Fakta Unik

Fakta Menarik Buah Nangka, Dapat Menyehatkan Jantung

45
×

Fakta Menarik Buah Nangka, Dapat Menyehatkan Jantung

Sebarkan artikel ini
Nangka
Fakta Menarik Buah Nangka, Dapat Menyehatkan Jantung. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kalian pernah dengar tentang buah nangka? Mungkin tanaman khas Betawi ini belum sepopuler tanaman-tanaman tropis lainnya seperti mangga atau pisang, tapi buah yang satu ini punya banyak hal menarik yang patut kita ketahui. 

Dari ukuran dan bentuknya yang unik sampai manfaat kesehatannya yang luar biasa, nangka punya segudang fakta yang bikin kita tercengang. Nah, di artikel ini kita akan mengupas tuntas fakta menarik buah Nangka.

Mulai dari nutrisi, manfaat kesehatan, hingga bagaimana buah ini bisa jadi pengganti daging dalam hidangan vegetarian, semuanya bakal kita bahas dengan lengkap dan seru. Jadi, siap buat menjelajahi dunia tumbuhan ini? Yuk, langsung aja kita mulai!

1. Apa Itu Buah Nangka?

fakta menarik buah nangka
Potret Buah nangka. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian tahu nggak sih, nangka itu sebenarnya buah apa? Buat yang belum tahu, nangka atau yang punya nama ilmiah Artocarpus heterophyllus ini adalah buah tropis yang tumbuh di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. 

Buah ini masih satu keluarga dengan buah ara dan murbei. Nangka dikenal dengan kulit hijaunya yang tebal dan bergelombang serta daging kuning berserabut di dalamnya yang bisa dimakan mentah atau dimasak. Bahkan, bijinya juga bisa dimakan, lho!

Nangka ini adalah buah terbesar yang tumbuh di pohon di dunia. Tapi untungnya, kita nggak perlu repot-repot beli buah nangka utuh yang super besar ini, karena sekarang sudah banyak toko yang menjual nangka dalam bentuk yang sudah dikupas dan dipotong dalam kantong atau kaleng. Praktis, kan?!

2. Beratnya Bisa Mencapai 55 Kilogram 

Buah Nangka
Ilustrasi Buah Nangka yang beratnya mencapai 55KG. Sumber: IST

Ngomong-ngomong soal ukuran, nangka memang luar biasa besar. Bayangkan, satu buah nangka bisa mencapai berat hingga 110 pon atau 55 kilogram dan panjangnya bisa sampai 3 kaki dengan lebar 20 inci. Nggak heran kalau nangka disebut sebagai buah terbesar yang tumbuh di pohon.

Selain ukurannya yang besar, nangka juga punya bentuk yang unik. Kulitnya berwarna hijau atau kuning dan penuh dengan tonjolan runcing. Di dalamnya, ada daging kuning yang berserat dan biji-biji panjang sekitar satu inci. Ketika sudah matang, buah ini punya aroma yang harum dan rasa manis yang menggoda. Buat yang suka mencoba hal baru, nangka ini bisa jadi pengalaman makan yang menarik.

3. Memiliki Banyak Kandungan Nutrisi  yang Baik Bagi Tubuh

Buah Nangka
Potret Buah Nangka yang sudah di kupas. Sumber: IST

Sekarang kita masuk ke bagian yang nggak kalah penting, Sobat Suka Fakta. Apa aja sih nutrisi yang ada dalam buah nangka? Ternyata, nangka kaya banget akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita. Dalam 100 gram nangka, kita bisa mendapatkan:

  • 95 kalori
  • 2 gram protein
  • 0,6 gram lemak
  • 3 gram serat

Selain itu, nangka juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti:

  • Vitamin C
  • Piridoksin (vitamin B6)
  • Niacin (vitamin B3)
  • Riboflavin (vitamin B2)
  • Asam folat (vitamin B9)
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Kalium
  • Fosfor

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah ini, nggak heran kalau nangka punya banyak manfaat untuk kesehatan. Dari serat yang bagus untuk pencernaan sampai vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh, nangka bisa jadi tambahan yang sehat dalam menu harian kita.

4. Berbagai Manfaat Kesehatan yang Ada di Nangka

Jantung
Ilustrasi Jantung manusia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang saatnya kita bahas manfaat kesehatan dari nangka. Buah yang satu ini bukan cuma enak, tapi juga super sehat. Yuk, kita lihat apa saja sih manfaatnya:

Menyehatkan Jantung

Nangka kaya akan potassium, serat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Potasium membantu melawan efek negatif natrium pada tekanan darah, sementara serat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Antioksidan dalam nangka juga berperan penting dalam melindungi sel-sel jantung dari kerusakan.

Melawan Peradangan

Vitamin C dalam nangka berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dan bisa membantu mencegah peradangan. Selain itu, nangka juga mengandung flavonoid dan lignan, senyawa tanaman yang bisa membantu melawan peradangan. Jadi, mengonsumsi nangka bisa membantu kita terhindar dari penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Meskipun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan, nangka diyakini bisa membantu mengelola gula darah kita. Nangka memiliki skor indeks glikemik yang rendah, sehingga mengonsumsinya tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah secara drastis. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa daun nangka bisa membantu menurunkan kadar gula darah puasa.

Meningkatkan Penyembuhan Luka

Ekstrak daun nangka terbukti bisa mempercepat penyembuhan luka. Sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur dalam nangka juga berkontribusi pada kesehatan kulit kita. Jadi, tidak heran kalau nangka digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit.

5. Nangka Bisa Digunakan untuk Mengganti Daging

buah nangka
Potret buah nangka yang sudah dikupas. Sumber: IST

Nah, buat kalian yang vegetarian atau lagi mencoba mengurangi konsumsi daging, nangka bisa jadi alternatif yang menarik. Nangka mentah punya tekstur berserat yang mirip dengan daging ketika dimasak. Ini membuat nangka jadi pengganti vegan yang populer untuk daging babi atau ayam yang disuwir.

Kalau kalian penasaran, coba deh masak nangka muda yang dikemas dalam air garam. Teksturnya yang berserat cocok banget dibuat jadi berbagai hidangan seperti kari vegetarian, sandwich, taco, atau bahkan tamale. Rasanya juga netral, jadi bisa menyerap bumbu dengan baik.

Nangka matang juga enak disantap sebagai camilan manis. Rasanya mirip buah tropis lainnya seperti pisang, mangga, atau nanas. Kalian bisa menambahkannya ke smoothie atau menikmati buah matang sebagai makanan penutup yang sehat.

6. Jenis-Jenis Nangka

 Nangka.
Potret buah Nangka. Sumber: Dok. pinterest.com

Ternyata, nangka punya banyak jenis yang bisa kita coba, Sobat Suka Fakta. Jenis-jenis nangka ini biasanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu keras dan lembut.

Varietas Keras

  • Cochin: Jenis ini lebih kecil dari yang lain, beratnya kurang dari 5 pon per buah. Rasanya manis dan renyah.
  • Dang Rasimi: Jenis ini bisa keras atau lunak, dengan rasa yang ringan dan manis.
  • Madu Emas: Memiliki rasa yang kaya, manis, dan tekstur keras yang sangat baik.

Varietas Lembut

  • Emas Hitam: Jenis ini berbau harum dan polongnya mudah dikeluarkan. Rasanya manis dan teksturnya lebih lembut.
  • Cheena: Varietas ini berperingkat tinggi dengan aroma yang indah dan daging yang mudah dihilangkan.
  • Nugget Emas: Terkenal dengan rasanya yang luar biasa manis dan lembut.

Dengan begitu banyak varietas, kalian bisa mencoba berbagai jenis nangka untuk menemukan yang paling kalian suka. Masing-masing punya karakteristik dan rasa yang unik. Jadi jangan ragu untuk bereksperimen!

7. Kandungan Nangka Kaya akan Antioksidan 

Jantung.
Ilustrasi Pria mbderita penyakit Jantung. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, nangka bukan hanya enak dan bergizi, tetapi juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Antioksidan adalah zat yang melindungi sel-sel kita dari kerusakan akibat radikal bebas, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Karotenoid

Karotenoid adalah salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam nangka. Senyawa ini memberikan warna kuning cerah pada daging buah nangka dan memiliki sifat pelindung seluler yang kuat. Karotenoid membantu melawan peradangan, penyakit jantung, kanker, dan masalah mata terkait usia. Mengonsumsi makanan yang kaya karotenoid seperti nangka dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Flavonoid

Nangka juga mengandung flavonoid, antioksidan yang melawan kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan menjaga kesehatan otak seiring bertambahnya usia. Flavonoid membantu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Lignan

Lignan adalah jenis antioksidan lain yang ditemukan dalam nangka. Senyawa ini membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker payudara, dan osteoporosis. Mereka juga dapat membantu meringankan gejala menopause dan menjaga kesehatan tulang.

Dengan mengonsumsi nangka secara teratur, kita bisa mendapatkan manfaat dari berbagai antioksidan ini, yang membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan nangka dalam menu harian kita untuk mendapatkan manfaat antioksidannya.

8. Risiko dan Efek Samping Mengonsumsi Nangka

Sembelit
Ilustrasi perempuan mengalami Sembelit. Sumber: IST

Meski nangka memiliki banyak manfaat kesehatan, Sobat Suka Fakta, kita juga harus memperhatikan beberapa risiko dan efek samping yang mungkin timbul saat mengonsumsi buah ini.

Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami alergi terhadap nangka, terutama jika mereka juga memiliki alergi terhadap lateks atau serbuk sari birch. Jika kalian alergi terhadap nangka, sebaiknya hindari buah ini untuk mencegah reaksi alergi seperti mulut gatal atau bibir bengkak. 

Jadi, jika kalian punya riwayat alergi terhadap lateks atau serbuk sari birch, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mencoba nangka.

Hiperkalemia

Nangka mengandung banyak kalium, yang biasanya baik untuk kesehatan jantung. Namun, bagi penderita penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal, terlalu banyak kalium bisa berbahaya. 

Kondisi ini dapat menyebabkan hiperkalemia, yaitu penumpukan kalium dalam darah yang bisa menyebabkan kelemahan, kelumpuhan, dan serangan jantung. Jadi, kalau kalian punya masalah ginjal, sebaiknya batasi konsumsi nangka dan konsultasikan dengan dokter.

Masalah Perut

Beberapa orang mungkin mengalami masalah perut setelah makan nangka, seperti sakit perut atau diare. Ini bisa terjadi jika kalian makan nangka dalam jumlah besar atau jika bijinya tidak dimasak dengan benar. 

Biji nangka mengandung bahan kimia yang bisa mengganggu pencernaan jika tidak dimasak terlebih dahulu. Jadi, pastikan biji nangka selalu dimasak sebelum dimakan untuk menghindari masalah pencernaan.

Dengan mengetahui risiko dan efek samping ini, kita bisa lebih bijak dalam mengonsumsi nangka. Selama kita memperhatikan jumlah yang dikonsumsi dan kondisi kesehatan kita, nangka bisa menjadi tambahan yang sehat dan lezat dalam diet kita.

9. Mengonsumsi Nangka Bisa Dinikmati dengan Berbagai Cara

Buah Nangka.
Potret Buah Nangka. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, nangka bisa dinikmati dengan berbagai cara, baik itu mentah maupun dimasak. Nah, kali ini kita akan bahas beberapa cara seru untuk mengonsumsi nangka.

Nangka Mentah

Nangka mentah punya rasa netral dan tekstur berserat yang cocok untuk hidangan gurih. Berikut beberapa ide untuk menikmati nangka mentah:

  • Kari Vegetarian: Tambahkan nangka mentah ke dalam kari vegetarian untuk menggantikan daging. Teksturnya yang berserat membuatnya mirip dengan daging suwir.
  • Pengganti Daging dalam Hidangan BBQ: Nangka mentah bisa diolah jadi pengganti daging babi suwir dalam hidangan BBQ. Cukup bumbui dengan saus BBQ favorit kalian dan tumis hingga matang.
  • Taco atau Tamale: Gunakan nangka mentah sebagai isian taco atau tamale. Tambahkan bumbu dan sayuran sesuai selera untuk hidangan yang lezat dan sehat.

Nangka Matang

Nangka matang punya rasa manis dan aroma yang harum, mirip dengan campuran pisang, mangga, dan nanas. Berikut beberapa cara menikmati nangka matang:

  • Camilan Sehat: Makan nangka matang langsung sebagai camilan manis dan menyegarkan.
  • Smoothie: Tambahkan nangka matang ke dalam smoothie untuk rasa tropis yang lezat. Campurkan dengan buah-buahan lain seperti pisang dan mangga untuk hasil yang maksimal.
  • Makanan Penutup: Gunakan nangka matang sebagai bahan dalam makanan penutup seperti puding atau es krim. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut cocok untuk berbagai hidangan penutup.

Biji Nangka

Selain daging buahnya, biji nangka juga bisa dimakan. Namun, pastikan untuk selalu memasaknya terlebih dahulu. Berikut beberapa cara mengolah biji nangka:

  • Dipanggang: Panggang biji nangka untuk camilan yang renyah dan bergizi.
  • Direbus: Rebus biji nangka hingga empuk, lalu tambahkan bumbu sesuai selera untuk hidangan yang lezat.

Dengan berbagai cara konsumsi ini, nangka bisa menjadi tambahan yang seru dan bervariasi dalam menu harian kalian. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan nangka di dapur!

10. Tips Membeli dan Menyimpan Nangka

 Buah nangka
Potret Buah nangka yang masih di pohonnya. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah tahu berbagai cara menikmati nangka, sekarang kita bahas bagaimana cara membeli dan menyimpan buah nangka agar tetap segar dan enak.

Cara Membeli Nangka

  • Nangka Segar: Saat membeli nangka segar, carilah buah yang berwarna hijau cerah atau kuning. Buah yang matang akan berbau harum dan terasa sedikit lengket saat diperas. Jangan ragu untuk meminta bantuan penjual jika kalian belum terbiasa memilih nangka.
  • Nangka Kupas dan Potong: Kalau nggak mau repot, kalian bisa membeli nangka yang sudah dikupas dan dipotong dalam kantong atau kaleng di toko-toko makanan kesehatan. Ini sangat praktis dan siap untuk dimasak atau dimakan langsung.
  • Nangka Kalengan: Untuk nangka kalengan, perhatikan labelnya. Pilih yang bertuliskan “muda” atau “dikemas dalam air garam” jika kalian ingin menggunakan nangka sebagai pengganti daging.

Cara Menyimpan Nangka

  • Nangka Segar: Biarkan nangka segar di meja hingga matang. Buah yang matang akan berubah warna menjadi coklat dan cepat busuk. Agar tetap segar, simpan nangka matang di lemari es.
  • Nangka Potong: Jika sudah dipotong, simpan nangka dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik wrap. Nangka potong bisa tahan hingga 7 hari di kulkas.
  • Membekukan Nangka: Untuk penyimpanan lebih lama, kalian bisa membekukan nangka. Masukkan potongan nangka ke dalam kantong freezer dan simpan di freezer. Nangka beku bisa bertahan hingga beberapa bulan dan bisa digunakan kapan saja.

Itulah cara mengonsumsi dan menyimpan nangka dengan baik. Dengan tips ini, kalian bisa menikmati nangka dalam kondisi terbaiknya setiap saat. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi berbagai aspek tentang buah nangka, kita bisa melihat betapa luar biasanya buah yang satu ini. Dari ukurannya yang merupakan buah terbesar yang tumbuh di pohon sehingga kandungan nutrisinya yang melimpah, nangka menawarkan banyak kebaikan yang tak boleh kita lewatkan. 

Nangka juga dikenal sebagai alternatif daging yang efektif, terutama bagi vegetarian. Tekstur berseratnya membuatnya cocok untuk berbagai hidangan gurih, seperti kari, taco, dan sandwich BBQ. Namun, penting untuk memperhatikan risiko dan efek sampingnya, terutama bagi yang memiliki alergi lateks atau masalah ginjal.

Dengan berbagai manfaat dan cara mengonsumsinya, nangka memang layak untuk dimasukkan dalam menu harian kita. Tidak hanya menawarkan rasa dan tekstur yang unik, nangka juga membawa banyak manfaat kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba buah tropis yang luar biasa ini dan nikmati segala kebaikannya! 

REFERENSI

  • Cleveland Clinic. (n.d.). What is Jackfruit and is it Healthy? Diakses dari https://health.clevelandclinic.org/what-is-jackfruit-and-is-it-healthy
  • WebMD. (n.d.). Health Benefits of Jackfruit. Diakses dari https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-jackfruit
  • Health.com. (n.d.). Jackfruit Benefits. Diakses dari https://www.health.com/jackfruit-benefits-8600924
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *