Fakta Dunia

10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Rahasia di Balik Aroma Menggoda

55
×

10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Rahasia di Balik Aroma Menggoda

Sebarkan artikel ini
Kopi
10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia_ Rahasia di Balik Aroma Menggoda. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang gak tau kopi? Tanaman hasil pertanian ini memang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Dari kalangan bawah, menengah, hingga atas, kopi seringkali menjadi teman setia yang menemani berbagai aktivitas sehari-hari. 

Seperti yang kita tau, kopi dapat diolah menjadi berbagai varian minuman, mulai dari espresso yang kuat hingga latte yang lembut dan creamy. Setiap cangkir kopi menawarkan pengalaman yang unik dan menggoda, membuat siapa saja ingin kembali menikmati kelezatannya. Jadi, gak heran kalo permintaan pasar akan kopi sangat tinggi, menjadikan kopi salah satu komoditas besar di dunia. 

Sobat Suka Fakta, ada beberapa negara yang menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Negara-negara ini lah yang menjadi pemasok kebutuhan kopi di seluruh dunia. Tapi, sebelum kita membahas mengenai negara penghasil kopi terbesar di dunia, alangkah baiknya kita mengenal tanaman hitam ini terlebih dulu. 

Sejarah Tentang Kopi

Peta Ethiopia.
Potret Peta Ethiopia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang negara penghasil kopi terbesar di dunia, ada baiknya kita mengenal sedikit sejarah tentang kopi. Asal-usul kopi dapat ditelusuri kembali ke abad ke-9 di Ethiopia. 

Legenda mengatakan bahwa seorang penggembala kambing bernama Kaldi menemukan kopi setelah melihat kambing-kambingnya menjadi sangat berenergi setelah memakan buah dari pohon kopi.

Dari Ethiopia, kopi menyebar ke seluruh dunia Arab. Pada abad ke-15, biji kopi sudah dipanggang dan diseduh di Arab, dengan kafe yang pertama dibuka terletak di Mekah. Lambat laun, kopi menjadi bagian penting dari budaya sosial di Timur Tengah. 

Pada abad ke-17, kopi tiba di Eropa dan dengan cepat menjadi populer. Kafe mulai bermunculan di kota-kota besar seperti London, Paris, dan Vienna. Kafe kemudian menjadi tempat andalan berkumpulnya para intelektual dan seniman.

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Brasil.
Ilustrasi peta Brasil. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang saatnya kita membahas 10 negara penghasil kopi terbesar di dunia. Setiap negara penghasil kopi memiliki metode dan tradisi unik dalam menanam, memanen, dan mengolah biji kopi. Hal ini memberikan karakteristik rasa dan aroma yang berbeda pada setiap jenis kopi. 

Negara-negara penghasil kopi terbesar di dunia memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan global akan kopi. Dari perkebunan di Brasil hingga pegunungan di Ethiopia, setiap cangkir kopi yang kita nikmati mencerminkan keunikan daerah asalnya.

1. Brasil

Brasil termasuk penghasil kopi terbesar di dunia. Produksi kopi di Brasil mencapai lebih dari 66,3 juta kantong per 60 kg pada tahun 2023/2024. Beberapa jenis kopi terkenal dari Brasil antara lain Bourbon Santos, Catuaí, dan Mundo Novo. Brasil dikenal dengan proses pengolahan kering, di mana biji kopi dibiarkan kering di bawah sinar matahari alami.

Lalu, kenapa Brasil menjadi penghasil kopi terbesar di dunia? Dengan iklim yang ideal untuk pertumbuhan kopi, yaitu hujan yang cukup dan cahaya matahari yang seimbang, Brasil berhasil mendominasi pasar kopi dunia. Kota-kota seperti São Paulo, Paraná, dan Minas Gerais menjadi pusat produksi kopi utama di Brasil.

2. Vietnam

Selain terkenal dengan makanan Pho, Vietnam juga berada di urutan kedua sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Produksi kopi di Vietnam mencapai 27,5 juta kantong per 60 kg pada tahun 2023/2024. 

Nah, kalian tahu tidak nih Vietnam penghasil kopi apa? Jawabannya adalah Kopi robusta, jenis kopi yang paling banyak diproduksi di negara ini, memberikan karakter rasa yang pahit dan kurang asam dibandingkan dengan arabika.

Kopi di Vietnam pertama kali dikenalkan oleh kolonial Prancis pada tahun 1800-an dan sejak itu berkembang pesat.

Vietnam telah menjadi salah satu pemain utama di pasar kopi dunia dengan produksi yang terus meningkat setiap tahunnya. Kopi dari Vietnam sering digunakan dalam campuran kopi instan dan espresso.

3. Kolombia

Kolombia adalah negara ketiga penghasil kopi terbesar di dunia dengan produksi sebesar 11,5 juta kantong kopi per 60 kg pada tahun 2023/2024. Kopi Kolombia terkenal dengan kualitas tinggi dan cita rasa yang khas, seperti Juan Valdez, San Alberto, dan Café Quindío. Kopi Kolombia diproses dengan metode basah, yang membantu mempertahankan cita rasa dan keasaman yang tinggi.

Kopi dari Kolombia sering diakui sebagai salah satu kopi terbaik di dunia karena rasa yang seimbang antara keasaman dan kepahitan, serta aromanya yang khas dan beragam.

4. Indonesia

Indonesia menduduki posisi keempat sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Produksi kopi Indonesia mencapai 9,7 juta kantong per 60 kg pada tahun 2023/2024. Nah, sobat tahu ngga nih kopi produk Indonesia apa saja? Indonesia dikenal dengan keberagaman kopi seperti Kopi Luwak, Mandailing, dan Kopi Toraja.

Indonesia memiliki sekitar 1,5 juta petani kopi yang berkontribusi dalam produksi kopi nasional. Meskipun berada di bawah Brasil dan Vietnam dalam hal produksi, tapi Indonesia memiliki jenis kopi yang sangat dihargai di pasar internasional. Tujuan utama ekspor kopi Indonesia adalah Amerika Serikat, Mesir, Jepang, Spanyol, dan Malaysia.

5. Ethiopia

Ethiopia, tempat asal muasal kopi, merupakan produsen kopi terbesar kelima di dunia. Produksi kopi Ethiopia mencapai 8,35 juta kantong per 60 kg pada tahun 2023/2024. Kopi Ethiopia dikenal dengan rasa yang unik dan aroma khas. Sebagian besar kopi di Ethiopia diproses secara tradisional dengan metode pengeringan alami.

Kopi di Ethiopia merupakan bagian penting dari budaya dan ekonomi negara. Tidak seperti negara lain yang mengekspor kopi mereka, Ethiopia juga mengkonsumsi sebagian besar kopi berkualitas tinggi mereka sendiri.

6. Honduras

Honduras berada di posisi keenam sebagai produsen kopi terbesar di dunia dengan produksi sebesar 6,5 juta kantong per 60 kg pada tahun 2023/2024. Kopi Honduras dikenal karena kualitasnya yang baik dan aroma yang halus. Kopi di Honduras sering kali diproses secara basah untuk menjaga kualitas dan cita rasanya.

Kopi dari Honduras sering digunakan dalam campuran espresso dan juga sebagai kopi single-origin yang dihargai oleh pecinta kopi di seluruh dunia.

7. India

Selain terkenal dengan makanan dosa, India juga ternyata masuk dalam negara penghasil kopi terbesar di dunia. Dengan produksi sebesar 5,95 juta kantong per 60 kg pada tahun 2023/2024, India menempati posisi ketujuh sebagai produsen kopi terbesar di dunia. Kopi dari India terdiri dari jenis arabika dan robusta.

Kopi di India pertama kali diperkenalkan oleh Baba Budan pada abad ke-17. India dikenal dengan metode pemrosesan kopi yang unik, seperti monsooning, yang memberikan karakteristik rasa yang berbeda pada kopi mereka.

8. Uganda

Uganda berada di posisi kedelapan sebagai produsen kopi terbesar di dunia dengan produksi sebesar 6,85 juta kantong per 60 kg pada tahun 2023/2024. Ugandan Coffee adalah jenis kopi yang paling banyak diproduksi di Uganda. Kopi dari Uganda sering kali diproses secara kering, memberikan rasa asam seperti wine dan notes coklat yang kuat.

Kopi dari Uganda sering digunakan dalam campuran kopi instan dan juga sebagai kopi single-origin dengan karakteristik rasa yang khas.

9. Peru

Peru, dengan produksi sebesar 4,2 juta kantong per 60 kg pada tahun 2023/2024, menempati posisi kesembilan sebagai produsen kopi terbesar di dunia. Peruvian Coffee dikenal dengan kualitas tinggi dan rasa yang kompleks. Kopi pertama kali diperkenalkan di Peru pada tahun 1700-an.

Kopi dari Peru sangat dihargai dan disukai banyak orang karena bijinya yang berukuran sedang dan aroma kacang-kacangan serta rasa buah yang segar.

10. Meksiko

Meksiko berada di posisi kesepuluh sebagai produsen kopi terbesar di dunia dengan produksi sebesar 4,09 juta kantong per 60 kg pada tahun 2023/2024. Kopi Meksiko dikenal dengan kualitas yang baik dan karakteristik rasa yang unik.

Kopi di Meksiko sering diproses secara basah, memberikan rasa yang seimbang antara keasaman dan kepahitan.

Meksiko juga dikenal dengan berbagai varietas kopi yang tumbuh di berbagai daerah dengan iklim dan ketinggian yang berbeda, memberikan keanekaragaman rasa dan aroma.

Kopi Diproduksi dengan Melalui Beberapa Tahapan 

kopi.
Kolase proses produksi kopi. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kopi yang kita nikmati ternyata telah melalui perjalanan panjang sebelum akhirnya disajikan di atas meja kita. Dimulai dari biji hingga menjadi minuman, proses produksi kopi melibatkan beberapa tahapan penting, seperti:

  1. Penanaman: Kopi ditanam di daerah tropis di seluruh dunia, terutama di Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Tanaman kopi membutuhkan iklim yang hangat dan curah hujan yang cukup untuk tumbuh dengan baik.
  2. Pemanenan: Biji kopi dipanen ketika sudah matang. Pemanenan dapat dilakukan secara manual atau dengan mesin, tergantung pada skala perkebunan dan medan.
  3. Pengolahan: Setelah dipanen, biji kopi melalui proses pengolahan untuk memisahkan biji dari buahnya. Ada dua metode utama pengolahan: metode basah dan metode kering.
  4. Penjemuran: Biji kopi kemudian dijemur di bawah sinar matahari atau dikeringkan dengan mesin hingga mencapai tingkat kelembaban tertentu.
  5. Penggilingan: Setelah kering, biji kopi akan digiling untuk menghilangkan kulit luar yang keras. Proses ini menghasilkan biji hijau yang siap untuk dipanggang.
  6. Pemanggangan: Biji hijau dipanggang pada suhu tinggi untuk mengeluarkan aroma dan rasa khas kopi. Tingkat pemanggangan dapat bervariasi, mulai dari ringan hingga sangat gelap.
  7. Penggilingan: Biji kopi yang sudah dipanggang kemudian akan digiling lagi sesuai dengan metode penyeduhan yang diinginkan, seperti espresso, drip, atau French press.
  8. Penyeduhan: Akhirnya, biji kopi yang sudah digiling diseduh dengan air panas untuk menghasilkan minuman kopi yang nikmat.

Kopi Memainkan Peran yang Krusial di Berbagai Aspek Kehidupan

opi Starbuck
Potret Tempat Kopi Starbucks. Sumber: IST

1. Kopi dan Budaya di Berbagai Negara

Sobat Suka Fakta, kopi bukan hanya sekadar minuman untuk menghilangkan kantuk atau menambah energi. Di banyak negara, kopi memiliki peran yang lebih krusial dalam budaya populer dan kehidupan sehari-hari. Dari pagi hingga malam, kopi hadir di berbagai momen penting dan rutinitas harian masyarakat.

Di beberapa negara, kafe menjadi tempat berkumpul yang populer, di mana orang-orang bertemu untuk berdiskusi, bekerja, atau sekadar menikmati waktu santai. Kafe-kafe terkenal di dunia, seperti Starbucks di Amerika Serikat atau café-café klasik di Italia, telah menjadi ikon budaya yang menghubungkan orang-orang dari berbagai latar belakang.

  • Italia

Di Italia, espresso menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kopi. Orang Italia biasanya menikmati espresso dalam porsi kecil namun rasanya tetap kuat. Orang-orang di negara ini sering kali meminum kopi dengan cepat di bar sambil berdiri. Kopi di Italia bukan hanya minuman, tetapi juga bagian dari tradisi sosial.

  • Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, budaya kopi lebih berfokus pada kenyamanan dan gaya hidup modern. Kafe seperti Starbucks telah mempopulerkan berbagai jenis minuman kopi yang kreatif dan beragam, mulai dari frappuccino hingga pumpkin spice latte.

  • Turki

Di Turki, kopi tradisional diseduh dengan cara yang unik, menggunakan pot khusus yang disebut cezve. Kopi Turki dikenal dengan tekstur yang kental dan rasa yang kuat, serta seringkali dinikmati dengan camilan manis seperti baklava.

2. Peran Kopi dalam Kehidupan Sehari-hari

Kopi sering menjadi bagian dari rutinitas harian banyak orang. Misalnya, banyak pekerja yang memulai hari mereka dengan secangkir kopi untuk meningkatkan konsentrasi dan energi. Kopi juga sering dikonsumsi di tengah hari sebagai cara untuk mengatasi rasa lelah dan tetap produktif.

Selain itu, kopi juga memiliki peran penting dalam berbagai acara sosial dan tradisi. Misalnya, dalam budaya Arab, menyajikan kopi kepada tamu adalah tanda penghormatan dan keramahan. Di Ethiopia, upacara minum kopi adalah ritual yang berlangsung selama beberapa jam, di mana biji kopi dipanggang dan diseduh di depan para tamu.

3. Festival Kopi di Berbagai Negara

Kopi juga dirayakan melalui berbagai festival di seluruh dunia. Festival-festival ini tidak hanya merayakan kopi sebagai minuman, tetapi juga sebagai bagian penting dari warisan budaya dan tradisi. Berikut beberapa festival kopi terkenal:

  • Brasil

Sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia, Brasil mengadakan berbagai festival kopi sepanjang tahun. Salah satu yang terkenal adalah International Coffee Week di Belo Horizonte, yang menarik produsen kopi, penikmat kopi, dan pakar industri dari seluruh dunia.

  • Kolombia

Festival Nacional del Café di Manizales, Kolombia, adalah perayaan besar yang menampilkan parade, kompetisi kecantikan, dan tentu saja, ada banyak kopi yang disajikan. Festival ini merayakan peran kopi dalam budaya dan ekonomi Kolombia.

  • Indonesia

Indonesia juga memiliki berbagai festival kopi, seperti Jakarta Coffee Week dan Festival Kopi Nusantara di Yogyakarta. Festival-festival ini menampilkan berbagai jenis kopi dari seluruh Nusantara, serta menyajikan workshop dan seminar tentang industri kopi.

5. Kopi dan Pariwisata

Selain menjadi minuman yang populer, kopi juga berkontribusi pada pariwisata di banyak negara penghasil kopi terbesar di dunia. Wisata kopi atau coffee tourism telah menjadi tren yang menarik wisatawan untuk mengunjungi perkebunan kopi, mengikuti tur proses produksi, dan mencicipi kopi langsung dari sumbernya.

  • Brasil

Wisatawan dapat mengunjungi perkebunan kopi di Minas Gerais dan belajar tentang proses produksi kopi, dari pemetikan hingga pemanggangan. Tur-tur ini sering kali disertai dengan sesi mencicipi kopi.

  • Kolombia

Di Kolombia, wisatawan dapat mengikuti “coffee tours” yang menawarkan pengalaman mendalam tentang budaya kopi, termasuk kunjungan ke perkebunan kopi dan interaksi langsung dengan petani kopi.

  • Indonesia 

Di Indonesia, destinasi wisata kopi seperti Bali, Sumatra, dan Toraja menawarkan tur perkebunan kopi yang mengedukasi pengunjung tentang proses produksi kopi lokal dan keunikan masing-masing daerah.

6. Kopi dan Ekonomi

Selain memiliki nilai budaya yang besar, kopi juga memainkan peran penting dalam ekonomi banyak negara. Produksi dan ekspor kopi memberikan lapangan kerja bagi jutaan orang di seluruh dunia, mulai dari petani di perkebunan hingga barista di kafe.

  • Brasil: Sebagai produsen kopi terbesar di dunia, industri kopi Brasil menciptakan jutaan lapangan kerja dan menjadi salah satu sektor ekonomi utama di negara tersebut.
  • Vietnam: Di Vietnam, kopi adalah salah satu komoditas ekspor utama, yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian negara. Banyak petani di daerah pedesaan bergantung pada kopi sebagai sumber penghidupan utama mereka.
  • Indonesia: Industri kopi di Indonesia juga merupakan sumber pendapatan penting bagi banyak keluarga di daerah pedesaan. Kopi dari Indonesia diekspor ke berbagai negara, membantu meningkatkan devisa negara dan mendukung ekonomi lokal.

Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Kopi
Ilustrasi wanita mencoba berkonsentrasi. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian penasaran ngga sih apa manfaat kopi bagi tubuh? Selain rasanya yang nikmat, kopi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Menurut berbagai penelitian, konsumsi kopi dalam jumlah yang wajar dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti:

  • Meningkatkan Kesehatan Otak: Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Kopi juga diketahui dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.
  • Menurunkan Risiko Depresi: Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara rutin dapat mengurangi risiko depresi. Kafein dalam kopi mampu meningkatkan produksi hormon dopamin dan serotonin, yang berperan dalam menjaga suasana hati tetap positif.
  • Menjaga Kesehatan Jantung: Kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Konsumsi kopi juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak heran jika kopi menjadi minuman yang sangat populer di berbagai kalangan. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kopi bukan hanya sekadar minuman yang nikmat, tetapi juga bagian integral dari budaya dan kehidupan sehari-hari di banyak negara. Dari keunikan rasa dan aroma hingga manfaat kesehatannya, kopi menawarkan pengalaman yang tak tertandingi.

Setiap negara penghasil kopi memiliki tradisi dan metode unik dalam menanam dan mengolah biji kopi, yang berkontribusi pada beragam cita rasa yang kita nikmati. Negara-negara seperti Brasil, Vietnam, Kolombia, dan Indonesia memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan global akan kopi. 

Produksi kopi di negara-negara ini tidak hanya memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan, tetapi juga meningkatkan kualitas kopi dunia melalui inovasi dan praktik pertanian yang berkelanjutan. 

Secara keseluruhan, kopi telah menyatukan orang-orang dari berbagai belahan dunia melalui rasa dan aromanya yang khas. Setiap cangkir kopi yang kita nikmati adalah hasil dari dedikasi dan kerja keras jutaan petani dan pekerja di seluruh dunia. Jadi, setiap kali kita menikmati kopi, kita juga merayakan warisan budaya dan kerja keras para penghasil kopi di dunia.

REFERENSI

  • Indonesiabaik.id. (2023). Negara Penghasil Kopi Terbesar. Diakses dari https://indonesiabaik.id/infografis/negara-penghasil-kopi-terbesar.
  • CNBC Indonesia. (2023, November 20). 10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia: RI Nomor Berapa?. Diakses dari https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20231120155326-33-490467/10-negara-penghasil-kopi-terbesar-di-dunia-ri-nomor-berapa.
  • Inilah.com. (2023). Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia. Diakses dari https://www.inilah.com/negara-penghasil-kopi-terbesar-di-dunia.
  • Detik.com. (2023). 10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia: Indonesia Nomor Berapa?. Diakses dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6770989/10-negara-penghasil-kopi-terbesar-di-dunia-indonesia-nomor-berapa.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *