yang menyebut kuntilanak dengan warna lain yang dianggap lebih kuat. Misalnya, kuntilanak dengan pakaian merah sering dianggap lebih ganas dan berbahaya. Warna merah sendiri dalam beberapa budaya sering dikaitkan dengan kemarahan dan kekuatan ekstra.

Sementara itu, kuntilanak berwarna hitam dianggap sebagai yang paling kuat dan paling sulit diusir. Meski ini hanya mitos, tapi menarik juga melihat bagaimana warna bisa mempengaruhi persepsi kita tentang kekuatan hantu ini.

Kesimpulan

Demikianlah mitos dan fakta tentang kuntilanak, Sobat Suka Fakta. Setelah membaca artikel di atas, kalian jadi tahu asal usul kuntilanak, mitos-mitos yang mengelilinginya, hingga bagaimana ia muncul di layar lebar dan apa saja yang ditakutinya. 

Kuntilanak bukan hanya hantu yang menakutkan, tetapi juga bagian dari warisan budaya yang kaya dan beragam. Dengan memahami fakta dan mitos kuntilanak, kita bisa lebih menghargai cerita-cerita rakyat yang telah menjadi bagian dari identitas kita.

Bukan cuma itu, cerita tentang kuntilanak juga menunjukkan bagaimana kepercayaan tradisional dan modern bisa berdampingan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun zaman sudah berubah, cerita-cerita tentang kuntilanak tetap hidup dan terus diceritakan dari generasi ke generasi, bahkan sampai dijadikan karakter dalam film.

Jadi, setelah membaca artikel ini, semoga kalian jadi lebih paham dan mungkin bisa mengurangi rasa takut kalian dengan kuntilanak. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta! Tetap jaga keberanian dan selalu hargai warisan budaya kita!

REFERENSI:

  • Bayu. (n.d.). Hal yang Perlu Kamu Ketahui soal Kuntilanak. IDN Times. Diakses dari https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/bayu/hal-yang-perlu-kamu-ketahui-soal-kuntilanak?page=all
  • IPSH BRIN. (2023, 7 Maret). Memahami Mitos tentang Kuntilanak di Tengah Modernitas. Diakses dari https://ipsh.brin.go.id/2023/03/07/memahami-mitos-tentang-kuntilanak-di-tengah-modernitas/
  • Pontianak Informasi. (n.d.). Hantu Kuntilanak di Pontianak: Mitos dan Fakta dalam Budaya Melayu. Diakses dari https://pontianakinformasi.co.id/lokal/hantu-kuntilanak-di-pontianak-mitos-dan-fakta-dalam-budaya-melayu/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *