Fakta Unik

15 Fakta Unik Bahasa Indonesia, Termasuk Bahasa Paling Banyak digunakan

171
×

15 Fakta Unik Bahasa Indonesia, Termasuk Bahasa Paling Banyak digunakan

Sebarkan artikel ini
Gambar Peta
Potret peta Indonesia. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Apa kabar kalian semua? Pernah nggak sih kalian merasa penasaran dengan Bahasa Indonesia yang kita pakai sehari-hari? Ternyata, Bahasa Indonesia nggak cuma seru dan asik buat kita, tapi juga punya banyak fakta unik yang bikin kita makin bangga!

Bahasa Indonesia bukan cuma alat komunikasi, tapi juga punya peran besar di dunia. Mulai dari diakui oleh UNESCO hingga digunakan di berbagai negara, Bahasa Indonesia punya tempat spesial yang patut kita ketahui. 

Nah, dalam artikel ini, kita akan mengulas berbagai fakta unik Bahasa Indonesia yang mungkin belum kalian ketahui. Jadi, siap-siap buat terkejut dan bangga sama bahasa kita! Oke, tanpa panjang lebar lagi, mari kita mulai petualangan kita dalam menjelajahi fakta-fakta unik tentang Bahasa Indonesia!

1. Pernah Dibawa ke Luar Angkasa

fakta unik bahasa indonesia
Ilustrasi luar angkasa. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian bahwa Bahasa Indonesia pernah ‘melayang’ di luar angkasa? Yup, kamu nggak salah dengar! Pada tahun 1977, NASA mengirim sebuah satelit yang membawa kepingan emas berisi data dari berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. 

Hal ini menunjukkan betapa penting dan beragamnya bahasa kita di mata dunia. Keren banget, kan? Bayangkan, di luar sana, di tengah luasnya alam semesta, ada suara-suara dari bahasa kita yang mengisi keheningan. 

Ini bukan cuma tentang bahasa, tapi juga tentang budaya dan identitas kita yang ikut menjelajah angkasa. Fakta ini membuat kita semakin bangga dan menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia memiliki peran yang signifikan, bahkan di luar planet kita.

2. Diakui oleh UNESCO sebagai Bahasa Resmi

General Conference.
Potret acara UNESCO General Conference. Sumber: wisesamedia.com

Pada 20 November 2023, UNESCO menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dalam General Conference mereka di Paris. Nggak cuma itu, Bahasa Indonesia juga diakui bersama sembilan bahasa lainnya seperti Inggris, Arab, dan Mandarin. 

Ini adalah pengakuan besar yang menunjukkan betapa pentingnya Bahasa Indonesia di kancah internasional. Selain itu, tahukah kalian bahwa Bahasa Indonesia juga menempati posisi sebagai salah satu bahasa terbesar di dunia? 

Dengan jutaan penutur dan pengguna aktif di berbagai sektor, Bahasa Indonesia benar-benar menjadi bahasa global. Jadi, next time kalau ada yang meragukan pentingnya bahasa kita, kalian bisa ceritakan fakta-fakta keren ini!

3. Dipelajari di Institusi Pendidikan Resmi Australia

Bendera Australia
Potret bendera Australia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ternyata Bahasa Indonesia juga cukup populer di Australia, lho! Pada tahun 1994, ada sekitar 50 sekolah di Australia yang menawarkan pelajaran Bahasa Indonesia. Seiring berjalannya waktu, jumlah ini terus meningkat dan mencapai lebih dari 55 sekolah. Bayangkan, siswa-siswa di Australia belajar Bahasa Indonesia sebagai bagian dari kurikulum mereka. Keren, kan?

Meskipun belakangan minat terhadap Bahasa Indonesia di Australia sedikit menurun karena meningkatnya popularitas bahasa lain seperti Jepang dan Korea, namun masih banyak sekolah yang mempertahankan program Bahasa Indonesia. Fakta ini menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia tetap memiliki daya tarik dan penting untuk dipelajari, bahkan di luar negeri.

4. Jadi Bahasa Asing yang Digemari di Vietnam

Bendera Vietnam
Potret dua anak kecil pakai baju bendera Vietnam. Sumber: IST

Nah, Sobat, nggak cuma di Australia, Bahasa Indonesia juga punya tempat spesial di Vietnam! Banyak pelajar Vietnam yang tertarik untuk mempelajari Bahasa Indonesia. Lebih serunya lagi, ada tiga universitas di Vietnam yang menawarkan program Bahasa Indonesia. 

Universitas tersebut adalah Hong Bang University, HCMC National University, dan the University of Social and Humanities in Vietnam. Fakta ini menunjukkan betapa luasnya pengaruh Bahasa Indonesia dan pentingnya perannya di negara lain.

5. Bahasa yang Sangat Mudah Dipelajari

Gambar anak sekolah
Potret anak sekolah sedang baca buku bahasa indonesia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, buat kalian yang suka belajar bahasa, ada kabar baik nih! Bahasa Indonesia dikenal sebagai salah satu bahasa yang mudah dipelajari. Menurut FSI Language, Bahasa Indonesia masuk dalam kategori III, yang artinya hanya butuh sekitar 36 minggu atau 900 jam untuk dikuasai. Ini tentunya jadi nilai plus bagi Bahasa Indonesia di mata dunia.

Ada beberapa alasan kenapa Bahasa Indonesia dianggap mudah dipelajari. Pertama, Bahasa Indonesia menggunakan huruf Romawi yang umum digunakan di banyak negara. Kedua, Bahasa Indonesia bukan bahasa tonal, jadi kalian nggak perlu khawatir tentang nada berbeda yang mengubah arti kata. 

Selain itu, tata bahasa Bahasa Indonesia juga cukup sederhana dan mirip dengan bahasa Inggris, terutama dalam susunan S-P-O (subjek, predikat, objek). Semua ini membuat Bahasa Indonesia semakin mudah dipahami dan dipelajari oleh orang asing.

6. Ejaan dan Pengucapannya Memiliki Karakter Khas 

Sobat Suka Fakta, kalian tahu nggak kalau Bahasa Indonesia punya keunikan tersendiri dalam ejaan dan pengucapan? Salah satunya adalah ejaan angka yang unik dan berbeda dengan bahasa lainnya. 

Misalnya, kita menyebut “tiga belas” untuk angka 13, yang secara harfiah berarti “tiga dan sepuluh”. Ini membuat Bahasa Indonesia punya karakteristik khas yang unik dan menarik. Selain itu, pengucapan Bahasa Indonesia cenderung lurus dan tanpa irama. Ini berarti bahwa intonasi dalam Bahasa Indonesia tidak sekompleks bahasa tonal seperti Mandarin. 

Jadi, meskipun kita sering menambahkan partikel seperti “dong”, “nih”, atau “kan” dalam percakapan sehari-hari, pengucapan dasar Bahasa Indonesia tetap mudah dipelajari oleh penutur asing. Fakta ini menunjukkan betapa sederhana dan efisiennya bahasa kita.

7. Sangat Fleksibel Dalam Mengakomodasi Pengaruh Lokal

Sobat, pernah nggak kalian merasa Bahasa Indonesia terdengar sedikit berbeda di berbagai daerah? Yup, itu karena Bahasa Indonesia dipengaruhi oleh berbagai bahasa dan dialek daerah. 

Contohnya, di Jawa, kita sering mendengar tambahan kata “teh” dalam percakapan sehari-hari. Ini menunjukkan betapa fleksibelnya Bahasa Indonesia dalam mengakomodasi pengaruh lokal.

Selain itu, Bahasa Indonesia juga banyak menyerap kata dari berbagai bahasa asing. Beberapa di antaranya berasal dari bahasa Belanda, Arab, Inggris, dan Sansekerta. Contoh kata serapan seperti “gorden” dari “gordijn” (Belanda) dan “khabar” dari “kabar” (Arab). 

Ini menunjukkan betapa kaya dan beragamnya kosakata Bahasa Indonesia. Dengan banyaknya kata serapan, Bahasa Indonesia terus berkembang dan memperkaya dirinya sendiri.

8. Digunakan sebagai Bahasa Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Bahasa indonesia
Ilustrasi buku pembelajaran bahasa indonesia. Sumber: tokopedia.com

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau Bahasa Indonesia juga punya peran penting dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi? Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan di Indonesia. 

Banyak literatur ilmiah, buku teks, dan artikel penelitian yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, menjadikannya bahasa yang sangat penting dalam dunia akademik. Lebih dari itu, Bahasa Indonesia juga berperan dalam teknologi. 

Banyak manual teknis, panduan, dan dokumentasi software yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, membantu masyarakat Indonesia untuk lebih mudah memahami dan menggunakan teknologi. Peran ini menunjukkan betapa esensialnya Bahasa Indonesia dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

9. Memiliki Lembaga Khusus yang Bertugas Membuat Standar Baku

Tut Wuri Handayani
Potret Logo Tut Wuri Handayani. Sumber: id.wikipedia.org

Kita harus bangga nih karena Indonesia punya lembaga khusus yang bertugas membuat standar baku dan menyusun kamus bahasa resmi. Lembaga ini bernama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 

Mereka yang bertanggung jawab memastikan Bahasa Indonesia tetap terstandarisasi dan mengikuti perkembangan zaman. Sejak pertama kali diresmikan sebagai bahasa persatuan, Bahasa Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan standar ejaan. 

Ada tujuh perubahan besar, mulai dari Ejaan Van Ophuijsen hingga Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Perubahan ini penting untuk menjaga agar Bahasa Indonesia tetap relevan dan mudah dipahami oleh semua orang.

10. Bahasa yang Paling Sulit Dipahami Lewat Rekaman Audio

studio rekaman.
Ilustrasi studio rekaman. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, meskipun Bahasa Indonesia dianggap mudah dipelajari, namun ternyata ada juga tantangan tersendiri. Salah satunya adalah sulitnya mengenali Bahasa Indonesia lewat rekaman audio. 

Bahasa Indonesia masuk dalam peringkat ke-10 sebagai bahasa tersulit dikenali melalui rekaman audio. Ini mungkin karena pengucapannya yang cenderung lurus dan tanpa intonasi yang jelas.

Selain itu, bagi penutur asing, variasi dalam penggunaan partikel tambahan seperti “nih”, “kan”, dan “dong” bisa menjadi kebingungan tersendiri. Partikel-partikel ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan bisa mengubah makna atau menambah nuansa tertentu pada kalimat. 

11. Memiliki Berbagai Variasi Penggunaan 

Sobat Suka Fakta, kalian pasti sudah familiar dengan berbagai variasi penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Di percakapan sehari-hari, kita sering menggunakan kata-kata informal yang mungkin tidak baku, tetapi sangat akrab di telinga kita. 

Contohnya, penggunaan kata “nggak” yang merupakan bentuk informal dari “tidak” dan “banget” yang berarti “sangat”. Penggunaan kata-kata informal ini membuat Bahasa Indonesia terasa lebih hidup dan dinamis. 

Selain itu, kita juga sering menambahkan partikel-partikel seperti “nih”, “kan”, dan “dong” yang memberikan nuansa dan emosi tambahan dalam percakapan. Meskipun mungkin membingungkan bagi penutur asing, variasi ini menunjukkan kekayaan dan fleksibilitas Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi.

12. Bahasa Indonesia Masih Digunakan di Timor Leste

Timor leste.
Potret Bendera Timor leste. Sumber: IST

Sobat, tahukah kalian bahwa Timor Leste pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia? Yup! Meskipun sekarang sudah merdeka, namun jejak Bahasa Indonesia masih kuat di negara ini. 

Banyak orang di Timor Leste yang masih fasih berbahasa Indonesia dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Indonesia digunakan di berbagai sektor, mulai dari pendidikan hingga pemerintahan. 

Fakta ini menunjukkan betapa besar pengaruh Bahasa Indonesia di Timor Leste, bahkan setelah negara tersebut memisahkan diri. Ini menjadi bukti bahwa Bahasa Indonesia memiliki jangkauan yang luas dan terus digunakan di berbagai belahan dunia.

13. Digunakan sebagai Bahasa Resmi Kebudayaan

Bahasa Indonesia
Potret Tari Tradisional dengan musik daerah. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, selain sebagai alat komunikasi, Bahasa Indonesia juga berperan besar dalam kebudayaan. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa resmi kebudayaan, yang berarti bahwa banyak karya seni, sastra, dan budaya ditulis dan disampaikan dalam Bahasa Indonesia. Ini membantu dalam pelestarian dan pengembangan budaya nasional kita.

Bahasa Indonesia menjadi media utama untuk mengembangkan dan melestarikan berbagai tradisi dan adat istiadat. Dari lagu-lagu daerah hingga cerita rakyat, semuanya disampaikan dalam Bahasa Indonesia, membuat budaya kita semakin dikenal dan dihargai. Jadi, dengan memahami dan menggunakan Bahasa Indonesia, kita juga turut melestarikan kebudayaan kita.

14. Sangat Eksis di Mesir

 Universitas mesir.
Potret Universitas mesir. Sumber: edukasi.sindonews.com

Sobat, ada fakta menarik nih tentang Bahasa Indonesia di Mesir! Ternyata, Bahasa Indonesia cukup populer di sana. Mesir sudah lama mendalami Bahasa Indonesia dan bahkan ikut mempopulerkannya. 

Banyak universitas di Mesir yang menawarkan program studi Bahasa Indonesia, menunjukkan betapa pentingnya bahasa kita di negara tersebut. Selain itu, banyak juga orang Mesir yang tertarik untuk mempelajari Bahasa Indonesia.

Ini membuktikan bahwa Bahasa Indonesia memiliki daya tarik internasional dan diakui penting oleh negara lain. Fakta ini membuat kita semakin bangga dengan bahasa kita yang semakin mendunia.

15. Dipelajari di 56 Negara di Seluruh Dunia

Sobat Suka Fakta, kalian pasti bangga mendengar bahwa Bahasa Indonesia dipelajari di 56 negara di seluruh dunia. Selain itu, Wikipedia berbahasa Indonesia berada di peringkat ke-3 se-Asia dan ke-26 di dunia. Ini menunjukkan bahwa banyak orang di luar sana yang tertarik dan peduli untuk mempelajari dan menggunakan Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia juga menjadi salah satu bahasa yang diajarkan di berbagai lembaga pendidikan internasional. Dengan penyebaran yang luas ini, Bahasa Indonesia terus berkembang dan semakin dikenal di dunia internasional. Jadi, kita harus terus menjaga dan melestarikan bahasa kita agar semakin banyak orang yang mengenal dan menggunakannya.

Kesimpulan

Nah Sobat Suka Fakta, itulah 15 fakta unik tentang Bahasa Indonesia yang membuat kita semakin bangga dengan bahasa kita. Dari pengakuan UNESCO hingga popularitas di negara lain, Bahasa Indonesia punya banyak cerita seru yang menunjukkan betapa pentingnya peran bahasa ini di dunia. Kita harus terus melestarikan dan mengembangkan Bahasa Indonesia agar semakin dikenal dan digunakan di seluruh dunia.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian tentang Bahasa Indonesia dan membuat kalian semakin bangga menggunakan bahasa kita. Jangan lupa untuk terus belajar dan menyebarkan informasi tentang Bahasa Indonesia kepada teman-teman kalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta!

Referensi:

  • Inilah.com. (2023). 12 Fakta Unik Bahasa Indonesia, Jadi Bahasa Resmi Kedua di Negara Lain. Diakses pada 29 Juni 2024, dari https://www.inilah.com/12-fakta-unik-bahasa-indonesia-jadi-bahasa-resmi-kedua-di-negara-lain
  • GridKids. (2023). 15 Fakta Menarik Bahasa Indonesia yang Termasuk Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia. Diakses pada 29 Juni 2024, dari https://kids.grid.id/read/473716665/15-fakta-menarik-bahasa-indonesia-yang-termasuk-bahasa-paling-banyak-digunakan-di-dunia?page=all
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *