Fakta Dunia

8 Fakta Unik Kemerdekaan Indonesia, Dokumentasi Proklamasi Nyaris Disita Jepang

138
×

8 Fakta Unik Kemerdekaan Indonesia, Dokumentasi Proklamasi Nyaris Disita Jepang

Sebarkan artikel ini
Gambar Peta
Ilustrasi peta indonesia. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan menyelami kisah seru di balik kemerdekaan Indonesia yang mungkin belum banyak diketahui. Kemerdekaan Indonesia adalah hasil dari perjuangan panjang dan penuh semangat, dan setiap tahunnya warga negara Indonesia merayakan momen bersejarah ini dengan penuh kegembiraan.

Namun, tahukah kalian bahwa di balik perayaan tersebut, ada banyak fakta unik kemerdekaan Indonesia yang mungkin belum pernah kalian dengar? Negara yang pernah dijajah berkali-kali ini dikenal dengan perjuangannya yang keras dalam merebut kemerdekaan, hingga akhirnya membuahkan hasil pada 17 Agustus 1945.

Banyak fakta di balik perebutan kemerdekaan Indonesia, mulai dari cerita tentang teks Proklamasi yang nyaris disita oleh Jepang, hingga teks proklamasi pertama yang diselamatkan dari tempat sampah. Semua fakta sejarah ini akan kita bahas secara menarik. So, let’s dive in!

1. Suara Pembacaan Teks Proklamasi Merupakan Rekaman Ulang

Gambar Ir. Soekarno
Potret Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi. Sumber: Instagram/@presidensukarno

Sampai saat ini kita masih bisa mendengarkan suara rekaman ulang pembacaan teks proklamasi kemerdekaan yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Namun tahukah kamu, bahwa rekaman suara Ir Soekarno yang kita dengarkan saat ini merupakan hasil rekaman ulang?

Ya, saat itu di Indonesia teknologi rekaman masih terbatas, sehingga untuk mendokumentasikan momen bersejarah tersebut, dibuatlah rekaman ulang pembacaan teks proklamasi. Hal ini menjadi salah satu fakta unik yang menyiratkan semangat dan determinasi para pemimpin Indonesia untuk mempertahankan sejarah kemerdekaan untuk generasi mendatang.

2. Teks Asli Proklamasi Dibuang di Tong Sampah

Gambar tong sampah
Ilustrasi tempat pembuangan sampah. Sumber: IST

Siapa sangka, teks asli proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno ternyata sempat dibuang begitu saja ke dalam tong sampah.

Namun, teks asli yang disusun oleh Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ahmad Soebardjo itu baru dibuang setelah disalin ke dalam bentuk ketikan oleh Sayuti Melik pada 17 Agustus dini hari.

Naskah asli yang dibuang itu kemudian ditemukan oleh Burhanuddin Mohammad Diah dan dijadikan sebagai dokumen pribadi setelah berakhirnya rapat perumusan naskah proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Barulah pada 1995, Burhanuddin Mohammad Diah menyerahkan naskah tersebut kepada Presiden Soeharto, dan di tahun yang sama juga naskah itu disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia.

3. Dokumentasi Proklamasi Nyaris Disita oleh Jepang

Gambar tentara
Ilustrasi tentara jepang. Sumber: IST

Saat Indonesia baru saja memproklamirkan kemerdekaan, situasi politik masih belum stabil. Hal ini dikarenakan Jepang yang pada saat itu masih berada di Indonesia, berusaha untuk mengontrol segala aktivitas yang terjadi, termasuk dokumentasi proklamasi kemerdekaan. 

Beruntung, para pejuang yang cerdas berhasil menyembunyikan dokumentasi tersebut dari pihak Jepang, meskipun nyaris disita. Kejadian ini menjadi salah satu catatan penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

4. Bendera Pusaka Didapat dari Perwira Jepang

Gambar bendera
Potret bendera Indonesia yang berkibar. Sumber: IST

Bendera Merah Putih yang menjadi simbol kebanggaan bagi setiap warga Indonesia, ternyata memiliki cerita yang menarik. Bendera pusaka tersebut didapat dari seorang perwira Jepang bernama Hatta. Meskipun berasal dari pihak yang dulunya merupakan penjajah, bendera ini kemudian dijadikan sebagai simbol kebangkitan dan semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

5. Proklamasi Dilakukan di Bulan Ramadhan

Gambar proklamasi
Potret suasana proklamasi yang dilaksanakan pada saat bulan ramadan. Sumber: Dok. Republika

Lanjut ke fakta unik lainnya, proklamasi kemerdekaan Indonesia dilakukan pada bulan Ramadhan. Tepatnya, pada tanggal 17 Agustus 1945, bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364 Hijriah. Keputusan untuk melakukan proklamasi di bulan suci umat Islam ini menunjukkan betapa kuatnya semangat dan keyakinan para pemimpin Indonesia dalam melangkah menuju kemerdekaan.

Pelaksanaan proklamasi pada bulan Ramadhan menambah kesakralan momen tersebut. Di tengah bulan suci yang penuh berkah, para pemimpin bangsa dengan teguh dan semangat tinggi memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, menjadikan momen ini semakin berkesan dan bermakna bagi seluruh rakyat Indonesia.

6. Soekarno Sakit Malaria saat Proklamasi

sakit malaria
Potret penyakit malaria. Sumber: IST

Di balik kegembiraan menyambut kemerdekaan, ternyata ada cerita lain yang tidak diketahui oleh banyak orang. Saat itu, saat Ir. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, ia sedang mengalami sakit malaria. Meskipun dalam kondisi yang kurang sehat, bapak proklamator itu tetap memberikan pidato proklamasi dengan penuh semangat dan tekad. Keberanian dan keteguhan hatinya itu berhasil menjadi inspirasi bagi generasi-generasi selanjutnya.

7. Tiang Bendera Terbuat dari Bambu

Gambar bendera
Potret bendera indonesia yang dipasangkan di tiang bambu. Sumber: IST

Tahukah kamu, di hari kemerdekaan Indonesia dan ketika momen pengibaran bendera Merah Putih, tiang bendera yang digunakan saat itu terbuat dari bambu.

Ya, tiang bendera pada saat itu memang terbuat dari bambu. Keputusan ini diambil karena keterbatasan sumber daya dan bahan pada masa itu. Meskipun sederhana, tiang bendera tersebut tetap menjadi simbol keberanian dan keteguhan hati dalam mengibarkan panji-panji kebangsaan.

8. Bendera Pusaka Dijahit oleh Ibu Fatmawati

fakta unik kemerdekaan indonesia
Potret bendera yang dijahit ibu fatmawati. Sumber: Dok. Arsip Kompas/via boobbastis

Selain kisah menarik di atas, ada lagi cerita tentang Bendera Merah Putih yang dikibarkan pada saat Proklamasi Kemerdekaan. Bendera tersebut dijahit oleh Ibu Fatmawati, istri Ir. Soekarno. Menariknya, bendera tersebut awalnya dijahit untuk digunakan sebagai pakaian anak mereka. Namun, Ibu Fatmawati kemudian menjahit kain tersebut menjadi bendera pusaka yang digunakan pada setiap upacara kemerdekaan sejak 17 Agustus 1945.

Fakta ini menunjukkan peran penting perempuan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ibu Fatmawati dengan penuh dedikasi menjahit bendera pusaka yang kini menjadi simbol kebanggaan bangsa Indonesia. Pengorbanan dan peran perempuan dalam sejarah kemerdekaan ini patut kita hargai dan kenang.

Kesimpulan

Dari fakta-fakta unik kemerdekaan Indonesia tersebut, dapat disimpulkan bahwa perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia tidaklah mudah. Di balik kemeriahan perayaan kemerdekaan, terdapat cerita-cerita menarik yang patut diingat dan dihargai. 

Semangat, keteguhan hati, dan keyakinan para pejuang kala itu menjadi landasan bagi bangsa Indonesia untuk terus mempertahankan kemerdekaan. Itu sebabnya, kita, sebagai generasi penerus harus selalu berusaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tak hanya itu, kita juga harus senantiasa mengenang sejarah perjuangan kemerdekaan, sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang keras demi kemerdekaan Indonesia yang kita nikmati saat ini.

REFERENSI

  • “Fakta-Fakta Menarik di Balik Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.” Kontan. Diakses 29 Juni 2024. https://caritahu.kontan.co.id/news/fakta-fakta-menarik-di-balik-hari-kemerdekaan-indonesia-17-agustus-1945
  • “7 Fakta Menarik tentang Kemerdekaan Indonesia, Beberapa Sangat Mengejutkan!” Digizakat. Diakses 29 Juni 2024. https://digizakat.com/artikel/7-fakta-menarik-tentang-kemerdekaan-indonesia-beberapa-sangat-mengejutkan
  • “Deretan Fakta Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang Jarang Diketahui.” Liputan6. Diakses 29 Juni 2024. https://www.liputan6.com/citizen6/read/5370223/deretan-fakta-proklamasi-kemerdekaan-indonesia-yang-jarang-diketahui
  • “Fakta-Fakta Kemerdekaan Indonesia dan Sejarah 17 Agustus 1945.” Tirto. Diakses 29 Juni 2024. https://tirto.id/fakta-fakta-kemerdekaan-indonesia-dan-sejarah-17-agustus-1945-giwk
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *