Fakta Unik

Mengenal Cumi-Cumi Raksasa, Panjangnya Mencapai 14 Meter

82
×

Mengenal Cumi-Cumi Raksasa, Panjangnya Mencapai 14 Meter

Sebarkan artikel ini
Cumi-cumi
Mengenal Cumi-Cumi Raksasa, Panjangnya Mencapai 14 Meter. Sumber: Dok. international.sindonews.com

Halo, Sobat Suka Fakta! Pernah dengar tentang cumi-cumi raksasa? Hewan ini adalah makhluk laut dalam yang super misterius dan bikin penasaran. Mereka juga jadi inspirasi untuk banyak kisah seru, termasuk legenda monster laut yang terkenal, yaitu Kraken. 

Di artikel ini, kita bakal membahas segala hal tentang cumi-cumi raksasa. Mulai dari sejarah penemuannya yang penuh petualangan, karakteristiknya yang bikin takjub, hingga fakta-fakta menarik yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. 

So, siap untuk mengenal lebih jauh cumi-cumi raksasa? Yuk, kita mulai petualangan seru ini, jelajahi bersama-sama dunia bawah laut yang penuh misteri dan keajaiban!

Cumi-Cumi Raksasa Pertama Kali Ditemukan oleh Nelayan

cumi-cumi raksasa
Ilustrasi Cumi-cumi raksasa ditemukan nelayan. Sumber: Dok. Wikimedia Commons

Foto pertama spesimen cumi-cumi raksasa yang hampir lengkap diambil pada tahun 1873 di ruang tamu seorang pendeta yang tinggal di St. John’s, Newfoundland. Bisa dibayangkan, betapa hebohnya penemuan ini pada masanya, terutama bagi para ilmuwan dan pelaut.

Pada tahun 1871, laporan tentang cumi-cumi raksasa mulai banyak bermunculan dari laut lepas Maritim Kanada. Salah satu kisah terkenal terjadi pada November 1873, ketika seorang nelayan dengan berani memotong tentakel sepanjang 19 kaki yang mencapai perahu kecilnya. Tentakel tersebut kemudian dijual kepada Moses Harvey, seorang pendeta dan penulis yang juga mahasiswa sejarah alam.

Harvey kemudian menulis: “Saya sekarang adalah pemilik salah satu keingintahuan paling langka di seluruh dunia hewan, tentakel ikan setan yang sampai sekarang masih menjadi mitos, yang keberadaannya telah diperdebatkan oleh para naturalis selama berabad-abad. Saya tahu bahwa saya memegang kunci misteri besar di tangan saya”.

Tidak berhenti di situ, Harvey juga mendapatkan kabar bahwa ada cumi-cumi raksasa lain yang tertangkap di Logy Bay. Ia membeli bangkai cumi-cumi tersebut dan mengabadikannya dalam foto yang menjadi bukti nyata keberadaan makhluk ini. Dari sini, penelitian lebih lanjut dilakukan oleh AE Verrill dan James Emerton yang kemudian mempublikasikan studi ilmiah pertama tentang cumi-cumi raksasa.

Fakta Unik Cumi-Cumi Raksasa

1. Invertebrata Terbesar di Dunia

cumi-cumi raksasa
Potret cumi cumi Raksasa. Sumber: courtesy – Science Alert YouTube

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa cumi-cumi raksasa adalah invertebrata terbesar di dunia? Mereka bisa mencapai panjang hingga 14 meter, bahkan beberapa spesimen yang ditemukan bisa mencapai panjang hampir 20 meter! 

Menariknya, cumi-cumi raksasa betina diketahui memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jantan. Jadi, bisa dibayangkan betapa luar biasa besarnya mereka di habitat aslinya.

Perbandingan dengan makhluk laut lainnya juga menunjukkan betapa istimewanya cumi-cumi raksasa. Yup! Mereka lebih besar dari hampir semua hewan invertebrata lainnya.

2. Habitatnya Sulit Dijangkau

kedalaman laut 1000 meter.
Ilustrasi kedalaman laut 1000 meter. Sumber: National Geographic

Sobat Suka Fakta, cumi-cumi raksasa tinggal di tempat yang sangat sulit dijangkau manusia. Mereka biasanya hidup di kedalaman antara 300 hingga 1000 meter di bawah permukaan laut. Kedalaman ini membuat mereka sangat sulit ditemukan dan dipelajari. 

Namun habitat yang gelap dan dingin ini memberikan perlindungan alami dari predator dan manusia. Cumi-cumi raksasa ditemukan di berbagai lokasi seperti Newfoundland, Norwegia, Kepulauan Inggris, Spanyol, dan bahkan sampai ke Jepang dan Australia. 

Namun, mereka cenderung menghindari daerah tropis dan kutub, lebih memilih laut yang dalam dan dingin. Kondisi lingkungan ini membuat penelitian tentang mereka menjadi tantangan besar bagi para ilmuwan.

3. Predator Cumi Raksasa

Paus Sperma
Potret hewan Paus Sperma. Sumber: nationalgeographic.org

Meski cumi-cumi raksasa adalah predator yang tangguh, namun mereka juga memiliki musuh alami. Predator utama mereka adalah paus sperma, yang dikenal sangat terampil dalam mencari dan menangkap cumi-cumi raksasa. 

Paus sperma bisa menyelam hingga kedalaman yang sangat dalam untuk berburu cumi-cumi raksasa, dan pertempuran antara keduanya bisa sangat dramatis. Selain paus sperma, paus pilot juga diduga menjadi predator cumi-cumi raksasa. 

Untuk cumi-cumi raksasa yang masih muda, mereka harus berhati-hati terhadap hiu laut dalam dan ikan besar lainnya. Predator-predator ini menjadikan laut dalam sebagai medan perburuan mereka, dan cumi-cumi raksasa sering menjadi target utama.

4. Memiliki Pola Makan Beragam

Cumi
Potret Cumi memakan mangsanya. Sumber: jambi.tribunnews.com

Cumi-cumi raksasa adalah predator laut dalam yang sangat handal. Mereka memakan berbagai jenis ikan laut dalam dan cumi-cumi lainnya. Dengan dua tentakel panjang yang dilengkapi cincin pengisap bergerigi, mereka dapat mencengkeram mangsa dengan kuat dan membawanya ke arah paruh yang kuat untuk dihancurkan sebelum mencapai kerongkongan.

Penelitian tentang pola makan cumi-cumi raksasa sering kali dilakukan dengan mengamati isi perut spesimen yang mati. Dari sini, para ilmuwan dapat mengetahui jenis mangsa yang mereka konsumsi. Dengan pola makan yang beragam, cumi-cumi raksasa menempati posisi penting dalam ekosistem laut dalam sebagai predator puncak.

5. Jumlah Populasinya Tidak Diketahui

Cumi-cumi
Potret Cumi-cumi di dasar laut. Sumber: Ilustrasi Museum of New Zealand Te Papa Tongarewa

Kalian pasti penasaran ada berapa banyak cumi-cumi raksasa yang ada di lautan? Sayangnya, ini adalah pertanyaan yang sulit dijawab, Sob. Pasalnya, estimasi populasi cumi-cumi raksasa sangat sulit diketahui karena habitat mereka yang sangat dalam dan tersembunyi. 

Penelitian sering kali hanya didasarkan pada spesimen yang terdampar atau tertangkap secara tidak sengaja oleh nelayan. Tantangan dalam menghitung jumlah populasi cumi-cumi raksasa ini membuat kita semakin penasaran tentang keberadaan mereka. 

Namun, data yang ada menunjukkan bahwa mereka adalah makhluk yang langka dan sulit ditemukan. Ini menambah aura misterius yang mengelilingi cumi-cumi raksasa dan membuat mereka semakin menarik untuk dipelajari.

6. Kraken, Cumi Raksasa di Mitologi Skandinavia

 Kraken
Potret makhluk mitologi Kraken. Sumber: nightcafe.studio

Siapa yang tidak kenal dengan legenda Kraken? Makhluk mitologi Skandinavia ini digambarkan sebagai monster laut raksasa yang suka mengganggu kapal-kapal yang melintas dengan lengan raksasanya. 

Menariknya, banyak yang percaya bahwa legenda Kraken sebenarnya terinspirasi oleh keberadaan cumi-cumi raksasa. Cerita tentang Kraken pertama kali muncul pada abad ke-12 dan telah menjadi bagian dari cerita rakyat dan budaya populer sejak saat itu.

Legenda Kraken menggambarkan cumi-cumi raksasa dengan ukuran yang luar biasa besar, bahkan digambarkan mencapai panjang satu mil! Meskipun kenyataannya cumi-cumi raksasa tidak sebesar itu, tapi legenda ini tetap memberikan gambaran betapa mengagumkannya makhluk ini di mata manusia. 

7. Habitatnya Terancam

Cumi-cumi.
Potret Penangkapan Cumi-cumi. Sumber: Sky

Sobat Suka Fakta, seperti banyak makhluk laut lainnya, habitat cumi-cumi raksasa juga menghadapi ancaman. Perubahan iklim dan aktivitas manusia, seperti penangkapan ikan berlebihan dan polusi laut, dapat berdampak negatif pada ekosistem laut dalam. 

Suhu laut yang meningkat dan kerusakan habitat bisa mengurangi jumlah populasi mereka. Ancaman terhadap habitat ini membuat cumi-cumi raksasa semakin sulit ditemukan dan dipelajari. 

8. Bisa Menghasilkan Ratusan Ribu Telur

Cumi-cumi
Potret Cumi-cumi bertelur. Sumber: IFL SCIENCE

Sobat Suka Fakta, cumi-cumi raksasa betina dapat bertelur dalam jumlah yang sangat besar, hingga ratusan ribu telur dalam satu kali pemijahan. Telur-telur ini disimpan di dalam massa gelatin yang melindungi mereka dari predator dan arus laut.

Setelah menetas, anak-anak cumi-cumi raksasa akan tumbuh dan berkembang di kedalaman laut yang gelap. Meskipun banyak telur yang dihasilkan, tapi hanya sedikit yang bertahan hingga dewasa karena berbagai ancaman di lingkungan laut dalam. 

9. Sulit Diteliti

Cumi-cumi
Kolase Kamera bawah laut yang terdapat cumi-cumi. Sumber: boombastis.com

Sobat Suka Fakta, habitat mereka yang sangat dalam dan sulit dijangkau membuat penelitian tentang makhluk ini menjadi tantangan besar. Selain itu, cumi-cumi raksasa juga sangat sensitif terhadap cahaya dan getaran, sehingga mereka cenderung melarikan diri saat ada kapal penelitian mendekat.

Teknologi canggih seperti kamera bawah laut dan kendaraan kendali jarak jauh (ROV) digunakan untuk mengamati cumi-cumi raksasa di habitat aslinya. Meskipun demikian, pengamatan langsung tetap jarang dilakukan. 

Sebagian besar informasi yang kita miliki tentang cumi-cumi raksasa berasal dari spesimen yang mati atau terdampar di pantai. Penelitian ini membantu kita memahami lebih baik tentang biologi dan perilaku cumi-cumi raksasa, meskipun masih banyak yang perlu dipelajari. 

10. Matanya Seukuran Bola Basket 

Cumi-cumi.
Potret Mata Cumi-cumi. Sumber: IST

Cumi-cumi raksasa memiliki mata yang sangat besar, yaitu seukuran bola basket. Mata besar ini membantu mereka melihat di kegelapan laut dalam, di mana tidak ada cahaya matahari yang meneranginya. 

Selain itu, mata besar ini juga membuat mereka sangat sensitif terhadap cahaya terang yang dipasang peneliti kelautan di kapal selam. Makanya, cumi-cumi raksasa sangat sulit ditemukan karena mereka akan segera melarikan diri saat mendeteksi cahaya dan getaran dari kendaraan penelitian.

11. Memiliki 10 Tentakel

Cumi-cumi.
Potret Tentakel Cumi-cumi. Sumber: Dok. Science/Dive Resort T-Style/takeno-diving

Tentakel mereka juga tidak kalah menakjubkan, lho. Cumi-cumi raksasa memiliki delapan tentakel dan dua tentakel yang lebih panjang. Penghisap pada tentakel dan lengan mereka berdiameter antara 2 hingga 5 sentimeter dan dilengkapi dengan gigi bergerigi. Ketika menangkap mangsa, gigi pengisap ini memungkinkan cumi-cumi raksasa mencengkeram erat mangsanya, sehingga tidak bisa melarikan diri.

Upaya Konservasi Cumi-Cumi Raksasa

Cumi-Cumi Raksasa
Potret penangkapan cumi-cumi. Sumber: Dok. kompas.id

Melihat ancaman yang ada, konservasi cumi-cumi raksasa menjadi sangat penting. Beberapa langkah konservasi telah dilakukan untuk melindungi habitat mereka dan memastikan keberlangsungan hidup cumi-cumi raksasa di lautan. 

Salah satu upaya konservasi yang penting adalah pembatasan penangkapan ikan di daerah-daerah tertentu yang menjadi habitat cumi-cumi raksasa. Selain itu, penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk memahami lebih banyak tentang cumi-cumi raksasa dan kebutuhan ekosistem mereka. 

Dengan pengetahuan yang lebih mendalam, kita dapat merancang strategi konservasi yang lebih efektif. Jadi, Sobat Suka Fakta, kita semua bisa berperan dalam menjaga kelestarian cumi-cumi raksasa dengan mendukung upaya konservasi dan menjaga kebersihan laut.

Apa yang Membuat Cumi-Cumi Raksasa Menjadi Legenda di Zaman Yunani Kuno?

Scylla dan Charybdis.
Potret cerita Scylla dan Charybdis. Sumber: Dok. linkedin.com

Legenda tentang makhluk laut raksasa sudah ada sejak lama, dan salah satu yang terkenal adalah cerita tentang Scylla dan Charybdis, dua monster laut dalam mitologi Yunani. Meskipun tidak secara langsung menggambarkan cumi-cumi raksasa, tapi deskripsi tentang makhluk-makhluk ini sering kali menyerupai karakteristik cumi-cumi raksasa.

Scylla digambarkan memiliki banyak kepala ular dan tubuh yang mengerikan, sementara Charybdis adalah pusaran air besar yang dapat menelan kapal. Gambaran tentang makhluk laut yang mengerikan ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh imajinasi manusia terhadap makhluk laut dalam yang sebenarnya, seperti cumi-cumi raksasa. 

Apa Perbedaan antara Cumi-Cumi Raksasa dan Cumi-Cumi Biasa?

Cumi-cumi
Kolase Cumi-cumi raksasa dn biasa. Sumber: Dok. trenasia.com

Sobat Suka Fakta, pasti penasaran apa perbedaan antara cumi-cumi raksasa dan cumi-cumi biasa, kan? Pertama-tama, perbedaan yang paling mencolok adalah ukuran. Cumi-cumi biasa umumnya memiliki panjang sekitar 30 hingga 60 cm, sedangkan cumi-cumi raksasa bisa mencapai panjang hingga 14 meter, bahkan lebih.

Selain ukuran, perbedaan lain terletak pada habitat dan perilaku. Cumi-cumi raksasa hidup di kedalaman laut yang sangat dalam, antara 300 hingga 1000 meter, sementara cumi-cumi biasa lebih sering ditemukan di perairan dangkal. 

Cumi-cumi raksasa juga memiliki mata yang jauh lebih besar yakni seukuran bola basket, yang membantu mereka melihat dalam kegelapan laut dalam. Tentakel cumi-cumi raksasa dilengkapi dengan pengisap bergerigi yang lebih besar dan kuat dibandingkan cumi-cumi biasa, sehingga memungkinkan mereka menangkap mangsa dengan lebih efektif.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita sudah banyak belajar tentang cumi-cumi raksasa dalam artikel ini. Dari ukuran dan habitat mereka yang luar biasa, hingga peran mereka dalam legenda dan mitologi, cumi-cumi raksasa memang makhluk yang menakjubkan dan penuh misteri. 

Mereka hidup di kedalaman laut yang sulit dijangkau, sehingga menjadikan mereka salah satu makhluk laut paling misterius dan menantang untuk diteliti. Namun, meski hidup di perairan yang dalam, habitat hewan ini juga menghadapi berbagai ancaman. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendukung upaya konservasi yang dapat melindungi mereka. Dengan penelitian yang terus dilakukan, kita berharap bisa mengungkap lebih banyak rahasia tentang makhluk luar biasa ini dan memastikan kelangsungan hidup mereka di lautan.

REFERENSI:

  • “Mengenal Cumi-Cumi Raksasa yang Jadi Inspirasi Makhluk Mitologi Kraken”. Bobo.grid.id. Diakses dari: https://bobo.grid.id/read/083530082/mengenal-cumi-cumi-raksasa-yang-jadi-inspirasi-makhluk-mitologi-kraken-mendongenguntukcerdas?page=all
  • “The Giant Squid”. Sea History. Diakses dari: https://seahistory.org/sea-history-for-kids/the-giant-squid/
  • “Cumi-cumi raksasa”. Wikipedia Indonesia. Diakses dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Cumi-cumi_raksasa#:~:text=Cumi%2Dcumi%20raksasa%20(bahasa%20Inggris,posterior%20ke%20dua%20ujung%20tentakel.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *