Fakta Dunia

Fakta Bunga Anggrek Hitam, Tanaman Eksotis yang Memiliki Harga Ratusan Juta

57
×

Fakta Bunga Anggrek Hitam, Tanaman Eksotis yang Memiliki Harga Ratusan Juta

Sebarkan artikel ini
Bunga Anggrek Hitam
Fakta Bunga Anggrek Hitam, Tanaman Eksotis yang Memiliki Harga Ratusan Juta. Sumber: Dok.bbksda-papuabarat.com

Hai, Sobat Suka Fakta! Setelah sebelumnya kita membahas anggrek hantu, sekarang kita akan mengupas tuntas fakta anggrek hitam. Pernah dengar tentang bunga anggrek hitam? Bunga yang satu ini benar-benar unik dan punya daya tarik luar biasa, lho! 

Bunga anggrek hitam nggak cuma cantik dilihat, tapi juga punya nilai eksotis yang bikin penasaran. Warna gelapnya yang elegan dan bentuknya yang khas bikin anggrek hitam jadi bunga yang benar-benar spesial. Ditambah lagi, bunga ini makin langka ditemukan di alam liar, jadi makin eksklusif!

Nah, di artikel ini kita bakal bahas lima fakta menarik tentang bunga anggrek hitam dan cara merawatnya. Jadi, siap buat kenalan lebih jauh sama bunga anggrek hitam? Yuk, langsung aja kita mulai petualangan di dunia tumbuhan ini!

1.  Berasal dari Papua dan Belize

Papua
Potret bendera Papua nugini. Sumber: Dok. theflagshop.co.uk

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau bunga anggrek hitam punya asal usul yang menarik? Anggrek hitam sebenarnya berasal dari Papua dan Belize. Bahkan, di Belize, anggrek hitam jadi bunga nasional mereka, lho!

Bunga anggrek hitam nggak tumbuh di sembarang tempat. Mereka lebih suka habitat yang spesial, seperti hutan hujan yang lembap dan teduh. Jadi, kalau kamu berkesempatan menjelajahi hutan Papua atau Belize, mungkin saja kamu bisa menemukan bunga ini di sana. 

2. Warnanya Memang Gelap Tapi Tidak Hitam

Anggrek Hitam
Potret Bunga Anggrek Hitam. Sumber: Dok. radardepok.com

Sekarang, kita bahas tentang ciri fisik yang bikin bunga anggrek hitam begitu istimewa. Pertama, jangan tertipu dengan namanya, ya! Bunga anggrek hitam sebenarnya nggak benar-benar hitam. Warnanya cenderung gelap, seperti ungu tua, merah marun, atau bahkan biru tua yang dari jauh seolah berwarna hitam.

Selain warnanya yang unik, bentuk bunga anggrek hitam juga berbeda dari anggrek lainnya. Misalnya, labellumnya membentuk tudung di atas kolom bunga, yang membuat bunganya terbalik secara efektif. 

Ada dua jenis utama anggrek hitam, yaitu terestrial yang tumbuh di tanah, dan epifit yang tumbuh di pohon. Beberapa jenis anggrek hitam terkenal adalah Paphiopedilum ‘Pisgah Tengah Malam’, Fredclarkeara setelah gelap, dan Drakula Hitam roezlii.

3. Memiliki Harga hingga Ratusan Juta

Anggrek hitam
Kolase Anggrek hitam saat sudah mekar dan belum. Sumber: instagram.com/ermafredy, indonesia.go.id

Nah, Sobat Suka Fakta, karena keunikannya, bunga anggrek hitam jadi semakin langka. Banyak faktor yang bikin bunga ini susah ditemukan, seperti kerusakan habitat dan sulitnya budidaya bunga ini. 

Di alam liar, kamu harus benar-benar menjelajahi hutan-hutan Papua untuk menemukan anggrek hitam. Tapi meskipun kamu berhasil menemukan bunga ini dan berniat memeliharanya, peluang keberhasilan untuk membudidayanya sangat rendah, hanya 20-30% saja.

Kelangkaannya itu membuat  harga bunga anggrek hitam bisa bikin kantong jebol. Bayangkan, satu tanaman bisa dihargai hingga ratusan juta rupiah. Bukan cuma masyarakat Indonesia, para kolektor dari mancanegara juga banyak yang rela mengeluarkan uang banyak buat punya bunga ini. 

Jadi, selain karena keindahannya, usaha untuk mencari dan membudidaya bunga anggrek hitam juga jadi alasan kenapa harganya selangit.

4. Tumbuh Subur di Hutan Hujan yang Lembap dan Teduh

tanah subur
Ilustrasi tanah subur. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bunga ini tumbuh subur di hutan-hutan hujan yang lembap dan teduh, seperti di Papua dan Belize. Habitat asli mereka sangat penting untuk pertumbuhan yang optimal, karena anggrek hitam punya kebutuhan khusus yang nggak bisa dipenuhi sembarang tempat.

Bunga anggrek hitam lebih suka sinar matahari parsial atau cahaya yang tersaring. Jadi, kalau kamu mau menanamnya di rumah, pastikan mereka nggak kena sinar matahari langsung, ya. Selain itu, suhu yang ideal untuk anggrek hitam adalah hangat, tapi nggak terlalu panas atau dingin. Suhu sekitar 20-30 derajat Celsius adalah yang paling pas untuk mereka.

Tanah juga berperan penting untuk pertumbuhan anggrek hitam. Mereka butuh tanah yang punya drainase baik dan kaya bahan organik. Campuran tanah yang baik biasanya mengandung kulit kayu pinus, serat osmunda, dan kulit pohon cemara. 

Anggrek hitam juga punya hubungan simbiosis dengan jamur di tanah, yang membantu mereka mendapatkan nutrisi. Jadi, memastikan tanah tetap sehat dan subur adalah kunci keberhasilan menanam anggrek hitam.

5. Tips Merawat Bunga Anggrek Hitam

menyiram tanaman
Ilustrasi menyiram tanaman. Sumber: IST

Sekarang, kita masuk ke bagian yang paling penting, yaitu cara merawat bunga anggrek hitam. Buat kamu yang mau punya anggrek hitam di rumah, berikut beberapa tips perawatan yang perlu kamu perhatikan.

1. Penyiraman

Anggrek hitam perlu disiram secara teratur, tapi jangan sampai tanahnya tergenang air. Pastikan tanahnya selalu lembap tapi nggak basah kuyup. Biasanya, menyiram anggrek hitam seminggu sekali sudah cukup.

2. Pencahayaan

Seperti yang sudah disebutkan, anggrek hitam lebih suka cahaya yang tersaring. Letakkan mereka di tempat yang mendapat sinar matahari pagi atau sore, tapi hindari sinar matahari langsung di siang hari.

3. Pemupukan

Anggrek hitam butuh nutrisi tambahan dari pupuk. Gunakan pupuk khusus anggrek yang seimbang setiap 2-4 minggu sekali selama musim tumbuh. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada kemasan pupuk agar nggak memberikan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

4. Transplantasi

Anggrek hitam kadang perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar atau ke tanah yang lebih segar. Waktu terbaik untuk transplantasi adalah di akhir musim semi atau awal musim panas. Pastikan kamu menggali lubang yang cukup besar dan menanam anggrek pada kedalaman yang sama seperti sebelumnya.

5. Pemangkasan

Pemangkasan bisa membantu anggrek hitam tetap sehat dan berbunga dengan baik. Potong daun atau bunga yang sudah layu atau mati untuk mencegah penyakit dan meningkatkan sirkulasi udara.

6. Pembiakan

Anggrek hitam bisa diperbanyak melalui pembagian rimpang. Cara ini cukup sederhana, kamu hanya perlu memotong rimpang dengan hati-hati dan menanamnya di tanah baru. Pastikan rimpang yang dipotong memiliki setidaknya satu tunas untuk tumbuh.

Dengan perawatan yang tepat, anggrek hitam bisa tumbuh subur dan mempercantik rumahmu. Jadi, jangan ragu untuk mencoba merawat bunga anggrek hitam sendiri, Sobat Suka Fakta!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi berbagai fakta menarik bunga anggrek hitam, kita bisa melihat betapa istimewanya bunga yang satu ini. Dari asal usulnya yang eksotis di Papua dan Belize, hingga keunikan warna dan bentuknya, anggrek hitam memang punya daya tarik tersendiri. Meski langka dan mahal, keindahannya membuat banyak orang rela berburu bunga ini di alam liar atau bahkan mengeluarkan uang banyak untuk memilikinya.

Dengan semua fakta dan tips perawatan yang sudah kita bahas, nggak heran kalau bunga anggrek hitam layak untuk jadi koleksi di rumahmu. Selain menambah keindahan, bunga ini juga bisa jadi simbol eksklusivitas dan keunikan di antara tanaman hias lainnya. Jadi, kalau kamu tertarik untuk merawat bunga anggrek hitam, pastikan kamu sudah siap memberikan perhatian dan perawatan yang tepat.

Semoga artikel ini bisa memberikan kamu informasi yang berguna dan membuatmu semakin tertarik dengan dunia tanaman. Jangan lupa untuk terus eksplorasi dan belajar tentang tanaman-tanaman lainnya, ya! Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Christina. “Black Orchids of Belize – National Flower.” Our Belize Vacation, http://www.ourbelizevacation.com/christina-blog-our-belize-vacation/black-orchids-of-belize-national-flower. Diakses pada 18 Juni 2024.
  • “Black Orchid.” Orchids Fandom, https://orchids.fandom.com/wiki/Black_Orchid. Diakses pada 18 Juni 2024.
  • “Rare Black Orchids: With Images and Care Guide.” Bonjour Green, https://bonjourgreen.com/rare-black-orchids-with-images-and-care-guide/. Diakses pada 18 Juni 2024.
  • “Gastrodia cunninghamii.” PictureThis AI, https://www.picturethisai.com/wiki/Gastrodia_cunninghamii.html. Diakses pada 18 Juni 2024.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *