Fakta Unik

Mengenal Kucing Donskoy, Kucing Tanpa Bulu yang Berotot

59
×

Mengenal Kucing Donskoy, Kucing Tanpa Bulu yang Berotot

Sebarkan artikel ini
Kucing Donskoy
Mengenal Kucing Donskoy, Kucing Tanpa Bulu yang Berotot. Sumber: m.kucing.biz

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita bakal ngobrolin soal salah satu ras kucing yang unik banget, yaitu kucing Donskoy. Mungkin ada yang belum pernah dengar tentang kucing ini, tapi tenang aja, kita bakal bahas semuanya sampai tuntas. 

Kucing Donskoy ini punya penampilan yang beda dari kucing lain karena mereka nggak punya bulu dan tubuhnya berotot. Nah, selain penampilannya yang unik, kucing Donskoy juga punya kepribadian yang luar biasa. Mereka cerdas, setia, dan penyayang banget, sama kaya kucing Bambino

Di artikel ini, kita bakal bahas sejarah kucing Donskoy, karakteristik fisiknya, kepribadiannya, sampai cara merawat mereka. Jadi, jangan ke mana-mana, tetap di sini ya, Sobat Suka Fakta! Yuk, kita mulai dengan sejarah dan asal usul kucing Donskoy dulu.

Sejarah Kucing Donskoy

Ras Kucing
Potret kucing pertama kali ditemukan, Rostov-on-Don. Sumber: istockphoto.com

Sobat Suka Fakta, ras kucing yang satu ini pertama kali ditemukan di Rostov-on-Don, Rusia, pada tahun 1987. Jadi ceritanya, ada seorang profesor bernama Elena Kovaleva yang menemukan anak kucing malang yang disiksa oleh anak-anak. Elena kemudian membawa pulang anak kucing itu dan menamainya Varvara.

Awalnya, Elena mengira bahwa rambut yang rontok dari Varvara disebabkan oleh stres. Tapi ternyata, ketika Varvara melahirkan anak-anak kucing beberapa tahun kemudian, beberapa anak kucing itu juga lahir tanpa rambut, dan yang lainnya kehilangan rambutnya seiring waktu. 

Dari sini, seorang peternak kucing profesional bernama Irina Nemikina melihat potensi untuk menciptakan ras baru yang unik. Irina mulai mengembangbiakkan kucing-kucing ini, dan akhirnya ras Donskoy pun lahir. 

Kucing Donskoy dikenal dengan gen unik mereka yang menyebabkan rambut rontok, berbeda dengan gen resesif pada kucing Sphynx. Ras ini mendapatkan pengakuan dari Federasi Kucing Dunia pada tahun 1997 dan TICA pada tahun 2005. 

Ciri-ciri Kucing Donskoy

Kucing Donskoy
Potret fisik Kucing Donskoy. Sumber: id.pinterest.com

Sobat Suka Fakta, kucing Donskoy punya ukuran sedang dengan tubuh yang berotot dan kulit keriput. Beratnya bisa mencapai 6-14 pon, dan tingginya sekitar 11-12 inci.

Paling menonjol dari kucing ini tentu saja adalah bulunya, atau lebih tepatnya, ketidakadaan bulunya. Kucing Donskoy punya empat jenis bulu, yaitu gundul karet, berbondong-bondong, velour, dan sikat. Meskipun terlihat tanpa bulu, sebenarnya mereka punya lapisan bulu halus yang sangat tipis.

Selain itu, kucing Donskoy punya ciri khas seperti telinga besar, mata berbentuk almond, dan jari-jari kaki yang panjang serta ramping. Penampilan mereka yang unik ini bikin mereka mudah dikenali dan pastinya menarik perhatian.

Kepribadian Kucing Donskoy yang Setia dan Cerdas

Sobat Suka Fakta, kucing ini bukan cuma unik dari segi penampilan, tapi juga dari sifat dan kepribadian mereka. Kucing Donskoy dikenal setia, penyayang, dan cerdas. Mereka sangat mudah dilatih, jadi kalau kamu suka mengajarkan trik-trik baru ke hewan peliharaanmu, kucing Donskoy bakal jadi teman yang sempurna.

Kucing ini juga sangat sosial. Mereka suka berada di sekitar manusia dan hewan peliharaan lainnya. Kalau kamu punya hewan peliharaan lain di rumah, kucing Donskoy bisa beradaptasi dengan baik asal diperkenalkan dengan benar. 

Mereka juga suka bermain dan bisa mengikuti pemiliknya ke mana-mana di dalam rumah. Satu lagi yang menarik, kucing Donskoy punya kecerdasan tinggi. Mereka bisa diajari berbagai trik dan perintah sederhana. 

Jadi, buat kamu yang suka menghabiskan waktu bermain dan berinteraksi dengan kucing, kucing Donskoy bakal jadi teman yang menyenangkan.

Cara Merawat Kucing Donskoy

Kucing Donskoy
Potret Kucing Donskoy. Sumber: pet-care.id

Sobat Suka Fakta, kucing Donskoy memang nggak punya bulu tebal, tapi mereka tetap butuh perawatan khusus, lho. Berikut perawatan yang dibutuhkan oleh kucing Donskoy

Kebutuhan Perawatan Kulit

Seperti yang sudah kita tau, kucing Donskoy nggak punya bulu yang tebal, oleh karena kulit mereka jadi lebih rentan terhadap minyak, kotoran, dan iritasi. Makanya, mereka perlu dimandikan secara rutin, sekitar satu atau dua minggu sekali. 

Gunakan sampo khusus yang lembut dan dirancang untuk kulit sensitif. Selain itu, pastikan kamu mengeringkan kulit mereka dengan baik setelah mandi untuk mencegah masalah jamur.

Perawatan Kuku dan Telinga

Kuku kucing Donskoy juga perlu dipotong secara teratur. Kucing indoor biasanya nggak punya banyak kesempatan untuk mengasah kuku mereka secara alami, jadi pemotongan rutin sangat penting. Kamu bisa menggunakan gunting kuku khusus untuk kucing atau membawanya ke salon hewan peliharaan.

Selain itu, telinga kucing Donskoy cenderung menumpuk kotoran karena nggak ada bulu pelindung. Bersihkan telinga mereka secara rutin dengan bola kapas dan cairan pembersih telinga hewan peliharaan. Tapi ingat, jangan pernah memasukkan apa pun ke dalam saluran telinga mereka.

Perawatan Gigi

Kesehatan gigi juga penting untuk kucing Donskoy. Mereka rentan terhadap penyakit gusi dan kerusakan gigi, jadi pastikan kamu menyikat gigi mereka secara teratur. Gunakan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk kucing yang bisa kamu dapatkan di pet shop.

Kucing Donskoy Membutuhkan Banyak Makanan

Kucing Donskoy
Potret makanan Kucing Donskoy. Sumber: chewy.com

Selanjutnya, kita bahas soal kesehatan dan nutrisi kucing Donskoy, Sobat Suka Fakta. Kucing ini memang punya kebutuhan khusus yang harus diperhatikan.

Masalah Kesehatan Umum

Beberapa masalah kesehatan yang sering dialami kucing Donskoy antara lain alergi, masalah gigi, dan masalah kulit. Kulit mereka yang tidak terlindungi bulu menyebabkan mereka rentan terhadap sengatan matahari dan infeksi kulit. 

Jadi, pastikan kucing Donskoy kamu selalu terjaga dari sinar matahari langsung dan diberi perawatan kulit yang baik.

Masalah Kesehatan Serius

Selain itu, ada juga masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung, masalah pernapasan, dan asma. Kucing Donskoy bisa mengalami kardiomiopati hipertrofik, yaitu kondisi di mana otot jantung menebal dan menyebabkan masalah dalam memompa darah. Infeksi saluran pernapasan atas juga cukup umum, jadi selalu perhatikan tanda-tanda masalah pernapasan pada kucingmu.

Nutrisi dan Asupan

Kucing Donskoy memiliki metabolisme yang lebih cepat dibandingkan kucing lainnya, jadi mereka membutuhkan lebih banyak kalori. Jadi, pastikan kamu memberikan makanan berkualitas tinggi yang kaya protein dan nutrisi. 

Hindari makanan yang mengandung bahan pengisi seperti gandum, jagung, atau kedelai. Beberapa merk makanan kucing yang direkomendasikan untuk kucing Donskoy antara lain Blue Buffalo, Hills Science Diet, Royal Canin, dan Purina One.

Tips Mengadopsi Kucing Donskoy

Sobat Suka Fakta, setelah kita tahu banyak tentang kucing Donskoy, mungkin ada di antara kalian yang tertarik untuk memelihara kucing unik ini. Nah, sekarang kita akan bahas di mana dan bagaimana cara mendapatkan kucing Donskoy.

1. Peternak Terpercaya

Jika kamu serius ingin memiliki kucing Donskoy, langkah pertama adalah mencari peternak yang terpercaya. Peternak profesional akan memberikan informasi lengkap tentang kucing ini dan memastikan kamu mendapatkan kucing yang sehat dan telah dirawat dengan baik. 

Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu tentang peternak yang ingin kamu hubungi. Cek ulasan dan rekomendasi dari pembeli sebelumnya agar kamu tidak tertipu oleh peternak abal-abal.

2. Tempat Penampungan

Pilihan lainnya adalah mencari kucing Donskoy di tempat penampungan hewan atau organisasi penyelamat. Meskipun kucing Donskoy cukup langka, ada kemungkinan kamu bisa menemukannya di sana. 

Mengadopsi dari tempat penampungan juga merupakan langkah yang baik untuk memberikan rumah baru bagi hewan yang membutuhkan. Namun, perlu diingat bahwa ketersediaan kucing Donskoy di tempat penampungan mungkin tidak selalu ada.

3. Harga Kucing Donskoy

Kucing Donskoy termasuk ras yang cukup mahal. Harga seekor kucing Donskoy bisa berkisar antara USD500 hingga USD2.500, tergantung pada kualitas, usia, dan asal-usulnya. Kucing yang berasal dari peternak terkemuka biasanya memiliki harga lebih tinggi, tetapi kamu bisa memastikan mereka sehat dan dirawat dengan baik.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itu dia informasi lengkap tentang kucing Donskoy. Hewan ini memang memiliki penampilan yang unik dengan tubuh tanpa bulu dan berotot, sekaligus juga punya kepribadian yang luar biasa.

Merawat kucing Donskoy memang memerlukan perhatian khusus, terutama dalam menjaga kebersihan kulit mereka dan melindunginya dari sinar matahari. Namun, dengan perawatan yang tepat, kucing ini bisa menjadi hewan peliharaan yang sehat dan bahagia.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sob. Semoga informasi yang SukaFakta bagikan bisa bermanfaat bagi kamu, ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Adams, Christian. “Ras Kucing Donskoy: Info, Gambar, Temperamen & Sifat.” Catster. Terakhir diperbarui pada 8 Mei 2024. Diakses dari https://www.catster.com/cat-breeds/donskoy/.
  • Wisdom Panel. “Donskoy.” Wisdom Panel. Diakses dari https://www.wisdompanel.com/en-us/cat-breeds/donskoy.
  • Lower, Jennifer. “Donskoy: Profil, Karakteristik & Perawatan Ras Kucing.” The Spruce Pets. Diperbarui pada 15 September 2023. Diakses dari https://www.thesprucepets.com/donskoy-cat-breed-profile-4777828.
  • Petful. “Donskoy.” Petful. Diakses dari https://www.petful.com/cat-breeds/donskoy/.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *