Fakta Unik

10 Manfaat Mangga Kweni untuk Kesehatan dan Bedanya dengan Mangga Biasa

68
×

10 Manfaat Mangga Kweni untuk Kesehatan dan Bedanya dengan Mangga Biasa

Sebarkan artikel ini
Mangga Kweni
10 Manfaat Mangga Kweni untuk Kesehatan dan Bedanya dengan Mangga Biasa. Sumber: Dok. beritapenajam.net

Hai, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti udah gak asing lagi dengan buah mangga, kan? Buah yang satu ini memang jadi favorit banyak orang. Tapi, pernah denger gak tentang mangga kweni? Nah, kali ini kita bakal kupas tuntas tentang mangga kweni, salah satu tanaman khas betawi.

Mangga kweni adalah salah satu jenis mangga yang unik dengan berbagai keistimewaan. Meskipun bentuk dan rasanya mirip dengan mangga biasa, mangga kweni punya beberapa perbedaan yang bikin dia menarik untuk dibahas. 

Selain itu, mangga kweni ternyata punya banyak manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui orang. Jadi, yuk kita eksplore lebih lanjut tentang tumbuhan ini dan kenapa dia  layak dijadikan bagian dari pola makan sehat kita!

Apa Itu Mangga Kweni?

Mangga Kweni
Potret Buah mangga kweni. Sumber: Dok. muhammadbakri.wordpress.com

Mangga kweni, yang juga dikenal dengan sebutan kuini atau kuwini, adalah salah satu jenis mangga yang tumbuh di daerah tropis Asia Tenggara. Buah ini punya nama ilmiah Mangifera odorata. 

Uniknya, mangga kweni punya karakteristik unik yang bikin dia beda dari mangga-mangga lain. Pohon mangga kweni bisa tumbuh hingga 10-30 meter dengan kanopi yang lebar. Daunnya berbentuk lonjong dan tepinya gak bergelombang. 

Kalau dilihat sekilas, mungkin kalian bakal bingung membedakannya dengan mangga biasa. Tapi, ada beberapa ciri khas yang bisa kalian perhatikan. Mangga kweni punya kulit buah yang berwarna kuning hingga hijau dengan daging buah yang berwarna oranye hingga kuning. 

Rasa mangga kweni bisa asam atau manis tergantung tingkat kematangannya. Salah satu ciri khasnya adalah aroma terpentin yang kuat pada kulit dan daging buahnya. Bunga dari pohon mangga kweni juga mengeluarkan aroma harum yang khas.

Mangga kweni tersebar di berbagai negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Tanaman ini juga kadang ditemukan di Vietnam selatan dan Kepulauan Mariana. 

Mangga kweni biasanya tumbuh subur di daerah beriklim tropis dengan curah hujan tinggi, tapi dia gak bisa bertahan di daerah dengan iklim kering terus-menerus.

Perbedaan Mangga Kweni dengan Mangga Biasa

Mangga Kweni
Kolase Mangga Kweni dan Mangga biasa. Sumber: pexels.com

Sobat Suka Fakta, kalian mungkin bertanya-tanya, apa sih bedanya mangga kweni dengan mangga biasa? Nah, berikut ini beberapa perbedaan utama antara mangga kweni dan mangga biasa.

Bentuk dan Ukuran

Mangga kweni biasanya punya bentuk yang lebih bulat dan ukuran yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan mangga biasa. Buahnya juga lebih berat dan padat.

Warna Kulit dan Daging Buah

Kulit mangga kweni biasanya berwarna kuning hingga hijau dengan sedikit bintik-bintik coklat tua. Daging buahnya berwarna oranye hingga kuning. Sementara itu, mangga biasa punya variasi warna kulit yang lebih beragam, dari hijau, kuning, hingga merah, dengan daging buah yang biasanya berwarna kuning.

Rasa dan Aroma

Ini nih yang paling mencolok. Mangga kweni punya aroma terpentin yang kuat, yang mungkin gak semua orang suka. Rasanya bisa asam atau manis tergantung tingkat kematangan. Sementara mangga biasa punya aroma yang lebih lembut dan rasanya cenderung manis.

Kandungan Nutrisi

Mangga kweni kaya akan serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalsium, zat besi, dan fosfor. Kandungan nutrisinya membuat mangga kweni punya banyak manfaat kesehatan, seperti yang akan kita bahas lebih lanjut nanti. Mangga biasa juga kaya nutrisi, tapi mangga kweni punya keunggulan dalam beberapa vitamin dan mineral tertentu.

Dengan mengetahui perbedaan-perbedaan ini, Sobat Suka Fakta bisa lebih mudah mengenali dan memilih mangga kweni. Gimana, sudah mulai penasaran dengan manfaat kesehatannya? Yuk, lanjut ke bagian berikutnya!

Manfaat Mangga Kweni untuk Kesehatan

Gambar wanita
Ilustrasi wanita mempunya kulit yang cerah. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah kita mengenal lebih dekat tentang mangga kweni dan perbedaannya dengan mangga biasa, sekarang saatnya kita bahas 10 manfaat mangga kweni untuk kesehatan. Yuk, simak khasiat buah mangga kweni berikut ini:

1. Potensi Anti Kanker

Mangga kweni mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan seperti vitamin C dan senyawa fenolik dalam mangga kweni bekerja untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang bisa memicu perkembangan kanker. Dengan mengonsumsi mangga kweni secara teratur, kita bisa membantu tubuh melawan risiko penyakit ini.

2. Mencegah Gangguan Mata

Mangga kweni kaya akan vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga penglihatan tetap tajam dan mencegah gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, dan silindris. Jadi, buat kalian yang ingin punya mata sehat, jangan ragu untuk memasukkan mangga kweni dalam menu harian kalian.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium yang terkandung dalam mangga kweni sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi kalsium yang cukup bisa membantu mencegah osteoporosis dan keretakan tulang. Selain itu, kalsium juga memperkuat struktur gigi kita, sehingga gigi kita tetap kuat dan sehat.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin B6 dalam mangga kweni berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini membantu dalam proses pencernaan protein, mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan. Dengan sistem imun yang kuat, tubuh kita lebih siap melawan berbagai penyakit.

5. Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Salah satu keunggulan mangga kweni adalah indeks glikemiknya yang rendah. Ini berarti mangga kweni aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak akan memicu peningkatan signifikan kadar gula darah. Jadi, bagi kalian yang mengidap diabetes, mangga kweni bisa menjadi pilihan buah yang lezat dan sehat.

6. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C yang tinggi dalam mangga kweni berfungsi sebagai antioksidan yang efektif untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini dan penyakit kronis. Dengan mengonsumsi mangga kweni, kita bisa membantu tubuh melawan efek negatif radikal bebas.

7. Melancarkan Pencernaan

Mangga kweni mengandung serat tinggi yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Serat membantu memperlancar proses pembuangan dan mencegah sembelit. Dengan pencernaan yang lancar, tubuh kita bisa menyerap nutrisi lebih baik dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

8. Merawat Kulit dan Mengatasi Jerawat

Selain manfaat kesehatan, mangga kweni juga baik untuk kecantikan kulit kita. Nutrisi dalam mangga kweni bisa membantu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dan mengatasi masalah jerawat. Dengan rutin mengonsumsi mangga kweni, kulit kita bisa jadi lebih cerah, bersinar, dan bebas dari jerawat.

9. Meningkatkan Kandungan Darah

Zat besi dalam mangga kweni berperan penting dalam meningkatkan kandungan darah dalam tubuh. Zat besi membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kesehatan darah secara keseluruhan. Dengan memenuhi kebutuhan zat besi harian, kita bisa mencegah anemia dan menjaga energi tetap stabil.

10. Meningkatkan Kesehatan Janin bagi Ibu Hamil

Mangga kweni juga bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi penting untuk perkembangan janin. Vitamin dan mineral dalam mangga kweni, seperti vitamin A, C, dan zat besi, membantu memastikan perkembangan yang sehat untuk bayi dalam kandungan. Ibu hamil yang mengonsumsi mangga kweni secara teratur dapat memberikan nutrisi yang baik bagi si kecil.

Sobat Suka Fakta, itulah 10 manfaat mangga kweni untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan. Ternyata, selain lezat, mangga kweni juga punya banyak manfaat yang luar biasa, ya! Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menikmati buah yang satu ini. 

Cara Mengonsumsi Mangga Kweni

mangga kweni
Potret mangga kweni yang dibuat rujak Aceh. Sumber: Dok. masakapahariini.com

Sobat Suka Fakta, setelah tahu manfaat mangga kweni yang begitu banyak, pasti kalian jadi penasaran gimana cara terbaik menikmati buah yang satu ini, kan?! Yuk, kita bahas beberapa cara seru dan enak untuk mengonsumsi mangga kweni!

Dimakan Langsung

Cara paling simpel dan cepat untuk menikmati mangga kweni adalah dengan memakannya langsung. Pilih mangga kweni yang sudah matang, kupas kulitnya, dan nikmati daging buahnya yang manis dan segar. 

Kalian bisa makan mangga kweni sebagai camilan sehat di siang hari atau sebagai penutup makan malam. Rasa manis dan asam yang menyegarkan bakal bikin kalian ketagihan!

Dibuat Rujak atau Salad

Buat Sobat Suka Fakta yang suka sensasi pedas dan asam, mangga kweni bisa dijadikan rujak. Potong-potong mangga kweni, tambahkan bumbu rujak seperti gula merah, cabai, garam, dan asam jawa, lalu aduk rata. 

Rujak mangga kweni ini cocok banget dinikmati saat cuaca panas atau sebagai teman ngobrol bareng teman-teman. Selain itu, mangga kweni juga bisa ditambahkan dalam salad buah untuk variasi rasa yang lebih segar.

Digunakan dalam Masakan

Mangga kweni juga bisa dijadikan bahan masakan, lho. Buah ini sering digunakan dalam berbagai resep masakan Asia Tenggara. Salah satunya adalah chutney, saus manis dan pedas yang terbuat dari mangga kweni, gula, cuka, dan rempah-rempah. Chutney mangga kweni bisa dijadikan pelengkap hidangan daging atau nasi.

Selain chutney, mangga kweni juga enak dijadikan acar. Potong-potong mangga kweni yang masih muda, tambahkan garam, gula, dan cuka, lalu simpan dalam toples kaca. Acar mangga kweni ini bisa jadi pelengkap makan siang atau makan malam kalian.

Dibuat Smoothie Segar

Mau yang lebih sehat dan menyegarkan? Mangga kweni juga enak dijadikan smoothie. Caranya gampang, kok! Blender daging buah mangga kweni dengan yoghurt, susu, atau jus jeruk. 

Kamu bisa menambahkan es batu untuk sensasi dingin yang akan lebih menyegarkan. Smoothie mangga kweni ini cocok banget buat kalian yang suka minuman sehat dan segar.

Buah Mentah sebagai Camilan Sehat

Selain dimakan matang, mangga kweni yang masih mentah juga bisa dijadikan camilan sehat. Potong-potong mangga kweni mentah, tambahkan sedikit garam atau saus pedas, dan nikmati sensasi rasa asam yang segar. Mangga kweni mentah ini bisa jadi pilihan camilan yang rendah kalori dan sehat.

Digunakan dalam Kue dan Dessert

Buat Sobat Suka Fakta yang suka baking, mangga kweni juga bisa dijadikan bahan untuk membuat kue dan dessert. Kalian bisa menambahkan potongan mangga kweni dalam adonan kue, puding, atau agar-agar. Rasa manis dan asam dari mangga kweni bakal menambah cita rasa khas pada dessert kalian.

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah beberapa cara seru dan enak untuk mengonsumsi mangga kweni. Mulai dari dimakan langsung, dijadikan rujak, hingga digunakan dalam masakan dan dessert, mangga kweni bisa dinikmati dengan berbagai cara. Jadi, gak ada alasan buat gak mencoba buah yang satu ini!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah kita eksplorasi tentang mangga kweni, mulai dari karakteristik hingga manfaat kesehatannya, kita bisa melihat bahwa mangga kweni adalah buah yang tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.

Buah ini memiliki aroma terpentin khas dan rasa manis asam menyegarkan, yang menjadikannya unik dan menarik untuk dikonsumsi. Jadi, mari kita jadikan mangga kweni sebagai bagian dari pola makan sehat kita.

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *