Fakta Unik

9 Fakta Menarik Melinjo, Bisa Mengurangi Resiko Diabetes?

49
×

9 Fakta Menarik Melinjo, Bisa Mengurangi Resiko Diabetes?

Sebarkan artikel ini
Melinjo
10 Fakta Menarik Melinjo, Bisa Mengurangi Resiko Diabetes. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa nih yang suka ngemil emping? Nah, kalau kamu suka emping, pasti nggak asing lagi sama yang namanya melinjo. Ternyata, selain enak buat dijadikan camilan, melinjo punya banyak manfaat yang keren banget buat kesehatan kita, lho! Makanya, kali ini kita bakal kupas tuntas segala hal menarik tentang melinjo.

Tanaman khas betawi ini sering dijadikan bahan masakan tradisional. Tapi gak cuma itu, melinjo ini juga punya segudang manfaat kesehatan yang belum banyak orang tau, lho. Nah, dalam artikel ini, kita bakal bahas sepuluh manfaat dan fakta menarik melinjo yang wajib kamu tahu. Stay tuned, Sobat!

1. Keluarga Gnetaceae yang Tumbuh Subur di Asia Tenggara dan Samudra Pasifik

melinjo
Potret Tumbuhan melinjo. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pertama-tama, yuk kita kenalan lebih dekat dengan yang namanya melinjo! Melinjo adalah tanaman yang punya nama ilmiah Gnetum gnemon L. 

Tanaman ini termasuk dalam keluarga Gnetaceae dan tumbuh subur di wilayah Asia Tenggara dan kepulauan Samudra Pasifik bagian barat. Di Indonesia, melinjo sering disebut dengan nama belinjo atau melingo.

Melinjo banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Selain itu, tanaman ini juga tumbuh di New Guinea, Kepulauan Solomon, dan Fiji. Melinjo sangat cocok tumbuh di iklim tropis dengan curah hujan yang cukup.

Melinjo adalah pohon yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 15-22 meter. Daunnya berwarna perunggu saat masih muda dan berubah menjadi hijau tua saat sudah matang. Buahnya terdiri dari biji besar yang mirip kacang dan biasanya berwarna merah, jingga, kuning, atau hijau tergantung tingkat kematangan.

Selain dijadikan emping, melinjo juga sering diolah menjadi berbagai macam masakan seperti sayur asam dan sambal. Nah, setelah kita kenal dengan melinjo, sekarang kita lanjut yuk melihat kandungan nutrisinya yang bikin tanaman ini jadi superfood!

2. Kandungan Nutrisi yang Ada di Melinjo

Sobat Suka Fakta, melinjo ternyata kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Beberapa kandungan nutrisinya meliputi:

Protein

Melinjo mengandung sekitar 11.8 gram protein per 100 gramnya. Protein ini penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Karbohidrat

Dengan kandungan karbohidrat sebesar 70.6 gram per 100 gram, melinjo bisa menjadi sumber energi yang baik.

Lipid

Kandungan lipidnya sekitar 2.4 gram per 100 gram, yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan sel tubuh.

Polifenol (Resveratrol)

Kandungan polifenolnya bervariasi antara 0.1 hingga 1.0, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Vitamin dan Mineral

Melinjo juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan tulang.

Kandungan nutrisi yang lengkap ini membuat melinjo jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin hidup sehat. Nah, sekarang kita lanjut yuk membahas manfaat kesehatan dari melinjo!

3. Manfaat Melinjo Bagi Kesehatan

penuaan dini
Potret kerutan penuaan . Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, melinjo nggak cuma enak dan bergizi, tapi juga punya banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Yuk, kita simak beberapa manfaat kesehatan melinjo berikut ini:

Antioksidan

Melinjo kaya akan antioksidan yang setara dengan vitamin C. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti hipertensi, kolesterol tinggi, dan penuaan dini.

Antimikroba Alami

Melinjo mengandung protein yang bisa berfungsi sebagai antimikroba alami. Artinya, melinjo bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang merugikan kesehatan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut penelitian dari Universitas Jember, melinjo memiliki potensi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Kandungan proteinnya yang tinggi bisa membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

Anti Penuaan

Kandungan antioksidan pada melinjo juga bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan flek hitam. Jadi, selain sehat, kamu juga bisa tetap terlihat awet muda!

Meningkatkan Daya Ingat 

Mengonsumsi melinjo juga bisa membantu meningkatkan daya ingat. Kandungan nutrisinya membantu menjaga kesehatan otak dan mencegah gejala pikun.

Mata Sehat

Kandungan vitamin A dalam melinjo baik untuk kesehatan mata, membantu mencegah penyakit rabun jauh dan dekat.

4. Melinjo Dapat Diolah Menjadi Berbagai Hidangan Lezat

Emping Melinjo.
Potret Emping Melinjo. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, melinjo ternyata nggak cuma sehat, tapi juga bisa diolah jadi berbagai hidangan lezat. Yuk, kita lihat beberapa cara penggunaan melinjo dalam kuliner yang pasti bikin kamu ngiler.

Emping Melinjo

Siapa yang nggak kenal emping melinjo? Camilan renyah ini dibuat dari biji melinjo yang digeprek tipis lalu digoreng. Emping melinjo sering dijadikan teman makan nasi atau sekadar camilan saat bersantai.

Sup Sayuran Asam

Dalam masakan tradisional Indonesia, daun dan buah melinjo sering digunakan dalam sayur asam. Rasanya yang khas dan sedikit pahit berpadu sempurna dengan kuah asam yang segar.

Sambal Melinjo

Buah melinjo juga bisa diolah menjadi sambal. Sambal melinjo ini sering disajikan dengan nasi goreng atau makanan laut, menambah cita rasa yang unik dan lezat.

Lodeh

Daun melinjo juga sering ditemukan dalam sayur lodeh, masakan khas Jawa yang berbahan dasar santan. Daunnya menambah tekstur dan rasa yang khas pada masakan ini.

Keripik Melinjo

Selain emping, biji melinjo juga bisa dijadikan keripik yang enak. Keripik melinjo biasanya disajikan sebagai camilan atau pelengkap hidangan utama.

Sobat Suka Fakta, banyak banget kan olahan melinjo yang bisa kita nikmati? Selain enak, pastinya juga sehat karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Nah, sekarang kita lanjut yuk ke pembahasan tentang budidaya melinjo!

5. Cara Budidayakan Melinjo Sangat Mudah

melinjo
Potret tumbuhan melinjo. Sumber: Dok. news.republika.co.id

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau melinjo itu cukup mudah dibudidayakan? Budidaya melinjo ternyata nggak terlalu sulit, lho. Dengan perawatan yang tepat, kita bisa menikmati hasil panen melinjo yang melimpah.Yuk, kita simak gimana caranya menanam dan merawat tanaman melinjo.

Perbanyakan dan Perawatan

Melinjo biasanya diperbanyak dengan biji. Biji melinjo ditanam pada musim hujan dan dijaga tetap lembab hingga berkecambah. Setelah itu, bibit melinjo perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar atau langsung ke tanah yang subur.

Tempat Tumbuh

Melinjo membutuhkan tempat yang memiliki drainase yang baik dan teduh. Tanaman ini juga perlu diberi banyak air dan pupuk agar tumbuh subur.

Panen

Proses panen melinjo dilakukan beberapa kali sepanjang tahun. Buah melinjo sebaiknya dipetik saat masih hijau karena akan berubah warna menjadi coklat tua saat sudah matang. Setelah dipanen, buah melinjo dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa hari sebelum siap diolah.

6. Efek Samping Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Melinjo

asam urat.
Ilustrasi asam urat. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, meskipun melinjo punya banyak manfaat, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan terkait efek sampingnya. Yuk, kita simak penjelasannya.

Asam Urat

Melinjo dikenal memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Bagi penderita asam urat, sebaiknya menghindari konsumsi biji melinjo karena bisa meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat (gout).

Konsumsi Normal

Bagi kamu yang kadar asam uratnya normal, konsumsi melinjo sebaiknya tidak berlebihan. Disarankan cukup mengonsumsi segenggam biji melinjo yang direbus dalam sehari. Pastikan biji melinjo dicuci bersih sebelum direbus untuk menghilangkan kotoran dan zat berbahaya.

Efek Samping Lainnya

Konsumsi melinjo dalam jumlah yang wajar umumnya aman. Namun, mengonsumsi dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung atau diare.

Sobat Suka Fakta, meskipun ada beberapa efek samping, kita tetap bisa menikmati melinjo dengan bijak dan mendapatkan manfaat kesehatannya. Selalu pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan memperhatikan kondisi kesehatan kita.

7. Fakta Lainnya tentang Melinjo

Sobat Suka Fakta, kali ini kita akan membahas beberapa fakta menarik lainnya tentang melinjo yang mungkin belum banyak orang tahu. Yuk, kita simak!

Ketahanan Terhadap Penyakit Tanaman

Melinjo adalah tanaman yang sangat tahan terhadap berbagai penyakit tanaman, baik yang disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun hama. Ini membuat melinjo mudah dibudidayakan dan tidak memerlukan banyak pestisida.

Penggunaan Tradisional

Selain untuk kuliner, melinjo juga digunakan dalam berbagai praktik tradisional. Misalnya, suku Karbi di India Timur Laut menggunakan daun melinjo dalam ritual keagamaan. Daun ini dimasak bersama daging hewan kurban dalam upacara khusus.

Melinjo dan Ginkgo Biloba

Menariknya, melinjo dianggap sebagai evolusi dari tumbuhan purba yang mirip dengan Ginkgo biloba di Jepang. Hal ini membuat melinjo tidak hanya menarik dari segi kuliner, tetapi juga dari sisi evolusi dan sejarah tanaman.

8. Memiliki Nilai Budaya yang Sangat Sakral

Kuah pliek.
Potret sayur Kuah pliek. Sumber: Dok. kba.one

Sobat Suka Fakta, melinjo ternyata punya peran penting dalam budaya di beberapa daerah. Yuk, kita lihat lebih dekat!

Budaya Aceh

Di Aceh, daun melinjo sering digunakan dalam masakan tradisional bernama kuah pliek. Kuah pliek adalah kari sayur yang biasanya disajikan dalam acara-acara penting seperti keureuja dan khanduri. Penggunaan daun melinjo dalam masakan ini memberikan cita rasa unik dan khas yang sulit ditemukan di tempat lain.

Suku Karbi di India Timur Laut

Suku Karbi menyebut diri mereka sebagai “anak-anak Hanthu dan Mehek”, di mana Hanthu berarti melinjo. Daun melinjo digunakan dalam berbagai ritual keagamaan, menunjukkan betapa pentingnya tanaman ini dalam kehidupan spiritual mereka.

9. Mengurangi Risiko Diabetes

Sobat Suka Fakta, salah satu manfaat kesehatan melinjo yang luar biasa adalah kemampuannya untuk membantu mengurangi risiko diabetes. Bagaimana bisa? Yuk, kita cari tahu!

Antioksidan Tinggi

Melinjo kaya akan antioksidan, seperti polifenol (resveratrol), yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Antioksidan ini berperan penting dalam melawan stres oksidatif yang sering dikaitkan dengan diabetes tipe 2.

Mengatur Gula Darah

Kandungan nutrisi dalam melinjo, terutama proteinnya, dapat membantu mengatur kadar gula darah. Mengonsumsi makanan yang kaya protein dapat memperlambat penyerapan gula dalam darah, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Studi dan Penelitian

Menurut penelitian, konsumsi melinjo dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi resistensi insulin. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme ini secara mendalam, tetapi hasil awal menunjukkan potensi yang menjanjikan.

Dengan manfaat ini, melinjo bisa menjadi bagian dari diet sehat untuk membantu mengurangi risiko diabetes. Tapi ingat, tetaplah mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan seimbangkan dengan gaya hidup sehat.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita telah mengeksplorasi berbagai manfaat dan fakta menarik tentang melinjo. Tanaman yang bernama ilmiah Gnetum gnemon L. ini ternyata tidak hanya lezat dijadikan emping, tetapi juga kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lipid, dan polifenol. 

Selain manfaat kesehatannya, melinjo juga memiliki nilai budaya yang tinggi, terutama di wilayah Asia Tenggara. Di Aceh, melinjo digunakan dalam masakan tradisional seperti kuah pliek, sementara di India Timur Laut, suku Karbi menggunakannya dalam ritual keagamaan. Fakta bahwa melinjo juga memiliki kemampuan membantu mengurangi risiko diabetes membuatnya semakin berharga dalam diet sehari-hari.

Dengan segala kebaikan yang dimilikinya, melinjo pantas dijadikan bagian dari menu harian kita. Selain menambah variasi dalam hidangan, kita juga bisa merasakan berbagai manfaat kesehatannya. Yuk, mulai sekarang kita nikmati melinjo, tentunya dengan bijak! Terima kasih sudah membaca sampai akhir, Sobat Suka Fakta! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

REFERENSI

  • Anida. (6 tahun yang lalu). Manfaat Melinjo untuk Kesehatan. Diakses dari https://steemit.com/health/@anida/benefits-of-melinjo-for-health-fc13c08141b68.
  • Devyleona. Melinjo (Gnetum gnemon) – Facts, Benefits, and Why I Love It. Diakses dari https://peakd.com/hive-141827/@devyleona/melinjo-gnetum-gnemon—facts-benefits-and-why-i-love-it.
  • Kangjo.net. 10 Benefits of Gnetum gnemon Linn (Melinjo) Seeds. Diakses dari https://www.kangjo.net/berita/detail/10-benefits-of-gnetum-gnemon-linn-melinjo-seeds.
  • Fruitsinfo.com. Melinjo Fruit. Diakses dari https://www.fruitsinfo.com/melinjo-fruit.php.
  • Specialtyproduce.com. Melinjo Leaves. Diakses dari https://specialtyproduce.com/produce/Melinjo__Leaves_16700.php.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *