Fakta Unik

9 Fakta Tentang Singkong, Tanaman yang Populer di Indonesia

194
×

9 Fakta Tentang Singkong, Tanaman yang Populer di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Fakta Tentang Singkong
10 Fakta Tentang Singkong, Tanaman yang Populer di Indonesia. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang suka ngemil keripik singkong atau menikmati tape manis di sore hari? Kalau kamu suka, berarti kamu nggak sendirian! Singkong adalah salah satu tumbuhan yang super populer di Indonesia dan sering jadi andalan di dapur kita. Tapi, tahukah kamu kalau singkong itu punya banyak fakta menarik yang mungkin belum kamu tahu?

Nah, di artikel ini, kita akan mengupas tuntas 9 fakta tentang singkong. Bukan cuma tentang rasanya yang enak, tapi juga manfaat kesehatannya, cara mengolahnya yang aman, hingga berbagai olahan lezat dari singkong yang bikin kamu ketagihan. Siap-siap ya, karena perjalanan kita akan penuh dengan informasi yang bakal bikin kamu semakin cinta sama singkong!

Setelah pengenalan singkat ini, kita akan masuk ke bagian pertama yang membahas tentang apa itu singkong. Kamu akan tahu lebih dalam tentang penampilan dan struktur tanaman yang satu ini. Yuk, kita mulai!

Apa Itu Singkong?

Singkong
Potret Tumbuhan Singkong. Sumber: IST

Jadi, Sobat Suka Fakta, apa sih sebenarnya singkong itu? Singkong adalah tanaman akar yang memiliki bentuk agak panjang, berwarna cokelat, dan meruncing di dua ujungnya. Mungkin kamu pernah melihatnya dan mengira itu adalah ubi jalar karena bentuknya memang mirip. Singkong ini juga kaya akan pati, mirip seperti kentang dan ubi jalar, sehingga bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

Nah, meskipun tampilannya sederhana, singkong ini ternyata punya banyak rahasia di dalamnya. Di balik kulit cokelatnya yang kasar, terdapat daging berwarna putih yang kaya akan nutrisi. Nggak heran kalau singkong sering jadi bahan utama dalam berbagai masakan di banyak negara, termasuk Indonesia. Yuk, kita lanjut ke nama-nama unik singkong di berbagai negara!

Fakta Tentang Singkong yang Belum Diketahui Banyak Orang

1. Singkong Memiliki Berbagai Nama yang Unik di Dunia

Thailand.
Potret bendera Thailand. Sumber: IST

Singkong punya banyak nama keren di seluruh dunia, lho! Di Brasil, orang-orang menyebutnya mandioca atau aipim. Di Thailand, singkong dikenal dengan nama manioc. Kalau kamu jalan-jalan ke Afrika, jangan kaget kalau mendengar nama mogo. Di Filipina, singkong dikenal sebagai kamoteng kahoy atau balinghoy.

Nama-nama ini menunjukkan betapa populernya singkong di berbagai belahan dunia. Setiap nama punya cerita dan cara pengolahan yang unik. Dengan mengenal berbagai nama ini, kamu jadi tahu bahwa singkong itu nggak cuma populer di Indonesia, tapi juga di berbagai negara lainnya. Oke, sekarang kita bahas manfaat kesehatan dari singkong, yuk!

2. Singkong Adalah Sumber Energi Tubuh yang Luar Biasa

Sembelit
Ilustrasi wanita sembelit. Sumber: IST

Singkong nggak cuma enak, tapi juga kaya akan manfaat kesehatan. Pertama, singkong adalah sumber energi yang luar biasa. Dalam setiap 100 gram singkong, terdapat sekitar 38 gram karbohidrat. Jadi, buat kamu yang butuh energi ekstra untuk beraktivitas, makan singkong bisa jadi pilihan yang tepat.

Selain itu, singkong juga membantu mencegah sembelit. Kok bisa? Ternyata, singkong mengandung pati resisten, yaitu jenis serat yang tidak larut dalam air dan sangat baik untuk pencernaan.

Pati resisten ini membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga pencernaan kamu jadi lebih lancar. Singkong juga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah, lho.

Serat dalam singkong memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, membuat kadar gula darah tetap stabil. Manfaat yang keren, kan?

3. 100 Gram Singkong Rebus Menyimpan 154 Kalori 

Singkong
Ilustrasi table kandungan gizi dalam singkong. Sumber: Facebook/@ahligizi

Sekarang, kita intip yuk, apa saja kandungan gizi dalam singkong. Dalam 100 gram singkong rebus, kamu bisa mendapatkan sekitar 154 kalori. Singkong juga mengandung 36,8 gram karbohidrat, 1 gram protein, dan 0,3 gram lemak. Nggak hanya itu, singkong juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral penting.

Beberapa mineral yang ada dalam singkong antara lain kalium, kalsium, fosfor, dan vitamin C. Kalium dalam singkong sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Sementara itu, kalsium dan fosfor penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kamu. Jadi, singkong itu bukan cuma enak, tapi juga sangat bergizi!

4. Singkong Menjadi Primadona di Afrika dan Amerika Selatan

fakta tentang singkong
Potret Tumbuhan Singkong. Sumber: IST

Singkong memang sangat populer di Indonesia, tapi tahukah kamu kalau tanaman ini juga jadi primadona di Afrika dan Amerika Selatan? Di Afrika, singkong sering dijadikan bahan utama dalam berbagai hidangan tradisional. Salah satu contohnya adalah gari, yaitu singkong yang direndam, diparut, dijemur, diayak, dan dikeringkan hingga menyerupai kuskus.

Di Amerika Selatan, singkong juga jadi bintang dapur. Misalnya di Brasil, singkong dikenal dengan nama mandioca dan sering diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti panekuk dan keripik. Popularitas singkong di berbagai negara ini menunjukkan bahwa tanaman ini memang serba guna dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan bergizi. Siap lanjut ke cara mengolah singkong yang aman? Yuk, simak di bagian berikutnya!

5. Cara Mengolah Singkong yang Aman

Singkong
Potret Singkong yang direndam. Sumber: IST

Setelah mengetahui banyak manfaat dari singkong, sekarang saatnya kita belajar cara mengolahnya dengan aman. Penting banget, Sobat Suka Fakta, untuk nggak makan singkong dalam keadaan mentah.

Singkong mentah mengandung glikosida sianogenik, yang bisa diurai tubuh menjadi hidrogen sianida, senyawa beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, kamu harus selalu mengupas kulit singkong yang beracun sebelum memasaknya.

Selain itu, ada baiknya kamu merendam singkong yang sudah dikupas selama beberapa hari untuk mengurangi kadar racunnya. Setelah itu, kamu bisa merebus, menggoreng, atau memanggang singkong sesuai selera. Dengan cara pengolahan yang benar, singkong bisa jadi sajian yang aman dan lezat untuk dinikmati. Yuk, lanjut ke berbagai olahan singkong yang bisa kamu coba!

6. Singkong Dapat Dijadikan Berbagai Olahan yang Lezat

Keripik Singkong.
Potret Keripik Singkong. Sumber: IST

Singkong bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang enak dan menggugah selera. Berikut beberapa olahan singkong yang populer di berbagai negara:

  • Keripik Singkong: Siapa yang nggak suka camilan renyah ini? Keripik singkong sangat populer di Indonesia dan bisa dibuat dengan cara menggoreng irisan tipis singkong yang sudah direbus.
  • Tape Singkong: Olahan singkong yang difermentasi ini memiliki rasa manis dan sedikit asam, sangat cocok sebagai camilan atau bahan tambahan dalam berbagai hidangan.
  • Pai Singkong Khas Bermuda: Hidangan manis tradisional ini biasanya disajikan saat Natal dan terbuat dari singkong parut yang dicampur dengan gula, telur, dan rempah-rempah.

Selain itu, ada banyak resep kreatif lainnya seperti chili mogo, pili pili mogo, dan gari foto dari Afrika yang juga menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Semua olahan ini menunjukkan betapa serbagunanya singkong dalam dunia kuliner.

7. Singkong Bisa Menjadi Alternatif Bebas Gluten yang Sempurna

Tepung Singkong.
Potret Tepung Singkong. Sumber: IST

Untuk Sobat Suka Fakta yang mungkin alergi atau sensitif terhadap gluten, ada kabar baik nih! Singkong bisa jadi alternatif bebas gluten yang sempurna. Tepung singkong, yang dibuat dari singkong kering yang digiling halus, bebas dari gluten dan bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu dalam berbagai resep. Tepung singkong ini bisa dijadikan bahan untuk membuat roti, kue, bahkan pasta yang lebih sehat dan aman untuk mereka yang memiliki intoleransi gluten.

Dengan menggunakan tepung singkong, kamu nggak perlu khawatir lagi tentang gluten dalam makanan favoritmu. Selain itu, tepung singkong juga bisa menjadi bahan pengental dalam berbagai sup dan saus. Yuk, coba gunakan tepung singkong di dapurmu!

8. Tips Memilih Singkong yang Berkualitas

fakta tentang singkong
Potret Tumbuhan Singkong. Sumber: IST

Memilih singkong yang berkualitas adalah langkah pertama untuk memastikan kamu mendapatkan manfaat maksimal dari tanaman ini. Berikut beberapa tips untuk memilih singkong yang baik:

  • Periksa Kulitnya: Pilih singkong dengan kulit yang halus dan tanpa retakan atau noda. Hindari singkong yang kulitnya terlalu keras atau kering.
  • Potong Ujungnya: Singkong yang baik akan berwarna putih bersih di bagian dalam. Jika ada bagian yang berwarna hitam atau cokelat, itu tandanya singkong sudah rusak.
  • Rasa dan Tekstur: Singkong segar akan terasa keras dan berat saat dipegang. Jangan memilih singkong yang terasa ringan atau lunak, karena bisa jadi itu tanda singkong sudah tidak segar lagi.

Dengan memilih singkong yang berkualitas, kamu bisa menikmati berbagai olahan singkong dengan rasa yang maksimal dan manfaat kesehatan yang optimal.

9. Keberlanjutan dan Tantangan dalam Budidaya Singkong

singkong
Ilustrasi petani mencabut singkong. Sumber: IST

Singkong memang tanaman yang luar biasa, tapi ada beberapa tantangan dalam budidayanya. Salah satu tantangan terbesar adalah singkong yang cepat rusak setelah dipanen. Beberapa varietas singkong bisa membusuk hanya dalam beberapa hari, sehingga perlu penanganan khusus agar bisa bertahan lebih lama.

Untuk mengatasi masalah ini, para petani sering kali melapisi singkong dengan lilin atau menyimpannya dalam kondisi tertentu untuk memperpanjang umur simpannya. Selain itu, upaya untuk mengembangkan varietas singkong yang lebih tahan lama dan lebih produktif terus dilakukan.

Keberlanjutan dalam budidaya singkong juga menjadi perhatian. Dengan metode pertanian yang tepat dan penggunaan teknologi modern, diharapkan produksi singkong bisa lebih efisien dan berkelanjutan. Singkong yang lebih tahan lama dan berkualitas tinggi akan membantu memenuhi kebutuhan pangan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 9 fakta menarik tentang singkong yang mungkin belum kamu ketahui. Mulai dari penampilannya yang mirip ubi jalar, berbagai nama uniknya di seluruh dunia, hingga manfaat kesehatannya yang luar biasa. Singkong memang tanaman yang serbaguna dan penuh manfaat.

Dengan mengenal lebih dalam tentang singkong, kamu jadi tahu cara mengolahnya yang aman, berbagai olahan lezat yang bisa dibuat, serta tips memilih singkong yang berkualitas. Jangan lupa juga tentang alternatif bebas gluten yang bisa kamu manfaatkan dari tepung singkong.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu tentang singkong dan menginspirasi kamu untuk mencoba berbagai hidangan dari tanaman ini. Yuk, mulai sekarang, kita manfaatkan singkong dengan lebih baik lagi dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *