Fakta Dunia

18 Fakta Unik Filipina, Memiliki Sungai Terpanjang di Dunia

145
×

18 Fakta Unik Filipina, Memiliki Sungai Terpanjang di Dunia

Sebarkan artikel ini
Gambar peta dunia
Potret Peta Filipina. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Setelah sebelumnya kita pernah membahas fakta menarik Thailand, kali ini kita akan membahas fakta unik Filipina, negara yang dikenal dengan ribuan pulaunya dan segudang keunikan yang tak kalah seru untuk kita bahas. 

Filipina adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang selalu menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Dari pantainya yang indah hingga budaya lokal yang kaya, Filipina memang punya banyak cerita yang bisa kita kulik.

Jadi, siapkan diri kalian untuk menemukan hal-hal seru yang mungkin belum kalian ketahui sebelumnya. Siap? Yuk, kita mulai petualangan kita dengan fakta pertama tentang negara kepulauan ini!

1. Kepulauan Filipina Ditemukan oleh Penjelajah Portugis

Ferdinand Magellan.
Potret Ferdinand Magellan. Sumber: Dok. osc.medcom.id

Sobat Suka Fakta, Kepulauan Filipina ditemukan oleh penjelajah Portugis Ferdinand Magellan pada tahun 1521. Magellan berlayar atas nama Spanyol dan menemukan pulau-pulau ini saat mencari jalur baru ke Kepulauan Rempah-rempah.

Penemuan Magellan ini membawa perubahan besar dalam sejarah Filipina. Pulau-pulau tersebut kemudian diklaim oleh Spanyol dan dinamai Filipina untuk menghormati Raja Philip II dari Spanyol. Penemuan ini juga menandai awal dari periode kolonial Spanyol di Filipina, yang berlangsung selama lebih dari tiga abad.

2. Memiliki Lebih Dari 7000 Pulau

fakta unik filipina
Potret Pulau yang ada di Filipina. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian bahwa Filipina adalah negara kepulauan dengan lebih dari 7600 pulau? Bahkan, sekitar 534 pulau baru ditambahkan ke peta geografis Filipina pada tahun 2017. 

Hal ini membuat jumlah total pulau Filipina bertambah mencapai 7641 pulau. Namun, hanya sekitar 2000 pulau yang berpenghuni, dan banyak dari pulau-pulau ini bahkan tidak tercatat di peta dunia.

Buat kalian yang suka petualangan, Filipina adalah surga yang tak ada habisnya untuk dijelajahi. Menurut penduduk setempat, butuh waktu setidaknya 21 tahun untuk mengunjungi semua pulau di negara ini. Keren, kan?!

3. Karaoke Jadi Bagian Tak Terpisahkan dari Kehidupan Masyarakatnya

Roberto del Rosario.
Potret Roberto del Rosario. Sumber: Dok. myjoaquinfamily.blogspot.com

Pindah ke fakta unik lainnya, siapa di sini yang suka karaoke? Ternyata, karaoke adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Filipina. Meski mesin karaoke pertama dibuat oleh seorang musisi Jepang, Roberto del Rosario, namun seorang penemu Filipina lah yang mematenkan mesin ini pada tahun 1975. 

Sejak saat itu, karaoke menjadi aktivitas nasional yang sangat populer di Filipina. Kalian bisa menemukan mesin karaoke di mana saja, bahkan di daerah paling terpencil sekalipun. Karaoke di Filipina bukan sekadar hobi, tapi juga cara untuk bersosialisasi dan bersenang-senang dengan keluarga dan teman-teman. 

4. Jadi Negara yang Paling Banyak Mengirim Pesan Teks

Pesan teks
Ilustrasi mengirim pesan teks. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, di era digital ini, kita pasti sering mengirim pesan teks, kan? Tapi tahukah kalian, di Filipina, orang-orang mengirim sekitar 400 juta pesan teks setiap harinya? Luar biasa, bukan? 

Kebiasaan ini menunjukkan betapa sosialnya masyarakat Filipina yang selalu berusaha menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat mereka. Jumlah pesan teks tahunan di Filipina bahkan mencapai 142 miliar! Ini menjadikan Filipina salah satu negara dengan jumlah pesan teks terbanyak di dunia. 

5. Negara dengan Populasi Katolik Terbesar ke-3 di Dunia

 Salip Gereja.
Ilustrasi Salip Gereja. Sumber: IST

Filipina memiliki populasi Katolik terbesar ketiga di dunia, setelah Brasil dan Meksiko. Sekitar 80% penduduk Filipina beragama Katolik Roma, yang sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat di sana.

Agama Katolik begitu mengakar sehingga beberapa hukum di negara ini sangat dipengaruhi oleh ajaran agama tersebut. Misalnya, di Filipina, perceraian tidak diperbolehkan dan pernikahan sesama jenis juga dianggap ilegal. Selain itu, aborsi juga dilarang.

6. Memiliki Asosiasi Bola Basket Tertua ke-2 di Dunia

basket Filipina
Potret pemain basket Filipina. Sumber: Dok. AP Photo/Aaron Favila

Sobat Suka Fakta yang gemar olahraga, khususnya bola basket, kalian pasti akan kagum dengan fakta ini. Asosiasi Bola Basket Filipina adalah liga basket profesional tertua kedua di dunia, setelah NBA di Amerika Utara. 

Orang-orang Filipina sangat menyukai bola basket, sehingga kalian bisa melihat lapangan basket darurat di mana-mana, bahkan di daerah pedesaan yang paling terpencil sekalipun. Menariknya, Filipina juga memegang Rekor Dunia Guinness untuk pertandingan bola basket terlama yang pernah ada!

Pada bulan Maret 2014, sebuah acara amal bola basket diadakan dan dimainkan selama 120 jam 1 menit 7 detik. Jadi, jika kalian penggemar bola basket, Filipina adalah tempat yang tepat untuk melihat antusiasme masyarakat terhadap olahraga ini.

7. Memiliki 5 Pusat Perbelanjaan Terbesar di Dunia

SM Mall of Asia
Potret SM Mall of Asia. Sumber: Dok. arquitectonica.com

Sobat Suka Fakta, siapa di sini yang suka belanja? Nah, kalian pasti bakal senang dengan fakta ini. Filipina memiliki lima pusat perbelanjaan terbesar di dunia. Bayangkan, betapa besarnya pusat-pusat perbelanjaan ini hingga bisa menampung ribuan pengunjung setiap harinya. 

Beberapa pusat perbelanjaan terbesar di Filipina adalah SM Seaside City Cebu, SM City North, SM Megamall, SM Mall of Asia, dan SM City Cebu. Orang Filipina memang gemar nongkrong di mal. Mal bukan hanya tempat untuk berbelanja, tapi juga pusat sosial.

8. Jeepney Jadi Ikon Transportasi Filipina

Jeepney.
Potret Mobil Jeepney. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, kalau kalian jalan-jalan ke Filipina, pasti nggak akan sulit menemukan jeepney. Kendaraan ikonik ini awalnya dibuat dari jeep tentara yang ditinggalkan oleh Militer AS setelah Perang Dunia II. 

Kini, jeepney menjadi moda transportasi sehari-hari yang sangat populer di Filipina, khususnya di ibu kota Manila. Jeepney terkenal dengan desainnya yang kreatif dan penuh warna. Selain itu, jeepney juga sangat efisien karena bisa mengangkut lebih dari 20 penumpang sekaligus. 

Dengan lebih dari 55.000 jeepney beroperasi setiap hari di Manila saja, kendaraan ini benar-benar menjadi simbol ikonik yang mewakili budaya Filipina. Jadi, jangan lupa naik jeepney kalau kalian ke sana!

9. Masyarakatnya Sangat Sopan dan Ramah

Masyarakat
Potret warga Filipina. Sumber: Dok. EPA

Filipina juga dikenal sebagai salah satu negara dengan masyarakat paling sopan di dunia, Sobat Suka Fakta. Orang Filipina sangat ramah, suka bersenang-senang, dan memiliki selera humor yang tinggi. 

Mereka juga sangat menghormati orang yang lebih tua. Misalnya, anak-anak akan menyapa orang dewasa dengan sebutan “kuyas” dan “ates” yang berarti kakak laki-laki dan perempuan.

Kesopanan ini juga tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Di berbagai fasilitas umum seperti stasiun taksi dan bank, ada jalur khusus untuk orang tua, ibu hamil, atau penyandang disabilitas. 

Semua warga negara mematuhi pedoman ini, menciptakan suasana yang damai dan harmonis. Jadi, jangan heran kalau kalian merasa sangat diterima dan dihargai saat berkunjung ke Filipina.

10. Jadi Lokasi Letusan Gunung Berapi Terbesar Dalam 50 Tahun Terakhir

Potret Letusan Gunung Pinatubo. Sumber: Dok. id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian bahwa Filipina pernah menjadi lokasi letusan gunung berapi terbesar dalam 50 tahun terakhir? Letusan Gunung Pinatubo pada tanggal 15 Juni 1991 merupakan salah satu peristiwa paling mengerikan dalam sejarah Filipina. 

Letusan ini mengeluarkan berton-ton abu vulkanik yang bahkan jatuh ke Samudra Hindia. Akibat letusan tersebut, lebih dari 20.000 orang harus dievakuasi dan awan gas yang dilepaskan menyebabkan pendinginan global hingga 0,5 derajat Celsius. 

Sayangnya, peristiwa ini menewaskan sekitar 800 orang dan lebih dari 10.000 penduduk kehilangan tempat tinggal. Letusan Gunung Pinatubo benar-benar menjadi salah satu bab terburuk dalam sejarah negara ini.

11. Perayaan Natalnya Dimulai Sejak September

Natal.
Ilustrasi perayaan Natal. Sumber: IST

Siapa yang suka Natal? Nah, Sobat Suka Fakta, di Filipina, Natal bukan hanya hari libur biasa. Mereka merayakan Natal sebagai musim liburan yang dimulai sejak bulan September! 

Betul, kalian nggak salah baca. Natal di Filipina adalah yang terpanjang di dunia dan masyarakatnya sangat antusias dalam menyambutnya. Selama musim Natal, pasar dan pusat perbelanjaan dipenuhi dengan dekorasi meriah dan orang-orang yang berbelanja hadiah. 

Salah satu tradisi penting adalah misa malam yang diadakan selama sembilan hari berturut-turut menjelang malam Natal. Jadi, kalau kalian ingin merasakan suasana Natal yang panjang dan meriah, Filipina adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi.

12. Manila Bukan hanya 1 Kota

Kota Manila.
Potret Kota Manila. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian bahwa Manila sebenarnya bukan hanya satu kota? Metropolitan Manila, atau sering disebut Kawasan Ibu Kota Nasional (NCR), sebenarnya terdiri dari 16 kota kecil dan 1 kotamadya. Beberapa di antaranya termasuk Makati, Quezon City, dan Pasig. 

Meskipun terdiri dari banyak kota kecil, namun Metropolitan Manila adalah wilayah terpadat di Filipina. Setiap kota di Filipina memiliki karakteristik dan daya tariknya sendiri. Misalnya, Makati dikenal sebagai pusat bisnis dengan banyak gedung pencakar langit, sementara Quezon City memiliki banyak tempat bersejarah. 

13. Yo-Yo, Mainan Klasik dari Filipina

Yo-Yo
Potret Permainan Yo-Yo. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pasti kalian tahu mainan yo-yo, kan? Mainan ini ternyata berasal dari Filipina! Yo-yo adalah mainan klasik yang dipatenkan oleh Pedro Edralin Flores, seorang pengusaha Filipina. Nama “yo-yo” sendiri berasal dari bahasa Filipina yang berarti ‘kembali’.

Mainan ini bukan hanya populer di Filipina, tapi juga di seluruh dunia. Yo-yo telah menjadi simbol kreativitas dan keterampilan tangan. Selain itu, yo-yo juga digunakan dalam berbagai kompetisi yang menunjukkan teknik-teknik bermain yang menakjubkan. 

14. Banyak Penduduknya yang Bermigrasi ke Luar Negeri

imigrasi.
Ilustrasi wanita yang sedang berimigrasi. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian mungkin tahu bahwa banyak orang Filipina bekerja di luar negeri. Sekitar 11% dari total populasi Filipina bermigrasi ke luar negeri untuk mencari nafkah. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki taraf hidup keluarga mereka di Filipina. Banyak dari mereka bekerja sebagai tenaga medis, terutama perawat, di berbagai negara.

Fakta menarik lainnya adalah bahwa orang Filipina merupakan komunitas Asia-Amerika terbesar kedua di Amerika Serikat, setelah komunitas Tionghoa. Migrasi ini tidak hanya berdampak pada ekonomi Filipina melalui remitansi, tetapi juga memperkuat hubungan internasional. 

15. Cordillera, Situs Warisan Dunia UNESCO

Cordillera
Potret Sawah terasering Cordillera. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, mari kita bicara tentang keindahan alam Filipina yang diakui dunia. Salah satu tempat yang paling menakjubkan adalah wilayah Administratif Cordillera, yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Di sini, kalian bisa menemukan sawah terasering yang telah ada selama lebih dari 2000 tahun. Sawah-sawah ini dibangun oleh suku Ifugao dan merupakan contoh luar biasa dari pertanian berkelanjutan.

Sawah terasering Cordillera tidak hanya indah dipandang, tetapi juga menunjukkan keahlian dan pengetahuan lokal dalam mengelola lahan. Terasering ini dibuat untuk memaksimalkan penggunaan air dan tanah di daerah pegunungan.

16. Memiliki Sungai Bawah Tanah Terpanjang di Dunia

Gambar Sungai bawah tanah
Ilustrasi sungai yang ada di bawah tanah. Sumber: IST

Sobat Suka Fakra, fakta unik Filipina selanjutnya yang menakjubkan adalah keberadaan Underground River di Puerto Princesa, Palawan, yang merupakan sungai bawah tanah terpanjang di dunia. Sungai ini bahkan terpilih sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Baru.

Di sini, kamu bisa memasuki gua-gua yang gelap dengan perahu, sembari menyaksikan formasi batu kapur yang menakjubkan, stalaktit, dan stalagmit yang membentuk lanskap menakjubkan di bawah permukaan tanah.

Selain Underground River, Filipina juga memiliki sejumlah gua dan terowongan bawah tanah lainnya yang menarik untuk dieksplorasi. Misalnya, Sumaguing Cave di Sagada dan Callao Cave di Cagayan Valley adalah dua contoh lain dari keajaiban alam bawah tanah Filipina.

Dengan formasi batu, gua-gua ini menawarkan pengalaman petualangan yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Dengan menjelajahi keindahan alam bawah tanah Filipina, kamu tidak hanya akan terpesona oleh keajaiban alamnya, tetapi juga menyaksikan sisi yang paling asli dan tidak terjamah dari negara ini.

17. Negara Pengekspor Kelapa Terbesar di Dunia

Gambar Kelapa
Potret Pohon kelapa. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, Filipina adalah pengekspor buah Buko, atau kelapa, terbesar di dunia. Setiap tahunnya, Filipina mengekspor sekitar 19,5 juta ton kelapa ke berbagai negara. Kelapa bukan hanya minuman yang menyegarkan, tetapi juga bahan penting dalam banyak produk makanan dan kecantikan.

Kelapa digunakan dalam berbagai hidangan khas Filipina seperti Buko Pandan dan Halo-Halo. Selain itu, minyak kelapa juga dikenal karena manfaat kesehatannya dan sering digunakan dalam produk perawatan kulit dan rambut.

18. Memiliki Jumlah Spesies Kerang Terbanyak di Dunia

Kerang.
Ilustrasi Kerang Conus Gloriamaris. Sumber: IST

Filipina adalah rumah bagi berbagai jenis kerang, dengan jumlah spesies kerang terbanyak di dunia. Dari delapan spesies kerang raksasa yang dikenal di dunia, tujuh di antaranya ditemukan di Filipina. 

Salah satu kerang yang paling terkenal adalah Conus Gloriamaris, yang merupakan salah satu kerang paling jarang dan termahal di dunia. Kerang-kerang ini tidak hanya indah, tetapi juga memiliki nilai ekonomi dan ekologis yang tinggi. Keberadaan mereka menunjukkan betapa kayanya ekosistem laut di Filipina.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah 18 fakta unik tentang Filipina yang telah kita bahas. Dari ribuan pulaunya hingga tradisi karokenya, Filipina memang penuh dengan keunikan yang menarik untuk dieksplorasi. Negara ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga kaya akan budaya dan sejarah yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi.

Jadi, apakah kalian tertarik untuk mengunjungi Filipina? Dengan semua fakta menarik ini, pasti kalian ingin segera merencanakan perjalanan ke sana, kan? Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta! Tetap semangat mencari fakta-fakta menarik lainnya!

REFERENSI

  • Holidify. (2023). 20 Fakta Teratas tentang Filipina yang Mungkin Belum Anda Ketahui. Diakses dari https://www.holidify.com/pages/facts-about-philippines-5328.html
  • GridKids. (2023). 15 Fakta Menarik Filipina, Negara Kepulauan yang Dijuluki Mutiara Laut dari Orien. Diakses dari https://kids.grid.id/read/474032035/15-fakta-menarik-filipina-negara-kepulauan-yang-dijuluki-mutiara-laut-dari-orien?page=all
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *