Fakta Dunia

10 Negara Paling Aneh yang Harus Anda Kunjungi

26
×

10 Negara Paling Aneh yang Harus Anda Kunjungi

Sebarkan artikel ini
peta dunia
10 Negara Paling Aneh. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Kalian pasti tahu kalau dunia ini penuh dengan tempat-tempat yang unik dan menarik. Dari keindahan alam yang memukau hingga kebudayaan yang kaya, setiap negara punya ciri khasnya sendiri.

Tapi, ada beberapa negara yang punya keunikan luar biasa hingga dianggap sebagai negara paling aneh di dunia. Nah, artikel ini akan mengajak kalian menjelajahi 13 negara paling aneh di dunia yang harus banget masuk dalam bucket list perjalanan kalian.

Kenapa kita tertarik dengan negara-negara yang aneh? Karena keunikan itu membuat mereka berbeda dan spesial. Kadang, hal-hal yang berbeda itu justru yang membuat hidup kita lebih berwarna dan seru. Dengan mengunjungi negara-negara ini, kita bisa melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda dan belajar banyak hal baru yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Dalam artikel ini, kita bakal ngobrolin tentang negara-negara yang punya karakteristik unik dan menarik. Mulai dari negara terkecil di dunia hingga negara dengan sistem politik paling tertutup, semuanya ada di sini. Jadi, siap-siap untuk terkejut dan terkagum-kagum dengan fakta-fakta menarik dari negara-negara ini.

Yuk, kita mulai petualangan kita dengan menjelajahi negara-negara paling aneh di dunia! Jangan lupa siapkan catatan, siapa tahu nanti kalian ingin langsung booking tiket setelah baca artikel ini. Let’s go!

Negara Paling Aneh di Dunia yang Jarang Diketahui

1. Bhutan

Potret Bangunan negara Bhutan
Potret Bangunan negara Bhutan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, yuk kita mulai petualangan kita dengan Bhutan, negeri yang punya filosofi unik tentang kebahagiaan. Di sini, kebahagiaan rakyat lebih penting daripada kekayaan materi. Bayangin, Bhutan punya ukuran khusus yang disebut Kebahagiaan Nasional Bruto (GNH) untuk menilai kesejahteraan warganya. 

Kebijakan ini diabadikan dalam konstitusi mereka, lho! Lingkungan yang masih asri dengan 70% wilayahnya berupa hutan, ditambah pemandangan gunung-gunung Himalaya yang menjulang tinggi dan biara-biara kuno, bikin Bhutan jadi tempat yang bener-bener tenang dan damai. Enggak heran kalau Bhutan sering disebut sebagai Shangri-La terakhir di dunia.

Selain itu, Bhutan juga terkenal dengan beberapa tradisi uniknya. Misalnya, simbol-simbol falus yang besar dan dekoratif menghiasi kuil, rumah, dan gedung-gedung pemerintahan. Ditambah lagi, di sini cabai dianggap sebagai makanan lengkap dan nasi disajikan berwarna merah! Kalau kalian ingin mengunjungi Bhutan, siapkan budget $250 per hari, yang sudah mencakup akomodasi, transportasi, pemandu, makanan, dan biaya masuk. Lumayan kan, untuk pengalaman tak terlupakan di negara yang aneh tapi bikin penasaran ini?

2. Vatikan

Negara Vatikan
Potret Negara Vatikan. Sumber: IST

Selanjutnya, kita menuju Vatikan, negara terkecil di dunia yang luasnya kurang dari 1 kilometer persegi. Meskipun kecil, Vatikan punya pengaruh besar, terutama sebagai pusat keagamaan bagi Gereja Katolik. Setiap tahun, jutaan orang dari berbagai belahan dunia datang ke sini untuk berziarah. 

Pusatnya adalah Basilika Santo Petrus yang megah, serta Kapel Sistina dengan lukisan langit-langit karya Michelangelo yang sangat terkenal. Kota kecil ini penuh dengan kekayaan sejarah dan seni yang luar biasa.

Keunikan Vatikan tidak hanya berhenti di situ. Negara ini punya tentara sendiri yang disebut Garda Swiss, yang bertugas melindungi Paus. Garda Swiss ini terkenal dengan seragam warna-warni yang unik. 

Meskipun hanya segelintir orang yang bisa menjadi warga negara Vatikan, negara ini memiliki sistem pemerintahan dan infrastruktur yang lengkap seperti negara besar pada umumnya. Penasaran kan, gimana rasanya mengunjungi negara kecil dengan pengaruh besar ini?

3. Kazakhstan

susu kuda
Potret minuman nasional Susu Kuda Kazakhtan. Sumber: Dok. chrome-extension

Sekarang kita terbang ke Kazakhstan, negara di Asia Tengah yang dikenal dengan minuman nasionalnya yang terbuat dari susu kuda yang difermentasi. Kalau kalian penggemar kuliner ekstrem, Kazakhstan adalah tempat yang tepat! 

Minuman ini disebut kumis, dan meskipun mungkin terdengar aneh, minuman ini sangat populer di kalangan penduduk setempat. Selain itu, hidangan khas lainnya adalah Kazy, sosis daging kuda asap yang punya rasa khas.

Selain kulinernya, Kazakhstan juga punya olahraga tradisional yang unik bernama Buzkashi. Olahraga ini mirip dengan polo, tapi alih-alih bola, pemainnya memperebutkan bangkai kambing tanpa kepala! Olahraga ini sangat populer dan biasanya diikuti dengan pesta besar setelah pertandingan. 

Kazakhstan juga merupakan negara terbesar kesembilan di dunia dan memiliki kota-kota besar seperti Almaty dan Astana yang menawarkan kombinasi antara arsitektur futuristik dan warisan era Soviet. Gimana, berani coba kumis dan nonton Buzkashi langsung di Kazakhstan?

4. Korea Utara

Korea-Utara-
Potret Negara Korea utara. Sumber: IST

Berikutnya, kita masuk ke dunia yang sangat tertutup, Korea Utara. Negara ini dikenal dengan sistem politiknya yang sangat otoriter dan tertutup dari dunia luar. Wisatawan yang ingin berkunjung ke sini harus melalui proses yang ketat dan hanya bisa masuk melalui Beijing

Setelah masuk, kalian akan selalu ditemani oleh dua pemandu dari pemerintah yang akan memastikan kalian hanya melihat dan mendengar apa yang mereka inginkan. Sangat berbeda dari pengalaman wisata biasa, kan?

Meskipun banyak batasan, Korea Utara menawarkan pengalaman unik yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Misalnya, kalian bisa mengunjungi Pyongyang, ibu kota yang terkenal dengan arsitektur megah dan jalanan yang sangat bersih. 

Ada juga Museum Kemenangan Perang Korea dan Menara Juche yang menjadi landmark penting. Perjalanan ke Korea Utara memang penuh tantangan, tapi pasti akan memberikan pandangan baru tentang salah satu negara paling tertutup di dunia.

5. Armenia

Armenia-
Ilustrasi anak kecil yang sedang bermain catur. Sumber: IST

Terakhir, kita mampir ke Armenia, negara yang menjadikan catur sebagai mata pelajaran wajib di sekolah dasar. Yup, di sini catur sama pentingnya dengan matematika dan sejarah! Armenia punya obsesi besar terhadap catur, jadi jangan kaget kalau banyak anak-anak sekolah yang jago main catur. 

Selain itu, Armenia juga kaya akan sejarah dan budaya Kristen. Negara ini berbatasan dengan Georgia di utara dan Iran serta Turki di selatan, menjadikannya tempat yang kaya akan pengaruh budaya.

Ibu Kotanya, Yerevan, dikenal sebagai ‘kota merah muda’ karena banyak bangunannya yang dibangun dari batu vulkanik berwarna merah muda. Armenia juga punya sejarah Kristen yang kuat, dan banyak yang percaya bahwa Bahtera Nuh tertanam di dalam es di atas Gunung Ararat yang mengesankan. 

Di Museum Katedral Etchmiadzin, kalian bahkan bisa melihat sepotong Bahtera Nuh. Armenia memang penuh dengan cerita menarik dan tempat-tempat bersejarah yang patut dikunjungi.

6. Islandia

Islandia-
Potret Negara islandia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, selanjutnya kita mampir ke Islandia, negara yang sering disebut sebagai “Tanah Es dan Api.” Kenapa begitu? Karena Islandia memiliki kombinasi unik dari gunung berapi aktif dan gletser yang luas. 

Pemandangan di sini benar-benar luar biasa dan berbeda dari tempat lain di dunia. Bayangkan, kalian bisa melihat aurora borealis (cahaya utara) yang menakjubkan, sambil dikelilingi oleh keindahan alam yang dramatis. Islandia juga dikenal dengan geyser dan sumber air panasnya, yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Selain keindahan alamnya, Islandia juga memiliki budaya yang kaya dan beragam. Negara ini terkenal dengan cerita rakyatnya yang melibatkan peri dan makhluk mitologis lainnya. Di Reykjav√≠k, ibu kota Islandia, kalian bisa menemukan berbagai museum dan galeri seni yang menarik. 

Salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah Blue Lagoon, kolam air panas geotermal yang terkenal di seluruh dunia. Berenang di air hangat sambil dikelilingi oleh lanskap vulkanik adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan!

7. Jepang

Potret Festival Comic Market di Jepang. Sumber: Dok. Mimi Dietderich

Lanjut ke Jepang, negara dengan budaya pop yang sangat unik dan mendunia. Jepang adalah surga bagi pecinta anime, manga, dan fashion eksentrik. Di Tokyo, kalian bisa mengunjungi Akihabara, distrik yang terkenal sebagai pusat elektronik dan budaya otaku. 

Di sini, kalian bisa menemukan segala hal yang berhubungan dengan anime dan manga, dari toko-toko besar hingga kafe bertema. Jepang juga memiliki banyak acara dan festival yang merayakan budaya pop, seperti Comic Market (Comiket) yang diadakan dua kali setahun di Tokyo.

Namun, Jepang tidak hanya tentang budaya pop. Negara ini juga kaya dengan tradisi kuno dan sejarah yang panjang. Kalian bisa mengunjungi kuil-kuil bersejarah di Kyoto, menikmati keindahan taman-taman Jepang yang tenang, atau mencoba pengalaman menginap di ryokan, penginapan tradisional Jepang. 

Selain itu, Jepang juga terkenal dengan teknologi canggih dan inovasinya. Kombinasi antara tradisi dan modernitas membuat Jepang menjadi salah satu negara paling menarik untuk dikunjungi.

8. Belarus

Belarus
Potret Tubuh Manusia yang di awetkan di Museum Malformasi. Sumber: atlasobscura

Berikutnya kita menuju Belarus, negara yang memilih untuk menyendiri dan mengisolasi diri dari Uni Eropa setelah runtuhnya Uni Soviet. Belarus punya sejarah yang menarik dan arsitektur yang unik. 

Di ibu kota Minsk, kalian bisa menemukan banyak patung beton dan tugu peringatan era Soviet yang mencolok. Minsk telah dibakar dan dibangun ulang sebanyak 18 kali, menjadikannya kota yang penuh dengan sejarah dan cerita.

Belarus juga menawarkan pengalaman yang berbeda dari negara-negara Eropa Timur lainnya. Di sini, kalian bisa mengunjungi Museum Malformasi Tubuh Manusia yang terletak di ruang bawah tanah Universitas Negeri Kedokteran Grodno. Museum ini menampilkan koleksi yang cukup menyeramkan dan aneh. 

Belarus baru-baru ini melonggarkan persyaratan masuknya, sehingga warga Australia kini bisa masuk tanpa visa selama lima hari melalui Bandara Internasional Minsk. Jadi, kalau kalian mencari tempat yang berbeda dan jauh dari keramaian, Belarus adalah pilihan yang tepat.

9. Kiribati

Kiribati
Potret Negara Kiribati. Sumber: Dok. stantec.com

Mari kita menuju Kiribati, negara kepulauan yang tersebar di sepanjang garis khatulistiwa di Samudra Pasifik. Kiribati terdiri dari 33 atoll dan pulau yang tersebar luas, menjadikannya salah satu negara dengan wilayah paling tersebar di dunia. 

Keunikan Kiribati terletak pada cara hidup masyarakatnya yang sangat bergantung pada laut. Budaya maritim yang kuat dan kehidupan yang sederhana membuat Kiribati menjadi tempat yang menarik untuk dijelajahi.

Namun, Kiribati juga menghadapi tantangan besar akibat perubahan iklim. Naiknya permukaan air laut menjadi ancaman serius bagi pulau-pulau ini. Meski begitu, penduduk Kiribati tetap menjaga tradisi dan budaya mereka dengan baik. 

Jika kalian ingin merasakan kehidupan di salah satu tempat paling terpencil di dunia dan belajar tentang tantangan lingkungan yang mereka hadapi, Kiribati adalah destinasi yang sempurna. Selain itu, keindahan alam bawah lautnya juga tidak boleh dilewatkan oleh para penyelam dan pecinta alam.

10. Madagaskar

Madagaskar
Potret baobab jenis anggrek yang eksotis di Madagaskar. Sumber: IST

Madagaskar adalah tujuan selanjutnya dalam petualangan kita. Negara kepulauan terbesar di dunia ini dikenal dengan keanekaragaman flora dan faunanya yang luar biasa. Madagaskar adalah rumah bagi banyak spesies endemik yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. 

Pulau ini adalah surga bagi para pecinta alam dan peneliti biologi. Di sini, kalian bisa menemukan lemur, baobab, dan berbagai jenis anggrek yang eksotis. Keanekaragaman hayati Madagaskar membuatnya menjadi salah satu tempat paling menarik untuk dijelajahi.

Selain keindahan alamnya, Madagaskar juga memiliki budaya yang kaya dan beragam. Penduduk Madagaskar terdiri dari berbagai kelompok etnis dengan bahasa dan tradisi mereka sendiri. 

Musik, tarian, dan seni tradisional memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari mereka. Jika kalian ingin merasakan pengalaman yang benar-benar berbeda dan melihat keindahan alam yang luar biasa, Madagaskar adalah destinasi yang harus ada dalam daftar perjalanan kalian.

11. Ekuador

Ekuador
Potret Gunung Chimborazo yang ada di Negara Ekuador. Sumber: IST

Berikutnya kita menuju Ekuador, negara yang terkenal karena dilewati oleh garis khatulistiwa dan memiliki pegunungan tinggi di Andes. Di sini, kalian bisa mengunjungi Mitad del Mundo, sebuah monumen yang menandai garis khatulistiwa. 

Berfoto dengan satu kaki di belahan bumi utara dan satu kaki di belahan bumi selatan adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Ekuador juga memiliki beberapa gunung tertinggi di dunia, seperti Gunung Chimborazo yang puncaknya adalah titik terjauh dari pusat bumi.

Selain keunikan geografisnya, Ekuador juga kaya akan budaya dan sejarah. Kota Quito, ibu kota Ekuador, adalah salah satu kota tertua di Amerika Selatan dan telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. 

Di sini, kalian bisa menjelajahi jalan-jalan berbatu yang penuh dengan bangunan kolonial Spanyol, gereja-gereja indah, dan museum yang menarik. Ekuador juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa, dari hutan hujan Amazon hingga Kepulauan Galapagos yang terkenal dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa.

12. Mongolia

Mongolia
Potret Gurun Gobi yang salah satu Gurun terbesar di Mongoli. Sumber: IST

Mari kita lanjut ke Mongolia, negara yang dikenal dengan gurun luas dan rumah tradisional yang disebut gers. Gurun Gobi adalah salah satu gurun terbesar di dunia dan menawarkan pemandangan yang luar biasa dengan bukit pasir yang bergulung-gulung dan langit yang tak berujung. 

Di sini, kalian bisa merasakan kehidupan sebagai seorang nomad dengan menginap di gers, tenda tradisional Mongolia yang nyaman dan unik. Menginap di gers memberikan kalian kesempatan untuk merasakan kehidupan nomadik yang telah menjadi bagian dari budaya Mongolia selama berabad-abad.

Mongolia juga terkenal dengan budayanya yang kaya dan warisan sejarahnya yang luar biasa. Negara ini adalah tempat kelahiran Genghis Khan, salah satu penakluk terbesar dalam sejarah dunia. 

Di Ulaanbaatar, ibu kota Mongolia, kalian bisa mengunjungi Museum Sejarah Nasional Mongolia yang menawarkan koleksi artefak yang luar biasa dari masa kekaisaran Mongolia. Selain itu, kalian juga bisa menikmati festival Naadam yang meriah, yang menampilkan kompetisi olahraga tradisional seperti gulat, berkuda, dan panahan.

13. Selandia Baru

Selandia-Baru
Potret Negara islandia. Sumber: IST

Terakhir, kita menuju Selandia Baru, negara tercantik di dunia yang dikenal dengan nama Aotearoa dalam bahasa Maori dan terkenal dengan budaya Maori yang kaya. Salah satu aspek paling menarik dari budaya Maori adalah tarian perang tradisional Haka, yang sering dilakukan untuk menyambut tamu dan di acara-acara penting. Menyaksikan Haka secara langsung adalah pengalaman yang sangat mengesankan dan memberi wawasan mendalam tentang warisan budaya Selandia Baru.

Selandia Baru juga terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Negara ini menawarkan berbagai lanskap yang menakjubkan, dari pegunungan yang tinggi hingga pantai-pantai yang indah. 

Kalian bisa menjelajahi Fjordland National Park yang menakjubkan, atau mengunjungi Hobbiton, lokasi syuting film “The Lord of the Rings”. Dengan keanekaragaman hayati dan keindahan alamnya, Selandia Baru adalah destinasi yang sempurna untuk para petualang dan pecinta alam.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah 13 negara paling aneh yang harus kalian kunjungi! Dari Bhutan yang memprioritaskan kebahagiaan rakyatnya, hingga Selandia Baru dengan tarian Haka yang mendunia, setiap negara dalam daftar ini menawarkan sesuatu yang unik dan menarik. 

Mengunjungi negara-negara ini bukan hanya tentang melihat tempat baru, tapi juga tentang memahami budaya, sejarah, dan cara hidup yang berbeda dari yang kita kenal.

Jadi, tunggu apa lagi? Catat semua informasi ini dan mulailah merencanakan perjalanan kalian. Dunia ini penuh dengan keajaiban dan keunikan yang menunggu untuk dijelajahi. Sampai jumpa di petualangan berikutnya!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *