Fakta Unik

16 Fakta Unik Bintang Laut, Tidak Memiliki Otak dan Darah 

53
×

16 Fakta Unik Bintang Laut, Tidak Memiliki Otak dan Darah 

Sebarkan artikel ini
fakta Unik Bintang Laut
16 Fakta Unik Bintang Laut, Tidak Memiliki Otak dan Darah. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa yang nggak kenal sama bintang laut? Makhluk laut yang sering kita lihat di akuarium atau saat jalan-jalan ke pantai ini ternyata punya banyak cerita menarik yang mungkin belum kamu tahu. 

Bentuknya yang unik dan warnanya yang beragam bikin bintang laut jadi salah satu penghuni laut yang paling memikat. Tapi, tunggu dulu, Sobat! Di balik penampilannya yang menawan, bintang laut menyimpan segudang fakta unik yang pasti bikin kamu kagum.

Dalam artikel ini, kita bakal mengupas tuntas 16 fakta unik bintang laut. Penasaran mengapa bintang laut tidak memiliki darah atau otak? Atau mungkin kamu ingin tahu bagaimana mereka bisa tumbuh kembali setelah kehilangan lengan? Nah, semua pertanyaan kamu akan terjawab di sini!

Siapkan diri kamu untuk petualangan seru mengenal lebih dalam makhluk laut yang satu ini. Setiap fakta yang kita bahas nanti akan membuka mata kamu tentang betapa luar biasa dan uniknya bintang laut. Jadi, siap untuk terjun ke dunia bawah laut dan menemukan fakta-fakta menarik? Yuk, kita mulai perjalanan kita!

1. Bintang Laut Itu Sebenarnya Bukan Ikan

fakta Unik Bintang Laut
Potret hewan Bintang laut. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu nggak sih kalau bintang laut itu sebenarnya bukan ikan? Meskipun namanya ada kata “laut” dan “bintang”, mereka termasuk dalam kelompok hewan invertebrata, bersama dengan siput, cacing, udang, hingga gurita

Jadi, mereka lebih dekat kekerabatannya dengan teripang, bulu babi, dan dolar pasir dibandingkan dengan ikan. Menarik, kan? Makanya, jangan sampai terkecoh dengan namanya!

Bintang laut hidup di perairan dangkal dan biasanya ditemukan di kolam batu di pantai atau di akuarium. Kalau kamu beruntung, mungkin bisa melihat mereka saat snorkeling atau menyelam di laut. Dengan bentuk yang unik dan warna yang mencolok, nggak heran kalau bintang laut sering jadi pusat perhatian.

2. Makhluk Laut yang Tidak Memiliki Otak atau Darah

Bintang laut
Potret hewan Bintang laut. Sumber: IST

Nah, ini dia fakta yang bikin bintang laut makin menarik. Mereka nggak punya otak atau darah, lho! Gimana mereka bisa hidup, ya? Ternyata, bintang laut memompa air laut yang disaring ke seluruh tubuh mereka untuk mendistribusikan nutrisi. Air laut ini berfungsi seperti darah pada hewan lainnya, menjaga tubuh mereka tetap berfungsi dengan baik.

Tanpa otak, bintang laut menggunakan sistem saraf sederhana untuk bergerak dan merespons lingkungan sekitarnya. Jadi, meskipun terlihat sederhana, mereka punya cara unik untuk bertahan hidup di laut. Seru banget, kan, Sobat?

3. Ada Sekitar 2.000 Spesies Bintang Laut di Seluruh Dunia 

Bintang laut
Potret hewan Bintang laut. Sumber: IST

Bintang laut itu ternyata sangat beragam, Sobat! Ada sekitar 2.000 spesies bintang laut yang hidup di seluruh dunia. Lalu, di mana tempat tinggal bintang laut? Mereka bisa ditemukan di berbagai iklim, dari perairan hangat di Samudra Hindia dan Pasifik hingga perairan dingin di dekat kutub.

Keanekaragaman ini membuat bintang laut bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan. Masing-masing spesies punya bentuk, warna, dan kebiasaan yang unik. Jadi, selalu ada hal baru yang bisa kamu temukan tentang bintang laut di setiap sudut lautan!

4. Mereka Dapat Bertahan Hidup Hingga 35 Tahun 

fakta Unik Bintang Laut
Potret hewan Bintang laut. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu nggak berapa lama hidup bintang laut? Mereka bisa hidup hingga 35 tahun, lho! Umur panjang ini membuat bintang laut menjadi salah satu penghuni laut yang cukup lama berinteraksi dengan lingkungannya. Spesies yang lebih besar cenderung hidup lebih lama dibandingkan spesies yang lebih kecil.

Faktor-faktor seperti lingkungan, ketersediaan makanan, dan predasi sangat mempengaruhi umur bintang laut. Dengan umur yang panjang, mereka punya banyak waktu untuk menjelajahi laut dan menunjukkan keindahan mereka kepada kita.

5. Bintang Laut Memiliki Berat Mencapai 5 Kg 

Bintang Laut
Potret hewan Bintang laut. Sumber: IST

Kalau kamu kira bintang laut itu ringan, siap-siap terkejut, Sobat! Ternyata, bintang laut bisa memiliki berat hingga 11 pon atau sekitar 5 kilogram. Cukup berat untuk ukuran hewan yang sering terlihat kecil, ya. Berat ini bisa bervariasi tergantung jenis dan ukurannya, tentu saja.

Bintang laut besar biasanya hidup lebih lama dan punya struktur tubuh yang lebih kompleks. Jadi, lain kali kamu melihat bintang laut, ingatlah bahwa mereka lebih berat dari yang kamu bayangkan!

6. Mereka Hanya Bisa Bertahan Hidup di Air Asin

Bintang laut
Potret hewan Bintang laut di air asin. Sumber: IST

Bintang laut punya satu syarat utama untuk bisa hidup, air asin. Mereka tidak bisa bertahan hidup di air tawar, Sobat. Makanya, kamu hanya bisa menemukan bintang laut di laut atau samudra. Lingkungan air asin sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka, karena air laut membantu mereka dalam sistem sirkulasi dan nutrisi.

Jadi, kalau kamu ingin mencari bintang laut, pastikan kamu mencarinya di laut, ya. Mereka biasanya hidup di perairan dangkal dan bisa ditemukan di sekitar terumbu karang atau kolam batu di pantai.

7. Bintang Laut Bisa Kembalikan Lengan yang Hilang

Ini dia salah satu kemampuan luar biasa bintang laut, mereka bisa menumbuhkan kembali lengan yang hilang! Kalau mereka kehilangan satu atau lebih lengan, mereka bisa meregenerasinya, meskipun proses ini bisa memakan waktu hingga satu tahun. Mirip seperti ekor kadal, lengan baru akan tumbuh dan berfungsi seperti lengan yang hilang.

Kemampuan regenerasi ini sangat berguna untuk bertahan hidup. Jika diserang oleh predator, bintang laut bisa memutuskan lengannya sebagai pengalih perhatian dan kemudian melarikan diri. Keren banget, kan?

8. Memiliki Beragam Bentuk dan Warna Tubuh yang Bervariasi

fakta Unik Bintang Laut
Potret hewan Bintang laut di dekat Terumbu Karang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau bintang laut punya berbagai macam bentuk dan warna? Mereka bisa berwarna biru, jingga, ungu, hingga merah muda. Variasi warna ini nggak cuma bikin mereka cantik dipandang, tapi juga membantu mereka berkamuflase di lingkungan laut.

Bentuknya pun beragam, dari yang terlihat seperti bintang biasa hingga yang berbentuk lebih kompleks. Setiap spesies bintang laut punya ciri khas masing-masing yang membuat mereka unik. Jadi, jangan bosan-bosan melihat bintang laut, karena selalu ada yang baru untuk ditemukan!

9. Bintang Laut Memiliki Mata yang Berada di Ujung Lengan

Mungkin kamu mengira bintang laut nggak punya mata, tapi ternyata mereka punya, lho! Bintang laut memiliki mata yang terletak di ujung setiap lengannya. Mata ini memang nggak sebagus mata hewan lain, tapi cukup untuk mengenali warna dan cahaya di sekitarnya.

Dengan mata di setiap ujung lengan, bintang laut bisa melihat lingkungan sekitarnya dari berbagai sudut. Ini sangat membantu mereka dalam mencari makanan dan menghindari bahaya. Jadi, meskipun tanpa otak, mereka masih bisa bertahan hidup dengan baik.

10. Tidak Hanya 5, Ada Beberapa Spesies yang Memiliki 40 Lengan 

Bintang laut
Potret hewan Bintang laut. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pasti sering lihat bintang laut dengan lima lengan, kan? Ternyata, nggak semua bintang laut punya lima lengan, lho! Ada beberapa spesies yang punya lebih dari lima lengan, bahkan ada yang bisa punya sampai 40 lengan. Bayangkan betapa kerennya melihat bintang laut dengan banyak lengan yang bergerak sekaligus!

Lengan-lengan tambahan ini bukan hanya hiasan, tapi juga membantu bintang laut dalam bergerak dan mencari makanan. Dengan lebih banyak lengan, mereka bisa menjelajah lebih luas dan menangkap mangsa dengan lebih efisien. Seru kan, mengetahui kalau bintang laut punya banyak variasi yang menarik?

11. Bintang Laut Hanya Bisa Bertahan 28 Jam Untuk Hidup di Luar Air

Bintang Laut
Potret Hewan Bintang laut di pinggir pantai. Sumber: IST

Beberapa spesies bintang laut ternyata bisa bertahan hidup di luar air selama sekitar 28 jam. Kemampuan ini sangat berguna jika mereka terdampar di pantai atau saat air surut. Adaptasi ini memungkinkan mereka untuk bertahan hidup sementara sampai mereka bisa kembali ke air.

Ketahanan ini menunjukkan betapa tangguhnya bintang laut dalam menghadapi berbagai kondisi lingkungan. Jadi, kalau kamu menemukan bintang laut di pantai, jangan khawatir, mereka punya cara untuk bertahan hidup sampai air pasang kembali.

12. Memiliki Ratusan Kaki Tabung untuk Menangkap Mangsa

Bintang laut
Potret hewan Bintang laut berwarna Pink. Sumber: IST

Bintang laut memiliki ratusan kaki tabung yang terletak di bagian bawah tubuh mereka. Kaki-kaki ini berbentuk tabung kecil yang membantu mereka bergerak dan menangkap mangsa. Dengan kaki tabung ini, bintang laut bisa merayap di dasar laut atau memanjat bebatuan dengan mudah.

Selain untuk bergerak, kaki tabung juga berfungsi untuk memegang mangsa seperti kerang dan remis. Kaki tabung ini dilengkapi dengan cangkir hisap kecil yang sangat kuat, memungkinkan mereka membuka cangkang kerang yang keras. Luar biasa, kan, kemampuan kaki tabung bintang laut?

13. Menggunakan Cangkir Hisap Kecil untuk Mengambil Makanan 

Bintang laut punya cara makan yang unik dan mungkin agak mengejutkan, Sobat. Mereka memakan kerang, remis, dan hewan-hewan laut lainnya dengan cara yang berbeda dari kebanyakan hewan. Saat menangkap mangsa, mereka menggunakan cangkir hisap kecil di kaki tabung mereka untuk mencengkeram makanan.

Yang menarik, bintang laut akan mengeluarkan perutnya dari mulut untuk mencerna makanan di luar tubuh mereka! Setelah selesai makan, perut mereka akan kembali masuk ke dalam tubuh. Proses makan yang unik ini memungkinkan mereka untuk mengonsumsi mangsa yang lebih besar dari mulut mereka.

14. Spesies Bunga Matahari Hidup di Samudra Pasifik

Bunga Matahari
Potret Bintang lau spesie Bunga Matahari. Sumber: IST

Salah satu spesies bintang laut yang menarik adalah bintang laut bunga matahari yang hidup di Samudra Pasifik Timur. Spesies ini dikenal karena ukuran dan jumlah lengannya yang banyak. Dengan lebih dari 20 lengan, bintang laut bunga matahari terlihat sangat unik dan berbeda dari bintang laut lainnya.

Habitatnya yang berada di perairan dalam membuatnya jarang terlihat oleh manusia. Namun, keunikan dan keindahannya membuat bintang laut bunga matahari menjadi salah satu spesies yang paling menarik untuk dipelajari.

15. Mereka Adalah Hewan Bentos, Hidup di Dasar Laut

Bintang Laut.
Potret Hewan Bintang Laut. Sumber: IST

Bintang laut adalah hewan bentos, yang berarti mereka hidup di dasar laut. Mereka bisa ditemukan di perairan dangkal hingga kedalaman laut yang cukup dalam. Habitat ini memberikan mereka perlindungan dan sumber makanan yang melimpah.

Adaptasi bintang laut terhadap kehidupan di dasar laut membuat mereka sangat tangguh. Mereka bisa menempel pada bebatuan atau pasir dengan kuat, dan bergerak dengan lambat untuk mencari makanan. Kehidupan di dasar laut ini juga membantu mereka menghindari predator yang mungkin mengancam.

16. Memiliki Tubuh yang Keras dan Berduri

Bintang laut.
Potret hewan Bintang laut. Sumber: IST

Bintang laut memiliki tubuh yang keras dan beberapa spesies bahkan memiliki duri di permukaan tubuhnya. Duri-duri ini terbuat dari kalsium karbonat yang sangat kuat, memberikan perlindungan ekstra dari predator. Sentuhan tubuh bintang laut yang keras dan berduri membuat mereka sulit dimakan oleh musuh alami.

Fungsi duri ini tidak hanya untuk perlindungan, tapi juga membantu mereka dalam bergerak dan menavigasi di lingkungan laut yang keras. Jadi, selain indah, bintang laut juga sangat tangguh dan penuh strategi untuk bertahan hidup.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itu tadi 16 fakta unik tentang bintang laut yang mungkin belum kamu ketahui. Dari tidak memiliki otak dan darah hingga kemampuan regenerasi yang luar biasa, bintang laut memang makhluk yang menakjubkan. Setiap fakta membawa kita lebih dekat mengenal kehidupan bintang laut yang penuh keajaiban.

Semoga dengan mengetahui fakta-fakta ini, kamu jadi semakin menghargai dan peduli dengan keberadaan bintang laut di laut kita. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan laut dan lingkungan sekitar agar bintang laut dan makhluk laut lainnya tetap bisa hidup dan berkembang dengan baik. Tetap semangat belajar hal-hal baru, ya, Sobat!

REFERENSI

  • National Aquarium. “Fun Facts About Starfish.” Diakses dari https://www.national-aquarium.co.uk/blog/fun-facts-about-starfish/
  • GridKids. “15 Fakta Menarik Bintang Laut, Hewan Lambat yang Mampu Hidup Hingga Puluhan Tahun.” Diakses dari https://kids.grid.id/read/473802800/15-fakta-menarik-bintang-laut-hewan-lambat-yang-mampu-hidup-hingga-puluhan-tahun?page=all
  • Bobo Grid. “Jadi Hewan Tanpa Otak dan Darah, Ini 6 Fakta Unik Bintang Laut.” Diakses dari https://bobo.grid.id/read/083391283/jadi-hewan-tanpa-otak-dan-darah-ini-6-fakta-unik-bintang-laut?page=all
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *