Fakta Unik

20 Fakta-Fakta Orangutan yang Paling Jarang Diketahui

221
×

20 Fakta-Fakta Orangutan yang Paling Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini
Potret 2 orang utan yang sedang, bergelantungan. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa nih yang suka membaca hal-hal tentang satwa lucu dan pintar? Kali ini, kamu akan diajak untuk melihat fakta unik salah satu primata yang paling keren di hutan tropis yaitu Orangutan! Mereka adalah makhluk yang cerdas dan punya kedekatan genetik dengan manusia, berbagi sekitar 97% DNA yang sama dengan kita, lho!

Sayangnya, keberadaan orangutan semakin terancam akibat hilangnya habitat dan perdagangan ilegal. Orangutan hanya bisa ditemukan di Pulau Borneo dan Sumatera, menjadikan mereka spesies endemik di kawasan itu.

Mereka juga punya peran penting sebagai “petani hutan” karena menyebarkan biji-bijian dan menjaga keseimbangan ekosistem. Namun, masih banyak yang belum tahu fakta orangutan yang menarik dan unik ini. Itulah sebabnya kami mengumpulkan 20 fakta-fakta orangutan yang paling jarang diketahui. 

Siap-siap terpesona dengan fakta unik mereka mulai dari kebiasaan tidur yang lucu, kemampuan membuat sarang, hingga cara mereka menjadi ‘payung’ bagi ekosistem hutan hujan. Yuk, kita eksplorasi kehidupan si ‘manusia hutan’ ini bersama-sama!

1. Orangutan Betina Hanya Bisa Melahirkan 8 Tahun Sekali

fakta-fakta orangutan
Potret Orang utan bersama anaknya. Sumber: IST

Tidak hanya menjadi pengasuh yang luar biasa, orangutan betina memiliki pola reproduksi yang unik lho sobat suka fakta! Mereka hanya bisa melahirkan setiap 8 tahun sekali, menjadikan interval kelahiran bayi orangutan yang terpanjang di antara mamalia darat lainnya. Selain itu, orangutan betina baru mulai reproduksi pada usia 18 tahun, sedangkan jantan dewasa mencapai kematangan seksual di usia 15 tahun.

Perbedaan lain adalah jantan dewasa yang memiliki pipi khas (flanged male) biasanya lebih dominan dan menjadi pilihan utama betina. Uniknya, betina memilih pasangan berdasarkan ‘kualitas suara panggilan’ jantan!

2. Ahli dalam Membuat Tempat Tidur

Gambar sarang orang utan
Potret kasur orang utan yang ada di hutan. Sumber: Positivegraphics.com

Bicara soal tidur, orangutan ternyata juga ahli dalam membuat kasur. Mereka bikin sarang dari dedaunan dan ranting-ranting pohon. Sarang ini berfungsi sebagai tempat tidur yang nyaman buat mereka. Serunya, orangutan nggak pakai sarang yang sama setiap hari. Biasanya, mereka membuat sarang 2-3 kali sehari dengan lebar sekitar satu meter.

Pagi-pagi, mereka bikin sarang untuk beristirahat dan bermain. Kalau malam tiba, mereka membuat sarang baru lagi untuk tidur nyenyak. Bahkan, orangutan betina juga bikin sarang khusus saat melahirkan. Benar-benar tukang bikin kasur sejati!

3. Suka Berpindah Tempat dari Pohon Kepohon

Gambar orang utan
Potret orang utan yang sedang bergelantung. Sumber: IST

Sobat suka fakta, tahukah kamu kalau orangutan itu jarang banget turun ke tanah? Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di atas pohon. Orangutan liar di Sumatera, misalnya, memiliki jarak jelajah yang lumayan jauh setiap harinya.

Menurut penelitian, orangutan betina dewasa bisa menjelajah sejauh 916 meter per hari di dalam area seluas 12,5 hektar. Sedangkan jantan dewasa menjelajah sejauh 651 meter per hari di area seluas 46 hektar. Variasi jarak jelajah ini dipengaruhi oleh ketersediaan makanan dan interaksi sosial.

4. Mereka Gunakan Daun Sebagai Payung

Gambar orang utan
Potret orang utan yang sedang menggunakan daun sebagai payung. Sumbe: Tribunlampung

Nah, sobat suka fakta, ini salah satu trik keren yang dimiliki orangutan. Saat hujan tiba, mereka nggak langsung mencari tempat berlindung, tapi malah memetik daun yang lebar dari pohon. Daun ini mereka gunakan sebagai payung untuk melindungi diri dari air hujan. Kreatif banget, kan?

5. Spesies Mereka Berbeda Dengan Monyet!

Gambar orang utan
Potret Orang utan dan monyet. Sumber: IST

Banyak yang masih salah paham antara orangutan dan monyet, padahal mereka bukan monyet, lho. Salah satu perbedaannya adalah orangutan nggak punya ekor panjang. Mereka termasuk dalam keluarga kera besar (ape), sama seperti gorilla dan simpanse. Jadi, mereka ini ‘saudara dekat’ kita yang keren abis!

6. Kekuatan Mereka 6 Kali Lipat Lebih Besar dari Manusia

Gambar Orang utan
Potret dua Orang utan. Sumber: IST

Sobat, pernah dengar kalau orangutan itu kuat banget? Faktanya, mereka punya kekuatan enam kali lipat dari manusia dewasa! Nggak hanya itu, mereka juga punya empat tangan yang super fleksibel dan gigitan yang kuat. Tapi, jangan takut, selama nggak diganggu, orangutan cenderung tenang dan nggak berbahaya. Kalau berpapasan dengan jantan lainnya, mereka biasanya lebih memilih saling mengancam daripada bertarung.

7. Buah Jadi Makanan Favorit Orangutan

Gambar Orang utan
Potret Orang utan yang sedang makan. Sumber: IST

Seperti halnya manusia, orangutan juga memiliki selera makan yang unik dan beragam juga lho sobat! Buah adalah makanan favorit mereka, bahkan mencapai 60% dari pola makan mereka. Selain itu, mereka juga suka dedaunan muda ( 25%), bunga dan kulit pohon (10%), serta serangga kecil seperti semut, jangkrik, dan rayap (5%). Wah, mereka ini bener-bener omnivora sejati!

8. Orangutan Memiliki 3 Spesies

Gambar orang utan
Potret orang utan Kalimantan. Sumber: KOMPAS.COM/HENDRA CIPTA

Orangutan nggak hanya satu jenis, lho. Ada tiga spesies orangutan yang ditemukan di alam liar:

  • Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus): Spesies ini hidup di pulau Borneo, alias Kalimantan.
  • Orangutan Sumatera (Pongo abelii): Spesies ini bisa ditemukan di pulau Sumatera.
  • Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis): Spesies yang baru ditemukan di wilayah Tapanuli, Sumatera Utara.

Ketiga spesies ini mudah dikenali dari bulu mereka yang berwarna kemerahan. Keren banget, kan?

9. Orangutan Berperan Layaknya Seorang Petani

Gambar orang utan
Potret Orang utan sedang diatas pohon. Sumber: Pixabay via Kompas.com

Sobat, kamu tahu nggak kalau orangutan adalah petani hutan sejati? Mereka punya peran penting dalam regenerasi hutan karena menyebarkan biji-biji buah yang mereka makan. Jadi, buah-buah sisa yang mereka buang akan tumbuh menjadi tunas-tunas pohon baru. Itulah kenapa mereka disebut “Keystone Species” atau spesies kunci dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

10. Bisa Tidur Panjang

Gambar Orang utan
Potret orang utan sedang tidur. Sumber: IST

Sobat suka fakta tahu nggak sih kalau ternyata orangutan suka banget tidur panjang! Mereka akan tidur mulai dari matahari terbenam hingga terbit keesokan harinya. Dan bukan cuma itu, mereka juga menyempatkan tidur siang di sela-sela aktivitas harian mereka.

Saat tidur, orangutan nggak khawatir digigit nyamuk, lho. Mereka biasanya menggunakan daun tarutung sebagai alas tidur untuk menghindari gigitan nyamuk. Cerdik banget, kan?

11. DNA Mereka Nyaris 100% Sama dengan Manusia

Gambar orang utan
Potret orang utan yang sedang di gendong dengan manusia. Sumber: handout

Orangutan punya DNA yang hampir sama dengan manusia lho sobat. Faktanya, mereka berbagi sekitar 96,4% materi genetik yang sama dengan kita! Mereka juga bisa meniru perilaku manusia dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Jadi, nggak heran kalau mereka disebut kerabat dekat manusia di dunia primata.

12. Dapat Bertahan Hidup hingga 60 Tahun Lebih

Gambar Orang utan
Potret Orang utan bersama anaknya. Sumber: IST

Orangutan bisa hidup hingga 60 tahun atau lebih. Namun, masa reproduksi mereka terbilang unik. Orangutan betina hanya bisa melahirkan setiap 8 tahun sekali, menjadikan interval kelahiran mereka yang terpanjang di antara mamalia darat lainnya.

Betina mulai reproduksi pada usia 18 tahun, sedangkan jantan mencapai kematangan seksual pada usia 15 tahun. Cukup lama, ya? Tapi ini juga menunjukkan betapa berharganya setiap kelahiran bayi orangutan.

13. Orangutan Memiliki Janggut dan Kumis

Gambar Orang utan
Potret bentuk fisik Orang utan. Sumber: IST

Orangutan punya keunikan fisik yang membuat mereka gampang dikenali. Bulu mereka berwarna kemerahan dan jantan dewasa biasanya memiliki janggut dan kumis yang khas. Beberapa betina dewasa juga memiliki kumis dan janggut, tapi nggak se-ekstrim jantan.

Wajah mereka biasanya lebih bulat, dengan mantel yang lebih merah dan gelap. Ciri khas lainnya adalah pipi besar pada jantan dewasa yang sudah matang secara seksual, dikenal sebagai ‘flanged male’.

14. Orangutan Sebagai ‘Umbrella Species’

Orangutan bukan hanya makhluk pintar, tapi juga ‘payung’ bagi ekosistem hutan hujan. Mereka disebut sebagai ‘Umbrella Species’ atau spesies payung karena melindungi spesies lain di sekitarnya. Kalau orangutan hilang, spesies tumbuhan dan hewan lainnya juga akan terancam karena hilangnya ekosistem hutan. Makanya, keberadaan orangutan penting banget untuk menjaga keseimbangan hutan hujan.

15. Orangutan Kalimantan Bisa Berpindah Tempat Sejauh 1.000 Meter

Gambar Orang utan
Potret orang utan sedang di atas pohon. Sumber: KOMPAS/AMBROSIUS HARTO

Orangutan Kalimantan juga petualang sejati lho sobat suka fakta. Betina dewasa di Kalimantan bisa menjelajah sejauh 1.000 meter per hari. Jantan dewasa, terutama yang sudah memiliki pipi khas (flanged male), memiliki wilayah jelajah yang lebih luas.

Daerah jelajah ini dipengaruhi oleh ketersediaan makanan dan interaksi sosial. Semakin banyak makanan di suatu area, semakin kecil jarak yang harus mereka tempuh untuk mencari makan.

16. Ancaman Kepunahan Orangutan

Hutan terbkar
Potret Hutan terbakar. Sumber: IST

Sobat suka fakta, perlu kalian ketahui bahwa keberadaan orangutan saat ini semakin terancam. Beberapa ancaman utama yang dihadapi orangutan adalah:

  • Penebangan Liar: Penebangan hutan untuk perkebunan kelapa sawit dan hutan tanaman industri menyebabkan habitat mereka semakin sempit.
  • Kebakaran Hutan: Kebakaran hutan yang disengaja atau tidak disengaja menghilangkan tempat tinggal mereka.
  • Perdagangan Ilegal: Bayi orangutan sering menjadi korban perdagangan satwa liar dan dijual sebagai hewan peliharaan eksotis.

Selain itu, konflik antara manusia dan orangutan juga sering terjadi karena perambahan hutan.

17. Orangutan Jadi Hewan yang Paling Cerdas

Gambar Orang utan
Potret Orang utan sedang bergelantungan. Sumber: IST

Tidak hanya memiliki kekuatan yang super, tapi orangutan juga dikenal sebagai satwa yang cerdas. Mereka berbagi sekitar 97% DNA yang sama dengan manusia, menjadikannya salah satu kerabat terdekat kita di dunia primata. Kecerdasan mereka terlihat dari kemampuan belajar dan meniru perilaku manusia.

Di kebun binatang atau pusat konservasi, orangutan seringkali bisa belajar menggunakan alat sederhana seperti tongkat untuk mendapatkan makanan. Mereka juga bisa menirukan gerakan manusia dengan akurasi yang mengejutkan. Nggak heran kalau mereka disebut salah satu satwa paling cerdas!

18. Hanya Dapat Ditemukan di Pulau Borneo dan Sumatera

Gambar Orang utan
Potret Orang utan sedang bergelantungan. Sumber: IST

Orangutan hanya bisa ditemukan di Pulau Borneo dan Sumatera. Ini menjadikan mereka sebagai satwa endemik yang unik. Tiga spesies utama orangutan adalah:

  • Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus): Hidup di Borneo (Kalimantan).
  • Orangutan Sumatera (Pongo abelii): Hidup di Sumatera.
  • Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis): Baru ditemukan di wilayah Tapanuli, Sumatera Utara.

Sayangnya, hilangnya habitat dan perdagangan ilegal membuat ketiga spesies ini semakin langka dan terancam punah.

19. Orangutan Betina Sangat Peduli Terhadap Anaknya

Gambar orang utan
Potret Orang utan sedang bersama anaknya. Sumber: IST

Sobat suka fakta, tahukah kamu kalau orangutan betina adalah pengasuh yang luar biasa? Mereka mengajarkan anak-anaknya mencari makan dan membuat sarang hingga usia 6-7 tahun. Orangutan betina hanya bisa melahirkan setiap 8 tahun sekali, jadi mereka benar-benar memberikan perhatian khusus pada anak-anaknya. Keterikatan antara ibu dan anak orangutan ini sangat kuat, seperti manusia!

20. Upaya Pelestarian Orangutan Masih Terus Dilakukan

Konservasi orangutan adalah upaya penting yang harus dilakukan untuk memastikan kelangsungan hidup mereka. Sebuah lembaga seperti Bali Safari & Marine Park, Orangutan Information Center (OIC), dan Orangutan Foundation International (OFI) bekerja keras untuk melestarikan populasi orangutan.

Di Bali Safari & Marine Park, misalnya, mereka berkomitmen untuk melindungi orangutan dan memperkenalkan keunikan serta pentingnya menjaga keberlanjutan ekosistem kepada para pengunjung. Selain itu, ada juga Hari Orangutan Sedunia yang diperingati setiap 19 Agustus, untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan terhadap pelestarian orangutan.

Sobat suka fakta, mari kita dukung upaya konservasi ini agar orangutan tetap bisa hidup dan berkembang di habitat aslinya.

Kesimpulan

Sobat suka fakta, itulah 20 fakta orangutan yang paling jarang diketahui. Mulai dari kebiasaan tidur mereka yang panjang, kemampuan membuat kasur sendiri, hingga keunikan mereka dalam menggunakan daun sebagai payung dan berperan sebagai petani hutan. Orangutan adalah salah satu primata yang paling luar biasa dan dekat dengan manusia.

Namun, dengan banyaknya ancaman terhadap habitat mereka, kita semua perlu mengambil peran dalam mendukung pelestarian dan konservasi orangutan. Menjaga habitat hutan mereka, menghentikan perdagangan ilegal, dan mendukung lembaga konservasi adalah langkah-langkah penting yang bisa kita ambil.

Semoga artikel ini memberikan sobat suka fakta wawasan lebih mendalam tentang kehidupan orangutan dan pentingnya menjaga keberlangsungan spesies ini. Mari bersama-sama menjaga dan melindungi si ‘manusia hutan’ agar tetap bisa menjadi petani hutan sejati untuk generasi mendatang.

Referensi :

  • https://www.mongabay.co.id/2013/08/14/tujuh-fakta-unik-tentang-orangutan/
  • https://yayasanpalung.com/2023/04/28/10-fakta-tentang-orangutan/
  • https://www.balisafarimarinepark.com/menelisik-keunikan-orangutan-satwa-cerdas-sahabat-manusia/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *