Fakta Dunia

17 Fakta Menarik Berlin, Kota Bersejarah Ada Festival LGBT yang Meriah

162
×

17 Fakta Menarik Berlin, Kota Bersejarah Ada Festival LGBT yang Meriah

Sebarkan artikel ini
11 Fakta Menarik Berlin, Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Kita jalan-jalan virtual, yuk, ke salah satu kota paling keren di dunia, yaitu Berlin. Kalau kamu suka sejarah, seni, budaya, dan lagi cari-cari informasi tempat menarik di Jerman, kota yang satu ini punya semua yang kamu cari dengan segudang fakta menarik Berlin 

Berlin adalah kota yang penuh dengan cerita dari masa lalu yang menggugah dan pesona modern yang memikat. Mulai dari peninggalan Tembok Berlin hingga festival-festival yang seru, Berlin selalu punya sesuatu yang menarik buat kita semua.

Nah, buat Sobat yang penasaran, di artikel ini kita bakal membahas 17 fakta menarik tentang Berlin yang bakal bikin kamu makin cinta sama kota ini. Jadi, siap-siap buat terkejut dan terkagum-kagum ya!

17 Fakta Menarik Berlin, Kota dengan Banyak Bangunan Bersejarah

fakta menarik berlin
Potret Kota Berlin. Sumber: IST

Berlin adalah ibu kota Jerman sejak tahun 1994. Dalam sejarah, tercatat Berlin sudah menjadi ibu kota sejak zaman Kerajaan Prusia pada 1701-1918. Kota terbesar kedua di Benua Eropa ini memiliki 3,3 juta penduduk. Wow, Banyak juga ya, Sobat Suka Fakta.

Ada banyak fakta menarik dari kota ini, salah satunya Berlin pernah terpecah menjadi Berlin Timur-ibu kota Jerman Timur, dan Berlin Barat yang dikelilingi tembok Berlin setelah Perang Dunia Kedua pada tahun 1961-1989.

Nah, berikut ini adalah fakta menarik lainnya dari kota Berlin yang masih menjaga kelestarian bangunan bersejarah yang sangat sangat sayang untuk dilewati. Makanya, stay tuned, Sobat Suka Fakta.

1. Pekerja Seks Komersial Diakui sebagai Pekerjaan Legal 

pekerja seks.
Ilustrasi wanita pekerja seks. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, Berlin juga dikenal sebagai kota yang melegalkan prostitusi. Industri pekerja seks komersial (PSK) di Berlin sudah legal sejak lama dan diakui sebagai pekerjaan oleh negara. Bahkan, pemerintah setempat menyediakan ruang aman bagi kaum LGBT dan kebebasan membuat festival perayaannya. Ini membuat Berlin menjadi salah satu kota paling bebas di dunia.

Kontroversi tentu ada, tapi langkah ini dianggap memberikan perlindungan lebih baik bagi para pekerja seks dan mengurangi risiko eksploitasi. PSK di Berlin kini bisa menawarkan berbagai layanan, termasuk bagi mereka yang mengalami keterbatasan fisik.

Meski begitu, legalitas prostitusi ini tetap menjadi topik yang kompleks dan menarik untuk dibahas. Jadi, kalau kamu penasaran dengan sisi lain dari Berlin, ini adalah salah satu fakta yang perlu kamu ketahui.

2. Kota Paling Hijau, Sepertiga Berlin Tertutup Tanaman

Berlin
Potret Hutan Kota Berlin. Sumber; IST

Berlin nggak cuma terkenal dengan bangunan dan sejarahnya, tapi juga dengan ruang hijau yang melimpah. Lebih dari sepertiga kota Berlin ditutupi oleh taman, hutan, dan kebun. Salah satu ruang terbuka hijau yang paling terkenal adalah Tiergarten, yang sering disebut sebagai paru-paru kota Berlin. Tempat ini ideal banget buat jalan-jalan santai, piknik, atau sekedar duduk menikmati alam.

Selain Tiergarten, ada juga Teufelsberg, hutan lebat yang berdiri di atas bukit buatan dari puing-puing Perang Dunia II. Tempat ini populer untuk hiking, piknik, dan menikmati pemandangan indah kota Berlin dari ketinggian. Dengan begitu banyak ruang hijau, nggak heran kalau Berlin sering disebut sebagai kota paling hijau di Eropa. Jadi, buat Sobat yang suka alam, Berlin adalah destinasi yang pas banget!

3. Berlin Memiliki 1.700 Jembatan

Jembatan
Potret Jembatan yang ada di Berlin. Sumber : IST

Tahukah kamu kalau Berlin punya sekitar 1.700 jembatan? Yup! Jembatan-jembatan ini tersebar di seluruh penjuru kota Berlin yang berguna untuk menghubungkan berbagai distrik dan memberi pemandangan yang indah. Banyak orang memilih untuk menjelajahi Berlin dengan perahu karena sensasinya yang berbeda dan kamu bisa melihat sisi lain dari kota ini.

Nggak cuma soal jumlah, jembatan-jembatan di Berlin juga punya desain yang unik dan menarik. Mulai dari yang klasik hingga yang modern, tiap jembatan punya cerita dan sejarahnya sendiri. Jadi, kalau kamu main ke Berlin, jangan lupa naik perahu dan nikmati pemandangan kota dari atas air. Seru banget!

4. Berlin Memiliki Galeri Seni Terbuka

East Side Gallery
Ilustrasi salah satu karya seni. Sumber: IST

Setelah menikmati pemandangan dari ketinggian, sekarang kita turun lagi ke darat dan melihat salah satu tempat paling bersejarah dan artistik di Berlin, yaitu Galeri Sisi Timur. Galeri ini adalah bagian dari Tembok Berlin yang sekarang dijadikan galeri seni terbuka terpanjang di dunia. Dengan panjang 1,3 kilometer, galeri ini dihiasi oleh 101 lukisan dari seniman-seniman internasional yang datang setelah tembok runtuh.

Galeri Sisi Timur nggak cuma menarik buat pecinta seni, tapi juga bagi siapa saja yang tertarik dengan sejarah Berlin. Lukisan-lukisan di sini menceritakan berbagai kisah tentang kebebasan, perdamaian, dan perjuangan. Tempat ini menjadi simbol penting dari reunifikasi Jerman dan perubahan sosial yang terjadi setelahnya.

5. Museumsinsel Menjadi Satu-satunya Rumah Museum Terbesar di Berlin

Museumsinsel
Potret Museumsinsel. Sumber : IST

Ada sekitar 180 museum yang bisa kamu kunjungi di Berlin mulai dari yang berisi karya seni klasik hingga modern. Salah satunya yang terkenal adalah Museumsinsel (Pulau Museum) yang berada di sebagian utara Spreeinsel, pulau di sungai Spree di pusat kota Berlin, yang merupakan rumah bagi lima museum besar dan bersejarah.

Di Museumsinsel, kamu bisa menemukan koleksi-koleksi luar biasa dari berbagai periode sejarah. Misalnya, ada Altes Museum yang menampilkan koleksi seni Yunani dan Romawi kuno, atau Pergamon Museum dengan artefak-artefak megah dari Timur Tengah. Jadi, buat Sobat yang suka sejarah dan seni, Museumsinsel adalah tempat yang wajib kamu kunjungi saat berada di Berlin. Dijamin bakal betah berlama-lama di sana!

6. Peninggalan Tembok Berlin: Memori dari Masa Lalu

Topografi Museum Terror
Potret Topografi Museum Terror. Sumber: IST

Berlin punya banyak peninggalan sejarah yang menarik, salah satunya adalah sisa-sisa Tembok Berlin. Tembok ini dulunya memisahkan Jerman menjadi dua bagian: Jerman Barat dan Timur. Meskipun tembok ini sudah runtuh pada tahun 1989, kamu masih bisa melihat reruntuhannya di beberapa tempat seperti Topografi Museum Terror, Berlin Wall Memorial, dan Galeri Sisi Timur.

Peninggalan Tembok Berlin ini jadi pengingat penting tentang masa lalu kota ini dan perjuangan yang dilalui untuk mencapai kebebasan. Tempat-tempat ini nggak cuma menarik secara historis, tapi juga memberikan wawasan mendalam tentang perjuangan manusia dan pentingnya perdamaian.

7. Banyak Wisatawan Seludupan di Berlin

Ilustrasi Tiket.
Ilustrasi Tiket konser. Sumber: ISt

Nah Sobat, kita lanjut ke fakta menarik berikutnya yang agak unik, yaitu soal penyeludup di Berlin. Di kota ini, bepergian tanpa tiket resmi seperti menyeludup untuk masuk ke suatu tempat atau naik transportasi adalah masalah yang serius. Pemerintah Berlin nggak main-main dalam menangani para penyeludup ini. Kalau ketahuan, kamu bisa dikenai denda yang cukup besar, bahkan sampai dipenjara!

Yang mengejutkan, satu dari tiga tahanan di Berlin adalah para penyeludup ini. Hal tersebut menunjukkan betapa seriusnya masalah ini di kota tersebut. Jadi, kalau kamu berencana menggunakan transportasi umum di Berlin, pastikan kamu selalu punya tiket yang valid, ya. Lebih baik bayar sedikit daripada harus berurusan dengan hukum!

8. Taman Treptower yang Indah Ternyata Punya Sejarah Kelam

Taman Treptower.
Potret Taman Treptower. Sumber: IST

Setelah puas dengan museum, saatnya kita relaksasi di Taman Treptower. Taman ini terletak di sebelah selatan pusat Berlin, tepat di samping sungai Spree. Taman Treptower nggak cuma tempat buat santai dan menikmati pemandangan, tapi juga punya nilai sejarah yang mendalam.

Salah satu daya tarik utamanya adalah Soviet War Memorial, yang dibangun untuk memperingati 80.000 tentara Soviet yang gugur dalam Pertempuran Berlin pada Perang Dunia II.

Selain memorial yang megah, Taman Treptower juga menyediakan berbagai fasilitas rekreasi. Kamu bisa jalan-jalan, piknik, atau sekadar duduk-duduk menikmati udara segar. Dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang asri, Taman Treptower jadi salah satu tempat favorit warga Berlin untuk melepas penat. 

9. Arsitektur Bangunan Bersejarah yang Memukau

 Gerbang Brandenburg.
Potret Gerbang Brandenburg. Sumber: IST

Berlin punya banyak spot bersejarah yang wajib kamu kunjungi. Salah satu yang paling ikonik adalah Gerbang Brandenburg, simbol utama Berlin yang dulu menjadi bagian dari Tembok Berlin. Gerbang ini punya cerita panjang dari masa lalu yang menggugah. 

Selain itu, ada Reichstag, gedung parlemen Jerman dengan kubah kaca yang terkenal. Kubah ini menawarkan pemandangan kota yang indah dan akses publik untuk melihat proses pemerintahan secara langsung.

Nggak ketinggalan, Berlin juga memiliki berbagai bangunan tua lainnya yang memukau dengan arsitekturnya. Misalnya, Gedächtniskirche atau Gereja Memorial Kaiser Wilhelm yang disebut-sebut sebagai saksi bisu perang dunia kedua. Tempat-tempat ini bukan hanya menarik untuk dilihat, tapi juga memberikan kita pelajaran tentang sejarah dan perjuangan kota Berlin.

10. Festival Bir Internasional yang Menggelar Perayaan Bir Terbesar

BIR
Ilustrasi Sekelompok orang sedang minum BIr. Sumber: IST

Buat Sobat Suka Fakta yang suka bir, Berlin punya festival yang nggak boleh kamu lewatkan, yaitu Festival Bir Internasional. Festival ini berlangsung selama tiga hari dan diikuti oleh lebih dari 300 pabrik bir yang menawarkan 2.000 jenis bir. Seru banget, kan? Festival ini bahkan dinobatkan sebagai taman bir terpanjang di dunia dengan panjang 2,2 kilometer.

Di festival ini, kamu nggak cuma bisa mencoba berbagai jenis bir, tapi juga menikmati acara musik, makanan lezat, dan bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Pengalaman yang pastinya bakal bikin kamu makin jatuh cinta sama Berlin. 

11. Holocaust Memorial Menyimpan 3 Juta Nama Korban Pembantaian Yahudi

Holocaust Memorial
Potret Holocaust Memorial Berlin. Sumber: IST

Di Berlin, kamu juga bisa menemukan Holocaust Memorial, sebuah monumen yang didedikasikan untuk mengenang ribuan orang Yahudi yang dibunuh selama Perang Dunia II. Memorial ini dirancang oleh arsitek Peter Eisenman dan insinyur Buro Happold, dan menjadi tempat yang sangat emosional bagi pengunjung. Terletak di dekat Gerbang Brandenburg, memorial ini terdiri dari 2.711 balok beton yang tersusun rapi, menciptakan suasana yang menghantui dan penuh makna.

Selain struktur di atas tanah, ada juga tempat informasi bawah tanah yang menampilkan nama-nama dari sekitar 3 juta korban Holocaust Yahudi, yang diperoleh dari museum Israel, Yad Vashem. Tempat ini memberikan pengalaman yang mendalam dan reflektif tentang tragedi kemanusiaan. Jadi, buat Sobat Suka Fakta, kunjungan ke Holocaust Memorial adalah cara yang penting untuk menghormati sejarah dan mengenang mereka yang telah tiada.

12. Festival LGBT Hadirkan Sejuta Warna di Berlin

Festival LGBT
Potret Festival LGBT. Sumber: Dok. imago images/Bernd Elmenthaler

Berlin juga dikenal sebagai kota yang sangat terbuka dan mendukung komunitas LGBT. Setiap tahunnya, kota ini mengadakan berbagai festival LGBT yang menarik ribuan pengunjung dari seluruh dunia. Salah satu yang paling terkenal adalah Berlin Pride atau Christopher Street Day (CSD). Festival ini menampilkan parade besar yang penuh warna-warni lambang komunitas LGBT, musik, dan pertunjukan seni.

Selain CSD, ada banyak acara LGBT lainnya sepanjang tahun, mulai dari festival film hingga pesta dansa. Berlin benar-benar merayakan keragaman dan kebebasan dalam segala bentuknya.

13. Kurfürstendamm, Jalanan Mewah di Berlin dan Gereja Gedächtniskirche 

Kurfürstendamm
Potret jalanan mewah Berlin Mewah. Sumber: Dok. berlin.de

Halo Sobat Suka Fakta, sekarang kita beralih ke salah satu jalan paling terkenal di Berlin, yaitu Kurfürstendamm. Jalan ini sering dibandingkan dengan Champs-Élysées di Paris karena kemewahannya. Di sepanjang jalan ini, kamu bisa menemukan berbagai toko desainer, butik fashion, hotel mewah, dan restoran kelas atas. Kurfürstendamm memang tempat yang tepat untuk kamu yang suka berbelanja atau sekadar menikmati suasana kota yang elegan.

Nggak cuma itu, Kurfürstendamm juga punya banyak tempat menarik lainnya seperti Gedächtniskirche atau Gereja Memorial Kaiser Wilhelm yang berdiri megah di tengah jalan. Gereja ini menjadi simbol perdamaian dan rekonsiliasi, serta salah satu landmark penting di Berlin. Jadi, kalau kamu pengen merasakan atmosfer mewah dan sejarah dalam satu tempat, Kurfürstendamm adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi.

14. Fernsehturm Berikan Pengalaman Makan di Atas Menara

Fernsehturm
Potret Fernsehturm Menara TV. Sumber: IST

Sekarang kita naik tinggi ke langit Berlin lewat Fernsehturm atau Menara TV Berlin. Menara ini adalah struktur tertinggi di Jerman dengan ketinggian 368 meter. Terletak di pusat kota, menara ini nggak cuma jadi ikon Berlin, tapi juga menawarkan pemandangan yang luar biasa dari atas. Bayangin saja, kamu bisa lihat seluruh kota Berlin dari ketinggian!

Sobat Suka Fakta, di menara ini juga ada tempat menonton di ketinggian 203 meter dan restoran yang berada di ketinggian 207 meter! Jadi, kamu bisa menikmati makanan sambil berputar untuk melihat pemandangan kota dari sudut yang berbeda-beda. 

15. Dalam 1 Jam, 20 Orang di Berlin Pindah Tempat Tinggal

 Pindah rumah.
Ilustrasi Pindah rumah. Sumber: IST

Fakta menarik lainnya tentang Berlin adalah gaya hidup penduduknya. Menurut sebuah studi, banyak orang Berlin yang memilih untuk nggak menetap lama di satu tempat. Mereka sering pindah-pindah, mungkin karena menganggap menetap terlalu membebani atau karena gaya hidup kota yang dinamis dan serba cepat. Sekitar 20 orang setiap jamnya pindah ke lingkungan yang berbeda di Berlin.

Kondisi ini membuat Berlin menjadi kota yang penuh dengan energi dan perubahan. Penduduknya yang cenderung jomblo atau belum menikah juga menambah kesan bahwa Berlin adalah kota yang bebas dan modern. Buat Sobat Suka Fakta, gaya hidup seperti ini mungkin terdengar seru dan menantang, apalagi jika kamu suka dengan dinamika dan kebebasan.

16. Kota Berlin Memiliki Budaya Minum Bir

Minum Bir.
Ilustrasi Pesta Minum Bir. Sumber: IST

Berlin adalah salah satu kota di Jerman yang punya budaya minum bir yang sangat kuat. Orang-orang di Berlin menikmati bir bukan hanya sebagai minuman, tapi juga sebagai bagian dari budaya, tradisi dan kehidupan sehari-hari. Ada banyak tempat bir atau Biergarten yang bisa kamu temui di setiap sudut kota.

Festival Bir Internasional yang kita bahas sebelumnya juga menunjukkan betapa berakarnya budaya bir di Berlin. Dengan ribuan jenis bir yang ditawarkan, kamu bisa merasakan berbagai rasa dan gaya bir yang berbeda. Jadi, kalau kamu pecinta bir, Berlin adalah surga yang wajib kamu kunjungi.

17. Tierpark dan Zoologischer Garten: Kebun Binatang yang Mengesankan

Kebun Binatang
Potret Kebun binatang yang adi di Berlin. Sumber : en.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, Berlin juga punya dua kebun binatang yang keren banget, lho! Ada Tierpark dan Zoologischer Garten. Tierpark terletak di Friedrichsfelde dan menjadi rumah bagi 7.250 binatang dari 846 spesies. Kebun binatang ini luas banget dan menawarkan berbagai macam atraksi, mulai dari hewan-hewan eksotis hingga pameran-pameran edukatif. Cocok banget buat kamu yang suka alam dan binatang!

Sedangkan Zoologischer Garten yang beradai di sisi barat Berlin adalah kebun binatang tertua di Jerman, didirikan lebih dari 150 tahun yang lalu. Kebun binatang ini terkenal dengan koleksi hewan yang lengkap dan fasilitasnya yang modern. Jadi, kalau kamu pecinta binatang, pastikan untuk mengunjungi kedua kebun binatang ini saat berada di Berlin. Seru dan edukatif!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 17 fakta menarik Berlin yang penuh dengan peninggalan sejarah. Dari jembatan-jembatan yang penuh estetika, museum-museum keren, hingga budaya minum bir yang kental, Berlin punya segalanya. Kota ini adalah perpaduan sempurna antara sejarah yang mendalam dan kehidupan modern yang dinamis.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan rasa penasaran kamu tentang Berlin. Jangan lupa catat tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi kalau berkesempatan datang ke Berlin. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *