Fakta Unik

Ciri Ciri Anoa, Hewan Khas Sulawesi Tenggara

205
×

Ciri Ciri Anoa, Hewan Khas Sulawesi Tenggara

Sebarkan artikel ini
Ciri-Ciri Anoa
6 Ciri-Ciri Anoa, Hewan Khas Sulawesi Tenggara. Sumber : Flickr.com

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalian tahu nggak kalau ada hewan unik dan langka yang cuma bisa ditemukan di Indonesia? Hewan ini dikenal sebagai anoa, dan dia mirip banget sama kerbau, tapi lebih kecil, gempal, dan tanduknya melengkung. \

Anoa adalah mamalia endemik yang hanya hidup di pulau Sulawesi. Nah, ada dua jenis spesies anoa di sana anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis) dan anoa pegunungan (Bubalus quarlesi).  Sayangnya, kedua jenis ini terancam punah.

Makanya, anoa sekarang masuk daftar hewan Endangered alias terancam punah menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature). Sedih banget, kan? Tapi, tenang aja, Sob! Kita di sini bukan cuma mau ngobrolin hal yang bikin galau, tapi juga mengenal lebih dekat 6 ciri-ciri Anoa.

Nah, penasaran banget, kan, seperti apa hewan ini sebenarnya? Yuk, kita mulai perjalanan kita mengenal anoa dengan lebih dekat. Siap-siap buat terkesima dengan hewan keren satu ini, ya!

Anoa Adalah Hewan Mamalia yang Masih 1 Keluarga dengan Kerbau

Hewan Anoa
Potret Hewan Anoa. Sumber : www.biolib.cz

Sobat Suka Fakta, Sebelum kita masuk ke 6 ciri-ciri anoa, yuk kita kenalan dulu dengan hewan unik satu ini. Anoa adalah sejenis mamalia yang masih satu keluarga dengan kerbau, yaitu keluarga Bovidae. Tapi jangan salah, anoa punya bentuk tubuh yang berbeda dari kerbau biasa. Mereka lebih kecil, tubuhnya gempal, kekar, dengan tanduk pendek melengkung.

Nah, di Sulawesi, ada dua jenis anoa:

  1. Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis)
    Anoa ini tinggal di hutan dataran rendah Sulawesi dan punya tubuh lebih besar dibandingkan anoa pegunungan. Kulitnya berwarna coklat gelap sampai hitam dengan tanduk melengkung runcing.
  2. Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi)
    Seperti namanya, anoa ini hidup di daerah pegunungan Sulawesi dan Pulau Buton. Tubuhnya lebih kecil dari anoa dataran rendah, dengan bulu lebih tebal dan berwarna coklat gelap hingga hitam. Tanduknya pendek dan lurus, tapi tetap tajam!

Dari segi habitat, anoa ini sangat menyukai hutan primer, alias hutan yang belum pernah ditebang. Anoa juga suka kubangan lumpur atau air untuk mandi dan mencari mineral. Makanya, mereka sering terlihat mengunjungi lokasi bergaram di hutan.

Singkatnya, berikut beberapa fakta menarik tentang anoa:

  • Anoa adalah hewan endemik Sulawesi yang hidup di hutan-hutan primer.
  • Masuk dalam kategori Endangered (Terancam Punah) oleh IUCN.
  • Anoa dataran rendah lebih besar dari anoa pegunungan.
  • Anoa dikenal punya tanduk melengkung yang pendek dan runcing.

Ciri-Ciri Anoa

Hewan Anoa
Suara Khas Hewan Anoa. Sumber : www.marwell.org.uk

Sobat Suka Fakta, berikut adalah 6 ciri-ciri anoa yang bikin mereka unik dan keren!

1. Tubuh Gempal dan Kekar

Kalau lihat anoa, kita langsung bisa tahu kalau tubuh mereka itu gempal dan kekar. Anoa dataran rendah bisa punya panjang tubuh sampai 1 meter dengan tinggi sekitar 90 cm, sedangkan anoa pegunungan lebih kecil, sekitar 75 cm tingginya. Kedua spesies ini tetap memiliki tubuh yang kekar dan kuat.

2. Warna Kulit Gelap

Anoa dewasa punya kulit yang berwarna coklat gelap hingga hitam. Anoa dataran rendah punya leher putih seperti kalung dan bagian bawah tungkai yang juga berwarna putih. Sedangkan bayi anoa, bulunya berwarna coklat keemasan atau kekuningan dan sangat tebal. Warna kulit mereka akan berubah menjadi lebih gelap saat dewasa.

3. Tanduk Pendek dan Melengkung

Salah satu ciri khas anoa adalah tanduk pendeknya yang melengkung ke belakang. Tanduk ini bisa tumbuh hingga 15-20 cm pada kedua spesies anoa. Anoa jantan dan betina sama-sama memiliki tanduk, tapi tanduk jantan lebih tebal dan kuat. Tanduk ini digunakan untuk melindungi diri atau bertarung mempertahankan wilayah mereka.

4. Bulu Tebal

Anoa pegunungan dikenal memiliki bulu yang tebal dibandingkan dengan anoa dataran rendah. Bulu tebal ini membantu mereka bertahan hidup di daerah pegunungan yang lebih dingin. Warna bulu mereka juga cenderung lebih gelap.

5. Tinggi hingga 90 cm

Anoa dataran rendah bisa memiliki tinggi tubuh hingga 90 cm, sedangkan anoa pegunungan hanya sekitar 75 cm. Tinggi badan mereka ini membuat mereka terlihat gagah, walaupun tubuhnya relatif kecil.

6. Panjang Tubuh hingga 1 Meter

Panjang tubuh anoa bisa mencapai 1 meter dari kepala hingga ekor. Anoa dataran rendah biasanya lebih panjang daripada anoa pegunungan.

7. Panjang Ekor hingga 27 cm

Ekor anoa relatif pendek, hanya sekitar 20-27 cm. Walaupun begitu, ekor ini tetap membantu mereka menjaga keseimbangan saat bergerak di hutan.

8. Tanduk Bisa Tumbuh hingga 20 cm

Tanduk anoa bisa tumbuh hingga 15-20 cm pada kedua spesies. Tanduk ini digunakan untuk bertahan dari ancaman atau saat bertarung dengan anoa lain untuk menunjukkan dominasi.

9. Hidup Soliter atau Berpasangan

Anoa biasanya hidup soliter alias sendiri, tapi kadang-kadang mereka juga terlihat berpasangan, terutama antara induk dan anaknya. Mereka suka berlindung di bawah pohon besar yang tumbang atau di antara akar pohon.

10. Suara Khas “Moo”

Saat merasa bersemangat atau terancam, anoa akan mengeluarkan suara khas “moo” yang singkat. Suara ini digunakan untuk berkomunikasi dengan anoa lainnya.

Anoa Dikenal Sebagai Penghuni Hutan Primer Sulawesi

Hewan Anoa
Hewan Anoa Sebagai Penghuni Hutan Primer Sulawesi. Sumber : rimbakita.com

Dikenal sebagai penghuni hutan primer Sulawesi, mereka sangat menyukai daerah yang banyak vegetasinya, dengan sumber air permanen dan jauh dari jangkauan manusia. Anoa dataran rendah lebih sering ditemukan di hutan dataran rendah, sedangkan anoa pegunungan suka tinggal di hutan pegunungan.

Mereka juga dikenal suka berkubang di lumpur atau air, seperti kerbau liar. Ini membantu mereka menjaga kulit tetap sehat dan mendapatkan mineral dari lumpur. Selain itu, anoa juga sering mengunjungi lokasi bergaram untuk minum air garam sebagai pemenuhan kebutuhan mineral mereka.

Untuk bersembunyi, anoa suka berlindung di bawah pohon besar yang tumbang, batu-batu besar, atau di antara akar pohon. Tanduk mereka sering digunakan untuk menyingkirkan ranting atau menggali tanah.

Makanan Anoa Adalah Rumput

Hewan Anoa Makan Rumput
Anoa Makan Rumput. Sumber : mediaindonesia.com

Anoa adalah hewan herbivora alias pemakan tumbuhan. Makanan mereka terdiri dari:

  • Rumput
  • Dedaunan
  • Jahe
  • Buah-buahan (yang tumbuh di habitat mereka)
  • Sawit
  • Pakis

Anoa biasanya aktif di pagi hari, kemudian kembali ke tempat berlindung mereka saat tengah hari. Mereka dikenal hidup soliter atau berpasangan, terutama antara induk dan anaknya. Selain itu, saat bersemangat atau terancam, anoa akan mengeluarkan suara “moo” yang singkat sebagai bentuk komunikasi.

Tersisa 2.500 Ekor Anoa Dewasa yang Hidup di Alam Liar

Populasi Hewan Anoa
Populasi Hewan Anoa. Sumber : ekuatorial.com

Sedihnya, Sobat Suka Fakta, anoa kini menghadapi banyak ancaman, seperti:

  • Perburuan liar: Kulit, daging, dan tanduk anoa sering diburu oleh manusia.
  • Pembalakan liar: Pengurangan hutan primer akibat pembukaan lahan pertanian atau pertambangan.
  • Kehilangan habitat: Perubahan lahan dan pemukiman penduduk mengurangi habitat asli anoa.

Akibatnya, populasi anoa terus menurun drastis. Diperkirakan saat ini hanya ada kurang dari 2.500 individu dewasa di alam liar. Karena itu, anoa masuk dalam daftar Endangered (Terancam Punah) menurut IUCN.

Berbagai Cara Melindungi Populasi Anoa Telah Dilakukan 

Perlindungan Hewan Anoa.
Perlindungan Hewan Anoa. Sumber : menlhk.go.id

Tapi jangan khawatir, Sobat Suka Fakta. Sudah ada upaya konservasi yang dilakukan untuk melindungi anoa, salah satunya adalah melalui Anoa Breeding Center (ABC) di Manado. ABC ini berdiri sejak 2011 dan menjadi pusat konservasi anoa di luar habitat aslinya di Sulawesi.

ABC saat ini memiliki 9 ekor anoa (7 dewasa, 2 anak). Anoa dewasa berasal dari sitaan atau penyerahan sukarela warga, sedangkan kedua anak anoa merupakan hasil pengembangbiakan di penangkaran.

Selain itu, anoa juga dilindungi melalui peraturan PP7/1999 dan P106/2018, yang melarang perburuan dan perdagangan ilegal hewan ini. Penting juga untuk menjaga hutan primer Sulawesi sebagai habitat asli anoa.

Kesimpulan

Jadi, Sobat Suka Fakta, anoa adalah hewan khas Sulawesi yang perlu kita jaga dan lestarikan. Mereka punya 6 ciri-ciri yang bikin mereka unik dan keren, mulai dari tubuh gempal dan kekar, tanduk melengkung, hingga suara khas “moo” mereka. Tapi, populasi anoa terus menurun akibat perburuan liar dan kehilangan habitat.

Karena itu, yuk kita dukung upaya konservasi anoa dan ikut melindungi hewan endemik Sulawesi ini! Jangan sampai mereka punah dan hanya jadi cerita buat anak cucu kita nanti.

REFERENSI:

  • https://www.boganinaniwartabone.org/portal/artikeldetail/S0VVMTgwMDEyMDIwMDQwMzAxNDIzODE=/ANOA%20DATARAN-RENDAH.html#:~:text=Tubuhnya%20gempal%20dan%20kekar%20dengan,pada%20tungkai%2Dtungkai%20bagian%20bawah
  • https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Anoa_pegunungan
  • http://perpustakaan.menlhk.go.id/pustaka/home/index.php?page=detail_news&newsid=310
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *