Fakta Dunia

17 Fakta Menarik Singapura yang Jarang Diketahui

188
×

17 Fakta Menarik Singapura yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini
negara singapura
Sumber : IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Tahukah kamu fakta menarik Singapura, negara kaya di Asia Tenggara yang memadukan kemewahan modern dengan keindahan alam yang memesona dalam satu area yang nggak terlalu besar? Yup, kalau kamu lagi kepo dengan negara ini dan mau cari informasi menarik lainnya dari Singapura, kamu ada di artikel yang benar!

Negara sekaligus kota yang jadi salah satu ikon Asia Tenggara ini terkenal banget dengan pencakar langit yang ciamik dan pusat belanjanya yang mewah, ternyata, Singapura jauh lebih dari itu. Di Singapura, kamu bisa menemukan tempat-tempat yang menawarkan ketenangan, atau merasakan keseruan malam yang dipenuhi cahaya lampu dari balapan F1 yang super keren. Singapura bukan cuma tentang tempatnya yang memesona, tapi juga tentang orang-orang di dalamnya, bahasa yang unik, dan jangan lupakan kuliner yang bisa bikin kamu ngiler.

Nah, di artikel kali ini, kita bakal bahas 17 fakta menarik Singapura yang jarang diketahui. Pasti bakal buat kamu ingin langsung terbang ke sana untuk berwisata. Tapi sebelum ke sana, yuk kita jelajahi secara virtual dulu tentang negara Singapura yang mewah di artikel ini. 

Fakta Menarik Singapura, Negara Kecil yang Kaya di Asia Tenggara

1. Legenda di Balik Nama Singapura 

negara singapura
Potret patung singa melambangkan negara singapura. Sumber : IST

Asal-usul nama ‘Singapura’ yang ternyata punya sejarah yang unik. Nama Singapura berarti ‘kota singa’ dalam bahasa Sansekerta. Legenda mengatakan bahwa Sang Nila Utama, seorang pangeran dari Sumatera, memberi nama ini setelah melihat seekor makhluk yang dia percayai sebagai singa di pulau ini. Meskipun lebih mungkin itu adalah harimau, karena singa bukanlah hewan asli wilayah tersebut, cerita ini tetap menjadi bagian penting dari mitos pendirian Singapura.

Legenda ini menunjukkan bagaimana mitos dan sejarah bisa terjalin dalam membangun identitas sebuah kota. Dari nama saja, kita sudah bisa merasakan keunikan Singapura yang penuh dengan cerita-cerita menarik. Jadi, Sobat, kalau nanti kamu jalan-jalan di Singapura, jangan lupa ingat legenda ini ya, siapa tahu kamu bisa menemukan jejak-jejak sejarah lainnya yang tersembunyi di sudut-sudut kota.

2. Singapura Punya 64 Pulau yang Menakjubkan

negara singapura
Potret pulau sentosa yang ada di singapura. Sumber : IST

Walau wilayahnya kecil, Singapura itu nggak cuma terdiri dari satu pulau, lho! Singapura terdiri dari 64 pulau yang masing-masing punya cerita dan pesona yang memikat. 

Misalnya, Pulau Sentosa yang terkenal, nggak cuma punya taman hiburan keren, tapi juga pantai-pantai yang asyik buat santai. Terus ada Pulau Ubin yang masih alami banget, jadi bisa kasih kamu pengalaman kayak lagi petualangan di alam bebas.

Jadi, Singapura ini nggak hanya tentang gedung-gedung tinggi dan barang mewah, tapi juga tentang eksplorasi alam dan petualangan yang seru, Sobat! 

3. Night Safari, Main dengan Binatang di Malam Hari

negara singapura
Potret kebun binatang pada malam hari yang ada di singapura. Sumber : klook.com

Singapura juga punya Night Safari yang notabene adalah kebun binatang malam pertama di dunia, lho! Bayangin saja, berkeliaran di malam hari sambil ngeliat lebih dari 1.000 hewan dari 120 spesies yang berbeda, itu pasti jadi pengalaman yang enggak terlupakan. Mulai dari naik tram yang nyaman, sampai jalan kaki di trek yang dirancang khusus, Night Safari ini bukan cuma menawarkan keseruan, tapi juga edukasi tentang satwa liar dalam suasana yang berbeda dari biasanya.

Sobat, pasti seru banget kan, bisa lihat hewan-hewan di habitat mereka yang aktif di malam hari? Di Night Safari, kamu bisa melihat hewan-hewan yang biasanya tidur di siang hari, sehingga pengalaman ini benar-benar unik dan beda dari kebun binatang biasanya. Jadi, kalau kamu main ke Singapura, jangan lupa masukkan Night Safari ke daftar kunjunganmu!

4. Air Terjun Buatan yang Menakjubkan

negara singapura
Potret air terjun buatan manusia. Sumber : IST

Sobat, buat kamu yang suka sesuatu yang unik dan menakjubkan, Singapura juga punya air terjun buatan yang spektakuler yang berada di Taman Burung Jurong. Air terjun ini dibangun pada tahun 1971. 

Adea juga Cloud Forest di Gardens by the Bay, yang di tengah-tengahnya ada air terjun buatan setinggi 35 meter yang nggak kalah keren.

Dan yang paling terkenal dan sering jadi spot foto oleh turis mancanegara adalah HSBC Rain Vortex di Jewel Changi Airport yang merupakan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia! Singapura ini memang jagonya dalam menciptakan keajaiban buatan yang nggak hanya indah, tapi juga inspiratif. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat keindahan air terjun buatan ini saat kamu berkunjung ke Singapura, ya!

5. Punya Bahasa Singlish yang Menjadi Identitas Nasional

singlish
Ilustrasi Bahasa singlish. Sumber: asianinspirations.com.au

Singapura memiliki empat bahasa resmi yang digunakan dinegaranya, yakni Melayu, Mandarin, Tamil dan Inggris. Dari keempat bahasa ini, mereka memiliki bahasa pemersatu yang unik dan dinamakan Singlish atau Singapore English.

Singlish adalah campuran kreatif dari bahasa Inggris yang dicampur dengan logat lokal, plus bahasa Melayu, Mandarin, dan dialek-dialek lain yang digunakan di Singapura. Contoh khasnya adalah penggunaan kata ‘lah’, ‘leh’, dan ‘lor’ yang sering kita dengar di akhir kalimat.

Misalnya, kalau kamu dengar “Can or not lah?”, itu artinya mereka sedang menanyakan apakah sesuatu itu bisa dikerjakan atau nggak bisa. Singlish ini bukti nyata dari keragaman dan multikulturalisme yang ada di Singapura. Jadi, jangan kaget kalau nanti kamu dengar orang ngomong Singlish di sana.

6. F1 Night Race – Sensasi Balapan Malam di Singapura

F1 Night Race
Potret F1 Night Race. Sumber: motorist.sg

Singapura memiliki lintasan balap skala internasional yang biasanya digunakan untuk pagelaran F1 Night Race. Yang menarik dari F1 ini adalah, balapan dimulai pada malam hari. 

Singapura telah menjadi tuan rumah untuk Grand Prix Formula 1 yang menggelar balapan F1 di malam hari pertama di dunia sejak tahun 2008. Sirkuitnya berupa jalan raya pinggir pantai Marina Bay yang diterangi lampu-lampu sorot yang spektakuler. Keren banget, kan?

Event ini nggak cuma soal balapan, tapi juga hiburan dan aksi yang bikin Singapura jadi panggung global. Dengan 23 tikungan yang menantang, sirkuit ini benar-benar menguji skill para pembalap terbaik di dunia. Jadi, kalau kamu penggemar F1, jangan sampai kelewatan nonton balapan ini langsung di Singapura ya, Sobat!

7. Salah Satu Kota Modern yang Paling Hijau di Dunia

negara singapura
Potret taman yang ada di singapura. Sumber : IST

Sobat Suka Fakta, meskipun dikenal dengan skyline modern yang penuh pencakar langit, Singapura juga sangat serius dalam menjaga keseimbangan dengan alam. Singapura ternyata menjadi salah satu kota paling hijau di dunia!

Hampir setengah dari wilayahnya ditutupi oleh hijau yang rimbun. Mulai dari Gardens by the Bay yang futuristik hingga taman-taman kota seperti Singapore Botanic Gardens, semua menunjukkan betapa pentingnya ruang hijau bagi kota ini.

Proyek-proyek seperti PARKROYAL on Pickering dengan taman vertikalnya menunjukkan bahwa Singapura benar-benar mendefinisikan ulang apa itu metropolis modern yang berkelanjutan. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Singapura, luangkan waktu untuk menikmati keindahan alam di tengah kota yang sibuk ini.

8. Singapore Botanic Gardens, Situs Warisan Dunia UNESCO

Singapore Botanic Gard
Potret Singapore Botanic Garden. Sumber: IST

Singapore Botanic Gardens atau taman botani ini dapat pengakuan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman botani ini bukan hanya tempat yang asri untuk bersantai, tapi juga pusat penelitian botani yang penting dengan sejarah lebih dari 150 tahun.

Di sini, kamu bisa menikmati Taman Anggrek Nasional yang spektakuler, tempat ribuan spesies anggrek tumbuh subur, termasuk anggrek hibrida yang dinamai menurut selebriti dan pejabat dunia.

Pengalaman ini benar-benar menunjukkan komitmen Singapura terhadap pelestarian keanekaragaman hayati dan peninggalan budaya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi taman ini dan menikmati keindahan alam yang luar biasa.

9. Banyak Budaya di Tiap Sudut Kota

Joo Chiat/Katong.
Potret Joo Chiat/Katong. Sumber: IST

Singapura juga dikenal dengan lingkungan multikulturalnya yang beragam. Dari sibuknya Chinatown hingga warna-warni Little India dan keindahan historis Kampong Gelam, setiap distrik menawarkan sesuatu yang unik. 

Sobat bisa mencoba jelajahi Tiong Bahru untuk melihat arsitektur Art Deco dan cafe-cafe modern, atau kunjungi Joo Chiat/Katong untuk menikmati rasa kuno Singapura dengan toko-toko kuno dan makanan lokal yang lezat.

Keberagaman ini tidak hanya membuat Singapura menarik bagi turis, tetapi juga menjadi bukti bagaimana berbagai budaya bisa bersatu dalam harmoni. Jadi, Sobat, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi setiap sudut kota dan merasakan sendiri keanekaragaman budaya yang ada di Singapura.

10. Perayaan dan Festival Sepanjang Tahun

 Singapore Food Festival.
Potret Singapore Food Festival. Sumber: thepeakmagazine.com.sg

Singapura dikenal dengan festival dan perayaannya yang meriah, lho! Sepanjang tahun, kota ini dipenuhi dengan perayaan budaya, mulai dari Singapore Food Festival yang menawarkan hidangan-hidangan lokal dan modern, hingga Singapore Rugby Sevens yang penuh aksi. 

Belum lagi dengan konser-konser artis papan atas internasional yang langganan datang ke Singapura, membuat negara kota ini nggak punya waktu sepi. Negara kecil yang kaya ini selalu ada sesuatu yang bisa dirayakan, menunjukkan semangat komunal yang luar biasa dan kecintaan pada kehidupan yang dijalani oleh penduduk lokal.

Setiap festival adalah perayaan dari keberagaman yang dihargai, dan setiap perayaan adalah kesempatan untuk merasakan kegembiraan bersama-sama. Jadi, pastikan untuk merencanakan kunjunganmu sesuai dengan jadwal festival dan rasakan sendiri kemeriahan yang tak pernah berhenti di Singapura.

11. Sistem Pendidikan yang Unggul

 Universitas NUS.
Potret Universitas NUS. Sumber: globalitfactory.com

Selain tempat wisatanya yang keren, Singapura juga dikenal dengan sistem pendidikannya yang luar biasa. Pendidikan di Singapura sering kali berada di peringkat atas dalam berbagai survei internasional, menunjukkan kualitas yang sangat tinggi. Dengan sistem yang menekankan pada pengembangan keterampilan dan kreativitas, nggak heran jika banyak pelajar dari berbagai negara ingin menuntut ilmu di sini.

Mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, Singapura menyediakan lingkungan belajar yang sangat kondusif. Bahkan, beberapa universitas di Singapura masuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia. Jadi, kalau kamu punya mimpi untuk menimba ilmu di luar negeri, Singapura bisa jadi pilihan yang tepat, Sobat!

12. Singapura sebagai Pusat Keuangan dan Bisnis

 Kota Singapura.
Potret Kota Singapura. Sumber: IST

Singapura juga merupakan salah satu pusat keuangan dan bisnis terbesar di dunia. Sejak kemerdekaannya pada tahun 1965, Singapura telah berkembang pesat menjadi pusat ekonomi global. Dengan kebijakan ekonomi yang pro-bisnis dan infrastruktur yang canggih, tidak heran jika banyak perusahaan multinasional memilih Singapura sebagai markas besar mereka di Asia.

Selain itu, Singapura juga terkenal dengan stabilitas politik dan hukum yang kuat, menjadikannya tempat yang aman dan menarik untuk investasi. Jadi, kalau kamu tertarik dengan dunia bisnis dan keuangan, Singapura adalah tempat yang sangat cocok untuk memulai kariermu.

13. Transportasi Umum yang Menghubungkan Seluruh Wilayah Singapura

MRT.
Potret alat transportasi MRT. Sumber: IST

Sistem transportasi umum di Singapura terkenal efisien dan terintegrasi dengan baik. Di Singapura, kamu bisa dengan mudah bepergian ke berbagai tempat menggunakan MRT (Mass Rapid Transit), bus, dan taksi. Sistem transportasi yang canggih ini nggak hanya nyaman, tapi juga ramah lingkungan.

Transportasi umum di Singapura dirancang untuk menghubungkan setiap sudut kota, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang aksesibilitas. Dengan kartu EZ-Link atau NETS FlashPay, kamu bisa menikmati perjalanan yang mudah dan hemat. Jadi, saat berkunjung ke Singapura, pastikan untuk mencoba pengalaman menggunakan transportasi umum yang praktis ini, ya!

14. Salah Satu Kota Terbersih dan Teraman di Dunia 

Kota Terbersih
Potret Taman Singapura. Sumber: IST

Sobat, salah satu hal yang membuat Singapura sangat istimewa adalah tingkat keamanan dan kebersihannya yang luar biasa. Singapura dikenal sebagai salah satu kota teraman di dunia, dengan tingkat kriminalitas yang sangat rendah. Hal ini tentunya membuat turis merasa nyaman dan aman saat berkeliling kota.

Selain itu, kebersihan kota juga dijaga dengan sangat baik. Pemerintah Singapura memiliki aturan ketat tentang kebersihan dan warga negara serta wisatawan diharapkan untuk mengikuti aturan tersebut. Hasilnya, kamu akan menemukan jalan-jalan yang bersih dan terawat, yang pastinya menambah kenyamanan selama berada di Singapura.

15. Keajaiban Arsitektur Modern

Marina Bay Sands
Potret Marina Bay Sands. Sumber: IST

Bangunan ikonis seperti Marina Bay Sands, Merlion, dan Esplanade adalah beberapa contoh arsitektur modern yang nggak hanya indah tapi juga inovatif. Marina Bay Sands, misalnya, memiliki infinity pool yang terkenal di atapnya, memberikan pemandangan spektakuler dari seluruh kota.

Desain arsitektur di Singapura sering kali menggabungkan elemen modern dengan sentuhan alam, menciptakan lingkungan yang harmonis dan estetis. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi bangunan-bangunan ikonis ini dan merasakan sendiri keindahan arsitektur Singapura.

16. Inovasi Teknologi dan Smart Nation

Smart nation.
Ilustrasi penggunaan Smart nation. Sumber: linkedin.com

Sobat, Singapura juga dikenal sebagai negara yang sangat maju dalam hal inovasi teknologi. Proyek-proyek seperti Smart Nation bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari warganya. Dari transportasi pintar hingga layanan kesehatan digital, Singapura terus berinovasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dan efisien.

Pemerintah Singapura berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan kualitas hidup warganya. Jadi, kalau kamu tertarik dengan teknologi dan inovasi, Singapura adalah tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi dan mungkin, bahkan bekerja di bidang teknologi.

17. Banyak Kuliner yang Menggugah Selera

Hainanese Chicken Rice
Potret kuliner Hainanese Chicken Rice. Sumber: IST

Jika pergi ke Singapura, nggak lengkap rasanya kalau kamu nggak mencoba kulineran. Singapura adalah surga bagi pecinta makanan dengan berbagai hidangan yang lezat dan menggugah selera. Makanan khas seperti Uncle Ice Cream di Orchard Road, Hainanese Chicken Rice, Chili Crab, dan Laksa adalah beberapa hidangan yang wajib kamu coba.

Selain makanan-makanan khas tersebut, Singapura juga memiliki hawker centers yang terkenal di seluruh dunia. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam makanan dari berbagai budaya dengan harga yang terjangkau. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner Singapura yang luar biasa ini saat kamu berkunjung ke sana!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah beberapa fakta menarik Singapura yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Dari keanekaragaman geografis yang menakjubkan hingga malam balapan F1 di malam hari yang memukau, negara kota ini wajib dikunjungi bagi kamu yang suka destinasi wisata mewah dengan tetap ada sentuhan alam.

Bicara tentang alam, alam di Singapura juga terkenal dengan kehijauannya mulai dari oasis hijau di tengah kota metropolitan hingga dijuluki sebagai kota yang bersih. Begitu juga dengan budaya yang dirayakan lewat banyak festival meriah serta keunikan bahasa lokal yang warna-warni, Singapura benar-benar menawarkan sesuatu untuk setiap orang.

Setiap sudut Singapura memiliki cerita menarik untuk dikulik. Mudah-mudahan, eksplorasi virtual kita ini nggak hanya memberimu wawasan baru tentang “Kota Singa”, tetapi juga menginspirasi kamu untuk merencanakan kunjungan dan merasakan wisata ke Singapura secara langsung. Singapura selalu siap menyambut kamu dengan kejutan baru dan kenangan yang akan bertahan seumur hidup.

Terima kasih telah berkenan berpetualang bersama dalam penjelajahan kali ini, Sobat Suka Fakta. Sampai jumpa di petualangan berikutnya, ya!

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *