Fakta Unik

7 Fakta Kucing Savannah, Kucing Mahal Mirip Macan Tutul

50
×

7 Fakta Kucing Savannah, Kucing Mahal Mirip Macan Tutul

Sebarkan artikel ini
Kucing Savannah
7 Fakta Kucing Savannah, Kucing Mahal Mirip Macan Tutul. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Setelah sebelumnya kita mengulik tentang kucing ashera, sekarang saatnya kita ngobrol tentang kucing Savannah. Pernah dengar tentang kucing ini? 

Kucing ini terkenal karena penampilannya yang super eksotis yang mirip macan tutul. So, gak heran kalo kucing ini jadi pilihan top buat pecinta hewan yang cari peliharaan bukan cuma cantik, tapi juga penuh energi dan cerdas. 

Di balik pesonanya yang bikin kita terpesona, ada banyak fakta menarik tentang kucing Savannah yang mungkin belum banyak orang tahu. Mulai dari asal-usulnya yang unik karena persilangan dengan kucing liar Afrika sampai kebiasaannya yang suka banget main air.

Nah, dalam artikel ini, kita bakal bahas tuntas tujuh fakta menarik tentang kucing Savannah. Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang penasaran atau lagi mikir-mikir mau pelihara kucing Savannah, yuk ikutin terus artikel ini sampai selesai! Dijamin, kamu bakal makin jatuh cinta sama kucing yang satu ini!

1. Kucing Savannah Adalah Hasil Silang Kucing Liar Afrika dan Domestik

Kucing Savannah
Potret Kucing Savannah. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ternyata, kucing Savannah adalah hasil kawin silang antara kucing serval liar dari Afrika dan kucing domestik. Nah, perpaduan ini menghasilkan kucing dengan penampilan eksotis dan temperamen yang unik.

Kucing Savannah pertama kali dikembangbiakkan pada tahun 1986. Anak kucing pertama dari hasil persilangan ini diberi nama Savannah, dan dari situlah nama ras ini berasal. 

Awalnya, kucing ini cuma dikenal oleh segelintir orang saja, tapi seiring waktu, popularitasnya meningkat pesat. Bahkan, pada tahun 2001, The International Cat Association (TICA) secara resmi mengakui kucing Savannah sebagai ras kucing baru.

Jadi, dari sini kita bisa lihat betapa uniknya asal usul kucing Savannah ini. Yuk, lanjut ke fakta berikutnya!

2. Memiliki Bulu Corak Bintik-bintik Seperti Macan Tutul

Kucing Savannah.
Potret corak Kucing Savannah. Sumber: id.theasianparent.com

Sekarang, kita masuk ke fakta kedua, Sobat Suka Fakta! Penampilan kucing Savannah memang bikin kita langsung terpesona. Mereka punya bulu berbintik-bintik yang mirip banget sama macan tutul. 

Bukan cuma bulunya aja yang bikin mereka menarik, tapi juga bentuk tubuhnya yang langsing dengan kaki panjang, bikin mereka terlihat anggun dan eksotis.

Kucing Savannah ini juga punya tinggi badan yang bisa bikin kaget. Beberapa dari mereka bahkan memegang rekor sebagai kucing domestik tertinggi di dunia! 

Bayangin aja, ada yang tingginya bisa mencapai 19 inci. Warna bulunya juga beragam, mulai dari hitam, coklat, silver, hingga warna-warna yang lebih jarang seperti kayu manis dan biru.

Penampilan fisik kucing Savannah yang begitu eksotis dan menarik ini pastinya jadi salah satu alasan kenapa banyak orang kepincut buat memelihara mereka. 

3. Kucing Savannah Memiliki Kepribadian Seperti Anjing

Kucing Savannah
Potret Kucing Savannah. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, fakta ketiga ini pasti bikin kamu makin penasaran sama kucing Savannah. Ternyata, kucing Savannah punya kepribadian yang mirip banget sama anjing. Kebayang nggak, kucing tapi persis kayak anjing?

Kucing Savannah dikenal sangat loyal dan cepat menciptakan ikatan kuat dengan pemiliknya. Mereka sering mengikuti pemiliknya ke mana-mana, bahkan suka diajak bermain dan berinteraksi. 

Mereka bukan tipe kucing yang suka menyendiri, malah sebaliknya, mereka sangat sosial dan suka banget terlibat dalam aktivitas keluarga. Jadi, buat kamu yang suka anjing, punya kucing Savannah bisa jadi pilihan yang tepat karena kepribadian mereka yang serupa. 

Mereka suka bermain, berlari, dan bisa diajak jalan-jalan dengan tali kekang. Menarik banget kan, punya kucing dengan kepribadian yang begitu unik?! 

4. Kucing Savannah Masuk Dalam Kategori Ras Kucing yang Paling Cerdas

Kucing Savannah
Potret Kucing Savannah. Sumber: agronet.co.id

Sobat Suka Fakta, kamu tahu nggak sih, kucing Savannah itu termasuk salah satu ras kucing yang paling cerdas? Yup! Mereka bisa belajar banyak trik yang biasanya kita lihat pada anjing.

Kucing Savannah mudah sekali dilatih untuk melakukan berbagai perintah, seperti mengambil mainan, membuka pintu, bahkan memutar keran. Mereka juga bisa diajari berjalan dengan tali kekang, yang biasanya sulit bagi kebanyakan kucing. 

Selain itu, mereka merespons dengan baik terhadap clicker training, metode pelatihan yang menggunakan bunyi clicker sebagai penanda perilaku yang diinginkan. Kecerdasan kucing Savannah ini nggak cuma bikin mereka lebih mudah dilatih, tapi juga membuat mereka selalu ingin tahu dan suka menjelajah. 

Jadi, jangan heran kalau kucing Savannah kamu tiba-tiba menemukan cara membuka lemari atau mencari tahu bagaimana cara keluar dari ruangan. Seru kan punya kucing yang pintar dan penuh rasa ingin tahu?

5. Mereka Tidak Suka Banyak Tidur, Lebih Senang Melakukan Banyak Aktivitas 

Kucing
Potret Kucing Savannah sedang bermain. Sumber: Meowwiki.com

Sobat Suka Fakta, kucing Savannah dikenal memiliki energi yang sangat tinggi. Mereka bukan tipe kucing yang suka tidur sepanjang hari, malah sebaliknya, mereka selalu aktif dan butuh melakukan banyak aktivitas untuk menyalurkan energinya.

Oleh sebab itulah, kucing Savannah memerlukan banyak latihan dan stimulasi setiap hari. Mereka suka berlari, melompat, dan bermain. Jadi, pastikan kamu menyediakan banyak mainan dan ruang untuk mereka bermain.

Jika kucing Savannah tidak mendapatkan cukup latihan, mereka bisa menjadi gelisah dan destruktif. Hal ini bisa membuat mereka mulai bermain kasar dengan furnitur atau benda-benda rumah tangga lainnya. 

Untuk menjaga mereka tetap bahagia dan sehat, kamu bisa mengajak mereka bermain lempar tangkap, menyediakan pohon kucing untuk mereka panjat, atau berjalan-jalan dengan tali kekang.

6. Beda Dari Kucing Lainnya, Savannah Sangat Cinta pada Air

 Kucing Savannah
Potret Kucing Savannah Sedang bermain air. Sumber: muffingraphics.com

Ini dia fakta keenam yang pasti bikin kamu makin tertarik, Sobat Suka Fakta! Kebanyakan kucing biasanya menghindari air, kan? Tapi, kucing Savannah justru kebalikannya. 

Kucing ini justru suka banget main air dan bahkan berenang. Nggak heran kalau mereka sering kali ditemukan bermain-main di dekat air. Jadi, kalau kamu punya kucing Savannah, jangan kaget kalau mereka suka ikut masuk ke kamar mandi atau bermain air di wastafel. 

Mereka juga nggak masalah kalau harus dimandikan, malah bisa jadi pengalaman yang menyenangkan buat mereka. Ini tentunya jadi kelebihan tersendiri bagi kucing Savannah, karena memudahkan pemilik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaannya.

Jadi, kalau kamu suka main air atau berenang, punya kucing Savannah bisa jadi teman yang asyik. Mereka nggak cuma akan menemani kamu bermain, tapi juga bisa membuat waktu mandi jadi lebih seru. 

7. Memiliki Keindahan yang Luar Biasa Membuat Harga Savannah Cukup Mahal 

Kucing Savannah.
Potret Kucing Savannah. Sumber: a1savannahs.com

Sobat Suka Fakta, sekarang kita masuk ke fakta ketujuh yang nggak kalah menarik, yaitu harga kucing Savannah yang cukup tinggi dan alasan di baliknya. Mungkin kamu udah denger kalau kucing Savannah itu mahal banget. Tapi, apa sih yang bikin harganya bisa setinggi itu?

Pertama, perlu kamu tahu bahwa harga kucing Savannah sangat dipengaruhi oleh generasinya. Kucing Savannah terbagi menjadi beberapa generasi, mulai dari F1 hingga F6. 

Generasi F1 adalah hasil langsung dari kawin silang antara kucing serval liar dan kucing domestik, sehingga mereka memiliki persentase DNA serval yang lebih tinggi. Generasi F1 ini sulit dikembangbiakkan dan jumlah anak yang dihasilkan juga sangat sedikit.

Oleh sebab itu, gak heran kalau kucing F1 Savannah bisa dihargai antara $17.000 hingga $22.000, atau sekitar Rp250 juta hingga Rp320 juta! Wow, fantastis, ya?!

Sementara untuk generasi yang lebih rendah seperti F3 hingga F6, harganya cenderung lebih murah, berkisar antara $1.000 hingga $4.000, atau sekitar Rp15 juta hingga Rp60 juta. Generasi ini lebih mudah dikembangbiakkan dan jumlah anak yang dihasilkan lebih banyak, sehingga harganya lebih terjangkau dibandingkan F1.

Selain faktor generasi, ada juga faktor jenis kelamin yang mempengaruhi harga. Kucing Savannah jantan pada generasi F1, F2, dan F3 biasanya mandul, sehingga betina lebih berharga dan mahal. Kucing betina ini penting untuk program pembiakan karena mereka dapat menghasilkan keturunan yang lebih banyak.

Kesesuaian dengan standar ras juga mempengaruhi harga kucing Savannah. Anak kucing yang memenuhi standar ras dan bisa dipertunjukkan di kompetisi biasanya dihargai lebih tinggi dibandingkan dengan anak kucing yang hanya cocok sebagai peliharaan biasa.

Selain itu, biaya pemeliharaan dan perawatan kucing Savannah juga cukup tinggi. Kucing ini memerlukan makanan berkualitas tinggi, banyak mainan, ruang yang cukup untuk beraktivitas, serta kunjungan rutin ke dokter hewan. Semua faktor ini turut menambah biaya keseluruhan dalam memelihara kucing Savannah.

Jadi, Sobat Suka Fakta, itulah alasan kenapa harga kucing Savannah bisa sangat tinggi. Meski begitu, buat kamu yang siap dan mampu merawat mereka, kucing Savannah bisa jadi teman yang luar biasa dengan segala keunikan dan keistimewaannya. Gimana, makin tertarik buat punya kucing Savannah di rumah?

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, kita sudah sampai di akhir perjalanan mengupas tuntas tujuh fakta menarik tentang kucing Savannah. Lewat artikel ini, kita jadi tahu bahwa kucing savannah adalah hasil persilangan antara kucing serval liar Afrika dan kucing domestik. 

Kepribadian kucing Savannah juga sangat menarik, karena mereka memiliki sifat yang mirip dengan anjing. Tak hanya itu, kucing Savannah juga memiliki kecerdasan yang tidak diragukan lagi. 

Salah satu keunikan kucing Savannah adalah kecintaan mereka pada air, hal ini berbeda dengan kebanyakan kucing lainnya yang tidak menyukai air. Harga kucing Savannah memang tinggi, namun itu sesuai dengan keunikan yang dimiliki oleh kucing ini. 

Nah, Sobat Suka Fakta, sebelum memutuskan untuk memelihara kucing Savannah, pastikan kamu siap dengan segala kebutuhan dan tanggung jawabnya. Kucing ini memerlukan perhatian dan perawatan khusus yang mungkin berbeda dari kucing biasa. 

Semoga artikel ini bisa memberikan kamu informasi lengkap dan bermanfaat tentang kucing Savannah. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta! 

REFERENSI

  • Cats.com. (n.d.). Savannah Cats Facts. Diakses pada 5 Juni 2024, dari https://cats.com/savannah-cats-facts.
  • Rover.com. (n.d.). 10 Fakta Mengejutkan Tentang Kucing Savannah. Diakses pada 5 Juni 2024, dari https://www.rover.com/blog/savannah-cats.
  • PetsRadar.com. (n.d.). 32 Reasons to Love Savannah Cats. Diakses pada 5 Juni 2024, dari https://www.petsradar.com/features/32-reasons-to-love-savannah-cats.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *