Fakta Dunia

10 Negara Tersepi di Dunia yang Bisa Kamu Kunjungi!

21
×

10 Negara Tersepi di Dunia yang Bisa Kamu Kunjungi!

Sebarkan artikel ini
10 Negara Tersepi di Dunia yang Bisa Kamu Kunjungi!
10 Negara Tersepi di Dunia. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Pernahkah kalian membayangkan tinggal di negara yang super sepi? Bukan karena wabah zombie atau apapun, tapi memang karena jumlah penduduknya yang sedikit. Nah, kali ini kita bakal bahas tentang negara-negara tersepi di dunia. Bukan cuma sepi, tapi juga unik dan menarik buat kita pelajari.

Kenapa sih, kita perlu tahu tentang negara tersepi di dunia? Ternyata, kepadatan penduduk bisa jadi indikator penting yang menunjukkan berbagai aspek dari sebuah negara, seperti kondisi geografis, ekonomi, dan budaya. Mengetahui lebih banyak tentang negara-negara ini bisa memberikan kita wawasan baru tentang bagaimana mereka bertahan dan beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Yuk, kita mulai perjalanan kita menjelajahi negara-negara tersepi di dunia! Siapkan diri kalian untuk menemukan fakta-fakta menarik dan mungkin saja kalian jadi pengen mengunjungi salah satunya suatu hari nanti. Ayo lanjut ke daftar negara tersepi yang pertama!

Negara Tersepi di Dunia

Sobat Suka Fakta, pasti kalian bertanya-tanya, memang ada negara tersepi di dunia? Kalaupun ada, negara apa yang paling sepi di dunia? Terdapat 15 negara tersepi di dunia, mulai dari Greenland, Vatikan, Australia, Nauru, Liechtenstein, Pulau Marshall, Mongolia, Tuvalu, Palau, Saint Kitts dan Nevis, San Marino, Dominika, Monako, Namibia, dan Islandia. 

1. Greenland

Greenland
Potret Negara Greenland. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, yuk, kita mulai petualangan kita di Greenland! Negara ini adalah bagian dari Kerajaan Denmark dan memiliki populasi sekitar 56.000 jiwa dengan luas wilayah yang sangat besar, sekitar 2,1 juta kilometer persegi. 

Kebanyakan wilayah Greenland diselimuti es, sehingga penduduknya banyak tinggal di area pantai barat yang lebih ramah untuk dihuni. Greenland telah dihuni selama lebih dari 4.500 tahun, tetapi tetap saja rasio penduduknya sangat rendah.

Selain sepi penduduk, Greenland juga menawarkan pemandangan yang luar biasa. Dengan es yang membentang sejauh mata memandang, Greenland jadi destinasi menarik buat petualangan ekstrem seperti melihat aurora borealis atau mengunjungi desa-desa tradisional Inuit. 

2. Vatikan

Vatikan
Potret Negara Vatikan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita melangkah ke Vatikan, negara paling aneh di dunia sekaligus negara tersepi di dunia yang hanya memiliki 825 penduduk. Terletak di tengah kota Roma, Italia, Vatikan adalah negara enklave yang dikelilingi tembok. 

Mayoritas penduduknya adalah pendeta dan biarawati yang datang dari berbagai belahan dunia. Meski kecil, Vatikan punya kekayaan yang luar biasa, termasuk aset Bank Vatikan yang mencapai 8 miliar dolar AS.

Pariwisata adalah sektor penting bagi ekonomi Vatikan. Sebelum pandemi Covid-19, pariwisata meningkat tiga kali lipat sejak Paus Fransiskus memimpin pada tahun 2013. Jadi, meskipun kecil dan sepi, Vatikan selalu ramai dengan kunjungan peziarah dan wisatawan dari seluruh dunia. 

3. Australia

Australia
Potret Negara Australia. Sumber: IST

Australia adalah benua terkecil di dunia yang punya tingkat kepadatan penduduk rendah, yakni hanya 3,25 orang per kilometer persegi. Meskipun banyak dikunjungi wisatawan, mayoritas penduduknya tinggal di kota-kota pesisir. Pedalaman Australia atau yang dikenal sebagai “Outback” adalah wilayah yang sangat sepi dan gersang.

Namun, sepinya penduduk di pedalaman ini membuat Australia punya banyak tempat wisata alam yang luar biasa. Dari padang pasir yang luas hingga hutan hujan tropis, Australia menawarkan pengalaman yang sangat beragam bagi para petualang. Meskipun sepi, Australia tetap menarik untuk dijelajahi. 

4. Nauru

Nauru
Potret Negara Nauru. Sumber: Dok. smh.com

Sobat, selanjutnya, kita terbang ke Nauru, negara kepulauan terkecil di dunia dengan populasi hanya sekitar 12.580 jiwa dan luas daratan 12,9 kilometer persegi. 

Dulunya, Nauru sangat kaya karena cadangan tambang fosfatnya. Pada puncak kejayaannya di tahun 1975, negara ini bahkan membebaskan pajak dan memberikan layanan kesehatan gratis kepada warganya.

Sayangnya, eksploitasi tambang fosfat yang berlebihan menyebabkan kerusakan lingkungan dan ekonomi negara ini jatuh. Kini, Nauru menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Namun, sejarah dan transformasi Nauru memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya pengelolaan sumber daya alam yang bijaksana. 

5. Liechtenstein

Liechtenstein
Potret Negara Liechtenstein. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, mari kita mampir ke Liechtenstein, sebuah kerajaan kecil di Eropa yang diapit oleh Swiss dan Austria, memiliki populasi sekitar 38.020 jiwa. Dengan luas wilayah hanya 99,78 kilometer persegi, Liechtenstein adalah salah satu negara terkecil dan tersepi di dunia. Meskipun kecil, Liechtenstein punya ekonomi yang sangat kuat dengan PDB per kapita tertinggi kedua di dunia.

Negara ini jarang dikunjungi wisatawan, tetapi keindahan alamnya tidak kalah dengan negara-negara Eropa lainnya. Dari pegunungan Alpen hingga lembah Upper Rhine, Liechtenstein menawarkan pemandangan yang memukau. Dan menariknya, sepertiga dari populasinya adalah jutawan. Gimana, Sobat Suka Fakta, tertarik untuk mengunjungi negara mungil ini?

6. Pulau Marshall

Pulau-Marshall
Potret Negara Pulau Marshall. Sumber: IST

Sekarang kita menuju Pulau Marshall, negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik dengan populasi sekitar 58.790 jiwa. Negara ini terdiri dari 29 atol dan 5 pulau besar, dengan sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Ibu kota Majuro adalah kota terbesar dengan populasi sekitar 25.000 jiwa. Wilayah ini sering menghadapi masalah terkait perubahan iklim dan naiknya permukaan air laut.

Meskipun sepi, Pulau Marshall punya sejarah panjang sebagai negara maritim dengan tradisi yang kuat. Keindahan alamnya yang unik, terutama atol yang berbentuk cincin mengelilingi laguna, menjadikannya tujuan menarik bagi para penyelam dan pecinta laut. Meskipun sepi, Pulau Marshall menawarkan pemandangan yang tak terlupakan dan budaya yang kaya. 

7. Mongolia

Mongolia
Potret Negara Mongolia. Sumber: IST

Sobat, kini kita menuju Mongolia, negara di Asia Timur yang berbatasan dengan Rusia dan Tiongkok. Mengapa penduduk Negara Mongolia sedikit? Mongolia memiliki populasi sekitar 3,2 juta jiwa dengan luas wilayah hampir 1,6 juta kilometer persegi. Dengan kepadatan penduduk yang hanya 2,04 orang per kilometer persegi, Mongolia dikenal dengan padang rumput luas dan kehidupan nomaden tradisionalnya.

Meskipun sepi, Mongolia kaya akan budaya dan sejarah. Festival Naadam yang meriah dan kehidupan penggembala di padang rumput yang luas menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, keindahan alam seperti Gurun Gobi dan pegunungan Altai membuat Mongolia menjadi destinasi wisata menarik bagi para petualang. 

8. Tuvalu

Tuvalu
Potret Negara Tuvalu. Sumber: IST

Sobat, sekarang kita ke Tuvalu, negara kepulauan kecil di Polinesia dengan populasi sekitar 11.650 jiwa dan luas hanya 26 kilometer persegi. Negara ini menghadapi ancaman serius dari naiknya permukaan air laut yang terus menggerus wilayahnya. Slogan lokal “Tuvalu is sinking” mencerminkan situasi kritis yang dihadapi negara ini.

Meski menghadapi tantangan besar, penduduk Tuvalu tetap teguh mempertahankan tradisi mereka, terutama dalam melaut. Hidangan berbahan dasar kelapa sangat umum di sini, menggantikan susu dari hewan. Ketahanan dan budaya yang kaya membuat Tuvalu menjadi salah satu negara kecil yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut. 

9. Palau

Palau
Potret Negara Palau. Sumber: IST

Sobat, sekarang kita beranjak ke Palau, negara kepulauan di Samudra Pasifik Selatan dengan populasi sekitar 18.010 jiwa. Palau terdiri dari 250 pulau dan terletak sekitar 700 kilometer sebelah timur Filipina. Meskipun kecil, Palau memiliki keindahan alam yang luar biasa, termasuk terumbu karang yang menjadi surga bagi para penyelam.

Palau juga dikenal karena komitmennya terhadap konservasi lingkungan. Negara ini telah menetapkan sebagian besar wilayah perairannya sebagai kawasan konservasi laut. Dengan budaya yang kaya dan keindahan alam yang memukau, Palau menjadi tujuan yang menarik bagi wisatawan yang mencari pengalaman unik dan berkelanjutan. 

10. Saint Kitts dan Nevis

Negara Saint Kitts dan Nevis
Potret Negara Saint Kitts dan Nevis. Sumber: IST

Selanjutnya, kita terbang ke Saint Kitts dan Nevis, negara terbodoh di dunia sekaligus negara tersepi di dunia yang berada di Kepulauan Leeward, Karibia. Negara ini memiliki populasi sekitar 52.830 jiwa. Pariwisata memainkan peran besar dalam perekonomian negara ini, dengan jumlah pengunjung yang hampir mencapai 1,2 juta pada tahun 2019.

Keindahan pantai dan keanekaragaman hayati bawah laut membuat Saint Kitts dan Nevis menjadi destinasi populer bagi wisatawan. Selain itu, sejarah kolonial yang kaya dan situs-situs bersejarah menarik minat banyak pengunjung. Meskipun kecil dan sepi, Saint Kitts dan Nevis menawarkan banyak hal untuk dieksplorasi. 

11. San Marino

San Marino.
Potret Negara San Marino. Sumber: IST

Sobat, sekarang kita ke San Marino, sebuah negara kecil yang terletak dekat Laut Adriatik dan dikelilingi oleh Italia. San Marino memiliki populasi sekitar 33.860 jiwa dan luas wilayah hanya 61,2 kilometer persegi. Meski kecil, negara ini adalah republik tertua di dunia, berdiri sejak tahun 300 Masehi.

Ekonomi San Marino sangat bergantung pada pariwisata, dengan banyak wisatawan tertarik pada sejarah dan keindahan arsitektur negara ini. Selain itu, San Marino juga menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan pegunungan dan perbukitan yang mengelilingi wilayahnya. 

12. Dominika

Negara Dominika.
Potret Negara Dominika. Sumber: IST

Sekarang kita menuju Dominika, negara kecil di Kepulauan Karibia dengan populasi sekitar 71.810 jiwa. Dominika dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, termasuk hutan hujan tropis, pegunungan, dan pantai yang eksotis. Negara ini juga memiliki komunitas suku Karib atau Kalinago yang masih tersisa, dengan populasi sekitar 3.000 jiwa.

Sebagian besar penduduk Dominika adalah keturunan Afrika yang dibawa oleh Inggris dan Prancis selama masa kolonial. Dengan budaya yang kaya dan keindahan alam yang menakjubkan, Dominika menjadi destinasi menarik bagi para pelancong yang mencari pengalaman unik dan otentik. 

13. Monako

Monako
Potret Negara Monako. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kali ini kita mengunjungi Monako, negara kecil di Eropa Barat yang terkenal dengan populasi sekitar 38.960 jiwa. Meski kecil dengan luas wilayah hanya 1,21 kilometer persegi, Monako adalah salah satu negara terpadat di dunia. Namun, Monako juga dikenal sebagai markas bagi para ‘Crazy Rich’, di mana 32% penduduknya adalah miliuner.

Monako menawarkan kehidupan mewah dengan banyaknya kasino, hotel bintang lima, dan acara bergengsi seperti Grand Prix Formula 1. Selain itu, Monako memiliki pemandangan laut yang menakjubkan dan iklim Mediterania yang menyenangkan. 

14. Namibia

Namibia
Potret Negara Namibia. Sumber: IST

Sekarang kita menuju Namibia, negara di Afrika Selatan dengan populasi sekitar 2,5 juta jiwa. Namibia memiliki luas wilayah sekitar 823.000 kilometer persegi, tetapi sebagian besar wilayahnya adalah gurun, seperti Gurun Namib yang terkenal. Kepadatan penduduk di Namibia sangat rendah, mirip dengan Islandia.

Meski sepi, Namibia menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan beragam satwa liar, termasuk di Taman Nasional Etosha. Keindahan alam dan budaya yang kaya menjadikan Namibia destinasi yang menarik bagi para pecinta alam dan petualang. Seru banget, kan? Yuk, lanjut ke Islandia!

15. Islandia

Islandia
Potret Negara Islandia. Sumber: IST

Terakhir, kita mengunjungi Islandia, negara Nordik di sebelah barat laut Eropa dengan populasi sekitar 300.000 jiwa. Islandia dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, termasuk geyser, air terjun, dan gunung berapi. Luas wilayah Islandia sekitar 100.000 kilometer persegi, membuatnya salah satu negara tersepi di dunia.

Islandia menawarkan pengalaman wisata alam yang luar biasa, dari pemandian air panas alami hingga melihat aurora borealis. Negara ini juga memiliki budaya yang unik dan sejarah Viking yang kaya. Meskipun sepi, Islandia adalah destinasi yang sempurna bagi para petualang yang mencari keindahan alam dan ketenangan.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 15 negara tersepi di dunia yang telah kita jelajahi bersama. Meskipun memiliki populasi yang sedikit, masing-masing negara ini menawarkan keunikan dan daya tarik tersendiri. Dari pemandangan alam yang memukau hingga kekayaan budaya dan sejarah, negara-negara tersepi ini memiliki banyak hal yang layak diketahui dan dipelajari.

Keindahan alam yang luar biasa, seperti aurora borealis di Greenland dan geyser di Islandia, menunjukkan betapa menakjubkannya planet kita ini. Selain itu, sejarah yang kaya di negara-negara seperti Vatikan dan San Marino memberikan wawasan tentang masa lalu yang membentuk dunia kita saat ini. Pariwisata juga memainkan peran penting dalam perekonomian negara-negara ini, meskipun populasinya kecil.

Jadi, tertarik untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang negara-negara ini? Dengan mengetahui lebih banyak tentang negara-negara tersepi di dunia, kita bisa menghargai keunikan dan keindahan yang ada di setiap sudut bumi ini. Ayo, teruslah penasaran dan selalu cari tahu fakta-fakta menarik lainnya!

REFERENSI:

  • GoodStats. “10 Negara Paling Sepi di Dunia, di Mana Saja?” Retrieved from https://goodstats.id/article/10-negara-paling-sepi-di-dunia-di-mana-saja-7lSkk
  • Bobo. “9 Negara Paling Sepi di Dunia, Mulai dari Greenland Hingga Suriname.” Retrieved from https://bobo.grid.id/read/083445368/9-negara-paling-sepi-di-dunia-mulai-dari-greenland-hingga-suriname?page=all
  • Beautynesia. “10 Negara Ini Terkenal Paling Sepi di Dunia, Ada yang Penduduknya Cuma Ratusan Jiwa!” Retrieved from https://www.beautynesia.id/life/10-negara-ini-terkenal-paling-sepi-di-dunia-ada-yang-penduduknya-cuma-ratusan-jiwa/b-269491
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *