Fakta Dunia

24 Fakta Menarik Thailand, Memiliki 18 Jenis Kelamin

150
×

24 Fakta Menarik Thailand, Memiliki 18 Jenis Kelamin

Sebarkan artikel ini
Gambar Thailand
Potret Kota Thailand. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Apa kabar? Kali ini, kita bakal jalan-jalan virtual ke salah satu negara paling menarik di Asia Tenggara, yaitu Thailand. Kamu pasti tahu kan, Thailand terkenal banget dengan pantai-pantainya yang indah, makanannya yang enak, dan budayanya yang unik. 

Tapi, tahukah kamu kalau ada banyak banget fakta menarik Thailand yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya? Nah, di artikel ini, kita bakal kupas tuntas 24 fakta menarik tentang Thailand yang pastinya bakal bikin kamu pengen langsung liburan ke sana.

Thailand, atau yang juga dikenal sebagai Negeri Gajah Putih, punya banyak cerita dan fakta unik yang seru untuk diulas. Mulai dari sejarahnya yang tidak pernah dijajah bangsa Eropa, hingga kebiasaan dan budaya masyarakatnya yang sangat berbeda dengan kita. 

Kita juga akan bahas tentang keunikan kota Bangkok, kuliner ekstrem, festival aneh, hingga bagaimana Thailand mengakui 18 jenis kelamin. Penasaran? Yuk, kita mulai petualangan kita menjelajahi fakta-fakta menarik tentang Thailand!

Selanjutnya, kita akan mengupas tentang sejarah Thailand yang tak pernah dijajah bangsa Eropa. Fakta ini mungkin sudah sering kamu dengar, tapi tahukah kamu detailnya? Ayo, kita simak lebih lanjut!

1. Thailand Adalah Negara Asia Tenggara yang Tak Pernah Dijajah Eropa

Negara Thailand.
Potret Negara Thailand. Sumber: IST

Mungkin kamu sudah sering dengar kalau Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Tapi, pernah nggak kamu bertanya-tanya kenapa bisa begitu? Nah, Thailand punya sejarah panjang yang penuh dengan diplomasi cerdas dan strategi jitu. 

Ketika negara-negara tetangga di Asia Tenggara sibuk berjuang melawan kolonialisme, Thailand berhasil menjaga kedaulatannya dengan bernegosiasi dan menjalin hubungan baik dengan kekuatan-kekuatan Eropa saat itu. Thailand bahkan sempat menjadi penengah dalam konflik antara Inggris dan Prancis.

Sejarah ini membuat Thailand mendapatkan nama lain, yaitu Prathet Thai, yang artinya “Tanah Bebas”. Nama ini bukan hanya sekedar nama, tapi juga mencerminkan semangat dan kebanggaan bangsa Thailand yang selalu berhasil mempertahankan kemerdekaannya. Jadi, saat kamu mengunjungi Thailand, kamu bukan hanya menikmati keindahan alam dan budayanya, tapi juga menyelami semangat kebebasan yang telah mereka pertahankan selama berabad-abad.

2. Kota Bangkok Memiliki Nama yang Super Panjang 

Kota Bangkok.
Potret Kota Bangkok. Sumber: Bogordaily.net

Nah, kalau ngomongin Thailand, pasti nggak lengkap kalau nggak bahas ibu kotanya, Bangkok. Tapi, tahukah kamu kalau Bangkok punya nama asli yang super panjang? Nama aslinya adalah Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit. 

Wah, panjang banget ya! Nama ini terdiri dari berbagai kata dalam bahasa Pali dan Sansekerta yang menggambarkan keagungan dan keindahan kota tersebut.

Nama panjang ini mencerminkan banyak hal tentang sejarah dan budaya Thailand. Meskipun begitu, untuk sehari-hari, orang Thailand lebih suka menyebut kotanya dengan nama singkatnya, yaitu Krung Thep, yang artinya “Kota Para Malaikat”. 

Kalau kamu punya kesempatan mengunjungi Bangkok, kamu akan merasakan bagaimana kota ini memadukan kemegahan masa lalu dengan dinamika modern. Jadi, selain jalan-jalan menikmati pemandangan kota, kamu juga bisa merasakan sentuhan sejarah yang masih terasa kental di setiap sudut Bangkok.

3. Penduduknya yang Ramah, Thailand Dijuluki Sebagai “Negeri Senyuman”

Thailand.
Potret penduduk Thailand. Sumber: AFP

Satu lagi fakta menarik Thailand yang harus kamu tahu adalah julukannya sebagai “The Land of Smile” atau “Negeri Senyuman”. Julukan ini bukan tanpa alasan, lho! Penduduk Thailand dikenal sangat ramah dan selalu murah senyum. Bagi mereka, senyum adalah bagian dari budaya dan cara untuk menunjukkan keramahan. Jadi, jangan heran kalau kamu sering disapa dengan senyum hangat saat berkunjung ke sana.

Budaya senyum ini membuat wisatawan merasa nyaman dan disambut dengan baik. Selain itu, senyum juga menjadi cara untuk menghindari konflik dan menjaga keharmonisan dalam masyarakat. Jadi, kalau kamu merasa stres atau sedang bad mood, berlibur ke Thailand bisa jadi pilihan yang tepat untuk merasakan suasana yang positif dan menenangkan. Selain menikmati keindahan alam dan kuliner, kamu juga bisa belajar banyak dari budaya senyum yang khas ini.

4. Muay Thai Adalah Seni Bela Diri Khas Thailand

Muay Thai
Potret Muay Thai Thailand. Sumber: IST

Buat kamu yang suka olahraga dan seni bela diri, pasti udah nggak asing lagi dengan Muay Thai. Muay Thai adalah seni bela diri yang berasal dari Thailand dan dikenal juga sebagai “The Art of Eight Limbs” karena menggunakan delapan titik serangan, dua tangan, dua kaki, dua siku, dan dua lutut. Muay Thai bukan hanya sekadar olahraga, tapi juga bagian dari budaya dan tradisi Thailand yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Muay Thai menawarkan banyak manfaat, mulai dari kebugaran fisik hingga kesehatan mental. Olahraga ini juga sangat populer di kalangan wisatawan, baik untuk belajar teknik dasar maupun untuk menonton pertarungan profesional. Banyak gym dan sekolah Muay Thai di Thailand yang menawarkan kelas untuk pemula hingga tingkat lanjutan. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Thailand, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba atau menyaksikan Muay Thai langsung dari negeri asalnya!

5. Dahulu Thailand Dikenal dengan Nama “Siam” 

Negara Thailand.
Potret Negara Thailand. Sumber: IST

Tahukah kamu bahwa Thailand dulu dikenal dengan nama Siam? Yup, sebelum tahun 1939, negara ini bernama Siam dan kemudian berganti nama menjadi Thailand setelah Revolusi Siam tahun 1932. Nama Thailand berasal dari kata “Prathet Thai” yang berarti “Tanah Bebas”, menggambarkan semangat kemerdekaan yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakatnya.

Perubahan nama ini bukan hanya sekadar perubahan administratif, tapi juga simbol dari perubahan sosial dan politik yang terjadi di negara ini. Dengan nama baru, Thailand ingin menunjukkan identitas barunya sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Jadi, setiap kali kamu mendengar atau menyebut nama Thailand, ingatlah bahwa itu adalah simbol kebebasan dan perjuangan panjang yang telah mereka lalui.

6. Thailand Memiliki Festival Khusus untuk Para Monyet 

Gambar Festival
Potret beberapa monyet sedang makan. Sumber: REUTERS/Juarawee Kittisilpa

Kalau kamu suka dengan hal-hal unik dan sedikit out of the box, kamu pasti tertarik dengan Festival Monyet di Thailand. Festival yang dikenal dengan nama “Lopburi Monkey Festival” ini diadakan setiap tahun di kota Lopburi. 

Penduduk setempat menyiapkan pesta besar dengan berbagai macam makanan seperti buah-buahan, nasi, sayuran, dan bahkan makanan penutup untuk ratusan monyet yang tinggal di daerah tersebut.

Festival ini bukan hanya acara seru-seruan, tapi juga bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada monyet-monyet yang dianggap membawa keberuntungan dan menarik wisatawan ke kota tersebut. 

Bayangkan, ratusan monyet berkeliaran bebas dan menikmati pesta makanan yang disediakan khusus untuk mereka. Seru banget, kan? Kalau kamu kebetulan berada di Thailand saat festival ini berlangsung, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat langsung keunikan acara ini.

7. Gajah Putih Memiliki Tempat yang Istimewa dalam Budaya Thailand 

Gajah Putih
Potret Patung Gajah Putih. Sumber: Dok. pxfuel.com

Thailand dikenal juga dengan julukan “Negeri Gajah Putih”. Gajah, khususnya gajah putih, memiliki tempat yang sangat istimewa dalam budaya Thailand. Mereka dianggap sebagai simbol kekuatan, kesucian, dan keberuntungan. Gajah putih juga sering dikaitkan dengan kerajaan dan dianggap sebagai hewan yang sakral. Bahkan, pada masa lalu, hanya raja yang diperbolehkan memiliki gajah putih.

Di Thailand, kamu bisa mengunjungi berbagai sanctuary gajah di mana kamu bisa belajar lebih banyak tentang hewan yang luar biasa ini dan melihat mereka dari dekat. Beberapa sanctuary juga menawarkan pengalaman interaktif di mana kamu bisa memberi makan, memandikan, dan bahkan berjalan bersama gajah. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk memahami betapa pentingnya gajah dalam kehidupan dan budaya Thailand.

8. Memiliki 30.000 Kuil di Seluruh Negeri

Thailand
Potret Kuil-Kuil di Thailand. Sumber: IST

Salah satu daya tarik utama Thailand adalah keberadaan ribuan kuilnya yang indah dan penuh dengan sejarah. Ada sekitar 30.000 kuil di seluruh negeri, dan masing-masing memiliki keunikan serta cerita tersendiri. 

Beberapa kuil yang paling terkenal adalah Wat Phra Kaew di Bangkok, yang merupakan rumah bagi Patung Buddha Zamrud, dan Wat Arun yang megah dengan menara tinggi yang berkilauan di tepi Sungai Chao Phraya.

Ketika mengunjungi kuil di Thailand, penting untuk menghormati aturan dan tradisi setempat. Misalnya, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan dan menundukkan kepala saat masuk ke area kuil. 

Hal ini menunjukkan rasa hormat terhadap tempat suci tersebut. Mengunjungi kuil-kuil ini bukan hanya tentang melihat arsitektur yang indah, tetapi juga merasakan kedamaian dan spiritualitas yang terpancar dari tempat-tempat suci ini.

9. Thailand Adalah Rumah Bagi Kucing Siam

Kucing Siam.
Potret Kucing Siam. Sumber: IST

Buat kamu yang pecinta kucing, Thailand adalah tempat asal dari salah satu ras kucing paling terkenal di dunia, yaitu kucing Siam. Kucing Siam memiliki sejarah panjang dan dianggap sebagai kucing kerajaan di Thailand. 

Mereka dikenal dengan mata biru yang menawan dan suara yang khas. Ada banyak cerita dan legenda tentang kucing Siam yang menambah keunikan mereka.

Di masa lalu, memberikan sepasang kucing Siam kepada pengantin baru dianggap sebagai tanda keberuntungan. Buku puisi abad ke-14 menggambarkan ada 23 jenis kucing Siam, meskipun sekarang hanya enam yang masih ada. 

Jika kamu pecinta kucing, mengunjungi Thailand bisa menjadi kesempatan untuk melihat kucing Siam di habitat aslinya dan mungkin belajar lebih banyak tentang sejarah mereka yang menarik.

10. Menjadi Negara Eksportir Bunga Anggrek Terbesar di Dunia

 Tanaman Anggrek.
Potret Tanaman Anggrek. Sumber: IST

Thailand tidak hanya dikenal dengan pantai-pantainya yang indah dan makanan yang lezat, tapi juga sebagai eksportir anggrek terbesar di dunia. Anggrek adalah bunga nasional Thailand dan kamu bisa menemukan bunga yang cantik ini hampir di mana saja. Dari pasar bunga hingga taman dan hutan, anggrek tumbuh subur di iklim tropis Thailand.

Sekitar 45% anggrek Thailand diekspor ke luar negeri, sementara sisanya dijual di pasar domestik. Ada lebih dari 1.500 spesies anggrek yang tumbuh liar di Thailand, menjadikannya surga bagi para pecinta bunga. Jadi, kalau kamu penggemar bunga, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pasar bunga atau taman anggrek di Thailand. Kamu pasti akan terpesona dengan keindahan dan variasi anggrek yang ada di sana.

11. Sarang Burung Walet Adalah Hidangan Paling Mahal di Dunia

Sarang Burung Walet
Sup Sarang Burung Walet. Sumber: IST

Sarang burung walet adalah salah satu hidangan paling mahal dan dicari di dunia, dan Thailand adalah salah satu tempat utama di mana sarang ini dipanen. Sarang ini sebenarnya terbuat dari air liur burung walet jantan yang mengeras dan dipanen dari gua-gua. Meskipun terdengar tidak biasa, sarang burung walet ini dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan menurut pengobatan tradisional Tiongkok.

Harga sarang burung walet bisa mencapai lebih dari USD 900 per pon, menjadikannya salah satu makanan termahal di planet ini. Proses memanen sarang ini juga cukup berbahaya, karena para pemanen harus memanjat tebing curam dan masuk ke dalam gua-gua yang gelap. Jika kamu penasaran, kamu bisa mencicipi hidangan ini di restoran-restoran eksklusif di Thailand yang menyajikan sup sarang burung walet.

12. Memiliki Bahasa yang Sulit Dipelajari Orang Asing

Bahasa Thailand.
Ilustrasi Bahasa Thailand. Sumber: Dok. youtube.com/@theakromm1999

Bahasa Thailand termasuk salah satu bahasa yang paling sulit dipelajari bagi orang asing. Bahasa ini memiliki 44 konsonan, 32 vokal, dan 5 nada yang berbeda, yang membuat pengucapannya sangat kompleks. Nada dalam bahasa Thailand sangat penting karena perubahan nada bisa mengubah arti sebuah kata secara drastis.

Selain itu, aksara Thailand juga sangat berbeda dengan alfabet Latin yang biasa kita gunakan. Aksaranya mirip dengan aksara Jawa, sehingga membutuhkan ketekunan dan waktu untuk mempelajarinya. Namun, mempelajari bahasa Thailand bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan membuka peluang untuk lebih memahami budaya dan tradisi Thailand yang kaya.

13. Bebas Visa untuk Wisatawan Indonesia

Gambar Visa
Potret Visa Thailand. Sumber: IST

Berita baik buat kamu yang berencana liburan ke Thailand! Sebagai warga negara Indonesia, kamu bisa menikmati bebas visa kunjungan ke Thailand. Ini berarti kamu bisa tinggal di Thailand selama 30 hari tanpa perlu repot mengurus visa. Kebijakan ini sangat memudahkan wisatawan Indonesia yang ingin mengeksplorasi keindahan dan keunikan Thailand.

Jadi, kalau kamu punya waktu luang dan ingin mencari destinasi liburan yang menarik, Thailand bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan bebas visa ini, kamu bisa lebih fokus menikmati perjalanan tanpa khawatir tentang urusan administrasi. Mulai dari pantai-pantai indah, kuil-kuil bersejarah, hingga kuliner lezat, semua bisa kamu nikmati dengan mudah di Thailand.

14. Tempat Kelahiran Kembar Siam Pertama yang Terkenal di Dunia

Kembar SIam.
Potret Kembar SIam. Sumber: Dok. kompasiana.com

Thailand juga dikenal sebagai tempat kelahiran kembar Siam pertama yang terkenal di dunia, yaitu Chang dan Eng Bunker. Mereka lahir pada tahun 1811 di sebuah provinsi dekat Bangkok dan kemudian menjadi terkenal di seluruh dunia. Si kembar ini menikah dengan dua wanita yang juga bersaudara dan masing-masing pasangan memiliki lebih dari sepuluh anak.

Chang dan Eng Bunker menjadi inspirasi bagi istilah “kembar Siam” yang digunakan hingga sekarang. Meskipun mereka harus menghadapi banyak tantangan dalam hidup, mereka tetap mampu menjalani kehidupan yang penuh warna dan inspiratif. Kisah mereka menjadi bagian penting dari sejarah dan budaya Thailand yang kaya.

15. Vegetarian Phuket Adalah Festival Khas Thailand yang Ekstrem 

Festival Vegetarian Phuket.
Potret Festival Vegetarian Phuket. Sumber: Dok. reddit.com

Phuket, salah satu destinasi wisata terkenal di Thailand, juga dikenal dengan festival tahunan yang cukup ekstrem, yaitu Festival Vegetarian Phuket. Meskipun namanya terdengar biasa saja, festival ini sebenarnya penuh dengan aksi yang menegangkan dan berdarah. Para peserta festival melakukan berbagai bentuk mutilasi diri, seperti menusuk tubuh dengan benda tajam dan berjalan di atas bara api.

Festival ini diadakan setiap bulan Oktober dan dianggap sebagai cara untuk membersihkan jiwa dan mendapatkan kesehatan yang baik serta ketenangan pikiran. Meskipun tampak ekstrem, festival ini memiliki makna spiritual yang mendalam bagi penduduk setempat. Jika kamu berani dan penasaran, festival ini bisa menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan saat mengunjungi Thailand.

16. Bangkok Dijuluki Sebagai “Venice of the East”

Bangkok Venice of the East
Potret Pasar Terapung Damnoen Saduak. Sumber: IST

Bangkok, ibu kota Thailand, sering dijuluki sebagai “Venice of the East” karena jaringan kanal-kanalnya yang luas dan indah. Pada masa lalu, sebagian besar jalan di Bangkok adalah kanal, yang digunakan untuk transportasi dan perdagangan. Banyak bangunan asli di Bangkok dibangun di atas panggung di atas Sungai Chao Phraya dan kanal-kanal yang berkelok-kelok.

Meskipun banyak kanal telah di aspal menjadi jalan, kamu masih bisa menemukan beberapa kanal cantik yang tetap dipertahankan. Tur dengan perahu di kanal-kanal ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menjelajahi kota dan melihat kehidupan lokal dari perspektif yang berbeda. Jangan lupa untuk mengunjungi Pasar Terapung Damnoen Saduak, di mana kamu bisa berbelanja dari perahu dan menikmati suasana yang unik.

17. Raja Bhumibol Adulyadej Adalah Raja Thailand yang Terlama Berkuasa

Raja Bhumibol Adulyadej
Potret Raja Bhumibol Adulyadej. Sumber: Dok.Tempo.co

Raja Bhumibol Adulyadej adalah salah satu raja yang paling dihormati dan terlama berkuasa dalam sejarah Thailand. Beliau memerintah dari tanggal 9 Juni 1946 hingga kematiannya pada tanggal 13 Oktober 2016, menjadikannya raja terlama yang memerintah di dunia pada saat itu. Raja Bhumibol dikenal karena dedikasinya terhadap pembangunan dan kesejahteraan rakyat Thailand.

Selama masa pemerintahannya, Raja Bhumibol meluncurkan berbagai proyek pembangunan, mulai dari irigasi hingga pendidikan. Beliau juga dikenal sebagai musisi berbakat dan komposer yang menggubah lagu kebangsaan Thailand.

Pengaruhnya yang besar dan kepemimpinannya yang bijaksana membuatnya sangat dihormati oleh rakyat Thailand. Jika kamu mengunjungi Thailand, kamu akan melihat banyak monumen dan patung yang didedikasikan untuk menghormati Raja Bhumibol.

18. Bangkok sebagai Kota Terpanas di Dunia, Mencapai 35° Celsius

kota Bangkok.
Potret kota Bangkok. Sumber: IST

Jika kamu berencana mengunjungi Bangkok, siapkan diri untuk menghadapi suhu yang panas! Bangkok sering dianggap sebagai salah satu kota terpanas di dunia, dengan suhu rata-rata yang mencapai 35 derajat Celsius. Suhu yang tinggi ini bisa membuat siapa pun merasa gerah, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan iklim tropis.

Tips buat kamu yang ingin tetap nyaman selama berada di Bangkok, pakailah pakaian yang ringan dan berbahan tipis, minumlah banyak air, dan hindari aktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik-teriknya. Banyak tempat di Bangkok yang menyediakan AC, jadi kamu bisa beristirahat di dalam ruangan yang sejuk jika sudah terlalu panas di luar.

19. Thailand Memiliki 18 Jenis Kelamin yang Diakui Secara Resmi

Thailand
Potret Komunitas LGBT Thailand. Sumber: REUTERS/Soe Zeya Tun

Salah satu fakta menarik Thailand yang mungkin belum banyak diketahui adalah pengakuan terhadap keanekaragaman jenis kelamin. Di Thailand, ada 18 jenis kelamin yang diakui secara resmi. Ini menunjukkan betapa terbuka dan inklusifnya masyarakat Thailand terhadap identitas gender yang berbeda.

Thailand adalah salah satu negara di dunia yang memiliki sikap progresif terhadap komunitas LGBTQ+. Banyak orang dari seluruh dunia yang merasa lebih diterima dan nyaman mengekspresikan diri mereka di Thailand. Ini juga menjadikan Thailand sebagai destinasi populer bagi wisatawan LGBTQ+. Jadi, kalau kamu tertarik dengan isu-isu gender dan inklusivitas, Thailand bisa memberikan banyak pelajaran berharga.

20. Memiliki Hewan Unik yang Sulit Ditemukan di Negara Lain 

 Ikan Mudskipper.
Potret Ikan Mudskipper. Sumber: IST

Thailand adalah rumah bagi berbagai hewan unik yang mungkin tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Salah satu hewan yang terkenal adalah kelelawar berhidung babi, yang juga dikenal sebagai kelelawar terkecil di dunia. Hewan ini hanya seukuran sebutir biji kopi dan bisa ditemukan di gua-gua di Thailand.

Selain itu, ada juga ikan yang bisa berjalan di darat, yaitu Mudskipper. Ikan ini memiliki kemampuan unik untuk keluar dari air dan berjalan di atas tanah dengan menggunakan siripnya. Keunikan fauna Thailand ini menunjukkan betapa beragamnya kehidupan alam di negara ini. Jadi, kalau kamu pecinta alam dan binatang, Thailand bisa menjadi surga bagi kamu untuk mengeksplorasi lebih jauh.

21. Red Bull Adalah Minuman Energi yang Berasal dari Thailand

Red Bull
Potret Minuman Red Bull. Sumber: IST

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan minuman energi Red Bull, kan? Tapi, tahukah kamu bahwa minuman ini sebenarnya berasal dari Thailand? Red Bull didasarkan pada minuman energi lokal Thailand yang disebut Krating Daeng, yang berarti “Banteng Merah”. Minuman ini diciptakan oleh Chaleo Yoovidhya pada tahun 1976 dan menjadi sangat populer di Asia.

Pada tahun 1987, seorang pengusaha Austria bernama Dietrich Mateschitz menemukan minuman ini saat berkunjung ke Thailand. Ia kemudian memodifikasinya untuk lebih sesuai dengan selera Barat dan meluncurkannya di pasar internasional sebagai Red Bull. Kini, Red Bull menjadi salah satu minuman energi paling terkenal di dunia. Jadi, saat kamu minum Red Bull, ingatlah bahwa kamu sedang menikmati sesuatu yang punya akar kuat di Thailand!

22. 5 Garis Horizontal pada Bendera Thailand Memiliki Makna yang Mendalam

 Bendera Thailand.
Potret Bendera Thailand. Sumber: IST

Bendera Thailand terdiri dari lima garis horizontal dengan warna merah, putih, biru, putih, dan merah secara berturut-turut. Setiap warna pada bendera ini memiliki makna yang mendalam. Merah melambangkan negara dan darah para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan, putih melambangkan agama, dan biru melambangkan monarki.

Setiap hari, pada pukul 8 pagi dan 6 sore, bendera Thailand dikibarkan dan diturunkan dengan upacara khusus di berbagai tempat. Penghormatan terhadap bendera ini menunjukkan rasa cinta dan kebanggaan rakyat Thailand terhadap negara mereka. Jadi, jika kamu berada di Thailand pada waktu-waktu tersebut, jangan kaget jika kamu melihat orang-orang berhenti sejenak untuk menghormati bendera.

23. Memiliki Aturan yang Ketat, Tak Boleh Menyentuh Kepala Orang Lain

Memegang kepala
Ilustrasi Memegang kepala. Sumber: IST

Saat berkunjung ke Thailand, penting untuk memahami beberapa tata krama dan etiket lokal agar kamu bisa berinteraksi dengan penduduk setempat secara sopan. Salah satu aturan utama yang perlu diingat adalah tidak menyentuh kepala orang lain, karena kepala dianggap sebagai bagian tubuh yang paling suci. Menyentuh kepala seseorang bisa dianggap sangat tidak sopan.

Selain itu, kaki juga dianggap bagian tubuh yang paling rendah dan kotor, sehingga kamu harus menghindari menunjuk atau menyentuh orang lain dengan kaki. Saat duduk di kuil atau rumah, pastikan kakimu tidak mengarah ke orang lain atau patung Buddha. Menunjukkan rasa hormat terhadap budaya dan kebiasaan lokal akan membuat perjalananmu di Thailand menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.

24. Memiliki Keindahan Alam yang Memukau dengan Ribuan Pulau dan Kuil

Pantai Phuket.
Potret Pantai Phuket. Sumber: IST

Thailand dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, termasuk ribuan pulau dan kuil yang tersebar di seluruh negeri. Ada sekitar 1.430 pulau di Thailand, yang menawarkan berbagai macam pemandangan dan aktivitas, mulai dari snorkeling, diving, hingga sekadar bersantai di pantai. Beberapa pulau terkenal yang wajib kamu kunjungi antara lain Phuket, Koh Samui, dan Koh Phi Phi.

Selain itu, Thailand juga memiliki sekitar 30.000 kuil yang tersebar di seluruh negeri. Kuil-kuil ini bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga merupakan bagian penting dari budaya dan sejarah Thailand. Setiap kuil memiliki arsitektur yang indah dan atmosfer yang damai, menjadikannya tempat yang sempurna untuk refleksi dan meditasi. Mengunjungi kuil-kuil ini akan memberi kamu wawasan mendalam tentang spiritualitas dan tradisi Thailand.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 24 fakta menarik Thailand yang mungkin belum kamu ketahui. Dari sejarahnya yang tidak pernah dijajah, hingga kebudayaan dan tradisi unik yang mereka miliki, Thailand adalah negara yang penuh dengan kejutan dan keindahan. Semoga dengan mengetahui fakta-fakta ini, kamu jadi semakin tertarik untuk mengunjungi dan mengeksplorasi Negeri Gajah Putih ini.

Jadi, jika kamu mencari destinasi liburan berikutnya yang menawarkan pengalaman budaya yang kaya, pemandangan alam yang menakjubkan, dan kuliner yang lezat, Thailand adalah pilihan yang tepat. Selamat berlibur dan jangan lupa untuk selalu menghormati budaya dan tradisi lokal saat kamu berkunjung ke sana. Sampai jumpa di petualangan berikutnya!

REFERENSI

  • Blueray Cargo. (2024, 22 Januari). 20 Fakta Menarik tentang Negara Thailand yang Jarang Diketahui. Diakses dari https://blueraycargo.id/article/2024/01/22/fakta-menarik-tentang-negara-thailand/
  • 12Go Asia. 17 Fakta Menarik, Tidak Biasa dan Menyenangkan tentang Thailand. Diakses dari https://12go.asia/in/thailand/interesting-facts
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *