Fakta Unik

12 Fakta Menarik Udang, Makhluk Laut Lezat yang Memiliki Banyak Nutrisi

58
×

12 Fakta Menarik Udang, Makhluk Laut Lezat yang Memiliki Banyak Nutrisi

Sebarkan artikel ini
fakta menarik udang
Fakta Menarik Udang, Makhluk Laut Lezat yang Mengandung Banyak Nutrisi. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa sih yang nggak kenal udang? Yup! Udang adalah salah satu contoh hewan avertebrata, bersama dengan siput dan belalang. Gak cuma itu. Udang juga terkenal sebagai makanan laut yang lezat abis nih! 

Tekstur lembut dan rasa manis udang bikin banyak orang ketagihan. Belum lagi, udang bisa diolah jadi berbagai macam masakan yang bikin lidah bergoyang. Tapi, Sobat Suka Fakta tahu nggak, ternyata di balik kelezatan udang, ada banyak fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui, lho. 

Nah, di artikel kali ini kita akan kupas tuntas 12 fakta menarik udang yang pasti bikin Sobat Suka Fakta makin kagum sama makhluk laut yang satu ini. Yuk, langsung saja kita mulai petualangan penuh pengetahuan ini! 

1. Sumber Protein yang Baik bagi Tubuh

udang balado
Potret masakan udang balado. Sumber: IST

Sobat, udang ternyata merupakan sumber protein, lho. Dalam 100 gram udang, terdapat sekitar 25 gram protein berkualitas tinggi. Protein ini penting banget buat tubuh kita karena membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan otot. 

Protein juga berperan dalam membangun enzim dan hormon yang vital bagi berbagai fungsi tubuh. Jadi, kalau Sobat Suka Fakta lagi cari makanan yang tinggi protein tapi rendah lemak, udang bisa jadi pilihan yang tepat.

Nggak hanya itu, protein dalam udang juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berperan dalam pembentukan antibodi yang melawan infeksi dan penyakit. Jadi, dengan rutin mengonsumsi udang, Sobat Suka Fakta bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik.

2. Mengandung Banyak Asam Lemak Omega-3

Udang
Ilustrasi pria terkena serangan jantung. Sumber: IST

Sob, omega-3 sangat penting untuk kesehatan jantung dan otak kita. Asam lemak omega-3 berperan dalam menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mendukung fungsi otak yang optimal. 

Manfaat omega-3 tidak berhenti di situ saja. Omega-3 juga diketahui dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi. Jadi, dengan makan udang, Sobat Suka Fakta nggak hanya menikmati rasanya yang lezat, tapi juga mendapat banyak manfaat kesehatan. Keren, kan?! 

3. Bisa Diolah Jadi Berbagai Hidangan Lezat

Udang bakar.
Potret Udang bakar. Sumber: IST

Udang memang juara dalam hal kelezatan dan fleksibilitas di dapur. Sobat Suka Fakta pasti setuju kalau udang bisa diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera. Baik dipanggang, ditumis, dikukus, atau dijadikan bahan campuran dalam sup dan pasta, udang memang selalu berhasil mencuri perhatian. 

Misalnya, udang bakar dengan bumbu rempah yang aromanya menggoda, atau udang goreng tepung yang renyah di luar dan lembut di dalam. Pilihan lainnya adalah menambahkan udang ke dalam pasta aglio e olio untuk hidangan yang sederhana namun lezat.

Keunggulan udang dalam masakan terletak pada rasa dan teksturnya yang mudah menyerap bumbu. Apapun bumbu yang digunakan, udang mampu menyerap dan mengeluarkan rasa tersebut dengan sempurna. 

Sobat juga bisa berkreasi dengan berbagai saus dan bumbu untuk menciptakan hidangan udang yang baru dan unik. Dengan begitu banyak cara untuk mengolah udang, Sobat Suka Fakta nggak akan pernah bosan menikmati makanan laut yang satu ini.

4. Udang dan Udang Galah Adalah Dua Jenis Udang yang Berbeda

fakta menarik udang
Kolase udang dan udang galah. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ternyata udang dan udang galah itu berbeda, lho. Meskipun keduanya sering dianggap sama, ternyata ada perbedaan yang cukup signifikan!

Udang galah biasanya lebih besar dan memiliki rasa yang lebih manis serta kuat dibandingkan dengan udang biasa. Selain itu, udang galah juga lebih suka tinggal di air tawar, sementara udang biasa bisa ditemukan di berbagai perairan, baik tawar maupun asin. 

Perbedaan habitat ini juga mempengaruhi rasa dan tekstur udang. Udang galah yang hidup di air tawar cenderung memiliki daging yang lebih kenyal dan manis, sedangkan udang biasa yang hidup di air asin memiliki rasa yang lebih ringan namun tetap lezat.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada penampilan fisik mereka. Udang galah memiliki capit yang lebih besar dibandingkan udang biasa. Hal ini membuat mereka sering disalahartikan sebagai lobster kecil. 

Namun, Sobat Suka Fakta harus tahu bahwa udang galah dan lobster adalah dua jenis krustasea yang berbeda. Jadi, next time kalau Sobat pesan udang galah di restoran, jangan kaget kalau ukurannya lebih jumbo dan rasanya lebih mantap! 

5. Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral 

vitamin
Kandungan vitamin dalam udang. Sumber: IST

Selain protein dan lemak sehat, udang juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Udang adalah sumber yang baik dari vitamin B12, seng, zat besi, dan selenium.

Vitamin B12 berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf dan pembentukan sel darah merah, sedangkan seng berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan luka. Zat besi dalam udang juga sangat penting untuk mencegah anemia dan menjaga tingkat energi tubuh tetap optimal.

Selenium, mineral lain yang terkandung dalam udang, memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan infeksi. Selain itu, selenium juga berperan dalam fungsi tiroid yang sehat. 

6. Kandungan Lemak dan Kalorinya Sangat Rendah

Udang
Potret Udang yang sudah dimasak. Sumber: IST

Buat Sobat Suka Fakta yang lagi menjaga asupan kalori, udang bisa jadi sahabat terbaikmu nih. Selain tinggi protein, udang juga rendah lemak dan kalori. Dalam 100 gram udang, hanya terdapat sekitar 99 kalori dan kurang dari 1 gram lemak.

Ini berarti, Sobat bisa menikmati kelezatan udang tanpa perlu khawatir akan penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Dibandingkan dengan sumber protein lainnya seperti daging merah, udang jauh lebih sehat dan nggak bikin gemuk.

Udang juga bebas dari lemak trans dan rendah kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja yang peduli dengan kesehatan jantung. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi udang secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

Jadi, jangan ragu untuk menikmati berbagai olahan udang. Rasanya lezat, nutrisinya melimpah, dan bisa diolah dengan berbagai cara. Siapa coba yang bisa menolak? 

7. Mengandung Antioksidan yang Bisa Melindungi Sel Tubuh

Manusia
Ilustrasi organ tubuh manusia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ternyata udang juga kaya akan antioksidan, lho! Salah satu antioksidan yang terkandung dalam udang adalah astaxanthin, yang memberikan warna merah muda pada udang. 

Antioksidan ini sangat penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi udang, Sobat bisa membantu tubuh melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

Astaxanthin juga diketahui memiliki manfaat lain, seperti meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi peradangan, dan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, dengan memasukkan udang ke dalam menu harian, Sobat nggak hanya mendapatkan asupan protein dan lemak sehat, tetapi juga antioksidan yang dapat memperkuat sistem imun. 

8. Kelezatan Kulinernya telah Mendunia dengan Berbagai Variasi Hidangan

fakta menarik udang
Potret masakan udang balado. Sumber: IST

Udang memegang peran penting dalam masakan tradisional di banyak wilayah pesisir di seluruh dunia. Dari kari pedas di Asia Selatan hingga scampi lezat di Italia, udang selalu berhasil menambah rasa dan tekstur yang khas pada berbagai hidangan. 

Di Indonesia sendiri, udang sering diolah menjadi berbagai macam masakan seperti udang balado, udang saus padang, dan sate udang. Kehadirannya dalam masakan tradisional tidak hanya memperkaya cita rasa, tetapi juga membawa nilai budaya yang tinggi.

Di negara-negara lain, seperti Thailand, udang digunakan dalam hidangan tom yum goong, yang merupakan sup asam pedas khas Thailand. Di Spanyol, udang menjadi bahan utama dalam paella, hidangan nasi yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah. 

Begitu juga di Amerika Serikat, khususnya di wilayah Selatan, udang sering diolah menjadi shrimp and grits atau shrimp boil. Melalui berbagai masakan ini, udang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas kuliner lokal di banyak daerah pesisir.

9. Bisa Hidup di Berbagai Jenis Perairan

Udang air payau
Potret udang air payau. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa udang bisa hidup di berbagai jenis lingkungan perairan? Yup! Udang ditemukan di air laut, air payau, hingga air tawar. Keberagaman habitat ini membuat udang menjadi salah satu hewan laut yang paling adaptif. 

Di laut, udang biasanya hidup di dasar laut dan bersembunyi di antara bebatuan atau pasir untuk menghindari predator. Di air tawar, udang dapat ditemukan di sungai, danau, dan rawa-rawa.

Keberagaman habitat ini juga berkontribusi pada variasi spesies udang yang luar biasa. Ada lebih dari 2.000 spesies udang di seluruh dunia, masing-masing dengan karakteristik dan adaptasi khusus yang memungkinkan mereka bertahan di lingkungan yang berbeda. 

Hal ini juga yang menjadikan udang sebagai bahan yang sangat menarik dalam penelitian biologi dan ekologi. Dengan mengetahui lebih banyak tentang habitat udang, kita bisa lebih menghargai betapa luar biasanya makhluk kecil ini dalam beradaptasi dan bertahan hidup.

10. Memainkan Peran Krusial dalam Ekosistem Laut

Laut
Ilustrasi di dalam laut. Sumber: IST

Udang memainkan peran ekologis yang sangat penting dalam ekosistem laut. Sebagai bagian integral dari rantai makanan, udang menjadi sumber makanan bagi banyak spesies lain seperti ikan, kepiting, burung laut, dan bahkan paus

Selain itu, beberapa spesies udang memiliki hubungan simbiosis dengan ikan, di mana udang membersihkan parasit dari tubuh ikan tersebut. Hubungan ini membantu menjaga kesehatan ekosistem laut secara keseluruhan.

Udang juga berperan dalam siklus nutrisi di perairan. Dengan memakan detritus dan bahan organik lainnya, udang membantu mendaur ulang nutrisi kembali ke ekosistem. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan lingkungan perairan. 

11. Berkontribusi pada Kesejahteraan Ekonomi Lokal 

fakta menarik udang
Potret Tambak udang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, penangkapan dan budidaya udang merupakan industri utama di banyak negara. Bahkan telah berhasil menyediakan lapangan kerja dan berkontribusi signifikan terhadap ekonomi lokal.

Industri ini tidak hanya mencakup penangkapan udang dari alam, tetapi juga budidaya udang yang dilakukan di tambak-tambak. Budidaya udang menjadi solusi yang berkelanjutan untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi tanpa menguras populasi udang di alam liar. 

Di Indonesia, misalnya, budidaya udang menjadi salah satu sektor ekonomi penting, terutama di daerah pesisir. Banyak masyarakat lokal yang menggantungkan hidupnya pada industri ini, mulai dari petani tambak, nelayan, hingga pekerja di pabrik pengolahan udang.

Industri udang juga berkontribusi pada ekspor negara, menjadikannya salah satu komoditas laut yang paling bernilai. Dengan demikian, konsumsi udang tidak hanya memberikan manfaat nutrisi bagi kita, tetapi juga mendukung kesejahteraan ekonomi komunitas pesisir.

12. Popularitasnya Terkenal di Seluruh Dunia

Udang rebus
Potret udang yang sudak di masak. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, udang bukan hanya populer di satu atau dua negara, tetapi hampir di seluruh dunia. Dari restoran mewah hingga kedai makanan laut kasual, udang selalu menjadi pilihan favorit.

Di negara-negara Barat, seperti Amerika Serikat, udang sering menjadi hidangan pembuka atau utama dalam berbagai acara, mulai dari pesta keluarga hingga makan malam formal. Di Asia, udang juga sangat dihargai dan sering menjadi bintang dalam berbagai hidangan.

Popularitas udang tidak lepas dari kelezatan dan kemudahannya untuk diolah menjadi berbagai masakan. Rasa yang lezat dan teksturnya yang lembut membuat udang bisa dinikmati oleh siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Dengan beragam cara memasak, seperti dipanggang, digoreng, ditumis, atau dikukus, udang menawarkan fleksibilitas yang sulit ditandingi oleh makanan laut lainnya. Jadi, tidak heran jika udang selalu mendapat tempat istimewa di hati para pecinta kuliner di seluruh dunia.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 12 fakta unik udang yang mungkin belum kamu ketahui. Dari perbedaan antara udang dan udang galah, hingga peran pentingnya dalam ekosistem dan dampak ekonominya, udang memang luar biasa. 

Tidak hanya lezat dan serbaguna dalam masakan, udang juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Dengan mengonsumsi udang, Sobat tidak hanya menikmati hidangan yang enak, tetapi juga mendukung kesehatan tubuh dan ekonomi lokal.

Sobat Suka Fakta, setelah mengetahui semua fakta menarik tentang udang ini, yuk coba masak hidangan udang di rumah! Bagikan juga artikel ini kepada teman-temanmu agar mereka juga tahu betapa luar biasanya hewan avertebrata satu ini, ya! 

REFERENSI

  • Facts.net. (n.d.). 12 Facts About Prawns. Retrieved from https://facts.net/lifestyle/food/12-facts-about-prawns/
  • Original Oyster House. (n.d.). 10 Facts You Didn’t Know About Shrimp. Retrieved from https://www.originaloysterhouse.com/shrimp-fact/
  • Bobo.grid.id. (n.d.). 5 Fakta Menarik Udang, Hewan Kecil yang Sering Dijadikan Makanan Lezat. Retrieved from https://bobo.grid.id/read/083732586/5-fakta-menarik-udang-hewan-kecil-yang-sering-dijadikan-makanan-lezat?page=all
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *