Fakta Unik

10 Fakta Unik Siput, Si Lamban yang Bisa Membuahi Telurnya Sendiri

56
×

10 Fakta Unik Siput, Si Lamban yang Bisa Membuahi Telurnya Sendiri

Sebarkan artikel ini
fakta unik siput
10 Fakta Unik Siput, Si Lamban yang Bisa Membuahi Telurnya Sendiri. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa yang pernah melihat siput di halaman rumah atau taman? Hewan avertebrata yang sering kita temui ini ternyata punya banyak hal menarik yang jarang kita ketahui, lho. 

Meski sering dianggap sebagai hama, siput sebenarnya punya banyak keunikan yang bikin kita tercengang. Mulai dari jumlah giginya yang ribuan hingga darahnya yang berwarna biru, semua akan kita kupas tuntas di artikel ini.

Siput adalah kelompok moluska, yaitu hewan dengan tubuh lunak. Mereka bisa ditemukan hampir di seluruh penjuru dunia, dari dasar laut yang dalam hingga puncak-puncak gunung.  Siput memang terkenal dengan gerakannya yang lambat, tapi siapa sangka ternyata ada loh perlombaan siput

Penasaran, kan?! Nah, di artikel ini kita akan bahas segala hal unik tentang siput, Sob. Jadi, yuk kita simak bareng-bareng dan temukan fakta unik siput yang mungkin belum kalian tahu sebelumnya!

1. Ada Lebih dari 40 Ribu Jenis Siput di Dunia

fakta unik siput
Potret hewan Siput. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau ada lebih dari 40.000 jenis siput di dunia? Iya, kalian nggak salah baca! Dari yang hidup di laut, sungai, sampai di daratan, siput punya variasi jenis yang luar biasa banyak. 

Beberapa siput bisa hidup di laut dalam yang gelap, sementara yang lain suka berkeliaran di hutan basah atau taman kita. Keanekaragaman jenis ini membuat siput jadi salah satu kelompok hewan yang paling beragam di planet ini.

Contohnya, ada siput laut yang punya cangkang berwarna-warni, dan ada juga siput darat yang cangkangnya polos tapi sangat kuat. Ada juga siput kecil yang hampir nggak kelihatan, dan siput raksasa. Keunikan ini bikin dunia siput jadi sangat menarik untuk dipelajari.

2. Bisa Ditemukan di Berbagai Macam Habitat

Siput
Potret hewan Siput air laut. Sumber: IST

Siput ternyata bisa hidup di berbagai macam habitat, lho. Mereka bisa kita temukan di air laut, air tawar, dan di daratan. Kemampuan beradaptasi yang luar biasa ini membuat siput bisa bertahan hidup hampir di mana saja. 

Misalnya, siput di laut yang biasanya punya cangkang lebih keras untuk melindungi diri dari predator, sementara siput di darat punya cara khusus untuk menjaga kelembapan tubuhnya.

Kehadiran siput di berbagai habitat ini juga penting banget buat ekosistem. Mereka membantu mengurai bahan organik yang membusuk dan menjadi makanan bagi hewan lain. Jadi, meskipun kecil, siput punya peran besar dalam menjaga keseimbangan alam.

3. Siput Tanah Afrika Raksasa, Siput Terbesar di Dunia

Siput
Potret Siput Tanah Afrika raksasa. Sumber: KERRY SHERIDAN/AFP PHOTO

Nah, Sobat Suka Fakta, ternyata ada loh siput yang ukurannya jumbo! Penasaran, kan?! Ini dia, namanya Siput tanah Afrika raksasa, salah satu siput terbesar di dunia. Bayangkan, ukurannya bisa mencapai 15 inci! 

Siput ini hidup di daerah tropis dan subtropis Afrika, dan mereka suka makan berbagai macam tumbuhan. Ukurannya yang besar itu membuat siput tanah Afrika raksasa sering jadi perhatian di mana pun mereka berada.

Ukuran mereka yang besar juga membuat mereka lebih tahan terhadap predator dibandingkan siput yang lebih kecil. Namun, mereka juga butuh lebih banyak makanan untuk bertahan hidup. Jadi, kalau kalian lihat siput besar ini, itu tandanya lingkungan tempat mereka hidup cukup kaya akan sumber makanan.

4. Siput Terkecil di Dunia Memiliki Ukuran 0,03 Inci

hewan siput
Potret hewan siput terkecil di dunia. Sumber: Dok. liputan6.com

Dari yang terbesar, sekarang kita beralih ke siput terkecil, Sobat Suka Fakta! Ada juga, lho, siput yang ukurannya sangat kecil. Bayangin, ukurannya kurang dari 0,03 inci!

Siput ini hampir tidak bisa terlihat dengan mata telanjang dan hidup di lingkungan yang sangat spesifik. Menemukan siput sekecil ini tentu bukan hal yang mudah. Peneliti sering kali harus menggunakan alat bantu khusus untuk melihat dan mempelajari mereka.

Meski kecil, siput ini tetap punya semua fitur khas siput lainnya, seperti cangkang dan tentakel. Mereka juga berperan penting dalam ekosistem, membantu menguraikan bahan organik mikro dan menjadi bagian dari rantai makanan yang lebih besar. 

5. Bukan Kelompok Mamalia atau Reptil

siput
Potret cangkang siput. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siput memang hewan yang unik. Mereka bukan mamalia seperti kita, atau reptil seperti kadal. Siput adalah bagian dari kelompok yang disebut gastropoda. 

Gastropoda ini adalah kelompok moluska yang sangat beragam dan mencakup banyak spesies, termasuk siput dan bekicot. Istilah “gastropoda” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “kaki perut”, karena siput menggunakan bagian bawah tubuhnya untuk bergerak. 

Siput juga memiliki struktur tubuh yang unik, dengan cangkang sebagai rumah mereka yang juga berfungsi sebagai perlindungan dari predator. Jadi, meskipun kecil, siput punya cara hidup yang sangat berbeda dibandingkan hewan lain yang mungkin lebih kita kenal.

6. Memiliki Ribuan Gigi

Siput
Potret hewan Siput. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, ini mungkin salah satu fakta yang paling mengejutkan tentang siput. Yup! Mereka memiliki ribuan gigi! Iya, benar sekali, di balik mulut kecilnya, siput punya antara 2.000 hingga 8.000 gigi yang tersusun rapi pada struktur yang disebut radula. 

Gigi-gigi ini digunakan untuk mengikis makanan, mirip seperti parutan keju. Dengan giginya yang banyak, siput bisa memakan berbagai jenis makanan, mulai dari daun, buah, hingga lumut. 

Gigi-gigi kecil ini sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka, karena membantu memecah makanan menjadi bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dicerna. Jadi, meskipun tampak sederhana, tapi ternyata siput memiliki alat makan yang sangat canggih!

7. Cangkangnya Memiliki Fungsi yang Sangat Penting 

Siput
Potret hewan Siput. Sumber: IST

Selanjutnya, mari kita bahas tentang cangkang siput. Cangkang ini bukan cuma hiasan atau rumah buat siput, tapi juga pelindung utama mereka. Ketika merasa terancam, siput akan masuk ke dalam cangkangnya untuk melindungi diri dari predator. 

Cangkang ini tumbuh bersama dengan siput, mengikuti perkembangan tubuhnya. Proses pertumbuhan cangkang ini disebut biomineralisasi, di mana siput menghasilkan mineral untuk memperkuat cangkangnya. 

Menariknya, sebagian besar cangkang siput tumbuh dengan pola spiral yang mengikuti arah jarum jam. Cangkang ini juga berfungsi sebagai penahan kelembapan, sangat penting bagi siput darat yang harus menjaga tubuhnya agar tetap lembap.

8. Bisa Membuahi Telurnya Sendiri Tanpa Perlu Pasangan

Telur siput
Potret telur siput. Sumber: IST

Siput adalah hermafrodit, yang berarti mereka memiliki organ reproduksi jantan dan betina sekaligus. Dengan kata lain, siput bisa membuahi telurnya sendiri tanpa perlu pasangan. Namun, mereka tetap bisa kawin dengan siput lain untuk meningkatkan variasi genetik.

Kemampuan ini sangat berguna bagi siput, terutama ketika populasi mereka rendah atau lingkungan tidak mendukung. Meskipun bisa membuahi sendiri, perkawinan tetap menjadi cara utama mereka bereproduksi. 

Proses kawin pada siput bisa memakan waktu berjam-jam, dan setelah itu, mereka bisa menghasilkan ratusan telur yang siap menetas menjadi siput-siput kecil. Menarik banget, kan, Sob? Fakta-fakta ini baru sebagian kecil dari keunikan dunia siput. Masih ada beberapa fakta menarik lainnya yang akan kita bahas.

9. Hewan Berdarah Biru

Sobat Suka Fakta, kamu tau gak kalo darah siput ternyata berwarna biru! Kok bisa? Jadi, darah siput, yang disebut hemolimfa, mengandung tembaga, bukan zat besi seperti darah kita. 

Ketika tembaga ini mengikat oksigen, darahnya berubah menjadi biru pucat atau abu-abu. Perbedaan ini sangat menarik karena sebagian besar hewan vertebrata menggunakan zat besi dalam darah mereka, yang membuat darah berwarna merah saat mengikat oksigen. 

Hemolimfa pada siput tidak bersirkulasi dalam pembuluh darah seperti darah kita, tapi mengelilingi dan membasahi semua organ tubuh mereka. Ini cara yang unik dan efisien untuk memastikan semua bagian tubuh mereka mendapat cukup oksigen.

10. Siput Gelandangan, Siput Tercepat yang Bisa Bergerak 17,6 Meter per Jam

Siput
Potret hewan Siput gelandangan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa bilang siput itu lambat? Memang benar siput umumnya dikenal lambat, tapi ada satu jenis siput yang bisa dibilang “cepat” untuk ukuran siput. Ia adalah siput gelandangan (Deroceras invadens). 

Siput gelandangan ini tercatat sebagai siput tercepat yang tercatat bisa bergerak dengan kecepatan hingga 17,6 meter per jam. Wah, lumayan cepat, ya, kalau dibandingkan dengan siput lain!

Kecepatan ini membantu mereka untuk mencari makanan dan menghindari predator lebih efektif. Meski begitu, siput ini tetap tergolong lambat jika dibandingkan dengan hewan lain. Namun, kecepatan ini cukup untuk membuat mereka menonjol di antara komunitas siput lainnya.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, kita sudah menelusuri sepuluh fakta unik siput yang pastinya bikin kita semua kagum. Dengan begitu banyak keunikan, kita jadi tau bahwa siput bukan hanya sekadar hewan kecil yang sering kita temui di kebun atau taman. Mereka memainkan peran penting dalam ekosistem, membantu mengurai bahan organik 

Jadi, lain kali kalian melihat siput, ingatlah bahwa mereka adalah makhluk yang luar biasa dengan banyak cerita menarik di balik cangkangnya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian dan membuat kalian lebih menghargai keberadaan siput di sekitar kita. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, Sob!

REFERENSI

  • Kids Grid. (n.d.). 10 Fakta Menarik Siput: Makhluk Bercangkang yang Tak Bisa Lari Kencang. Retrieved from https://kids.grid.id/read/473836280/10-fakta-menarik-siput-makhluk-bercangkang-yang-tak-bisa-lari-kencang?page=all&lgn_method=google
  • Royal Horticultural Society (RHS). (n.d.). Slug Facts. Retrieved from https://www.rhs.org.uk/wildlife/slug-facts
  • Bobo Grid. (n.d.). 7 Fakta Unik Siput: Punya Ribuan Gigi hingga Punya Kaki. Retrieved from https://bobo.grid.id/read/083681178/7-fakta-unik-siput-punya-ribuan-gigi-hingga-punya-kaki?page=all
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *