Fakta Unik

Mengenal Kucing Sphynx, Kucing Tanpa Bulu yang Bernilai Puluhan Juta Rupiah

67
×

Mengenal Kucing Sphynx, Kucing Tanpa Bulu yang Bernilai Puluhan Juta Rupiah

Sebarkan artikel ini
Sphynx
Mengenal Kucing Tanpa Bulu, Sphynx yang Bernilai Puluhan Juta Rupiah. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti tahu dong kalau kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling populer di dunia. Tapi, pernah nggak kalian mendengar tentang kucing yang nggak punya bulu? Yup, kali ini kita bakal bahas si kucing Sphynx yang super unik dan pastinya bikin penasaran.

Sob, gak cuma kucing bengal aja yang punya penampilan unik, kucing Sphynx juga punya penampilan yang gak biasa. Gak cuma itu, kucing Sphynx juga punya kepribadian dan perawatan yang beda dari kucing-kucing biasanya. Nggak heran kalau kucing ini bisa bernilai puluhan juta rupiah. 

Nah, di artikel ini kita bakal kupas tuntas kenapa kucing Sphynx ini bisa begitu spesial dan apa aja sih yang bikin banyak orang jatuh hati sama kucing ini. Yuk, langsung aja kita mulai petualangan mengenal kucing Sphynx ini!

Asal Usul Kucing Sphynx

Kucing Sphynx
Potret Kucing tanpa bulu. Sphynx. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau kucing Sphynx ini sebenarnya berasal dari Kanada? Mungkin kalian kira kucing tanpa bulu ini berasal dari tempat yang panas, tapi ternyata nenek moyang kucing ini justru muncul di Ontario, Kanada pada tahun 1960-an. Awalnya, kucing tak berbulu ini adalah hasil dari mutasi genetik alami. Jadi, bukan hasil rekayasa ilmiah, lho!

Kucing tak berbulu ini pertama kali dikenal luas ketika pada pertengahan tahun 1970-an, beberapa anak kucing tak berbulu lahir di Toronto dan Minnesota. Dari situlah para breeder mulai mengembangbiakkan mereka hingga akhirnya menghasilkan kucing Sphynx yang kita kenal sekarang ini. 

Kucing ini bukan satu-satunya kucing tanpa bulu di dunia, ada juga ras serupa dari Rusia yang dikenal dengan nama Donskoy. Meskipun mereka terlihat hampir sama, ketidakadaan bulu pada Sphynx disebabkan oleh gen resesif, sedangkan Donskoy oleh gen dominan.

Ciri-ciri Penampilan Kucing Sphynx

Sphynx
Potret Penampilan Kucing tanpa bulu. Sphynx. Sumber: IST

Kalau kita bicara soal penampilan, kucing Sphynx memang benar-benar mencuri perhatian. Sobat Suka Fakta, kucing Sphync memiliki tubuh mulus tanpa bulu, tapi jangan salah, kucing ini sebenarnya tidak sepenuhnya botak. 

Kulit kucing Sphynx ditutupi oleh lapisan bulu halus yang terasa seperti suede saat disentuh. Jadi, meskipun terlihat seperti tikus mol telanjang, kucing ini tetap punya bulu tipis yang lembut.

Kucing Sphynx juga dikenal dengan kulitnya yang beragam warna dan pola. Mulai dari kulit penyu, tabby, hingga warna solid, semua bisa dimiliki oleh kucing ini. Tidak hanya itu, kucing Sphynx memiliki telinga besar dan mata yang ekspresif, menambah kesan unik dan eksotis pada penampilannya.

Kepribadian Kucing Sphynx

Kucing Sphynx
Potret Kucing Sphynx sedang bermain. Sumber: IST

Selain penampilannya yang unik, kucing Sphynx juga punya kepribadian yang nggak kalah menarik. Sobat Suka Fakta, kucing Sphynx ini terkenal sangat ramah dan penuh kasih sayang. 

Mereka suka bermain dan sangat aktif, jadi jangan heran kalau kucing ini sering mengikutimu ke mana-mana di rumah. Kucing Sphynx juga dikenal sangat penyayang terhadap manusia dan hewan peliharaan lainnya. 

Mereka suka meringkuk di pangkuan pemiliknya atau bahkan bertengger di bahu. Sifat ingin tahunya yang tinggi dan kecerdasannya membuat kucing ini selalu ingin terlibat dalam segala aktivitas yang dilakukan pemiliknya.

Nah, dengan sifatnya yang energik dan suka perhatian, kucing Sphynx ini lebih cocok jadi kucing indoor. Mereka juga sering disebut-sebut sebagai kucing yang paling penyayang berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 di Journal of Veterinary Behavior.

Kucing Sphynx Harus Rutin Mandi

Sphynx.
Potret Kucing Sphynx setelah mandi. Sumber: wagbrag.com

Sobat Suka Fakta, meskipun kucing Sphynx terlihat berbeda dari kucing pada umumnya, perawatannya ternyata cukup unik dan memerlukan perhatian khusus. Kulit mereka bisa memproduksi minyak yang tidak diserap bulu seperti pada kucing lainnya. 

Maka dari itu, kucing Sphynx perlu dimandikan secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Mandi ini penting untuk menghilangkan minyak berlebih yang bisa menyebabkan iritasi kulit atau menodai perabot rumah.

Tidak hanya soal mandi, telinga kucing Sphynx juga perlu diperhatikan, karena kotoran dan sel kulit mati mudah menumpuk di dalam telinga mereka. Jadi, pastikan untuk membersihkan telinga mereka secara rutin dengan menggunakan bola kapas dan larutan pembersih telinga yang lembut.

Perawatan gigi juga tidak boleh dilupakan. Kucing Sphynx rentan terhadap penyakit periodontal, jadi penting untuk menyikat gigi mereka secara teratur. Selain itu, pastikan untuk memberikan makanan berkualitas tinggi yang kaya akan protein dan rendah karbohidrat untuk menjaga kesehatan dan energi mereka.

Cara Perawatan Kucing Sphynx

kucing Sphynx.
Potret penyakit kulit pada kucing Sphynx. Sumber: tivy.pdhidiy.or.id

Sobat Suka Fakta, meskipun kucing Sphynx umumnya sehat, ada beberapa kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kardiomiopati hipertrofik (HCM), sebuah penyakit jantung yang menyebabkan penebalan otot jantung. Penyakit ini dapat dideteksi melalui ekokardiogram, jadi pastikan kucing kalian rutin diperiksa oleh dokter hewan.

Selain itu, kucing Sphynx juga bisa rentan terhadap masalah kulit seperti urtikaria pigmentosa, yang menyebabkan ruam dan luka berkerak. Kulit mereka yang sensitif bisa memudahkan kulitnya mudah terbakar sinar matahari. Jadi penting untuk melindungi mereka dari paparan langsung sinar matahari yang berlebihan.

Tidak kalah pentingnya, perhatikan pula kesehatan gigi mereka. Kucing Sphynx rentan terhadap penyakit periodontal, jadi rutinlah melakukan pemeriksaan gigi dan memberikan perawatan yang tepat.

Fakta Menarik Kucing Sphynx

Kucing Sphynx
Potret Kucing Sphynx Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, ini dia bagian yang paling seru! Ada banyak fakta menarik tentang kucing Sphynx yang mungkin belum kalian tahu:

  • Sangat Sosial: Kucing Sphynx terkenal sangat ramah dan suka perhatian. Mereka tidak suka sendirian dan lebih suka ditemani oleh manusia atau hewan peliharaan lainnya.
  • Metabolisme Tinggi: Kucing Sphynx memiliki metabolisme yang cepat, sehingga mereka membutuhkan lebih banyak makanan dibandingkan kucing lainnya.
  • Tidak Sepenuhnya Botak: Meskipun terlihat botak, kucing Sphynx sebenarnya memiliki lapisan bulu halus yang terasa seperti suede.
  • Penampil di Budaya Populer: Kalian mungkin pernah melihat kucing Sphynx dalam film seperti “Austin Powers” sebagai Mr. Bigglesworth, atau di serial TV “Friends” sebagai kucing yang diadopsi Rachel.
  • Berbagai Warna dan Pola: Kulit kucing Sphynx bisa memiliki berbagai warna dan pola, mulai dari tabby, kulit penyu, hingga warna solid.

Dengan segala keunikan dan keistimewaannya, tidak heran kucing Sphynx menjadi salah satu ras kucing yang paling diminati dan bernilai tinggi. Sobat Suka Fakta, semakin tertarik untuk memelihara kucing Sphynx, kan?!

Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Memelihara Kucing Sphynx

Sobat Suka Fakta, sebelum memutuskan untuk memelihara kucing Sphynx, ada beberapa hal penting yang perlu kalian pertimbangkan. Kucing Sphynx memang menarik dan penuh kasih sayang, tapi mereka juga memerlukan perhatian dan perawatan khusus. Berikut beberapa poin yang perlu kalian pikirkan:

1. Biaya Adopsi dan Perawatan

  • Harga Kucing Sphynx: Kucing Sphynx termasuk salah satu ras kucing yang mahal. Harga seekor kucing Sphynx bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung dari kualitas dan keturunannya. Pastikan kalian siap dengan biaya ini sebelum memutuskan untuk mengadopsi.
  • Perawatan Rutin: Kucing Sphynx membutuhkan perawatan rutin seperti mandi mingguan, pemeriksaan kesehatan rutin, dan perawatan gigi. Biaya perawatan ini juga perlu dipertimbangkan karena bisa menjadi cukup besar.

2. Komitmen Waktu dan Perhatian

  • Perhatian Ekstra: Kucing Sphynx adalah kucing yang sangat sosial dan membutuhkan banyak perhatian. Mereka tidak suka ditinggal sendirian dalam waktu lama dan lebih suka selalu dekat dengan pemiliknya. Pastikan kalian memiliki cukup waktu untuk memberikan perhatian dan kasih sayang yang mereka butuhkan.
  • Perawatan Harian: Selain perhatian, kucing Sphynx juga memerlukan perawatan harian seperti membersihkan telinga dan merawat kulitnya agar tetap sehat.

3. Kesehatan dan Kebersihan

  • Penyakit yang Rentan: Kucing Sphynx rentan terhadap beberapa penyakit seperti kardiomiopati hipertrofik dan masalah kulit. Pastikan kalian siap untuk menangani masalah kesehatan yang mungkin timbul dan rutin membawa kucing kalian ke dokter hewan.
  • Kebersihan Lingkungan: Kulit mereka yang sensitif, membuat kucing ini harus hidup di lingkungan tempat tinggal yang bersih, guna menghindari infeksi dan iritasi kulit.

4. Kesesuaian dengan Gaya Hidup

  • Aktivitas di Dalam Rumah: Kucing Sphynx lebih cocok dipelihara sebagai kucing indoor karena kulit mereka yang sensitif terhadap sinar matahari dan suhu ekstrem. Jika kalian sering bepergian atau tidak banyak di rumah, pastikan ada anggota keluarga lain atau hewan peliharaan lain yang bisa menemani kucing Sphynx.
  • Perlindungan dari Sinar Matahari: Karena mereka bisa mudah terbakar sinar matahari, penting untuk melindungi kucing Sphynx dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Gunakan tirai atau jendela yang melindungi dari UV, dan jangan biarkan mereka terlalu lama di bawah sinar matahari langsung.

Memelihara kucing Sphynx memang memerlukan komitmen yang besar, baik dari segi waktu, biaya, maupun perhatian. Namun, dengan segala keunikan dan kasih sayang yang mereka tawarkan, kucing Sphynx bisa menjadi teman yang luar biasa. 

Jadi, Sobat Suka Fakta, sudah siap untuk menyambut kucing Sphynx di rumah kalian? Jika ya, pastikan kalian sudah mempertimbangkan semua hal di atas agar kucing kalian bisa hidup sehat dan bahagia.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah kita mengupas tuntas tentang kucing Sphynx, dari asal usul hingga perawatannya, jelas bahwa kucing ini bukan hanya unik dari segi penampilan, tetapi juga memerlukan perhatian dan komitmen khusus dari pemiliknya. 

Meskipun mereka memerlukan perawatan yang berbeda dari kucing berbulu, seperti mandi rutin dan perlindungan dari sinar matahari, kehadiran kucing Sphynx di rumah kalian pasti akan membawa banyak kebahagiaan dan kehangatan. Mereka adalah kucing yang sangat sosial dan suka berada dekat dengan pemiliknya, membuat mereka selalu setia menemani kalian.

Tidak heran jika kucing Sphynx bernilai puluhan juta rupiah, mengingat keunikan dan keistimewaannya. Jika kalian mencari hewan peliharaan yang tidak hanya menarik perhatian, tapi juga memberikan kasih sayang tanpa batas, kucing Sphynx adalah pilihan yang tepat.

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah membaca semua informasi ini, apakah kalian semakin tertarik untuk memelihara kucing Sphynx? Jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian yang juga pecinta kucing, dan tinggalkan komentar tentang pendapat kalian mengenai kucing Sphynx. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di artikel menarik berikutnya!

REFERENSI

  • Mental Floss. (2021). 11 Facts About Sphynx Cats. Retrieved from https://www.mentalfloss.com/article/641669/sphynx-cat-facts
  • Hill’s Pet. (n.d.). Sphynx Cat Breed – Facts and Personality Traits. Retrieved from https://www.hillspet.com/cat-care/cat-breeds/sphynx
  • Relax My Cat. (n.d.). Facts About Sphynx Cats. Retrieved from https://relaxmycat.com/blog/facts-about-sphynx-cats
  • The Spruce Pets. (n.d.). Sphynx Cat: Breed Profile. Retrieved from https://www.thesprucepets.com/sphynx-cat-4176530
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *