Fakta Unik

12 Fakta Menarik Lobster, Hewan Kanibal yang Memiliki Gigi di Perut

52
×

12 Fakta Menarik Lobster, Hewan Kanibal yang Memiliki Gigi di Perut

Sebarkan artikel ini
fakta menarik lobster
12 Fakta Menarik Lobster. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti tau dong lobster? Hewan yang sering dikira mirip dengan udang ini emang jadi andalan kuliner banyak orang karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal. 

Tapi, Sob, pernah nggak kalian kepikiran, sebenarnya lobster itu apa sih? Kepiting atau udang raksasa? Nah, di artikel ini kita bakal ngebahas tuntas fakta menarik lobster, mulai dari klasifikasinya yang unik sampai fakta-fakta lainnya yang bakal bikin kalian geleng-geleng kepala.

Penasaran kan? Yuk, kita selami lebih dalam dunia lobster yang penuh misteri ini! Dijamin, setelah baca artikel ini, kalian bakal lebih menghargai lobster sebagai makhluk laut yang luar biasa. So, stay tuned and keep scrolling!

1. Lobster Bukan Kepiting dan Udang, tapi Krustasea

fakta menarik lobster
Potret hewan Lobster. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, jangan salah sangka dulu! Lobster itu bukan kepiting raksasa, tapi juga bukan udang jumbo. Lobster termasuk dalam kelompok krustasea, kelompok hewan laut yang punya cangkang keras dan tubuh beruas-ruas. Nah, krustasea ini punya banyak jenis, mulai dari kepiting, udang, sampai lobster itu sendiri.

Jadi, apa yang bikin lobster beda dari kepiting atau udang? Pertama, lihat deh capitnya yang gede banget. Capit ini fungsinya buat nangkep mangsa dan mempertahankan diri dari musuh. 

Kedua, perhatiin tubuhnya yang panjang dan beruas-ruas. Struktur tubuh ini ngebantu lobster buat bergerak lincah di dasar laut. Nah, sekarang udah tahu kan bedanya lobster sama kepiting atau udang? 

2. Darahnya Berwarna Biru

lobster
Potre hewan Lobster. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah dengar nggak kalau lobster punya darah biru? Yup, bener banget! Darah lobster mengandung zat hemosianin, zat yang bikin darah mereka berwarna biru. Keren banget, kan?!

Tapi, kenapa sih darah lobster bisa biru? Nah, hemosianin ini fungsinya mirip kayak hemoglobin dalam darah manusia, yaitu buat ngangkut oksigen ke seluruh tubuh. Bedanya, hemosianin mengandung tembaga, sedangkan hemoglobin mengandung zat besi.

Jadi, darah biru lobster bukan cuma buat gaya-gayaan aja, ya. Darah biru ini punya fungsi penting bagi kelangsungan hidup lobster di laut. Keren banget kan si bangsawan laut yang satu ini?!

3. Lobster Adalah Hewan Kanibal, Bisa Makan Sesama Spesies

lobster
Potret hewan Lobster. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siap-siap kaget ya! Ternyata, lobster itu punya kebiasaan makan yang cukup ekstrem, yaitu kanibalisme! Yup, lobster bisa makan sesama lobster, terutama kalau lagi kelaparan atau stres.

Tapi, kenapa sih lobster bisa jadi kanibal? Nah, salah satu alasannya adalah karena lobster punya nafsu makan yang besar dan nggak pilih-pilih makanan. Jadi, kalau sumber makanan lain langka, lobster bisa aja makan sesama lobster buat bertahan hidup.

Selain itu, kanibalisme juga bisa terjadi karena stres, misalnya saat lobster merasa terancam atau lingkungan hidupnya berubah drastis. Jadi, kanibalisme ini sebenarnya adalah cara lobster buat bertahan hidup di kondisi yang sulit. 

4. Memiliki Gigi di Perut

fakta menarik lobster
Potret Gigi Lobster. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah bayangin nggak kalau ada hewan yang punya gigi di perutnya? Kedengarannya aneh banget, kan?! Tapi, percaya atau nggak, lobster punya gigi di perutnya! 

Gigi ini disebut gastric mill, dan fungsinya buat ngehancurin makanan sebelum masuk ke sistem pencernaan. Gastric mill ini terdiri dari tiga bagian yang bekerja sama buat ngehancurin makanan. 

Bagian pertama berfungsi seperti gigi seri yang memotong-motong makanan jadi bagian kecil. Bagian kedua berfungsi kayak gigi geraham yang ngehalusin makanan. Sementara bagian terakhir berfungsi sebagai filter yang menyaring bagian-bagian makanan yang nggak bisa dicerna. Jadi, gastric mill ini kayak mesin penggiling makanan di dalam perut lobster. 

5. Lobster Membuang Air Kecil dari Wajah

Sobat Suka Fakta, lobster ternyata punya cara unik buat buang air kecil, lho, yaitu dari wajahnya! Yup, bener banget, lobster pipis dari lubang kecil yang ada di dekat antenanya. Aneh banget, kan?!

Tapi, kenapa sih lobster pipis dari wajah? Nah, ternyata lubang kecil di dekat antena itu terhubung sama kelenjar antennal, yaitu organ yang fungsinya buat nyaring limbah dari darah lobster. Jadi, setelah disaring, limbah ini dibuang lewat lubang di dekat antena.

Uniknya lagi, lobster juga bisa ngeluarin feromon lewat air kencingnya. Feromon ini kayak “parfum” buat lobster, fungsinya buat menarik perhatian lawan jenis. Jadi, pipis lobster bukan cuma buat buang limbah, tapi juga buat cari jodoh!

6. Bisa Hidup hingga Ratusan Tahun

fakta menarik lobster
Potret hewan Lobster. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah dengar nggak kalau lobster bisa hidup sampai ratusan tahun? Yup, bener banget! Lobster punya potensi umur yang panjang banget, bahkan ada yang bisa hidup sampai 100 tahun lebih. Wow!

Tapi, kenapa sih lobster bisa hidup selama itu? Nah, salah satu alasannya adalah karena lobster terus tumbuh sepanjang hidupnya. Setiap kali ganti kulit atau molting, lobster bisa menambah ukuran tubuhnya dan memperbaiki kerusakan sel-selnya.

Selain itu, lobster juga punya kemampuan buat regenerasi anggota tubuh yang hilang, kayak capit atau kaki. Jadi, kalau lobster kehilangan anggota tubuhnya, mereka bisa numbuhin lagi. Keren banget, kan?!

7. Ritual Reproduksinya Rumit dan Unik

lobster
Potret anak-anak Lobster. Sumber: Dok. en.vietnamplus.vn

Sobat Suka Fakta, ritual kawin lobster itu rumit tapi romantis banget, lho. Prosesnya dimulai dari si betina yang ngeluarin feromon buat menarik perhatian pejantan. Setelah itu, pejantan bakal menari-nari di depan betina sambil ngasih “hadiah” berupa spermatofor, yaitu kantung berisi sperma. 

Kalau si betina suka sama pejantan, dia bakal nerima spermatofor itu dan nyimpen di bawah perutnya. Setelah beberapa waktu, si betina bakal ngeluarin telur dan membuahi pakai sperma dari spermatofor. Telur-telur ini bakal nempel di bawah perut betina sampai menetas. 

8. Melepas Cangkang untuk Pertumbuhan

lobster
Potret hewan Lobster. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah lihat lobster ganti kulit nggak? Proses ganti kulit ini disebut molting, dan penting banget buat pertumbuhan lobster.

Selama molting, lobster bakal ngelepas cangkangnya yang udah kekecilan dan numbuhin cangkang baru yang lebih besar. Proses ini cukup berisiko buat lobster, karena selama molting, mereka jadi rentan sama serangan predator.

Tapi, molting ini penting banget buat pertumbuhan lobster. Soalnya, cangkang lobster itu keras dan nggak bisa melar. Jadi, satu-satunya cara lobster buat tumbuh adalah dengan ganti kulit. 

9. Makanan untuk Tahanan dan Pupuk Tanaman

lobster
Potret Lobster yang sudah diolak menjadi makanan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa sangka kalau lobster yang sekarang jadi hidangan mewah ternyata dulunya dianggap makanan murahan? Yup, bener banget! Dulu, lobster sering dijadikan makanan buat tahanan atau pupuk tanaman.

Tapi, seiring berjalannya waktu, lobster mulai naik kelas jadi hidangan mewah. Salah satu alasannya adalah karena lobster punya rasa yang enak dan tekstur yang unik. Selain itu, lobster juga dianggap sebagai simbol status sosial karena harganya yang mahal.

Nah, sekarang, lobster udah jadi salah satu hidangan laut paling populer di dunia. Mulai dari lobster rebus, lobster panggang, sampai lobster Thermidor, semuanya jadi favorit banyak orang. Siapa yang bisa nolak kelezatan lobster, ya, kan?!

10. Populasinya Terancam Punah

Pencemaran laut
Ilustrasi laut yang sudah tercemar. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ada kabar sedih nih. Beberapa spesies lobster ternyata terancam punah, lho. Salah satu penyebabnya adalah penangkapan berlebihan buat memenuhi permintaan pasar yang tinggi.

Selain itu, perubahan iklim juga jadi ancaman serius buat lobster. Pemanasan global bikin suhu air laut naik, dan ini bisa ganggu pertumbuhan dan reproduksi lobster. Ditambah lagi, polusi laut juga bisa merusak habitat lobster.

Nah, Sob, kalau kita nggak mulai peduli sama kelestarian lobster, bisa-bisa lobster cuma jadi hewan purba atau cerita dongeng buat anak cucu kita nanti. Sedih banget, kan?!

11. Usaha Pelestarian Lobster

penangkaran Lobster.
Potret penangkaran Lobster. Sumber: IST

Sobat suka fakta, jangan khawatir dulu! Banyak pihak udah mulai sadar sama pentingnya menjaga kelestarian lobster. Pemerintah, organisasi lingkungan, dan nelayan udah mulai kerja sama buat melindungi lobster dari kepunahan.

Salah satu upaya pelestarian lobster adalah dengan ngasih batasan ukuran dan jumlah lobster yang boleh ditangkap. Selain itu, ada juga program penangkaran lobster buat ningkatin populasi lobster di alam liar.

Kita juga bisa ikut berkontribusi buat menjaga kelestarian lobster, lho. Caranya gampang banget, cukup dengan nggak makan lobster yang ukurannya terlalu kecil atau yang lagi musim kawin. Jadi, yuk, kita jaga lobster biar anak cucu kita nanti bisa nikmati kelezatannya juga!

12. Masih Banyak Menyimpan Misteri 

Sobat Suka Fakta, ternyata lobster itu masih banyak misterinya, ya. Meskipun sudah banyak penelitian tentang lobster, tapi masih banyak hal yang belum kita ketahui tentang makhluk laut yang satu ini.

Misalnya, gimana sih cara lobster berkomunikasi satu sama lain? Atau, gimana lobster bisa navigasi di laut yang luas banget? Nah, misteri-misteri ini masih jadi tantangan buat para ilmuwan buat diungkap.

Tapi, satu hal yang pasti, lobster adalah makhluk laut yang luar biasa. Mereka punya keunikan dan kehebatan yang bikin kita kagum. Jadi, yuk, kita terus belajar dan menghargai lobster sebagai bagian dari kekayaan alam kita!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, ternyata lobster itu bukan cuma enak dimakan, tapi juga punya segudang fakta menarik yang bikin kita geleng-geleng kepala, ya. Mulai dari darahnya yang biru sampai ritual kawinnya yang romantis, lobster emang makhluk laut yang luar biasa.

Tapi, sobat suka fakta, kita juga harus ingat kalau populasi lobster terancam punah. Makanya, penting banget buat kita semua ikut menjaga kelestarian lobster. Caranya gampang kok, cukup dengan bijak dalam mengonsumsi lobster dan mendukung upaya-upaya pelestarian yang dilakukan oleh berbagai pihak.

Yuk, kita sama-sama jaga lobster biar anak cucu kita nanti bisa nikmati kelezatan lobster juga! Siapa tahu, di masa depan nanti, kita bisa nemuin fakta-fakta baru tentang lobster yang lebih keren lagi. So, keep learning and keep loving lobsters, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *